7 Daftar Tempat Wisata Keluarga di Banyuwangi


Fida  November 19, 2022  0 Comment

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Banyuwangi. Salah satu daerah yang termasuk Provinsi Jawa Timur ini menawarkan banyaknya pilihan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jika ingin menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga, salah satu tempat wisata keluarga di Banyuwangi menjadi pilihan tepat untuk kamu kunjungi. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 7 rekomendasi tempat wisata keluarga di Banyuwangi yang sayang untuk kamu lewatkan.  

1. Pantai Sukamade

pantai sukamade
sikidang.com

Pantai Sukamade dikenal sebagai salah satu pantai dengan panorama indah yang dapat kamu kunjungi saat berada di Banyuwangi. Pantai yang satu ini juga kerap dipilih oleh wisatawan sebagai tujuan wisata keluarga di Banyuwangi. Lokasinya yang masih berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri juga menjadikan pantai ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. 

Salah satu daya tarik dari Pantai Sukamade adalah pengunjung dapat melihat langsung berbagai jenis penyu. Pantai ini menjadi tempat tinggal sekaligus penangkaran penyu. Jika beruntung, pengunjung juga dapat menyaksikan langsung bagaimana proses penyu bertelur, hingga melihat proses pelepasan tukik (anak penyu) ke laut. Menarik sekali bukan? 

Saat hari libur tiba, tidak ada salahnya jika kamu mengagendakan untuk datang dan berlibur bersama keluarga di Pantai Sukamade. Pantai yang satu ini berlokasi di Jalan Sukamade No. 99, Dusun Sukamande, Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Meskipun akses jalan menuju ke lokasi terbilang cukup sulit dilalui, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang dan menikmati indahnya Pantai Sukamande. 

Gotravelly Review

Baca juga: Liburan Keluarga Hits Di Ruang Publik Bandung

Baca juga: Kampung Singkur Pangalengan: Wisata Keluarga Yang Asik

2. Pantai Pulau Merah

pantai pulau merah
pantainesia.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan wisata Pantai Pulau Merah bukan? Pantai Pulau Merah merupakan salah satu wisata keluarga di Banyuwangi yang menyuguhkan indahnya pemandangan. 

Tidak hanya perairan yang jernih, pengunjung yang datang juga akan disambut dengan hamparan pasir yang luas dan berwarna sedikit kemerahan. Sesuai dengan namanya, pantai yang satu ini juga dikenal memiliki bukit kecil yang tampak seperti pulau. Pengunjung juga dapat mencoba untuk datang dan menyusuri kawasan bukit saat air laut sedang surut. Asik sekali, ya?

Pantai Pulau Merah merupakan salah satu destinasi wisata alam dengan fasilitas yang cukup memadai seperti adanya musholla, tempat makan, hingga penginapan. Saat sore hari, pantai ini juga menyuguhkan panorama matahari terbenam yang cantik. Jika ingin mengunjunginya, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. 

3. Agrowisata Tamansuruh

agrowisata tamansuruh
travel.tribunnews.com

Selain pantai, kamu dapat mengunjungi destinasi wisata keluarga di Banyuwangi lainnya seperti agrowisata. Salah satu agrowisata yang populer dan bisa kamu kunjungi adalah Agrowisata Tamansuruh. Destinasi wisata yang satu ini cocok dikunjungi sebagai sarana rekreasi sekaligus sarana edukasi bagi anak anak. 

Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan indahnya hamparan bunga Celosia. Bunga yang mekar dan berwarna warni tentu tampak sangat indah dan memanjakan mata. Dengan luas mencapai 10,4 hektar, Agrowisata Tamansuruh menjadi pilihan destinasi wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. 

Agrowisata yang satu ini terletak di sekitar lereng Gunung Ijen. Oleh karena itu, tidak heran jika kamu akan merasakan udara yang sejuk dan segar saat berada di Agrowisata Tamansuruh. Panorama gunung yang indah juga akan menyambut kedatangan pengunjung di Agrowisata Tamansuruh. Bagi pecinta foto, kamu tentu tidak perlu khawatir karena terdapat banyak spot foto menarik dan instagrambale di agrowisata ini. 

4. Rumah Kurcaci Glenmore

rumah kurcaci glenmore
jejakpiknik.com

Pilihan wisata keluarga di Banyuwangi berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Rumah Kurcaci Glenmore. Sesuai dengan namanya, destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan adanya bangunan rumah kurcaci yang lucu. Oleh karena itu, tidak heran jika tempat ini menjadi tujuan terbaik untuk berlibur bersama keluarga dan anak anak. 

Jilka dilihat sekilas, Rumah Kurcaci Glenmore memiliki konsep yang hampir mirip dengan Glamping Lake Side di Bandung. Destinasi wisata ini juga menjadi satu lokasi dengan sebuah restoran yakni Glen Coffee & Resto. Pengunjung akan menjumpai banyaknya rumah mungil seperti pada film The Hobbit. Selain dapat menyusuri area wisata, pengunjung juga dapat berfoto bersama keluarga di beberapa spot yang ditawarkan. 

Yang paling menarik dari Rumah Kurcaci Glenmore adalah pengunjung dapat mengunjungi tempat wisata sekaligus mencoba berbagai kuliner lezat. Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat datang langsung ke kawasan Karanghargjo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi. 

5. Hutan De Djawatan Benculuk

hutan de djawatan benculuk
travel.kompas.com

Dikenal dengan panoramanya yang indah, Hutan De Djawatan Benculuk juga menjadi rekomendasi tempat wisata keluarga di Banyuwangi yang menarik untuk kamu kunjungi. Wisatawan akan merasakan sensasi memasuki negeri dongeng saat datang ke kawasan wisata ini. 

Hutan De Djawatan Benculuk dikenal dengan banyaknya pepohonan trembesi serta akarnya yang menjuntai. Sinar matahari yang menerobos di celah celah pepohonan saat siang hari juga menjadikan pemandangan tampak semakin indah. Pengunjung yang datang juga akan dimanjakan dengan suasana asri serta udara yang sejuk. 

Tidak sedikit yang menyebut wisata ini dengan sebutan Lord of The Rings-nya Banyuwangi. Hal itu dikarenakan kawasan hutan ini mirip dengan lokasi syuting film Lord of The Rings. Indahnya pepohonan dengan tampilan unik inilah yang menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto. Saat berkunjung ke Banyuwangi, Hutan De Djawatan Benculuk menjadi tujuan yang menarik untuk kamu datangi. 

6. Taman Nasional Baluran

taman nasional baluran
viva.co.id

Ingin mencoba sensasi panasnya savana seperti berada di Afrika? Kamu dapat mengunjungi kawasan Taman Nasional Baluran. Taman Nasional Baluran menjadi salah satu tempat wisata keluarga di Banyuwangi yang menarik untuk didatangi. 

Dengan luas mencapai 25.000 hektar, pengunjung dapat merasakan sensasi seperti berada di padang savana Africa. Oleh karena itu pula, wisata ini kerap mendapat julukan Africa Van Java. Salah satu spot favorit wisatawan adalah di padang rumput dengan warna kekuningan serta latar indahnya Gunung Baluran. 

Taman Nasional yang satu ini menyuguhkan sekitar 444 jenis tumbuhan, 155 sepsies burung, serta 26 jenis satwa seperti monyet, kijang, macan tutul, dan masih banyak lagi. Menarik sekali bukan? 

7. Mangrove Bedul

mangrove bedul
banyuwangibagus.com

Satu lagi pilihan wisata keluarga di Banyuwangi yang tidak boleh dilewatkan yakni Mangrove Bedul. Sesuai dengan namanya, destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan area hutan mangrove yang dapat didatangi di Desa Sumbersari, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. 

Dengan luas mencapai 2.300 hektar dan membentang sejauh 16 kilometer, Mangrove Bedul juga kerap disebut mirip dengan sungai Amazon di Brazil. Di tempat wisata ini, pengunjung dapat menyusuri kawasan wisata hutan mangrove dengan menggunakan perahu. Adanya banyak burung yang berterbangan saat menyusuri kawasan hutan mangrove juga menambah kesan alami. 

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi wisata keluarga di Banyuwangi yang menarik untuk kamu datangi. Saat berkesempatan datang dan berlibur ke Banyuwangi, wisata manakah yang paling ingin kamu datangi?



Leave a Reply