9 Oleh-oleh Khas Bangka Belitung Paling Diminati Wisatawan


sisil angelin  March 6, 2018  0 Comment

Indonesia memang memiliki beranekaragam kuliner yang menarik, lezat, dan pastinya wajib anda coba, salah satunya adalah makanan khas Bangka Belitung guys nah kali ini saya akan membahas 9 kuliner khas Bangka Belitung yang dicari wisatawan saat berada di Bangka Belitung yang wajib banget anda cicipi dan pastinya membelinya untuk oleh-oleh teman, keluarga, ataupun orang tersayang. Berikut oleh-oleh khas Bangka Belitung paling diminati wisatawan :

1. Sambalingkung

Sambalingkung

Bukalapak.com

Kuliner yang pertama ini wajib banget anda coba dan dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dirumah, untuk anda yang belum tau sambalingkung ini terdiri dari daging ikan tenggiri yang di buat abon, sambalingkung ini sangat nikmat jika dimakan dengan nasi hangat entah dimakan pagi, sore, ataupun malam rasanya makyus…memang harga dari sambalingkung ini terbilang mahal sekitar 200 ribu, namun ini worth it banget dengan rasanya yang yummy.

Sego Karak, Kuliner Legendaris Khas

Lontong Kikil Pak Toha, Pulennya Lontong Berpadu Dengan Kenyalnya Kikil Sapi

2. Getas Bangka

Getas Bangka

Bukalapak.com

Getas ini juga gak kalah leat dari oleh-oleh yang ada di atas guys, getas  memang menjadi pilihan karena memiliiki rasa yang sangat lezat, getas ini memiliki bentuk bulat dan panjang rasanya gurih dan biasanya dijadikan camilan, lauk untuk nasi, dan dimakan dengan makanan yang berkuah, makanan ini terbuat dari ikan tenggiri, makanan khas bangka yang satu ini wajib anda incipi guys. harga 1 bngkus getas bangka ini hanya 75 ribu, untuk menemukan getas bangka ini anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh yang ada di Bangka cukup mudah kok guys untuk menemukan getas bangka.

Baca juga :  10 Kuliner Enak Dan Paling Ramai di Kawasan Malioboro

3. Lempok Cempedak

Lempok Cempedak

Bukalapak.com

Lemok ini salah satu makanan bangka yang unik dan selalu diburu wisatawan, lempok ini adalah dodol yang berbahan dasar dari buah cempedak, untuk tektur dan rasanya manis, legit, kenyal, pokoknya enak banget… Lempok cempedak ini bisa anda temukan di pusat oleh-oleh, harga 1 kotak cempedak ini sekitar 50-150 ribu. nah nunggu apalagi yuk cari lempok cempedak untuk oleh-oleh temen, keluarga, ataupun orang tersayang.

4. Bong Li Piang

Bong Li Piang

IndonesiaKaya.com

Mungkin makanan yang unyu-unyu ini sudah pernah anda lihat dan coba tau gak sih guys bong li piang ini terkenal sebagai makanan tiongkok yang ternyata menjadi makanan khas bangka belitung. kue ini kenapa di beri nama bong li piang karena makanan ini di buat dari perpaudan antara budaya pribumi dan suku hakka dari toingkok yang terdiri dari tepung terigu, santan, gula aren. kue ini biasanya di isi dengan selai nanas sehingga menciptakan rasa asam, manis, dan pastinya lezat.

5. Kericu

Kericu

food.idntimes.com

kericu ini juga menjadi makanan khas bangkak yang terdiri dari telur, cumi-cumi, dan tepung sagu yang memiliki gizi yang tinggi. untuk membuat kericu ini cukup mudah pertama biasanya cumu-cumi akan dihaluskan lalu dicampur dengan tepung sagu, lengkuas, bawang putih, bawang merah, garam, gula, bubum lainnya dan lalu di bentuk panjang-panjang teakhir di goreng sampai kering, sehingga camilan ini memiliki rasa yang asin, manis dan gurih. makanya tak jarang kericu ini selalu ramai dibeli oleh wisatawan.

6. Martabak Bangka

Martabak Bangka

cara-dantips.blogspot.co.id

Martabak Bangka memang slelau ramai di beli karena makanan yang satu ini menjadi makanan khas bangka beliting yang bisa anda temukan di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Untuk rasa martabak bangka ini manis dan membuatnya berbeda karena topping pada martabak manis ini lebih banyak anda bisa memilih mau pake topping apa ada keju, susu kental manis, wijen, kacang tanah, meises, coklat dan masih banyak pilihan topping yang sesai dengan kesukaan anda. martabak bangka ini juga menjadi oleh-oleh wisatawan untuk di bawa pulang saat berada di Bangka Belitung.

Baca juga :  8 Makanan Tradisional Riau Unik dan Bikin Penasaran

7. Kue Rintak

Kue Rintak khas Bangka

IndonesiaKaya.com

Kue yang satu ini memang sangay di gemari orang bangka belitung karena memiliki rasa yang gurih. untuk anda yang belum tau kue rintak ini sebenarnya kue yang terdiri dari tepung sagu yang diolah menjadi kue kering, rasanya manis, gurih, dan kue rintak ini sellau menjadi pilihan saat merayakan hari raya idul fitri, selain acara-acara tertentu kue rintak ini juga selalu di cari wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh guys. untuk harganya masih terjangkau dan pas banget untuk dijadikan oleh-oleh keluarga. kue rintak ini bisa anda beli di pusat oleh-oleh di Bangka Belitung.

8. Durian Getar Bumi

Durian Getar Bumi oleh oleh khas bangka belitung

bibitdurian.net

Dari namanya saja sudah unik dan bikin kalian penasaran bagetkan guys, nah untuk kalian yang belum tau kenapa di beri nama durian getar bumi karena ukuran durian bangka ini memiliki ukuran yang sangat besar kita-kita seperti 4-6 kali lipat durian pada umumnya guys… karena durian ini memiliki ukuran besar sehingga jika durian ini jatuh ketanah maka akan membuat bumi bergetar alay sih.. tapi dengan begitu durian bangka ini selalu diburu wisatawan.

untuk rasanya tidak usah di tanya teksturnya itu lembut, dan manis. satu buah durian getar bum ini dijual sekitar 100-400 ribu/buah. nah durian getar bumi ini cocok banget untuk oleh-oleh teman, keluarga, ataupun orang tersayang yang suka banget sama buah durian.

9. Sirup Jeruk Kunci

Sirup Jeruk Kunci

kulinerwisata.com

Selain itu ada juga sirup jeruk kunci yang bisa dibilang menjadi oleh – oleh khas Bangkayang menjadi andalan, minuman yang satu ini memang menjadi sebuah minuman khas dari masyarakat Bangka Belitung. Minuman ini sendiri dibuat dari bahan utama jeruk kunci.

Baca juga :  14 Makanan Khas Kepulauan Nias, Rasanya Mantap!

Dimana jeruk kunci ini merupakan salah satu jenis jeruk yang memiliki ukuran sebesar bola pingpong. Untuk rasanya sendi sedikit asam, namun menyegarkan. Sirup ini sendiri bisa dinikmati menggunakan air hangat maupun air dingin.

Dan untuk rasanya juga lebih nikmat jika Anda menggabungkannya dengan somboi atau sebuah manisan buah dari China. Untuk haga yang dibanderol pada sirup jeruk kunci ini sendiri sekitar 38 ribuan untuk 400 ml.

Nah itulah 9 makanan khas Bangka Belitung yang wajib anda coba dan pas banget untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga, teman, ataupun orang tersayang. Bangka Belitung memang memiliki beraneka makanan yang unik, enak, dan pastinya wajib anda cicipi, semoga artikel diatas berguna untuk anda yang lagi cari oleh-oleh apa yang pas untuk anda bawa pulang. Selamat mencoba!!!



Leave a Reply