10 Lontong Balap Terkenal di Surabaya Bakal Bikin Kamu ketagihan


sisil angelin  October 20, 2018  0 Comment

Jika Madura punya sate, maka Surabaya punya makanan tradisional yang namanya lontong balap Surabaya. Lontong balap merupakan salah satu makanan tradisional khas Surabaya dengan bahan dasar lontong yang diberi topping tahu goreng, taoge, lentho, kecap, sambal dan tak ketinggalan bawang goreng. Sekilas panganan ini mirip kupat tahu.

Salah satu keunikan lontong balap khas Surabaya adalah lentho dan juga sambal yang disiram diatasnya. Bagi Kamu yang mamipr ke Surabaya, jangan lupa untuk mencoba makanan satu ini. Selain mengenyangkan, rasa lezat penuh ciri khas Surabaya ini bakalan membuatmu kangen datang ke Surabaya lagi. Nah, dari ulasan diatas, pengen mencoba lontong balap Surabaya? Berikut ini ulasan10  lontong balap enak di Surabaya

1. Lontong Balap Pak Gendut Asli

lontong balap terkenal di surabaya

Warung lontong balap yang berdiri tahun 1958 ini bisa dibilang sebagai warung lontong balap legend. Dulunya lontong balap ini dijual oleh Bu Saunah menggunakan pikulan keliling. Lambat laun usahanya berkembang dan saat ini sudah memiliki 3 cabang di Surabaya.
Setiap seporsi lontong balap Pak Gendut, Kamu bakalan mendapatkan beberapa irisan lontong, lentho, kecambah, kecap, kuah segar, dan bawang goreng. Rasa yang gurih dan nikmat menjadikan tempat ini menjadi tempat terfavorit berburu lontong balap.
Eits, tak hanya warga sekitar, pengunjung dari kedai satu ini juga artis dan pejabat lho. Selain lontong balap, kedai ini juga menyajikan sate kerang yang nikmat. Rugi rasanya datang ke Surabaya tapi tidak pernah mencicipi lontong balap dan sate kerang Pak Gendut.
Kedai atau warung lontong Pak Gendut Asli (Pusat) bisa ditemui di Jalan Prof. Dr. Moestopo dan buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB. Harga yang dibandrol untuk 1 porsi lontong balap ini juga cukup murah cukup Rp. 14.000.

Baca juga :  8 Kuliner Malam Surabaya Dengan Antrian Panjang Setiap Harinya

paket wisata murah

Lontong Balap Garuda

Lontong Kikil Pak Toha, Pulennya Lontong Berpadu Dengan Kenyalnya Kikil Sapi

2. Lontong balap Pak Gendut Cabang 1

idntimes.com

Kedai Pak Gendut adalah kedai lontong balap terkenal di Surabaya. Tak perlu khawatir masalah rasa, rasanya tetap senikmat lontong balap di kedai pusatnya. Nah, salah satu cabangnya terletak di Jalan Embong Malang No 38. Jam operasional untuk kedai satu ini mulai pukul 09.00 – 21.00.
Jika Kamu berada di kawasan Jalan Embong Malang dan ingin mencicipi lontong balap, mampirlah kesini.

3. Lontong Balap Pak Gendut Cabang 2

lontong balap enak di surabaya

Travelingyuk.com

Ini adalah cabang resmi lontong balap Pak Gendut. Cabang 2 ini bisa ditemui di foodcourt Plaza royal Stand Mi-26A. Sama halnya dengan kedai lontong balap Pak Gendut lainnya, di cabang 2 Kamu juga bisa merasakan nikmatnya sajian lontong balap dan juga sate kerang. Nah, karena letaknya yang ada dalam mall, maka jam operasionalnya juga menyesuaikan dengan mall yakni mulai pukul 10.00-21.00.
Tak perlu khawatir masalah harga, harga yang dibanderol disemua kedai lontong balap Pak Gendut sama, Rp. 14.000 untuk lontong balap dan sate kerang.

4. Lontong Balap Cak No

idntimes.com

Kedai yang sudah berjualan hingga 17 tahunan ini juga terbilang kedai lontong balap legend. Harganya yang murah meriah dan bikin kenyang membuatnya memiliki begitu banyak pelanggan tetap. Ya, harga untuk seporsi lontong balap ini dibandrol kisaran Rp. 10.000. cukup murah bukan? Selain itu, porsinya juga cukup banyak jadi sangat mengenyangkan dan juga nikmat.
Dalam sehari kedai lontong balap Cak No ini mampu meracik kisaran 350 porsi lontong balap. Nah, bagaimana dengan weekend? Di hari Sabtu dan Minggu, konon katanya kedai ini mampu meracik hingga 500 porsi lebih. Cukup fantastis kan?
Kedai lontong balap Cak No terletak di Jalan Bromo No 7 Kecamatan Sawahan Surabaya. Atau tepatnya berada di sebelah SPBU Arjuno.
Warung ini buka setiap hari dari pagi pukul 07.00 sampai pukul 12.00 atau sampai habis. Jadi, jika memang ingin menikmati lontong balap Cak No, pastikan untuk tidak datang terlalu siang atau bahkan sore karena bisa saja kehabisan.

Baca juga :  10 Kuliner Khas Boyolali Rasanya Nempel Di Hati

5. Lontong Balap Mbah Ato (Patua)

lontong balap makana khas di surabaya

idntimes.com

Bagi Kamu yang mencari kuliner di malam hari setelah pulang kerja, mampirlah ke lontong balap Mbah Ato. Kedai lontong balap terkenal di Surabaya ini dikenal sebagai kedai yang murah dan nikmat.
Disini Kamu bisa menikmati sajian kuliner unggulan Surabaya yakni lontong balap, sate kerang, krupuk dan juga beberapa minuman hangat. Rasa kuah yang sangat nikmat dan gurih dipadukan dengan sajian sate kerang dan teh hangat dijamin bakal membuat ketagihan.
Kedai lontong balap Mbah Ato ini terletak di Jalan Patua Surabaya atau tepatnya berada di depan SMKN 2 Surabaya.

6. Lontong balap Artomoro

idntimes.com

Kedai lontong balap Artomoro tak hanya menyediakan lontong balap saja lho. Ada kuliner tradisional khas Sidoarjo yang dijual disini, lontong kupang. Seperti namanya, lontong kupang berbahan dasar kupang yang disajikan dengan lontong. Nah, kupang ini sejenis kerang yang bewarna cokelat pucat dan sangat kecil.
kedai lontong balap terkenal di Sidoarjo ini memiliki ciri khas kuah yang gurih, asin, manis dan pedas. Nah, ciri khas inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari kedai lontong balap Artomoro. Selain itu harga yang dipatok disini cukup murah dan disediakan juga es kelapa muda yang menyegarkan.
Kedai lontong balap Artomoro berlokasi di Jalan Raya Menur.

7. Lontong balap Rajawali

lontong balap terkenal di surabaya

Inijie.com

Kedai lontong balap terkenal di Surabaya ini menawarkan seporsi lontong balap dengan potongan tahu goreng, tauge, sambal petis, kecap, bawang goreng dan lentho yang lezat. Harga untuk seporsinya kisaran Rp. 15.000. Seperti kedai lontong lainnya, kedai lontong satu ini juga menyediakan sate kerang dengan banderol harga Rp. 15.000 untuk 1 porsinya (1 porsi = 10 tusuk).
Kedai legendaris yang sudah buka sejak tahun 1956 ini bisa ditemui di jalan Krembangan No 32 Surabaya atau lebih tepatnya berada di depan SPBU Rajawali. Jam operasionalnya setiap hari Senin-Sabtu mulai pukul 06.00 sampai dengan 16.30.

Baca juga :  12 Kuliner Malam Jakarta Terkenal Enak dan Murah

8. Lontong balap Pak Dul

PergiKuliner.com

Bagi Kamu yang hendak bepergian ke Surabaya Selatan, wajib datang ke kedai lontong balap terkenal di Surabaya, lontong balap Pak Dul. Rasanya yang enak dan harganya yang murah meriah menjadikannya tak pernah sepi pembeli.
Kedai lontong balap ini berlokasi di Jalan Abdul Wahab, Surabaya Selatan dan buka mulai pukul 08.00-14.00.

9. Lontong balap Pak H. Woko

lontong balap terkenal di surabaya

jalansambiljajan.blogspot.com

Kedai lontong balap terkenal di Surabaya ini teletak di Jalan Kalasan No 30 Surabaya. Disini juga tersedia lontong kupang, jadi disini Kamu bakal dimanjakan dengan 2 kuliner tradisional khas Jawa Timur. Harga yang bersahabat dan rasa yang lezat gurih jadi daya tarik tersendiri.

10. Lontong balap Pak Hasyim

lontong balap terkenal di surabaya

Intiwhiz.com

Lontong balap terasa kurang nikmat tanpa disandingkan dengan sate kerang dan sambal petis. Namun tak perlu khawatir, karena di kedai lontong balap Pak Hasyim Kamu bakalan menemukan sajian pelengkap dari lontong balap ini. Tak lupa, disini juga disediakan lentho. Panganan khas yang mirip bakwan terbuat dari campuran tepung terigu, kacang tunggak dan singkong parut. Rasa yang gurih, semakin menambah nikmat sensasi makan lontong balap.
Banyak tempat yang menjual lontong balap, ada yang kedai ada juga yang gerobak, namun salah satu tempat jual lontong balap terkenal di Surabaya yang nikmat dan lezat adalah lontong balap Pak Hasyim.
Kedai lontong balap ini terletak di Jlaan Barata Jaya XVII No 130 Gubeng.
Itulah 10 rekomendasi lontong balap terkenal di Surabaya. Dari sekian banyak kedai yang menjual lontong balap, mana kiranya yang Kamu pilih?



Leave a Reply