Lontong Kikil Pak Toha, Pulennya Lontong Berpadu dengan Kenyalnya Kikil Sapi

lontong kikil pak toha

gizeline | Traveler
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
10 Jan 2020


Lontong Kikil Pak Toha, Pulennya Lontong Berpadu dengan Kenyalnya Kikil Sapi
Suka makan lontong kikil? Kalian wajib mampir ke Lontong Kikil Pak Toha ini guys! Kuliner kaki lima ini punya rasa yang ngga biasa lho..

Kalo ngomongin soal kuliner khas Surabaya, emang ngga perlu diragukan lagi soal rasanya. Mulai dari Rujak Cingur, Lontong Balap, Tahu Tek hingga Lontong Kupang semuanya enak. Nah, selain kuliner berbahan dasar petis, Surabaya juga punya kuliner lain yang ngga kalah enak yaitu Lontong Kikil. Sebenernya, di Surabaya bisa ditemukan banyak sekali penjual Lontong Kikil yang enak dan salah satunya adalah Lontong Kikil Margorejo Pak Toha.

Kebetulan weekend kemaren aku jalan-jalan ke Plaza Marina buat anterin salah satu temen beli hape. Karena kita udah bosen sama junk food dan makanan yang dijual di food court di dalam mall, akhirnya kita keluar buat cari makanan, ketemulah dengan Lontong Kikil Pak Toha ini guys. 

Lontong Kikil Pak Toha ini adalah gerobak dengan sepeda motor sederhana. Gerobaknya berwarna hijau dan ada tulisannya Lontong Kikil Pak Toha. Untuk tempat makannya di pinggir jalan gitu guys, diatas trotoar beralaskan tikar. Tanpa perlu berlama-lama pun akhirnya aku memesan seporsi lontong kikil ini.

lontong kikil pak tohaGerobak Lontong Kikil Pak Toha

Isian dari Lontong Kikil Pak Toha ini sama seperti lontong kikil pada umumnya, yaitu potongan lontong, taburan daun bawang yang kemudian disiram pake kuah kikil yang sedap. Ngga lupa potongan kikilnya yang kenyal guys. Kalo kalian suka, kalian bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan sambal, biar makin seger dan nendang.

lontong kikil pak tohaIni potongan kikilnya yang menggugah selera

Anyway, sambil menyiapkan pesenanku, aku sedikit ngobrol sama penjualnya nih guys. Pak Toha ini asli Bangkalan, Madura dan udah cukup lama jualan lontong kikil ini. Katanya sih, lontong kikilnya ini udah banyak diulas sama foodies hits Surabaya lho. 

lontong kikil pak tohaPak Toha menyiapkan pesanan

Dan saatnya mencicipi semangkok lontong kikil ini guys. Kuah kikilnya sih menurutku cukup sedap guys, bumbunya ngga terlalu strong apalagi dipadukan dengan taburan daun bawangnya yang melimpah. Potongan lontongnya juga cukup banyak, tektur lontongnya lembut dan pulen banget. Lalu, untuk kikilnya potongannya lumayan banyak dan ukurannya lumayan gede-gede. Tekstur kikil sapinya juga lembut dan kenyel-kenyel gitu guys. Kikil ini juga dibumbui ya guys dan rasanya lezat banget.

lontong kikil pak toha

Harga seporsi lontong kikil ini Rp 15.000 aja guys dan porsinya udah bikin kenyang banget menurutku. Tapi kalo porsi makan kalian banyak ya wajib pesen 2 porsi. Hahaha..

lontong kikil pak toha

Untuk minumannya, Pak Toha menyajikan es jeruk dan jeruk hangat dengan harga Rp 3.000 aja guys. Tapi kalo kalian pengen minuman rasa-rasa, kalian bisa pesen di gerobak es di sebelahnya. Lontong Kikil Pak Toha ini bisa kalian temui di samping Plaza Marina, tepatnya di Jalan Sidosermo. Pak Toha buka lapak setiap hari mulai jam 5 sore sampe jam 10 malam. Yuk buruan cobain!

lontong kikil pak toha

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY