9 Makanan Khas Batang, Enak Bikin Kenyang


Fida  August 27, 2022  0 Comment

Ingin menghabiskan waktu belibur? Tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi tempat wisata atau mencoba berbagai kuliner lezat. Kabupaten Batang dikenal sebagai salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki banyaknya kuliner khas dan menarik untuk dicoba. Selain makanan berat, kamu juga dapat mencoba makanan khas Batang berupa kue atau jajanan. Tidak perlu bingung, inilah daftar 9 rekomendasi makanan khas Batang yang bisa kamu coba.

1. Nasi Megono

nasi megono
tribunnewswiki.com

Pernah mendengar sebutan makanan nasi megono? Nasi megono merupakan sajian makanan khas Batang yang cukup populer dan bisa kamu coba. Tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal, sajian yang satu ini juga banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Batang.

Nasi megono merupakan nasi yang disajikan dengan lauk lengkap dan bermacam-macam. Biasanya, lauk yang wajib ada di nasi megono adalah lauk tempe mendoan serta olahan nangka muda yang dipotong kecil-kecil. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa gurih dan pedas. Bagaimana, tertarik untuk mencoba lezatnya kuliner yang satu ini?

Gotravelly

Omah Madhang Saridjoyo, Restoran Berkonsep Jadul Tawarkan Menu Khas Jawa

Mencoba Lezatnya Ramen Otentik Khas Jepang Di Keiu Ramen Surabaya

2. Corobikang

corobikang
kompas.com

Rekomendasi makanan khas Batang berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu coba adalah corobikang. Corobikang merupakan kue tradisional yang memiliki tampilan khas yakni berwarna-warni. Selain warnanya yang cerah, bentuk corobikang yang mekar seperti bunga juga menjadikan makanan ini semakin menarik untuk dicoba.

Saat mencoba corobikang, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa yang cenderung manis serta tekstur yang lembut. Banyak yang mengatakan bahwa kue ini memiliki tampilan yang mirip dengan kue serabi. Yang membedakan kue corobikang dengan kue serabi adalah kue corobikang dapat dinikmati tanpa menggunakan kuah atau santan. Saat mencoba kue corobikang, kamu tentu akan dibuat ketagihan dengan cita rasa dan kelezatannya.

3. Gethuk Iris

gethuk iris
solup.blogspot.com

Gethuk Iris juga menjadi salah satu makanan khas Batang yang pupoler dan menarik untuk kamu coba. Makanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama singkong. Cara membuatnya adalah dengan cara menumbuk halus singkong hingga kenyal. Sesuai dengan namanya, gethuk iris tersebih dahulu diiris atau dipotong sebelum disajikan.

Gethuk iris selanjutnya ditaburi dengan parutan kelapa. Parutan kelapa yang digunakan biasanya adalah parutan kelapa yang telah dibakar. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan rasa gurih dan tekstur yang lembut. Selain lezat dan bergizi, gethuk iris juga sangat mengenyangkan dan wajib kamu coba.

4. Gethuk Mawur

gatuk mawur
inibaru.id

Selain gethuk iris, kamu juga dapat mencoba lezatnya gethuk mawur. Makanan yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu makanan khas Batang yang bisa kamu coba. Seperti gethuk pada umumnya, gethuk mawur juga dibuat dengan menggunakan bahan utama singkong.

Jika dilihat sekilas, tampilan gethuk iris dan gethuk mawur sangatlah mirip. Hal yang membedakan adalah pada cara pembuatannya. Jika gethuk iris dibuat dengan menumbuk singkong hingga halus, tetapi tidak dengan gethuk mawur. Gethuk mawur dibuat dengan cara menumbuk singkong hingga berbentuk butiran. Setelah membentuk butiran, singkong kemudian ditambahkan dengan parutan kelapa. Tidak hanya manis, kamu juga dapat merasakan gurihnya tambahan kelapa pada makanan ini.

5. Sotong Ireng

Makanan Khas Batang
inibaru.id

Pernah mendengar sebutan makanan sotong ireng? Sotong Ireng merupakan salah satu makanan khas Batang populer dan menarik untuk kamu coba. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dari olahan cumi. Lokasi Batang yang berada di kawasan pesisir pantai utara menjadikan daerah yang satu ini memiliki banyak makanan berbahan dasar hasil laut seperti sotong ireng.

Dalam bahasa Jawa, ireng memiliki arti hitam. Hidangan yang satu ini memang disajikan dengan warna khasnya yakni berwarna hitam. Cumi yang digunakan sebagai bahan dasar langsung diolah dengan mengikutsertakan tintanya. Hal itulah yang menjadikan hidangan ini dapat tersaji dengan warna hitam. Sotong ireng diolah dengan cara digoreng dan ditumis menggunakan bumbu serta santan. Menggugah selera bukan?

6. Surabi Kali Beluk

serabi kalibeluk
detik.com

Surabi tentu menjadi salah satu makanan yang sudah tidak asing bagi beberapa orang. Namun pernahkah kamu mendengar sebutan surabi kali beluk? Surabi kali beluk merupakan salah satu makanan khas Batang yang banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Makanan yang satu ini memang dikenal sangat khas dan dapat kamu coba dengan dua pilihan rasa yakni gula merah dan kelapa.

Yang membedakan surabi ini dengan surabi pada umumnya adalah pada ukurannya. Surabi kali beluk memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan surabi pada umumnya. Surabi kali beluk disajikan dengan ukuran diameter mencapai 30 sentimeter.

7. Soto Tauto

soto tauto
makananoleholeh.com

Pecinta kuliner soto? Soto tauto menjadi salah satu makanan khas Batang yang sayang untuk kamu lewatkan. Soto tauto merupakan soto yang disajikan dengan berbagai isian seperti kol, daun bawang, dan juga soun. Saat mencoba kuliner soto tauto, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa rempah dan bumbu yang khas.

Usus kering juga menjadi pelengkap yang pas untuk menikmati lezatnya kuliner soto tauto. Kuliner soto tauto dapat dengan mudah kamu jumpai saat datang ke daerah Batang. Kamu dapat menikmati lezatnya kuliner yang satu ini dengan harga yang terjangkau.

8. Soto Kebo

soto kebo
inibaru.id

Jika biasanya kuliner soto dibuat dengan menggunakan bahan utama daging ayam atau daging sapi, namun tidak dengan makanan khas Batang yang satu ini. Soto kebo dikenal sebagai salah satu hidangan yang populer dan dapat dengan mudah kamu jumpai saat berkunjung ke Batang.

Sesuai dengan namanya, soto kebo dibuat dengan menggunakan bahan utama daging kerbau. Kamu tidak perlu khawatir karena soto kebo menyajikan daging kerbau yang empuk dan lembut saat disantap. Tidak hanya menarik bagi masyarakat lokal, soto kebo juga berhasil menarik perhatian wisatawan dan ingin mencobanya.

9. Lontong Lemprak

lontong lemprak
kulinear.hops.id

Satu lagi rekomendasi makanan khas Batang yang bisa kamu coba yakni lontong lemprak. Tidak hanya dikenal sebagai makanan kahs, lontong lamprak juga dikenal legendaris. Kuliner yang satu ini disajikan dengan beberapa isian yakni lontong dan tahu yang dipotong potong. Potongan tahu dan lontong kemudian disiram dengan kuah yang melimpah.

Kuah lontong le mprak dibuat dari santan yang diolah sehingga menghasilkan cita rasa gurih. Adanya tambahan sambal juga menjadi pelengkap yang pas. Saat berkunjung ke Batang, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan berburu dan mencoba lezatnya lontong lemprak.

Nah, itulah daftar 9 rekomendasi makanan khas Batang yang menarik untuk kamu coba. Dari rekomendasi di atas, makanan manakah yang tampak paling menggugah selera?



Leave a Reply