7 Minuman Khas Banyuwangi Yang Seger Dan Menyehatkan


prita  September 29, 2021  0 Comment

Banyuwangi merupakan sebuah kota yang berada di paling ujung Pulau Jawa. Lokasinya yang berada di ujung timur tersebut membuat kota ini mendapat julukan sebagai The Sunrise of Java. Kota ini memang sangat terkenal dengan ragam destinasi wisata alam yang sangat indah dan memanjakan wisatawan juga minuman Khas Banyuwangi Yang Menyegarkan. Tak hanya itu, Banyuwangi juga sangat kaya akan budaya yang mampu menarik perhatian tak hanya wisatawan lokal namun juga wisatawan dari berbagai Negara.

Selain wisata dan Budaya, Banyuwangi juga kaya akan kuliner khas yang siap memanjakan lidah pengunjung. Kuliner khas Banyuwangi memang terkenal berkuah, seperti berbagai macam olahan sayur yang segar. Tak hanya makanan, Banyuwangi juga dikenal memiliki deretan minuman khas yang menyegarkan dan pastinya berkhasiat bagi tubuh. Tak hanya itu, Banyuwangi juga menawarkan ragam minuman yang bisa melegakan tenggorokan. Nah, berikut ini adalah 7 minuman khas Banyuwangi yang wajib untuk kamu coba saat berkunjung kesana.

1. Kopai Osing

kopai osing
m.youtube.com

Minuman khas Banyuwangi yang pertama adalah Kopai Osing. Banyuwangi memang terkenal dengan kopinya dan Kopai Osing ini menjadi salah satunya. Kopai Osing ini tak hanya menjadi minuman khas yang populer di Banyuwangi, namun juga menjadi salah satu kopi paling enak di dunia.

Kopai Osing ini menjadi minuman andalan masyarakat Banyuwangi yang berasal dari Desa Kemiren. Menariknya, kopi ini memiliki teknik tersendiri yang membuatnya menjadi minuman kopi paling enak di dunia. Proses pembuatan Kopai Osing ini diawali dengan menyangrai biji kopi selama 15 menit di wajan yang terbuat dari tanah liat diatas tungku kayu. Biji kopi tersebut tidak perlu dicuci dan harus memiliki ukuran yang sama agar tingkat kematangan kopi sama.

Tak hanya itu, untuk mengaduk kopi ini disarankan untuk menggunakan sendok kayu agar tidak merusak cita rasa dari kopi tersebut. Salah satu tempat untuk menikmati Kopai Osing di Banyuwangi ini adalah di Sanggar Genjah Arum yang mana kamu bisa menikmati kopi ini sambil menonton pertunjukan tari Gandrung.

Kamu juga bisa membawa pulang minuman ini untuk dinikmati di rumah. Kopai Osing ini juga bisa kamu beli sebagai oleh oleh karena telah tersedia di berbagai toko oleh oleh di kota Banyuwangi.

tour wisata murah

Pesona Fantasi Dan Instagenic Di Hutan De Djawatan Banyuwangi

Perjalanan Hati Ke Masjid Baiturrahman Banyuwangi

2. Setup

Minuman Khas Banyuwangi
yummy.co.id

Setup juga menjadi salah satu minuman khas Banyuwangi yang wajib untuk kamu coba saat berkunjung kesana. Setup merupakan minuman yang di dalamnya terdapat potongan berbagai macam buah-buahan.

Salah satu minuman setup yang paling populer adalah Setup Buah Nangka. Setup nangka ini terdiri dari minuman yang berisikan potongan buah nangka. Minuman setup ini terkenal sangat segar, apalagi jika dinikmati saat siang hari. Es Setup ini tentu bisa meredakan rasa dahaga dan mampu menyegarkan tenggorokan. Jika kamu berlibur ke Banyuwangi, minuman setup ini bisa dijadikan pilihan untuk menyegarkan siang harimu.

3. Secang

secang
idntimes.com

Minuman khas Banyuwangi yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Wedang Secang. Wedang Secang ini juga sering disebut dengan nama Wedang Rempah, hal ini dikarenakan minuman ini menggunakan berbagai jenis rempah sehingga membuatnya menjadi sangat berkhasiat bagi tubuh.

Secang ini terbuat dari ragam rempah Nusantara seperti secang, jahe, sereh, daun pandan, kayu manis dan kapulaga. Minuman ini memiliki cita rasa manis dan hangat dan pastinya sangat berkhasiat bagi tubuh. Secang sangat cocok bagi kamu yang merasa kurang enak badan atau saat cuaca sedang dingin, minuman ini dipercaya bisa menghangatkan tubuh.

4. Selasih

Minuman Khas Banyuwangi
lifestyle.okezone.com

Selasih juga masuk dalam daftar minuman khas Banyuwangi yang wajib untuk dicicipi. Mungkin minuman ini sering kamu temukan di beberapa tempat di Indonesia, begitu juga saat kamu berkunjung ke Banyuwangi.

Saat berlibur di Banyuwangi, kamu diharuskan untuk bertahan dalam cuaca yang panas terik saat siang hari. Saat itulah, minuman selasih ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk menyegarkan tenggorokanmu. Minuman ini bisa kamu temukan di banyak tempat di Banyuwangi dan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

5. Caok Menek

caok menek
javatravel.net

Minuman khas Banyuwangi yang wajib untuk kamu cicipi selanjutnya adalah Caok Menek. Caok Menek juga menjadi salah satu minuman Suku Osing yang cukup populer di Banyuwangi.

Caok Menek ini dibuat dari daun Cao atau yang lebih dikenal dengan nama cincau yang kemudian dibuat sirup. Penyajian Caok Menek ini pun cukup unik, yang mana Caok Menek ini diberi tambahan kacang tanah yang digoreng dan dibiarkan begitu saja pada minuman ini. Nah, kacang yang mengambang inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa minuman ini diberi nama Caok Menek. Caok sendiri memiliki arti sirup cao dan menek disini mempresentasikan kacan yang mengambang naik ke permukaan.

6. Angsle

Minuman Khas Banyuwangi
ngalam.co

Angsle atau Wedang Angsle juga menjadi salah satu minuman khas Banyuwangi yang cukup populer. Sebenarnya tak hanya ada di Banyuwangi, minuman yang satu ini juga sangat mudah ditemukan di banyak daerah di Indonesia, khususnya Jawa Timur.

Angsle sendiri biasanya hanya ditemukan pada malam hari karena minuman yang satu ini sangat pas dinikmati saat dinginnya malam. Angsle juga bisa menjadi pilihan saat musim hujan karena minuman ini mampu menghangatkan tubuh.

Angsle terdiri dari berbagai bahan, mulai dari petulo, kacang hijau, ketan putih, mutiara, daun pandan, jahe, kacang tanah goreng, kolang kaling, potongan roti yang kemudian diguyur dengan kuah santan yang gurih. Awalnya angsle ini tidak diberi campuran jahe di dalamnya karena dianggap bisa merusak rasa, namun karena minuman ini menjadi salah satu “wedhang”, maka diberi tambahan jahe agar bisa memberikan khasiat bagi tubuh.

7. Ronde

ronce
ngalam.co

Minuman khas Banyuwangi yang terakhir adalah Ronde. Sama halnya dengan Angsle, ronde sebenarnya juga merupakan minuman khas Jawa Timur yang banyak ditemukan di Banyuwangi. Minuman ini sebenarnya berasal dari Negeri Tirai Bambu, Tiongkok yang kemudian diadaptasi menjadi sebuah minuman yang kaya manfaat.

Angsle dan Ronde memang menjadi minuman yang tidak dapat dipisahkan, pasalnya penjual angsle juga selalu menjual ronde. Ronde sendiri merupakan minuman yang dicampur dengan jahe yang kemudian diberi mocha berbentuk bulat berisikan gula merah di dalamnya. Ronde juga bisa menjadi pilihan pas untuk menghangatkan tubuh saat malam hari di Kota Banyuwangi. Kamu juga bisa menemukan dengan mudah penjual ronde di sekitar pusat kota Banyuwangi.

Banyuwangi memang menjadi salah satu destinasi terbaik untuk mencicipi kuliner khas. Tak hanya kulinernya, minuman khas Banyuwangi juga wajib untuk kamu cicipi. Demikianlah 7 daftar minuman khas Banyuwangi yang wajib kamu coba saat berkunjung kesana. Minuman mana yang sudah pernah kamu coba?



Leave a Reply