10 Gereja Terindah di Asia, Destinasi Wisata Religi Saat Libur Paskah


prita  April 16, 2022  0 Comment

Gereja terindah di Asia bisa jadi salah satu destinasi wisata religi untuk kamu yang ingin berlibur saat libur paskah nanti. Gereja merupakan tempat ibadah umat Nasrani yang cukup suci. Namun, beberapa gereja juga dijadikan sebagai destinasi wisata karena tak hanya memiliki ukuran yang besar, namun juga memiliki arsitektur yang indah sehingga membuat siapapun tertarik untuk datang kesana. Nah, jika kamu penasaran, berikut ini adalah daftar gereja terindah di Asia yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Gereja Katedral, Indonesia

Gereja Katedral
travel.kompas.com

Gereja terindah di Asia yang pertama bisa kamu temukan di Indonesia, yaitu Gereja Katedral. Gereja yang berada di kota Jakarta ini memang menjadi salah satu ikon kota Jakarta serta wisata religi umat Nasrani yang wajib dikunjungi.

Gereja Katedral ini menjadi pusat dari banyak gereja di Indonesia dengan ukuran yang sangat besar dan memiliki gaya bangunan yang unik, yaitu nuansa Geo-Gotik. Katedral ini sedikit mirip dengan Vatikan dengan tiga bagian utama, yaitu bangunan utama, museum Katedral dan Goa Maria Katedral.

Gotravelly

Berkunjung Ke Graha Maria Annai Velangkanni

Megahnya Bangunan Phat Diem Cathedral Ninh Binh Vietnam

2. Holy Rosary Church, Malaysia

Holy Rosary Church
pinterest.com

Berlokasi di KL Sentral, Malaysia, kamu akan menemukan salah satu gereja terindah di Asia bernama Holy Rosary Church. Gereja ini memang memiliki bangunan yang sangat indah dan unik karena memiliki aksara Tionghoa disana.

Hal tersebut dikarenakan gereja ini dibangun pada tahun 1883 dan diperuntukkan bagi umat Katolik yang berbahasa Tionghoa di Melayu. Holy Rosary Church ini memiliki gaya bangunan neo-gotik yang indah dengan jendela warna-warni yang indah.

3. St Andrew’s Cathedral, Singapura

St Andrew's Cathedral
channelnewsasia.com

Dari Malaysia kita bergeser ke Singapura. Di Singapura, kamu akan menemukan salah satu gereja terindah di Asia bernama St Andrew’s Cathedral. St Andrew’s Cathedral ini menjadi sebuah gereja tertua di Singapura yang dibangun pada tahun 1834-1836.

Katedral Anglikan ini jika diperhatikan sekilas mirip dengan gereja-gereja yang ada di Inggris. Gereja yang dirancang oleh Kolonel Ronal MacPherson ini memiliki struktur English Gothic untuk menggantikan kapel asli yang pernah tersambar petir dua kali di tahun 1852. St Andrew’s Cathedral ini kemudian ditetapkan sebagai monumen nasional pada tahun 1973 yang mana pada katedral dan pekarangannya menjadi tempat sejumlah kenangan dan dedikasi.

4. Assumption Cathedral, Thailand

Assumption Cathedral
takemetour.com

Gereja terindah di Asia yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Assumption Cathedral yang berada di kota Bangkok, Thailand. Assumption Cathedral ini merupakan gereja Katolik pertama Thailand yang cukup bersejarah karena menjadi saksi dimana kekristenan memasuki wilayah Siam di tahun 1550.

Gereja ini memiliki gaya bangunan yang sangat indah khas Thailand yang megah. Lokasi katedral ini tersembunyi di halaman Assumption College dengan pintu masuk utamanya menghadap ke barat arah Sungai Chao Phraya. Karakteristik katedral ini memiliki ruang bawah tanah yang berada di tempat kudus.

5. Church of San Agustin, Filipina

Church of San Agustin
zenrooms.com

Masyarakat Filipina memang mayoritas penganut Katolik, tak heran jika disini kamu akan menemukan banyak gereja di Filipina. Salah satu gereja yang cukup terkenal di Filipina dan menjadi salah satu gereja terindah di Asia adalah Church of San Agustin.

Gereja yang dibangun pada tahun 1704 sampai 1894 ini memiliki gaya arsitektur yang unik, yaitu Earthquake Baroque yang merupakan perpaduan gaya Gotik dan Oriental. Disebut demikian karena bangunan ini sengaja dibangun untuk tahan gempa. Bagian dasar gereja ini dibangun dari batu karang sementara bagian atasnya terbuat dari batu bata. Dinding bangunan ini memiliki ketebalan hingga 1,67 meter. Gereja ini menjadi salah satu warisan dunia versi UNESCO.

6. Notre Dam Cathedral, Vietnam

Notre Dame Cathedral
lonelyplanet.com

Gereja terindah di Asia selanjutnya adalah Notre Dame Cathedral yang berada di kota Ho Chi Minh, Vietnam. Notre Dam Cathedral ini dibangun sekitar tahun 1863 hingga 1880 oleh Perancis yang saat itu menjajah Vietnam.

Katedral ini memiliki ketinggian hinga 60 meter dan menjadi simbol dari kota Ho Chi Minh. Gereja ini dinobatkan sebagai Basilika pada tahun 1962 dan merupakan salah satu dari empat Basilika di Vietnam karena peran pentingnya dalam komunitas Katolik Vietnam. Istimewanya, katedral ini memiliki jendela kaca patri yang beraham dan menggambarkan Orang Suci serta cerita-cerita dalam Alkitab.

7. Jeondong Cathedral, Korea Selatan

Jeondong Cathedral
en.trippose.com

Bergeser ke Korea Selatan, disini kamu juga akan menemukan sebuah gereja terindah di Asia bernama Jeondong Cathedral. Katdral Katolik ini dibangun untuk menghormati para martir Katolik Roma dari Dinasti Joseon di tempat yang sama ketika para martir kehilangan nyawa mereka.

Jendong Cathedral ini memiliki gaya bangunan Romanesque yang terbuat dari batu bata abu-abu dan merah serta memiliki kemiripan yang mencolok dengan Katedral Myeongdong di Seoul. Kombinasi unik dari gaya arsitektur Bizantium dan Romaneque ini membuatnya menjadi gereja terindah di Korea dan bangunan dengan arsitektur terindah di Korea.

8. Harajuku Church, Jepang

Harajuku Church
tourismplacesworld.blogspot.com

Gereja terindah di Asia yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Harajuku Church yang berada di Kota Tokyo, Jepang. Bisa dibilang, gereja ini cukup modern dengan gaya bangunan minimalis yang kekinian.

Gereja Protestan Harajuku ini pertama kali diresmikan oleh perusahaan desain Ciel Rouge Creation pada tahun 2005. Menariknya, langit-langit gereja ini dibuat khusus untuk menggemakan suara alami selama 2 detik untuk memberikan pengalaman mendengarkan bagi jemaah juga wisatawan. Struktur bangunan gereja ini terdiri dari tujuh elemen yang sesuai dengan tujuh hari penciptaan dan tujuh gereja di Timur.

9. Cathedral of Sacred Heart, Tiongkok

Cathedral of Sacred Heart
thousandwonders.net

Cathedral of Sacred Heart yang berlokasi di Guangzhou, Tiongkok ini disebut sebagai Notre Dame-nya Tiongkok dan disebut sebagai salah satu gereja terindah di Asia.

Katedral Katolik ini didirikan pada tahun 1800an oleh Kaisar Perancis dan dibangun oleh pengrajin Tiongkok. Gereja bergaya Gothic ini memiliki jendela kaca patri, lengkungan dan menara tinggi serta tempat perlindungan batin yang luas dan tinggi membuat bangunan ini terlihat semakin indah.

10. St Philomena’s Church, India

Gereja Terindah di Asia
holidify.com

Gereja terindah di Asia yang terakhir adalah St Philomena’s Church yang berada di Mysore, India. St Philomena’s Church ini dibangun pada tahun 1956 dan menjadi katedral terbesar di negara ini.

Memiliki gaya gothic, katedral ini dilengkapi dengan jendela kaca yang indah serta menara yang tinggi. Tak hanya itu, terdapat Patung Perancis dari seorang santo Yunani ada disana. Menara kembar katedral ini memiliki tinggi sekitar 175 kaki dan terlihat dari jauh. Aula utama katedral ini mampu menampung hingga 800 orang dan memiliki eksterior yang dibuat dengan hiasan serta jendela kaca patri yang indah dan menggambarkan adegan kelahiran Kristus, Perjamuan Terakhir, Penyaliban, Kebangkitan dan Kenaikan Kristus.



Leave a Reply