17 Tempat Makan Ala Pedesaan di Banyuwangi Yang Hijau Dan Sejuk


prita  November 15, 2021  0 Comment

Tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi belakangan ini memang cukup banyak dibicarakan di sosial media. Banyuwangi memang dianugerahi dengan keindahan alam yang bisa membuat siapapun takjub dan ingin selalu kembali lagi kesana. Nah, menikmati sajian di restoran yang memiliki pemandangan indah dan memberikan suasana ala pedesaan yang tenang memang bisa menjadi salah satu alternatif nature escape. Kamu bisa sekaligus berkumpul bersama keluarga atau kerabat untuk menikmati ragam sajian nikmat dengan pemandangan indah di sekitar. Kalau kamu sedang ada di Banyuwangi atau berencana berlibur kesana, jangan lupa mampir ke tempat makan berikut ini yang menawarkan suasana ala pedesaan yang kental.

1. Waroeng Kemarang

Waroeng Kemarang
marketeers.com

Tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi yang pertama wajib kamu kunjungi adalah Waroeng Kemarang. Waroeng Kemarang ini cukup populer di kalangan masyarakat setempat dan wisatawan yang tengah berlibur ke Banyuwangi.

Tempat makan ini menyuguhkan konsep pedesaan yang kental dengan hamparan sawah hijau yang menyegarkan mata. Tak hanya itu, disini kamu juga akan disuguhkan dengan menu tradisional khas Banyuwangi yang lezat. Tak hanya menawarkan suasana khas pedesaan yang tenang, harga menu makanan disini sangat terjangkau sehingga kamu bisa puas kulineran tanpa khawatir kantong jebol.

Alamat: Perkebunan Kalibendo, KM. 5, Desa Tamansuruh, Banyuwangi

Jam Buka: 07.00 – 21.00

Gotravelly

Wisata Religi Semua Agama Anata Boga, Banyuwangi

Mendaki Keindahan Kawah Ijen

2. Kedung Lumpang

Kedung Lumpang
idntimes.com

Kedung Lumpang menjadi tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi selanjutnya yang tak boleh dilewatkan. Berlokasi di pinggir jalan menuju Kawah Ijen, rumah makan ini menempati pinggir jalan yang agak curam dan berada di pinggir sungai.

Lokasi yang berada di pinggir sungai ini membuat Kedung Lumpang menjadi salah satu tempat makan favorit di Banyuwangi. Rumah makan ini menawarkan udara yang sejuk dengan pemandangan sawah dan suara gemericik air sungai. Tak hanya itu, menu yang ditawarkan pun cukup enak dan terjangkau. Menu makanan yang disajikan disini cukup beragam dan kebanyakan adalah ikan dan ayam. Namun, dua menu favoritnya adalah belut pedas dan ayam pedas.

Alamat: Jalan Raya Lijen, Glagah, Banyuwangi

Jam Buka: 08.00 – 17.00

3. Pondok Indah Resto

Pondok Indah Resto
beritabaik.id

Tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Pondok Indah Resto. Sesuai dengan namanya, restoran ini memiliki konsep pondok dengan pemandangan hijau yang indah dan membuatmu seolah berada di pedesaan.

Restoran telah berdiri sejak tahun 2012 ini memang cukup menarik perhatian banyak pengunjung karena pemandangan yang ditawarkan tak hanya berupa area sawah hijau yang berundak, namun juga lanskap Gunung Ijen yang megah. Untuk pilihan menunya pun kebanyakan adalah sajian Nusantara, seperti aneka olahan belut khas Banyuwangi. Namun, disini kamu juga bisa lho mencicipi nikmatnya unagi atau belut Jepang. Restoran Pondok Indah ini cocok sekali kamu singgahi setelah lelah mendaki Gunung Ijen.

Alamat: Jalan Raya Lijen Km. 8,7, Glagah, Banyuwangi

Jam buka: 08.00 – 17.00 (Rabu tutup)

4. Angkringan Piyu

Angkringan Piyu
idntimes.com

Tak hanya restoran saja, tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi juga bisa kamu temukan dalam bentuk angkringan, yaitu Angkringan Piyu. Meskipun berbentuk angkringan, namun konsep yang ditawarkan cukup membuat pengunjung nyaman karena lokasinya yang berada di tepi sungai.

Angkringan Piyu ini juga memiliki konsep yang tidak ada bedanya dengan Kedung Lumpang yang berbentuk saung dengan sungai di dekatnya. Angkringan Piyu ini juga menawarkan udara yang cukup sejuk dan teduh karena banyak pepohonan disekitarnya. Sambil menikmati suasana khas pedesaan yang indah, disini kamu bisa mencicipi ragam kuliner khas Banyuwangi yang nikmat, seperti sego tempong, ikan wader hingga nasi goreng. Tak hanya itu, kamu juga bisa mencicipi aneka jajanan tradisional seperti lumpia pisang, getuk, kucur, singkong keju dan masih banyak lagi lainnya.

Alamat: Jalan Raya Lijen, Glagah, Banyuwangi

Jam buka: 08.00 – 18.00

5. Kolam Kita Resto

Kolam Kita Resto
tripzilla.id

Tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi yang wajib untuk kamu singgahi berikutnya adalah Kolam Kita Resto. Restoran unik ini berada tak jauh dari pertigaan Patung Barong Desa Kemireni di jalan utama menuju Ijen.

Sesuai dengan namanya, restoran ini memiliki kolam ikan dengan saung diatasnya. Pengunjung bisa bersantai sambil menikmati aneka makanan di saung-saung tersebut. Sambil menunggu pesanan tiba, pengunjung bisa memancing ikan. Istimewanya lagi, ikan yang kamu pancing tadi bisa dibawa pulang atau langsung diolah menjadi sajian nikmat. Pilihan olahan ikannya juga beragam, seperti ikan goreng atau dibakar.

Alamat: Jalan Banjarsari No 9, Glagah, Banyuwangi

Jam Buka: 10.00 – 20.00

6. Autenthic Osing

Authentic Osing
youtube.com

Tak jauh dari Kolam Kita Resto, kamu akan menemukan tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi lainnya bernama Autenthic Osing. Autenthic Osing ini menawarkan pengalaman makan di tempat yang nyaman dengan pemandangan persawahan yang indah. Tak hanya ada tempat makan saja, disini juga menawarkan tempat menginap bagi pengunjung yang ingin berlibur di kawasan Ijen.

Sesuai dengan namanya, tempat makan ini menawarkan menu tradisional khas Banyuwangi, yaitu makanan khas Suku Osing, seperti nasi tempong. Tak hanya masakan tradisional saja, disini kamu juga bisa menemukan menu lain seperti Nasi Bakar Gula Jawa, Nasi Bakar Hijau dan Smoothies.

Alamat: Jalan Widuri No 55, Glagah, Banyuwangi

Jam Buka: 14.00 – 22.00 (Hari Jumat Tutup)

7. Ijen Isun Village

Ijen Isun Village
travelinkmagz.com

Tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi yang satu ini juga tak kalah populer karena memiliki konsep yang unik juga keren, yaitu Ijen Isun Village. Ijen Isun Village ini menjadi café etnik pertama di Banyuwangi dengan konsep alam. Keunikan inilah yang membuat café ini cukup populer di Banyuwangi.

Tempat ini menawarkan suasana Joglo dengan taman serta lokasi yang di pinggir area persawahan. Udaranya pun sangat sejuk dan membuatmu betah berlama-lama disana. Ditambah lagi dengan menu makanan yang lezat sehingga membuatmu betah nongkrong disana. Menu utama disini adalah makanan khas Banyuwangi dan khas Suku Osing, seperti ayam kesrut, pecel pitik, ayam pedas, lupis, kucur, lupis dan aneka kopi Banyuwangi yang nikmat. Tak perlu khawatir soal harga karena harga menu makanan disini sangat terjangkau.

Alamat: Jalan Raya Lijen, Glagah, Banyuwangi

Jam Buka:

8. Ijen Shelter

Ijen Shelter
phinemo.com

Ijen Shelter merupakan salah satu tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi yang cukup populer. Ijen Shelter tak hanya menawarkan restoran saja, namun disini kamu juga bisa menemukan tempat menginap dengan konsep rumah pohon yang asyik dan bisa membuatmu seolah berada di hutan.

Disini kamu bisa bersantai sambil menikmati secangkir kopi dengan pemandangan hijau dari perkebunan kopi yang indah. Apalagi udaranya sangat sejuk sehingga sangat nyaman. Restoran disini bangunannya terbuat dari kayu dengan atap jerami dan desain ala rumah Suku Osing. Sambil menunggu pesanan, pengunjung pun bisa bermain panahan di tempat ini. Seru sekali, kan?

Alamat: Jalan Raya Ijen Banjarsari, Licin, Banyuwangi

Jam Buka:

9. Bebek Gembeng Sekidang

Bebek Gembeng Sekidang
catatannobi.com

Tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Bebek Gembeng Sekidang. Rumah makan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai olahan bebek, pasalnya bebek adalah menu andalan disini.

Berlokasi di Desa Krajan, Bebek Gembeng Sekidang ini menawarkan tempat makan berkonsep alam dengan halaman yang luas dan cocok untuk kumpul keluarga. Tempat ini juga dilengkapi dengan area bermain untuk anak-anak dan bersebelahan dengan hutan masyarakat sehingga tempatnya terasa sejuk dan cocok untuk refreshing.

Menu yang ditawarkan adalah Bebek Gembeng, yaitu menu olahan bebek bakar yang dimasak dengan kuah pedas. Namun, jika kamu tidak suka makan bebek, kamu juga bisa memesan menu non-bebek seperti ayam kesrut dan aneka jajan, seperti jagung bakar, serabi, tahu petis dan masih banyak lagi lainnya.

Alamat: Krajan, Licin, Banyuwangi

Jam Buka: 12.00 – 21.00

10. Waroeng Jujugan

Waroeng Jujugan
tripadvisor.com

Tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi yang satu ini juga masih berada di lokasi yang sama dengan Bebek Gembeng Sekidang, Waroeng Jujugan ini juga menjadi salah satu tempat makan yang populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Warung ini memang terlihat sederhana, namun menawarkan pemandangan sawah berundak yang indah dan udara yang sejuk. Tak hanya itu, disini juga kamu bisa memesan ragam menu tradisional seperti ayam bakar, nasi bakar, serabi dan lupis. Tentunya menikmati sajian tradisional sambil menikmati keindahan sawah akan membuatmu seolah pulang kampung. Apalagi harga makanan disini sangatlah terjangkau, jadi tak perlu khawatir kantong bolong kalau lagi mampir ke Waroeng Jujugan ini.

Alamat: Dusun Krajan, Tamansari, Licin, Banyuwangi

Jam Buka: 09.00 – 08.00

11. Hedon Café & Resto

Hedon Cafe & Resto
yukbanyuwangi.co.id

Hedon Café & Resto ini juga masuk dalam daftar tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi karena meskipun konsepnya modern dengan segala ‘hedon’ nya, café ini memiliki lokasi yang menarik dengan pemandangan yang indah berupa pepohonan hijau yang rindang sehingga menciptakan suasana yang sejuk.

Kamu bisa memilih tempat duduk di area outdoor yang berupa gazebo dengan pemandangan alam yang indah dan menikmati ragam menu tradisional, seperti sego tempong dan ayam betutu. Tak hanya menu tradisional, disini kamu juga bisa menemukan menu western yang tak kalah nikmat. Café dan restoran ini memang memiliki pasar untuk kalangan middle up, untuk itu harganya terbilang agak lebih mahal jika dibandingkan dengan tempat makan lainnya. Namun, fasilitas dan rasa makannya tentu sebanding dengan harganya. Bahkan, disini kamu bisa melihat deretan mobil kendaraan mewah seperti super car dan harley davidson, lho.

Alamat: Jalan Gajah Mada Lingkungan Mojoroto Rumah Panggung, Giri, Banyuwangi

Jam Buka: 08.00 – 22.00

12. Café Paglak Petung

Cafe Paglak Petung
facebook.com

Tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi yang wajib untuk kamu singgahi selanjutnya adalah Café Paglak Petung. Café Paglak Petung ini memang cukup populer di Banyuwangi dan menjadi tempat makan favorit keluarga.

Café Paglak Petung ini mengusung konsep persawahan ala Ubud yang indah dan bisa membuatmu merasa seolah berada di pedesaan. Tak hanya pemandangannya saja yang mendungkung, tapi juga hampir seluruh arsitektur bangunan café ini dibuat dari bambu apalagi sambil makan disana kamu bisa mendengar suara gemericik air dari sungai yang mengalir di dekat situ. Untuk menunya, kamu bisa memesan beragam menu tradisional dan menu kekinian di café ini yang pastinya rasanya nikmat dan harganya cukup ramah di kantong.

Alamat: Jalan Segodang Baru, Licin, Banyuwangi

Jam Buka: 08.00 – 20.00 (Senin Tutup)

13. Kedai Galengan

Kedai Galengan
catatannobi.com

Satu lagi tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi yang tak boleh kamu lewatkan, yaitu Kedai Galengan. Kedai Galengan ini juga menawarkan pemandangan sawah khas pedesaan dengan gazebo atau balai yang terbuat dari bambu. Kedai ini dibangun di area persawahan yang cukup luas yang mana antar balai dihubungkan dengan jalan pematang atau galengan.

Karena lokasinya yang berada di area persawahan, maka kamu juga bisa merasakan angin sepoi-sepoi yang berhembus dan udara yang sejuk. Tak hanya itu, menu yang ditawarkan oleh kedai ini pun cukup beragam dan terjangkau. Kamu bisa memesan makanan ringan, makanan berat hingga aneka minuman yang nikmat. Sambil menunggu makanan dibuat, kamu bisa berjalan-jalan di area persawahan ini sambil berfoto-foto, lho. Kedai Galengan ini sangat cocok untuk tempat kumpul bersama keluarga dan kerabat.

Alamat: Jalan Tidar barat Smp 3, Banyuwangi

Jam Buka: 15.00 – 23.00

14. Warung Umbul

Warung Umbul
catatannobi.com

Jika berbicara soal tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi, maka kamu tidak boleh melewatkan Warung Umbul. Warung yang berada di Dusun Krajan ini memang menawarkan suasana alam pedesaan yang indah dan sejuk.

Warung Umbul ini mengusung konsep saung yang menjadi daya tariknya. Tak hanya itu, ada juga kolam dan taman di sampingnya yang semakin membuat pengunjung merasa nyaman dan tenang saat berkunjung kesana. Terlebih lagi, menu makanan yang ditawarkan oleh Warung Umbul ini cukup beragam dan rasanya sangat lezat, harganya pun terjangkau. Tak heran jika Warung Umbul ini menjadi favorit banyak wisatawan.

Alamat: Dusun Krajan, Licin, Banyuwangi

Jam Buka: 10.00 – 22.00

15. Resto Jaran Goyang

Resto Jaran Goyang
kulinerkota.com

Resto Jaran Goyang juga menjadi salah satu tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi yang cukup populer. Restoran ini menghadirkan suasana pedesaan lewat daya makan lesehan dalam ruangan yang memiliki dekorasi Jawa yang kental.

Resto Jaran Goyang ini terkenal dengan menu seafood yang lezat. Beberapa menu makanan laut yang menjadi andalan di restoran ini adalah Gurame goreng dabu-dabu dan lobster lada hitam. Tak hanya menu makanan laut, disini kamu juga bisa memesan ayam ingkung presto yang tak kalah nikmat, lho.

Alamat: Jalan Kolonel Sugiono No 91A, Banyuwangi

Jam Buka: 12.00 – 22.00

16. Rumah Apung Kertosari

Rumah Apung Kertosari
youtube.com

Tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi yang satu ini juga tak kalah menarik untuk kamu kunjungi, yaitu Rumah Apung Kertosari. Rumah makan yang satu ini menawarkan suasana ala pedesaan dengan menghadirkan pemandangan air yang tenang dimana kamu bisa menikmati sajian dalam saung bambu yang mengapung di atas kolam.

Menu andalan dari Rumah Apung Kertosari ini adalah seafood. Kamu bisa mencoba ikan bakar dengan berbagai pilihan bumbu, seperti rica-rica, bumbu merah dan kecap pedas. Harga menu makanan disini cukup terjangkau dengan ukuran porsinya yang besar dan bisa untuk dinikmati bersama-sama.

Alamat: Jalan Udang Baron, Banyuwangi

Jam Buka: 09.00 – 19.00

17. 1911 Café & Resto

Tempat Makan Ala Pedesaan di Banyuwangi
banyuwangibagus.com

Tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi yang terakhir ada 1911 Café & Resto. Café ini seolah cocok bagi kamu yang ingin pergi sejenak dari ramainya kota Banyuwangi karena lokasinya yang berada dalam perkebunan kopi Kalibendo.

Kamu bisa memilih tempat makan di area luar untuk bisa menikmati keindahan alam sekitar dan suasana khas pedesaan yang tenang. Ragam menu juga ditawarkan di café ini, seperti rawon, gado-gado, ayam bakar dan singkong goreng. Menariknya, tempat ini memiliki penginapan yang bisa kamu sewa jika ingin menginap lebih lama disini.

Alamat: Jalan Kalibendo, Desa Kampung Anyar Glagah, Banyuwangi

Jam Buka: 09.00 – 21.00



Leave a Reply