10 Makanan Khas Israel, Enak dan Sehat


sisil angelin  July 2, 2019  0 Comment

Hal pertama yang terlintas dalam benak orang Indonesia kala mendengar negara Israel adalah situasi genting yang terjadi di Gaza. Negara yang identik dengan perang ini ternyata memiliki destinasi wisata menarik. Anda bisa menyaksikan tempat wisata paling populer seperti Laut Mati, Old Town dan lain-lain. Tak hanya destinasi wisata saja, Anda juga wajib tahu aneka makanan khas Israel yang menggugah selera. Apa saja?

Yuk, simak makanan khas negara yang berbatasan dengan Yordania, Palestina dan Suriah berikut ini!

1. Falafel

Makanan khas Israel yang wajib Anda coba adalah Falafel. Ya, makanan ini memang bisa ditemukan di negara Timur Tengah yang lain. Falavel sendiri merupakan makanan yang terbuat dari kacang fava, buncis atau kombinasi dari dua bahan tersebut. Anda bisa mudah menemukan makanan ini di berbagai restoran yang ada di Israel atau membeli bahan falafel dan membuatnya sendiri di rumah.

Di Indonesia, falafel mungkin mirip dengan perkedel  atau kroket. Apakah rasa falafel mirip dengan perkedel ala Indonesia? Buktikan sendiri dengan memesan makanan khas Israel dan Timur Tengah ini ya!

Gotravelly

Pantai Amed Surga Snorklingnya Para Traveller

Kawasan Lovina Berpasir Hitam – Lovina, Bali

2. Shakshuka

Shakshuka
sbs.com.au

Ingin memulai petualangan liburan seru di Israel? Sebaiknya Anda mempersiapkan fisik dan mental dengan menu sarapan tradisional negara ini. Makanan khas Israel yang banyak dijadikan menu sarapan adalah shakshuka. Makanan ini terbuat dari campuran paprika, tomat dan ketumbar yang disajikan panas. Telur dan saos tomat yang melengkapi akan semakin membuat Anda ketagihan menikmati kuliner asli negara yang berpenduduk sekitar 8 juta jiwa ini.

Baca juga :  10 Restoran Jepang di Malang Paling Rekomended

3. Hummus

Hummus
cookingclassy.com

Salah satu hidangan khas yang tak kalah populer dari Israel adalah hummus. Banyak orang di Israel atau jazirah Arab menjadikan hummus sebagai menu sarapan favorit. Hummus mirip dengan kue kering yang dicocolkan ke saus kacang Arab. Anda bisa memilih kuliner hummus yang tidak biasa saat berkunjung ke Tel Aviv atau kota lain yang ada di Israel.

Hummus Masabacha memiliki citarasa yang berbeda sebab ada memiliki pelengkap tambahan seperti paprika, lemon, buncis, dan tahini. Menu yang disukai banyak orang ini biasa dimakan bersama dengan roti pita panas. Sarapan pagi yang mengenyangkan, bukan?

4. Kouign-Amann

Kouign-Amann
browneyedbaker.com

Ingin menikmati camilan yang paling rekomended di Israel pada jam coffee break? Anda sebaiknya mencicipi roti kering yang terbuat dari adonan mentega bernama Kouign Amann. Bentuk kue ini cukup lucu yaitu bulat, berkerak dan ditambahkan taburan gula dan garam untuk membentuk kerak.

Kouign Amann atau kue Breton ini mirip dengan kue puff pastry untuk Anda yang suka camilan enak. Toh, ada banyak restoran di sekitar Tel Aviv yang menyajikan menu Kouign Amann. Jangan sampai Anda menyesal belum pernah menikmati makanan khas Israel langsung di negara yang memiliki cuaca cukup panas ini.

5. Kugel

Kugel
foodnetwork.com

Makanan khas Israel yang wajib dicoba adalah kugel atau mie telor. Ya, adonan kugel terbuat dari mie dan telur sehingga mirip dengan martabak mie di Indonesia. Hanya saja perbedaan utama terletak pada topping berupa kentang yang banyak dijumpai di Israel. Kugel sendiri memiliki citarasa manis sehingga banyak disajikan sebagai hidangan penutup.

Kugel merupakan kuliner dari Israel yang telah ada sejak jaman terdahulu. Menu tradisional ini banyak dihidangkan saat perayaan pesta atau hari Sabat dan Yom Tov. Penasaran dengan martabak mie dari Israel? Jangan lewatkan kunjungan Anda ke negara yang beribukota di Tel Aviv ini!

Baca juga :  10 Makanan yang lagi Hits 2017 dan Populer 2018 Mendatang

6. Macaroons

Macaroons
sugargeekshow.com

Masih bingung membedakan antara kuliner macaron dan macaroon? Meski memiliki makna sama dalam bahasa Perancis, macaron dan macaroon memiliki pengertian berbeda dalam industri pastry. Nah, kalau Anda sedang memiliki tugas atau liburan ke Israel, wajib mencoba macaroons khas dari negara ini. Macaroons di Israel terbuat dari kelapa, putih telur dan gula yang lexat.

Cara membuat makanan khas Israel ini memang membutuhkan keterampilan yang baik. Adonan kue akan dibuat mengembang dan kaku sebelum dipanggang dalam oven hingga matang. Tektur kenyal dan padat kue kelapa pada bagian atas akan semakin membuat Anda ketagihan. Kue ini bisa menjadi camilan saat minum teh atau kopi.

7. Kanafeh

Kanafeh

YouTube.com

Kanafeh merupakan kuliner yang paling terkenal di seantero Israel. Anda dianggap belum menjejakkan kaki di Israel sebelum menikmati makanan penutup satu ini. Kanafeh sendiri merupakan kue keju yang dilengkapi sirup gula yang telah dipanaskan dengan mentega dan keju putih atau keju Nabulsi. Keju Nabulsi merupakan fermentasi dari susu kambing lho!

Penduduk lokal Israel biasa menambahkan bunga atau air mawar ke dalam kuliner ini. Tambahan lebih banyak kue kanafeh akan semakin membuat Anda jatuh cinta pada makanan khas Israel. Jadi, kalau Anda menikmati sajian kuliner berat di Israel, jangan lupa memesan kanafeh ya!

8. Sabich

Sabich
seriouseats.com

Sabich merupakan makanan khas Israel yang terbuat dari terong yang banyak tumbuh di mana-mana. Israel sendiri memang menjadi salah satu negara dengan hasil terong yang melimpah ruah. Kalau Anda mencicipi sabich bakal terkesan dengan citarasa yang ditawarkan. Terong yang terbungkus dalam sandwich atau roti pita sangat cocok dijadikan menu sarapan Anda.

Baca juga :  20 Makanan Khas Banyuwangi Sederhana Tapi Enak Banget

9. Limonana

Limonana
toriavey.com

Limonana merupakan jenis minuman yang wajib Anda coba kalau tengah liburan ke Holyland. Jenis kuliner ini diciptakan dari perasan lemon segar dengan tambahan daun mint. Minuman ini tak hanya terkenal di kala musim panas Israel yang terik namun banyak pula ditemukan di Yordania, Suriah, Mesir dan lain-lain.

Limun dingin khas negara Timur Tengah ini akan membuat Anda langsung jatuh cinta. Saat tengah liburan ke Holyland, Anda bisa memesan limun segar dengan tambahan es batu yang dingin. Nikmat dan menyegarkan, bukan? Wajib dipesan untuk melengkapi makanan khas Israel yang bisa Anda temukan di restoran atau tempat makan di seluruh pelosok negeri tersebut.

10. Pudding Malabi

Kalau Anda berkesempatan mengunjungi Israel, wajib tahu salah satu makanan penutup yang ada di negara kecil ini. Ya, puding malabi merupakan makanan khas Israel yang memiliki citarasa gurih dan manis. Kok bisa? Citarasa gurih dan manis dikarenakan bahan utama puding adalah tepung beras dan susu. Tak heran kalau malabi begitu banyak digemari semua orang di berbagai belahan dunia seperti masyarakat jazirah Arab, kawasan Mediterania dan lain-lain.

Tekstur rasa yang lembut  dan ringan yang ditawarkan oleh puding malabi bisa membuat Anda jatuh cinta. Pilihan topping pun bervariasi seperti siraman sirup mawar, parutan kelapa atau cacahan kacang bisa Anda pilih sesuai selera. Ada pula banyak warga Israel yang merekomendasikan puding malabi yang menggunakan bahan tepung jagung.

Nah, kalau Anda berencana menghabiskan masa liburan ke Tel Aviv dan sekitarnya, jangan lupa untuk menikmati makanan khas Israel. Liburan tanpa menikmati kuliner lokal tidak akan terasa lengkap, bukan?



Leave a Reply