10 Keripik Dari Hasil Olahan Laut Yang Gurihnya Nendang Banget


prita  August 24, 2022  0 Comment

Jalan-jalan ke Surabaya, rasanya belum lengkap kalau belum beli oleh oleh khas Surabaya. Oleh oleh khas Surabaya cukup beragam, mulai dari kue kekinian, makanan lokal hingga ragam souvenir buatan arek-arek Suroboyo. Tak ketinggalan, keripik hasil olahan laut di Surabaya juga bisa jadi oleh oleh khas yang wajib untuk dibawa pulang.

Di kawasan Pantai Kenjeran, kamu akan menemukan banyak sekali penjual oleh oleh khas Surabaya berupa keripik hasil olahan laut. Hasil laut yang melimpah oleh warga setempat kemudian diolah menjadi keripik yang gurih dan nikmat. Selain memiliki cita rasa yang nikmat, keripik yang dibuat dari hasil olahan laut juga dipercaya memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan kita. Nah, sebelum berkunjung, simak dulu yuk apa saja keripik dari olahan laut khas Surabaya yang bisa kamu bawa pulang. Berikut adalah daftarnya.

1. Keripik Terung

Keripik Terung
shopee.co.id

Keripik terung menjadi keripik hasil olahan laut di Surabaya pertama yang wajib untuk kamu beli. Terung yang dimaksud ini bukanlah sayuran terong, melainkan hewan laut sejenis teripang yang berbentuk bulat seperti bola tenis berdiameter 10 hingga 15 sentimeter. Bedanya, kulit terung yang tebal harus dibersihkan terlebih dahulu hingga berwarna putih.

Terung dan teripang juga menjadi camilan sehat bagi penderita diabetes karena tidak diperlukan perasa atau bumbu apapun dalam pengolahannya. Proses pembuatan keripik teripang ini memang cukup rumit, tak heran jika harganya lumayan mahal.

Gotravelly

Berburu Oleh Oleh Khas Surabaya, Krupuk Ikan Di Pantai Kenjeran, Surabaya

Otak Otak Bandeng Bu Muzanah, Pusat Oleh Oleh Khas Kota Gresik

2. Keripik Teripang

Keripik Teripang
shopee.co.id

Keripik hasil olahan laut di Surabaya yang wajib untuk kamu beli berikutnya adalah keripik teripang. Teripang atau timun laut merupakan hewan invertebrata yang bentuknya mirip dengan belut. Tapi jangan salah, saat digoreng dan menjadi keripik, teripang menjad yang paling favorit dan paling dicari karena kaya manfaat dan memiliki cita rasa yang gurih.

Tak hanya kaya protein, keripik teripang juga baik untuk menurunkan kolesterol dan memperlancar metabolisme tubuh. Keripik ini sangat cocok untuk kamu yang sedang diet tapi tetap ingin ngemil. Keripik teripang ini biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 100.000 per kilonya.

3. Keripik Lorjuk

Keripik Lorjuk
bukalapak.com

Keripik lorjuk menjadi salah satu keripik hasil olahan laut di Surabaya berikutnya yang cukup populer. Lorjuk merupakan hewan laut sejenis kerang yang cangkangnya berbentuk mirip bambu, tak heran kalau hewan ini juga sering dikenal sebagai kerang bambu.

Lorjuk memiliki ukuran yang sangat kecil dan untuk mendapatkannya tidak mudah karena harus menunggu air surut terlebih dahulu serta pantai habitat lorjuk ini juga sedikit berlumpur.

Keripik ini dibuat dengan menggoreng lorjuk dan ukurannya memang kecil-kecil. Meskipun begitu, cita rasa dari keripik lorjuk ini gurih dan sedikit manis sehingga bisa membuatmu tidak bisa berhenti mencicipunya. Keripik ini dibanderol dengan harga yang agak mahal, yaitu berkisar Rp 200.000 per kilogram.

4. Keripik Lambung Ikan

Keripik Lambung Ikan
tokobogajaya.com

Keripik dari hasil olahan laut di Surabaya yang tak kalah nikmat selanjutnya adalah keripik lambung ikan. Biasanya, lambung ikan menjadi bagian yang dibuang pada saat pengolahan ikan. Uniknya, masyarakat di sekitar Pantai Kenjeran mampu mengolahnya menjadi satu camilan yang gurih dan renyah. Apalagi, keripik lambung ikan ini dikenal memiliki manfaat sebagai sumber kolagen serta membantu kesuburan. Harga yang dibanderol per kilonya untuk keripik lambung ikan ini adalah Rp 100.000.

5. Keripik Gerinting Udang

Keripik Gerinting Udang
shopee.co.id

Untuk membuat keripik gerinting udang, dibutuhkan udang laut berukuran kecil-kecil yang kemudian diberi bumbu berbagai rempah. Tak hanya bisa menjadi kudapan, gerinting udang juga sering dijadikan sebagai teman makan bersama nasi putih. Keripik gerinting udang ini tak hanya memiliki cita rasa yang nikmat, tapi juga baik untuk regenerasi sel darah merah. Keripik gerinting udang ini biasa dijual dengan harga Rp 200.000 per kilogram.

6. Keripik Layur

Kripik Dari Hasil Olahan Laut
shopee.co.id

Keripik hasil olahan laut di Surabaya yang wajib untuk kamu beli berikutnya adalah keripik ikan layur. Ikan layur merupakan ikan yang berbentuk panjang dan ramping. Ikan ini sering berkeliaran di perairan dangkal dekat pantai di siang hari dan mendekat ke dasar perairan di malam hari.

Selain diolah menjadi ikan asin, ikan layur juga bisa diolah menjadi keripik yang sangat nikmat. Tak hanya cocok sebagai kudapan, ikan layur ini juga bisa dijadikan sebagai lau bersama nasi dan sayur asam. Keripik layur ini biasa dibanderol dengan harga Rp 100.000 per kilogram.

7. Kerupuk Ikan Payus

Keripik Ikan Payus
shopee.co.id

Ikan payus juga sering disebut sebagai ikan bandeng jantan. Ikan ini disebut memiliki kandungan omega 3 yang lebih tinggi dibandingkan dari ikan salmon serta memiliki khasiat yang baik untuk perkembangan otak serta dapat mencegah penyakit jantung. Keripik ikan payus ini juga bisa kamu jadikan sebagai oleh oleh khas Surabaya dan menjadi salah satu keripik hasil olahan laut paling digemari. Kamu bisa membeli keripik yang mentah dengan harga Rp 70.000 per kilo atau versi matangnya dengan harga Rp 90.000 per kilo.

8. Kerupuk Ikan Tenggiri

Kerupuk Ikan Tenggiri
rumahmesin.com

Keripik hasil olahan laut di Surabaya yang tak kalah nikmat selanjutnya adalah kerupuk ikan tenggiri. Kerupuk ikan tenggiri ini memang menjadi salah satu keripik paling banyak dicari karena cita rasanya yang nikmat. Keripik ikan tenggiri ini tak hanya cocok dijadikan sebagai makanan ringan, tapi juga cocok dijadikan pendamping berbagai olahan.

9. Keripik Kulit Kakap

Keripik Kulit Kakap
shopee.co.id

Sama halnya dengan lambung ikan, kulit ikan juga menjadi bagian yang sering dibuang. Padahal, rasa keripik kulit kakap ini sama dengan keripik rambak atau keripik kulit sapi dan kerbau dengan tekstur yang lebih crunchy. Keripik kulit kakap ini memiliki cita rasa manis dalam setiap gigitannya. Soal harga, keripik kulit kakap ini dibanderol sekitar Rp 95.000 per kilonya. Keripik kulit kakap ini juga bisa jadi salah satu keripik hasil olahan laut di Surabaya yang populer dan bisa dijadikan sebagai oleh oleh.

10. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang
fimela.com

Keripik hasil olahan laut di Surabaya yang terakhir adalah kerupuk udang. Kerupuk udang ini dibuat dari adonan tepung tapioka dan udang yang ditumbuk halus yang kemudian diberi bumbu rempah serta penambah rasa.

Udang yang biasa digunakan untuk kerupuk ini adalah udang kering atau udang segar dengan kualitas terbaik. Kerupuk udang ini memiliki cita rasa yang gurih dan sering dijadikan sebagai teman makan nasi. Kamu bisa membeli kerupuk udang ini dalam versi mentah maupun versi matang.

Nah, itulah tadi daftar keripik hasil olahan laut di Surabaya yang bisa kamu jadikan untuk oleh oleh saat berlibur di kota Pahlawan. Keripik mana yang menurut kamu paling enak?



Leave a Reply