Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Makanan Khas Bangladesh, hadirkan Kombinasi Rasa Rugih Pedas Nan Menggoda


sisil angelin  June 3, 2019  0 Comment

Bangladesh merupakan sebuah negara yang ada di Asia Selatan yang berbatasan langsung dengan India, Myanmar dan teluk benggala. Sebagai sebuah negara tentunya Bangladesh memiliki beberapa makanan khas. Mau tahu apa saja makanan khas Bangladesh? Yuk simak ulasan beberapa makanan khas Bangladesh berikut.

Begun Bhorta

makanan khas bangladesh
spicyworld.in

Begun Bhorta merupakan makanan khas Bangladesh yang ditumbuk halus dan beraroma khas perpaduan minyak mustard, bawang merah, bawang putih dan cabai merah. Bahan baku utama dari makanan ini adalah terong. Karena terbuat dari sayur-sayuran Begun Bhorta sangat cocok untuk para vegetarian.

Cara membuat Begun Bhorta pun cukup mudah. Pertama siapkan bahan-bahannya yang terdiri dari terong, minyak mustard, bawang putih, bawang merah, ketumbar dan tak ketinggalan garam secukupnya. Kemudian panggang terong, bawang putih dan cabai merah ke dalam oven atau di atas kompor ( ketika memanggang di atas kompor usahakan membungkus bahan makanan dengan aluminium foil ). Selanjutnya tumbuk dan haluskan bawang putih, bawang merah, cabai dan garam. Setelah bumbu halus, masukkan terong yang telah dipanggang dan tumbuk sampai benar-benar halus. Terakhir tambahkan minyak mustard, aduk rata dan makanan siap dihidangkan.

Begun Bhorta sangat cocok disajikan dengan nasi putih hangat atau roti tawar. Makanan ini sangat bagus untuk wanita karena khasiat terong yang bagus untuk membuat kulit lebih lembut dan bercahaya. Selain itu, terong juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung, mengendalikan kadar kolesterol, meningkatkan fungsi otak dan mencegah kanker. Sehingga Begun Bhorta sangat bagus untuk kesehatan.

Sandesh

Bagi kalian yang pernah menonton kartun the little krisna atau pencinta film India pasti tidak asing dengan makanan satu ini. Sandesh memang merupakan makanan khas daerah bengali. Hal ini menyebabkan selain menjadi makanan khas di India, Sandesh juga menjadi makanan khas Bangladesh.

Sandesh merupakan makanan manis yang cocok digunakan sebagai dessert ( makanan pencuci mulut ). Makanan ini terbuat dari susu dan gula. Sehingga menimbulkan aroma manis yang lezat.

Malpula

makanan khas bangladesh
worldfood.guide

Selain Sandesh, ada makanan manis lain yang cocok digunakan sebagai dessert dan sangat khas di Bangladesh. Makanan ini sering disebut Malpula. Malpula adalah makanan yang biasa dibuat oleh keluarga muslim di Bangladesh selama festival Idul Fitri.

Pada dasarnya Malpula adalah pancake goreng yang dicelupkan ke dalam sirup gula. Sirup gula ini terbuat dari kapulaga, kunyit, air dan gula yang direbus sampai mendidih dan menjadi cairan kental seperti sirup. Nantinya Malpula yang telah matang akan direndam ke dalam sirup ini selama 2 menit, sebelum siap disajikan.

Bisa dibilang Malpula cocok untuk para pecinta makanan manis. Selain itu Malpula dapat menyebabkan overdosis gula, karena banyaknya kandungan gula dalam makanan ini. Namun percayalah sekali merasakan rasa dan aroma dari Malpula yang manis dan harum, kita tidak akan pernah bisa berhenti memakan Malpula.

Tehari

Makanan yang menjadi makanan khas Bangladesh selanjutnya adalah Tehari. Tehari merupakan salah satu hidangan nasi yang populer dan beraroma harum di Bangladesh. Tehari terdiri dari dua versi, versi vegetarian dan versi non-vegetarian.

Versi non-vegetarian pun dibagi ke dalam dua jenis. Pertama Tehari dengan menggunakan daging sapi. Sedangkan yang kedua Tehari yang menggunakan daging ayam. Namun Tehari yang paling terkenal adalah Tehari dengan daging sapi.

Alu Bhorta

makanan khas bangladesh
veganricha.com

Alu Bhorta merupakan makanan yang ditumbuk halus. Makanan ini mirip seperti Begun Bhorta, bahkan cenderung sama. Pembeda dari kedua makanan ini, hanya pada bahan utama pembuatnya. Jika pada Begun Bhorta bahan baku utamanya adalah terong, berbeda dengan Alu Bhorta yang bahan bakunya adalah kentang.

Alu Bhorta dan Begun Bhorta keduanya juga menggunakan bumbu dan cara memasak yang sama. Karena dasarnya kedua makanan ini sama-sama menggunakan metode memasak Bhorta.  Bhorta adalah cara memasak makanan dengan menumbuk bahan yang dicampur bawang merah, bawang putih, cabai merah dan minyak mustard.

Chena Gaja

Chena Gaja merupakan salah satu street food ( makanan pinggir jalan atau kaki lima ) khas dari Bangladesh. Chena Gaja berbahan dasar dari susu. Seperti Sandesh, Chena Gaja juga menggunakan keju cottage. Namun yang membedakannya dengan Sandesh adalah penggunaan semolina ( tepung yang berbutir kasar, terbuat dari durum wheat ). Kemudian kedua bahan dicampur dan dipotong persegi, lalu di goreng. Setelah matang dicampur dengan sirup gula dan dikeringkan.

Machher Jhol

Bagi para wisatawan yang menyukai makanan laut halal, Machher Jhol merupakan makanan khas Bangladesh yang menjadi pilihan terbaik, saat berkunjung ke sana. Machher Jhol merupakan sup ikan pedas tradisional yang kaya akan cita rasa dan warna. Sajian ini terdiri dari rebusan kentang dan tomat yang memberi warna merah pada makanan. Kemudian ada bumbu-bumbu halus seperti kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih dan cabai yang menambah cita rasa sup ikan.

Machher Jhol ini sangat cocok dimakan dengan nasi putih hangat. Bumbu rempahnya yang sangat harum dan enak berpadu dengan daging ikan yang lembut, serta kentang yang bertekstur halus, pasti akan meningkatkan nafsu makan. Makanan ini juga sangat cocok bagi para pecinta makanan pedas. Karena biasanya sup ikan ini memiliki rasa pedas yang cukup tinggi.

Payesh ( Kheer )

Payesh atau yang lebih dikenal dengan nama Kheer ini merupakan puding nasi. Payesh terbuat dari ketan, susu dan gula.  Rasa manis dari makanan biasanya ditingkatkan dengan penambahan bahan, seperti kacang almond, kacang mete atau buah kering. Bahkan ada yang menambahkan kapulaga dan saffron untuk versi mewahnya. Makanan ini biasanya disiapkan di kuil, bahkan di India bagian timur makanan ini juga dijadikan hidangan untuk acara ulang tahun.

Namun Payesh khas dari Bangladesh dibuat sedikit berbeda. Bahan baku pembuatan Payesh ditambah dengan santan dan semolina. Penambahan bahan ini membuat puding semakin manis.

Sabzi

Makanan khas Bangladesh ini, terbuat dari campuran beberapa sayuran ( wortel, kol, terong, kembang kol atau sayuran apa pun yang dimiliki ), dicampur dengan bubuk cabai, bawang merah, bawang putih, jinten dan pasta cabai. Dilihat sekilas dari bahan-bahan yang digunakan Sabzi bukanlah merupakan makanan yang biasa saja. Namun, ternyata Sabzi merupakan salah satu makanan istimewa di Bangladesh karena Sabzi tidak dapat dihidangkan setiap hari dan merupakan makanan yang diistimewakan di sana.

Maach Bhuna

Maach Bhuna atau yang lebih dikenal dengan kari ikan merupakan makanan yang memiliki aroma yang lezat dan menjadi makanan pedas yang disukai di Bangladesh. Bahan pembuatan Maach Bhuna sangat beragam. Beberapa bahan yang digunakan, yaitu Ikan ( Bisa menggunakan jenis ikan apa pun), cabai hijau, bawang bombay, pasta bawang putih, pasta jahe, tomat, bubuk jinten, bubuk cabai, garam dan minyak.

Cara membuat Maach Bhuna juga cukup mudah. Pertama cuci ikan sampai bersih menggunakan sedikit garam untuk mengurangi bau amis. Kemudian tumis bawang bombay, setelah agak layu masukan pasta bawang putih, pasta jahe, bubuk jinten dan air secukupnya. Setelah beberapa menit masukan semua bahan, kecuali tomat dan ikan. Ketika bahan telah tercampur, masukan tomat dan ikan, selanjutnya kecilkan api dan biarkan ikan matang.  Setelah air mengering dan minyak terpisah Maach Bhuna siapa dihidangkan.

Leave a Reply