10 Oleh Oleh Khas Binjai Yang Banyak Diminati


Fida  November 16, 2021  0 Comment

Mengunjungi berbagai daerah tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu berlibur. Binjai menjadi salah satu kawasan yang dikenal memiliki banyak tempat wisata sehingga tidak heran jika Binjai banyak didatangi oleh wisatawan. Tidak hanya menikmati tempat wisata, kamu juga dapat mencoba berbagai kuliner lezat hingga berburu oleh-oleh sebelum pulang. Berikut daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Binjai yang sangat menarik untuk dibawa pulang.

1. Rambutan Binjai

rambutan binjai
tokopedia.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan rambutan Binjai bukan? Buah yang satu ini dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Binjai yang populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Rambutan Binjai juga dikenal memiliki cita rasa yang manis dan memiliki kulit berwarna merah legam. Tidak hanya itu, rambutan Binjai memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan rambutan pada umumnya.

Daging buah yang padat, tebal, dan kenyal menjadikan buah ini sangat lezat saat dinikmati. Kamu dapat membeli rambutan Binjai di berbagai toko oleh-oleh maupun toko buah di kota Binjai. Rambutan Binjai biasa dijual dengan harga sekitar Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,- per kilogram.

Gotravelly

Berburu Pudak Cap Kuda Salah Satu Oleh Oleh Khas Kota Gresik

Onde Onde Alief Khas Jombang: Enak, Murah, Porsi Jumbo Lagi!

2. Kain Ulos

kain ulos
travel.detik.com

Kain ulos menjadi rekomendasi oleh-oleh khas Binjai yang cocok untuk kamu bawa pulang. Kain ini dikenal khas dan turun-temurun dari masyarakat Batak. Proses pembuatannya yang masih tradisional yakni menggunakan alat tenun menjadikan kain ini sangat menarik dan banyak diburu oleh wisatawan.

Kamu dapat membeli kain ulos dalam berbagai bentuk mulai dari sarung, selendang, pakaian, hingga hiasan di bahu, dan juga pengikat kepala. Seiring perkembangan zaman, kain ulos juga dijual menjadi beberapa bentuk seperti ikat pinggang, souvenir, dompet, dasi, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan tentu sangat beragam sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatan. Tidak perlu khawatir karena kain ulos dikenal tidak mudah luntur.

3. Bakpao Binjai

bakpao binjai
resepcaramasak.org

Berlibur ke daerah Binjai, tidak ada salahnya untuk memutuskan membeli oleh-oleh khas Binjai untuk dibawa pulang. Salah satu rekomendasi oleh-oleh yang cocok untuk kamu coba adalah bakpao Binjai. Jika dilihat dari tampilannya, bakpao ini memang memiliki bentuk yang tidak berbeda dengan bakpao pada umumnya.

Kamu dapat memilih varian Rasa yang ditawarkan diantaranya coklat, selai buah, daging, dan masih banyak lagi. Bakpao Binjai juga tersedia halal dan non halal. Saat berkunjung ke daerah Binjai, kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai penjual jajanan yang satu ini. Tidak hanya dijual dalam keadaan matang, bakpao Binjai juga dijual beku sebagai frozen food.

4. Bolu Meranti

bolu meranti
pesonanusantara.co.id

Bolu meranti dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Binjai yang sayang untuk kamu lewatkan. Bolu gulung yang satu ini dikenal memiliki tekstur yang empuk dan lembut saat dinikmati. Kamu juga dapat memilih berbagai varian rasa yang ditawarkan saat membeli bolu meranti.

Bolu yang satu ini biasa dijual dengan harga sekitar Rp 60.000,-. Dalam satu gulung bolu meranti, kamu dapat memilih dua varian rasa yang berbeda. Makanan yang satu ini tentu sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

5. Kerajinan Bambu Binjai

kerajinan bambu binjai
andalastourism.com

Kamu tidak hanya dapat membeli makanan saat mencari oleh-oleh khas Binjai. Salah satu yang sangat direkomendasikan untuk dipilih sebagai oleh-oleh adalah kerajinan bambu Binjai. Kerajinan bambu dari daerah ini sudah cukup populer dan diakui hingga ke negara tetangga. Bagaimana tidak, kualitas kerajinan bambu dari Binjai dikenal sangat baik.

Kerajinan bambu Binjai memiliki bentuk yang beraneka ragam seperti meja bambu, kursi bambu, piring anyaman, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam sesuai dengan ukuran serta tingkat kesulitan pembuatan. Kamu juga dapat menjumpai berbagai kerajinan lainnya yang dapat digunakan sebagai hiasan rumah. Saat berkunjung ke daerah Binjai, tidak ada salahnya untuk membeli salah satu kerajinan bambu untuk dibawa pulang.

6. Bika Ambon

bika ambon
lifestyle.okezone.com

Bika ambon menjadi salah satu makanan yang tentu sudah tidak asing di kalangan masyarakat khususnya daerah Medan. Makanan yang satu ini juga sangat mudah dijumpai di daerah Binjai dan dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Binjai. Tidak sedikit wisatawan yang penasaran dan ingin mencoba bika ambon sekaligus membelinya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Makanan yang satu ini mampu bertahan hingga 4 hari lamanya, jika lebih dari itu bika ambon memiliki tekstur yang keras. Bika ambon dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti telur, santan, dan juga gula. Kamu dapat membeli kue ini dalam berbagai varian rasa mulai dari coklat, pandan, durian, hingga keju.

7. Tahu Balek

tahu balek
pariwisatasumut.net

Rekomendasi oleh-oleh khas Binjai selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah tahu balek. Makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing dan cukup populer di daerah Binjai. Tidak hanya tahu goreng biasa, tahu balik memiliki tampilan yang unik dan menarik.

Makanan ini dibuat dengan cara membalik tahu yakni bagian isi di luar dan bagian kulit di dalam. Setelah itu kemudian ditambahkan dengan adonan bakso dan digoreng. Cita rasa yang ditawarkan oleh jajanan yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Kamu dapat membeli tahu balek dengan harga sekitar Rp 25.000,- per porsi.

8. Sirup Rambutan

sirup rambutan
shopee.co.id

Tidak hanya rambutan Binjai yang tetap dipilih sebagai oleh-oleh khas Binjai untuk dibawa pulang, sirup rambutan juga berhasil menarik perhatian wisatawan. Sesuai dengan namanya, sirup yang satu ini memang merupakan sari rambutan. Sirup rambutan dibuat dengan cara menghaluskan daging buah rambutan dan disaring.

Kamu akan dimanjakan dengan cita rasa khas dan tidak terlalu manis saat mencobanya. Selain itu, aroma buah rambutan yang unik juga menjadikan minuman yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan. Sirup rambutan biasa dijual dalam kemasan botol kaca dan dibanderol dengan harga sekitar Rp 75.000,-. Saat berkunjung ke daerah Binjai, jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh yang satu ini, ya.

9. Kopi Sidikalang

kopi sidikalang
m.merdeka.com

Bagi pecinta kopi, kopi Sidikalang menjadi rekomendasi oleh-oleh khas Binjai yang menarik untuk kamu coba. Kamu dapat menjumpai kopi sidikalang di berbagai lokasi di Binjai. Kopi yang satu ini dikenal karena memiliki cita rasa enak dan khas serta memiliki bau yang harum. Kamu dapat membeli kopi yang satu ini dengan harga mulai dari Rp 30.000,- hingga Rp 90.000,- per kemasan.

10. Pancake Durian

Oleh Oleh Khas Binjai
kompas.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Binjai yang sayang untuk dilewatkan adalah pancake durian. Makanan yang satu ini tentu sangat cocok dipilih khususnya bagi kamu pecinta buah durian. Pancake durian menawarkan cita rasa yang lezat serta lembut saat dinikmati. Tampilannya yang khas yakni berwarna-warni juga menjadi daya tarik tersendiri.

Makanan yang satu ini biasa dijual dalam kemasan box plastik serta memiliki harga yang cukup terjangkau. Saat berkunjung ke Binjai, tidak ada salahnya untuk mencoba lezatnya pancake durian.



Leave a Reply