Dijuluki Tanah Pagoda Emas, Nih 10 Pagoda Terkenal Di Myanmar


Reni  September 28, 2022  0 Comment

Untuk anda yang mempunyai hobi melakukan wisata, terutama berkeliling Asia Tenggara maka Negara Myanmar bisa anda masukkan ke dalam daftar negara yang akan anda kunjungi. Asia Tenggara sendiri merupakan sebuah tempat yang banyak dikunjungi oleh berbagai macam wisatawan karena biaya perjalanannya sendiri yang tergolong murah. Ketika berkunjung ke Myanmar anda bisa melihat pagoda di Myanmar yang merupakan salah satu tempat yang wajib untuk anda kunjungi.

Myanmar sendiri merupakan tempat yang cukup memakan biaya murah meskipun banyak sekali ragam tempat wisata yang menawarkan anda berupa budaya hingga sejarah yang bisa anda nikmati ketika berkunjung ke negara tersebut. Selain itu anda yang merupakan seorang wisatawan asal Indonesia tak perlu repot lagi untuk memikirkan tentang visa kunjungan ke negara lain karena untuk di Asia Tenggara sendiri ada kebijakan bebas visa dalam kunjungan yang sebentar.

Myanmar sendiri dahulu dikenal dengan nama Burma, kini negara tersebut telah menarik sorot mata dunia akibat gejolak politik yang ada di sana untuk melakukan demokratisasi ke arah yang lebih baik. Di lain sisi, negara ini juga terkenal karena budayanya beserta artefaknya maka tak heran negara tersebut terkenal dengan nama negeri 1000 pagoda.

Ketika anda rasa negeri ini merupakan tempat yang menarik untuk anda masukkan ke dalam daftar tempat untuk melakukan liburan maka mengunjungi pagoda adalah salah satu alternatif pilihan yang tepat untuk anda kunjungi ketika melakukan liburan wisata. Berikut ini rangkaian daftar pagoda yang bisa anda kunjungi di Myanmar, inilah daftarnya.

1. Pagoda Sule

Pagoda Sule
tripadvisor.co.id

Pagoda ini letaknya berada di letak jantung negara ini, yakni Kota Yangon yang mana adalah sebuah titik bertemunya Jalan Mahabandoola dengan Jalan Pagoda. Jika merujuk kepada etimologi maka bahasa sule berasal dari bahasa negeri ini yakni suway yang mempunyai arti sebagai tempat pertemuan. Hal yang demikian akan dengan pas memberikan gambaran letak pembangunan pagoda ini.

Baca juga :  10 Wisata Alam di Mojokerto Tawarkan Pemandangan Sejukkan Mata

Bangunan ini memiliki bentuk dengan hampir mirip dengan kubah dan mempunyai stupa dalam bentuk lebih kecil. Di pagoda ini ada sebanyak 10 lonceng yang bahannya berasal dari perunggu dengan motif gambar Buddha yang ada di sekitarnya. Dalam 8 gambar Buddha tersebut mempunyai representasi hari dalam satu minggu dengan tambahan 1 gambar pada hari rabu.

Gotravelly

Explore The Golden Land Myanmar Part 8

Mbolang Di Myanmar Part 1

2. Pagoda Shwedagon

Pagoda Shwedagon
m.merdeka.com

Pagoda ini letaknya di Kota Yangon dengan luasan lahan hingga seratus empat belas hectare yang mana bangunan ini dibangun pada awal abad masehi. Menurut masyarakat Myanmar tempat ini merupakan tempat melakukan ibadah tersuci yang ada di sana, umumnya masyarakat Myanmar menganut agama Budha sebagai kepercayaan.

Myanmar sendiri adalah sebuah negara yang mampu menghasilkan batu alam berharga, jadi anda tak perlu heran jika pagoda yang satu ini penuh dengan hiasan batu permata. Pagoda dengan tinggi sembilan puluh sembilan meter jika dilihat dari bawah ini terkenal dengan nama Golden Pagoda karena pada pagoda ini memiliki lapisan batang emas dengan dominasi sesuai dengan warna bangunan tersebut.

3. Pagoda Uppatasanti

Pagoda Uppatasanti
tripadvisor.co.id

Anda memerlukan waktu perjalanan sekitar 6 jam lebih ketika ingin sampai ke pagoda ini, pagoda yang terletak di ibu kota negara Myanmar ini bisa anda akses memakai pesawat dari Kota Yangon. Kota tersebut merupakan ibu kota Myanmar yang terdahulu sebelum digantikan oleh Kota Nay Pyi Taw.

Di pagoda ini anda akan melihat beberapa gajah putih yang mana dipercaya sebagai pembawa perdamaian hingga kemakmuran oleh para penduduk Myanmar. Ketika anda ingin berkunjung ke pagoda ini maka anda tak perlu lagi untuk sedikitpun mengeluarkan uang karena biaya ke tempat ini tak dipungut biaya.

Baca juga :  10 Gereja Terindah di Asia, Destinasi Wisata Religi Saat Libur Paskah

4. Pagoda Chauk Htat Gyi

Pagoda Chauk Htat Gyi
asiatravelandleisure.com

Pagoda ini memiliki lokasi di Kota Tamwe yang mana pagoda ini memiliki patung Budha dalam pose sedang berbaring. Patung tersebut mempunyai panjang hingga lebih dari 65 meter dengan tinggi hingga mencapai 16 meter, bangunan ini baru selesai dibangun pada awal abad ke-20 dan kemudian dilakukan renovasi kembali pada tahun 1966.

5. Pagoda Kakku

Pagoda Terkenal Di Myanmar
renown-travel.com

Tempat ini adalah sebuah tempat dimana berkumpulnya banyak pagoda yang sudah mempunyai usia hingga 2000 tahun lebih. Lokasi pagoda yang satu ini wajib untuk dikunjungi oleh anda ketika sedang melakukan liburan kesana karena tempat tersebut merupakan tempat paling popular yang ada di negeri tersebut. Dengan mengunjungi tempat ini anda akan merasakan pengalaman unik yang sebelumnya belum pernah anda rasakan.

6. Pagoda Thatta Thattaha Maha Bawdi

Pagoda Thatta Thattaha Maha Bawdi
stock.adobe.com

Pagoda di Myanmar yang satu ini memiliki letak di Kota Naypyidaw, pagoda tersebut berbentuk hampir mirip dengan sebuah kuil yang sekilas menampakkan kemegahannya yang sangat indah. Anda ketika sedang melakukan ke kota tersebut tidaklah boleh melewatkan pagoda yang satu ini karena kemegahan sekaligus keindahan yang ditampakkan.

7. Swe Taw Myat Pagoda

Swe Taw Myat Pagoda
asiaopentours.net

Tempat kuil pagoda yang satu ini tak boleh sedikitpun anda lewati ketika melakukan wisata ke luar negeri, pagoda yang terletak di Kota Yangon ini mempunyai sejarah dan budaya yang begitu panjang di Negara Myanmar. Jadi tempat ini bisa anda masukkan ke dalam daftar tempat liburan yang akan anda kunjungi ketika berwisata ke Myanmar.

8. Pagoda Mahazedi

Pagoda Mahazedi
orientalarchitecture.com

Pagoda Mahazedi merupakan pagoda yang memiliki daya tarik yang tidak kalah jika dibandingkan dengan pagoda – pagoda yang lain di Myanmar. Tempat ini merupakan tempat yang sangat layak untuk anda kunjungi karena di tempat ini sangatlah bersih dan juga indah sehingga membuat sekitaran lingkungan yang ada di tempat ini menjadi objek yang indah untuk melakukan foto ria bersama dengan keluarga maupun dengan pasangan.

Baca juga :  15 Obyek Wisata di Myanmar Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

9. Pagoda Kyauk Ka Lat

Pagoda Kyauk Ka Lat
commons.wikimedia.org

Ketika berkunjung ke tempat ini maka anda akan langsung disuguhkan dengan pemandangan danau yang sangat indah, ditemani dengan suara air dan riuh suara burung akan terkombinasikan jika anda berkunjung ke tempat yang satu ini. Nantinya anda akan memperoleh potret foto yang cukup mengesankan ketika melakukan kunjungan ke tempat ini.

10. Pagoda Hpaung Daw U

Pagoda Hpaung Daw U
myanmartrains.info

Dengan lokasi yang memiliki tepian sungai indah maka anda akan sangat perlu mengunjungi tempat ini dengan mengabadikan momen berharga anda bersama dengan keluarga. Di tempat ini anda juga bisa melakukan wisata religi bersama famili terdekat sambil menikmati keindahan sungai yang ada di sana, maka dari itu tunggu apalagi? Segeralah berkunjung ke sana demi menikmati wisata religi yang indah.

Ketika anda ingin mengunjungi pagoda di Myanmar maka sebaiknya anda menggunakan pakaian yang sopan, selain itu anda juga tidak boleh memakai alas kaki beserta dengan topi. Anda yang nantinya adalah wisatawan biasa akan diberikan pinjaman sarung oleh para penjaga yang ada di sana untuk anda pakai ketika sudah masuk ke dalam lingkungan sekitar pagoda. 



Leave a Reply