10 Kuliner Legendaris di Penang, Sudah Puluhan Tahun Menyajikan Rasa yang Tak Pernah Berubah


sisil angelin  September 24, 2019  0 Comment

Penang merupakan salah satu daerah di negara Malaysia yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berbagai tempat wisata dapat Anda temui di daerah ini. Namun, tentunya akan terasa kurang puas jika tidak mencicipi kuliner di daerah ini karena Penang memiliki beragam wisata kuliner yang wajib untuk dicoba. Untuk itu, berikut daftar 10 kuliner legendaris di Penang.

kuliner legendaris di Penang

1. Kapitan Restaurant

Kuliner legendaris di penang
image credit : http://migrationology.smugmug.com

Kapitan Restaurant merupakan salah satu restoran di Penang yang sangat legendaris. Di restoran ini, Anda dapat menemukan berbagai macam makanan khas dari India yang cukup unik. Untuk masalah harga, setiap makanan yang disediakan di restoran ini cukup bervariasi. Jadi, pemilihan menu dapat disesuaikan dengan kantong.

Letak dari Kapitan Restaurant ini tepatnya di depan atau berhadapan dengan Masjid Keling. Restoran ini memang sudah terkenal di kalangan warga lokal Penang sehingga selalu ramai oleh pengunjung ketika malam hari.

Gotravelly

Mengeksplor Wonderfood Museum Penang, Awas Tambah Laper

Sedapnya Laksa Nyonya Dan Laksa Penang, Kuliner Malaysia Wajib Coba

2. Nasi Kandar Line Clear

Kuliner legendaris di penang
image credit : https://s.yimg.com

Nasi kandar adalah kuliner khas dari Penang yang sangat mudah untuk ditemui di daerah ini. Salah satu restoran yang terkenal dengan kenikmatan nasi kadar yang disajikannya yaitu Nasi Kandar Line Clear. Menu nasi kandar di restoran ini memiliki rasa yang begitu otentik dan tidak dapat ditemukan di tempat lain, karena restoran ini tidak membuka cabang.

Salah satu kuliner legendaris yang mempunyai banyak penggemar ini beralamat di Beside 161 & 177 Penang Road, George Town, Penang, Malaysia. Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan menu nasi kandar karena restoran ini buka selama 24 jam setiap hari.

3. Tooh Soon Cafe

Kuliner legendaris di penang
image credit : https://4.bp.blogspot.com

Bicara mengenai kuliner legendaris yang ada di Penang, tentunya Tooh Soon Cafe layak untuk masuk di dalamnya. Dapat dibilang bahwa tempat dari cafe yang satu ini memang cukup kecil dan agak susah ditemui. Meskipun begitu, cafe ini tepat didatangi oleh banyak pengunjung setiap harinya.

Hal ini dikarenakan Tooh Soon Cafe digadang-gadang mampu menyuguhkan kopi terbaik yang ada di Penang. Selain kopi khas Penang, tempat ini juga menyediakan nasi lemak yang sangat kondang akan kenikmatannya. Harga setiap menu yang dibanderol oleh tempat legendaris ini juga murah meriah, jadi Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan dana.

4. Hai Seafood Market

Kuliner legendaris di penang
image credit : http://www.malaysianflavours.com

Lokasi kuliner legendari yang dapat Anda temui di Penang selanjutnya adalah Hai Seafood Market. Sesuai dengan namanya, restoran ini menyediakan berbagai macam olahan makanan laut atau seafood yang segar. Tempat ini dapat ditemukan di Gurney Dr, George Town, Penang dan buka mulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 12 malam waktu setempat.

Namun bagi Anda yang kurang menyukai menu seafood tidak perlu khawatir, karena tempat ini juga menyediakan berbagai macam pilihan menu lain yang dapat dicoba. Terdapat beragam daging, sayuran, dan masih banyak lagi menu yang disediakan oleh Hai Seafood Market ini.

5. Restoran Sup Hammed

Kuliner legendaris di penang
image credit : https://i0.wp.com

Bagi Anda yang menyukai menu makanan berupa sup, maka restoran legendaris di Penang yang bernama Sup Hammed ini wajib untuk dikunjungi. Tempat ini menyediakan sup dengan cita rasa yang sangat lezat dengan paduan roti banggali.

Jenis sup yang disediakan oleh restoran Sup Hammed ini juga cukup beragam, namun sup yang paing direkomendasikan untuk dicoba adalah sup kambing. Kuah dari sup ini mempunyai cita rasa yang pekat dengan rempahnya yang kuat. Restoran legendaris ini berlokasikan di jalan Penang nomor 48, George Town.

6. Penang Road Famous Teochew Chendul

Kuliner legendaris di penang
image credit : https://1.bp.blogspot.com

Dapat dikatakan bahwa Penang Road Famous Teochew Chendul adalah pioneer dari teochew cendhul di Penang. Sebenarnya menu bernama Teochew Chendul ini hampir mirip dengan es cendol yang ada di Indonesia. Cafe yang berada di jalan Penang ini memang tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Seperti yang telah dikatakan, bahwa isi cendol dari kuliner ini hampir sama dengan es cendol dari Indonesia, namun bedanya Chendul dari Penang ini tidak menggunakan nangka namun dengan kacang merah. Selain itu, cafe ini juga menyediakan teochew chendul dengan berbagai varian rasa seperti durian dan juga white coffee.

7. Air Itam Market

Kuliner legendaris di penang
image credit : https://eatbook.sg

Air Itam Market merupakan salah satu tempat kuliner legendaris yang wajib untuk dikunjungi ketika dikunjungi ketika berada di Penang. Menu andalah yang dihadirkan oleh tempat ini adalah nasi bebek teochew.

Tentunya nasi bebek teochew ini berbeda dengan nasi bebek yang biasa dijual di Indonesia. Bila nasi bebek pada umumnya berupa bebek yang dipanggang hingga renyah, namun kuliner ini menyediakan bebek yang dibumbui kemudian dimasak hingga sangat lembut. Daging dari bebek ini akan terasa sangat lunak dan tentunya bumbunya meresap sampai kedalam.

8. Char Koay Teow di Siam Road

Kuliner legendaris di penang
image credit : https://omgsohungry.files.wordpress.com

Hampir setiap daerah di dunia ini memiliki makanan khas yang berupa olahan dari mi. Walaupun Char Koay Teow sebenarnya merupakan makanan khas dari Thailand, namun di Penang juga terdapat sebuah tempat legendaris yang menjual makanan berbentuk mi ini.

Makanan yang lezat tersebut, dapat Anda temukan di Siam Road. Menu makanan bernama Char Koay Teow ini berupa mi pipih yang terbuat dari beras, kemudian dicampur dengan sosis, telur, dan kerang. Tentunya makanan ini akan melengkapi perjalanan ketika berada di daerah Penang.

9. Hon Kei Food Corner Restaurant

Kuliner legendaris di penang
image credit : https://i1.wp.com

Berwisata di pagi hari tentunya akan semakin lengkap jika mengawalinya dengan makan bubur. Salah satu tempat makan legendaris di Penang yang menyediakan bubur paling lezat adalah Hon Kei Food Corner Restaurant. Namun Anda jangan salah, bubur yang di sediakan oleh restoran ini berbeda dengan bubur yang biasa dibuat di Indonesia.

Tekstur dari bubur khas Penang ini masih agak mirip dengan nasi. Kemudian bubur ini disiram kuah dengan bumbu rempah yang sangat berasa. Selain itu, daging cincang yang dihadirkan sebagai topping dari kuliner ini juga sangat memuaskan.

10. Yeng Keng Cafe

Kuliner legendaris di penang

Jika Anda tertarik untuk mencicipi masakan ala baba nyonya dan western dapat mengunjungi sebuah cafe yang bernama Yeng Keng Cafe. Tempat ini berlokasikan tepatnya di Lebuh Chuila. Selain menyediakan makanan ala barat atau western food, cafe ini juga menyediakan menu ayam durian yang sangat legendaris di Penang.

Namun sebelum Anda mengunjungi tempat ini, pastikan mempersiapkan budget yang lebih. Dapat dibilang hal ini dikarenakan menu makanan di Yeng Keng Cafe dibanderol dengan harga yang relatif mahal. Namun, tentunya cita rasa yang dihadirkan akan sebanding dengan budget yang dikeluarkan.

Dengan mengetahui daftar 10 kuliner legendaris di Penang di atas, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin bertamasya sekaligus berwisata kuliner di Penang. Akan rugi rasanya jika melewatkan salah satu dari rekomendasi tempat kuliner di atas.



Leave a Reply