7 Es dawet enak di Surabaya, Pelepas Dahaga Ditengah Teriknya Kota Pahlawan


Reni  December 18, 2019  0 Comment

Kota Surabaya dikenal sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta. Sebagai ibukota Jawa Timur, Kota Surabaya pastinya menyimpan sejuta wisata menarik yang patut untuk dijelajahi. Tak hanya wisatanya saja, tapi juga wisata kulinernya yang khas patut Anda jajal. Belakangan ini memang bermunculan berbagai minuman kekinian yang menjadi primadona kuliner di Surabaya, tapi minuman tradisional seperti Es Dawet misalnya, masih kerap menjadi menu andalan warga kota Surabaya sebagai pelepas dahaga di tengah panasnya cuaca Kota Pahlawan ini.

Nah, berikut ini adalah 7 rekomendasi es dawet enak di Surabaya.

1. Es Dawet Kudus Cak Minto

es dawet enak di surabaya
Instagram/amazingfood

Rekomendasi es dawet enak di Surabaya yang pertama adalah Es Dawet Kudus Cak Minto. Warung es dawet yang telah berdiri sejak tahun 1996 ini berada di Jalan Mayjend Sungkono no 5. Meskipun warungnya sangat sederhana, tapi banyak pembeli yang rela mengantri untuk menikmati segelas Es Dawet Kudus yang segar ini.

Segelas es dawet buatan Cak Minto ini berisi dawet, santan, tape, susu dan serutan es batu, kemudian yang membuatnya semakin istimewa adanya gula jawa yang dilarutkan. Cairan gula jawa inilah yang membuat rasa es dawet Cak Minto terasa sangat khas. Harga segelas es dawet Kudus Cak Minto ini cukup terjangkau, yaitu Rp 8.000 saja. Bagi Anda yang ingin mencicipi segarnya Es dawet Kudus Cak Minto ini bisa datang setiap hari mulai jam 9 pagi hingga jam 5 sore.

Gotravelly

Segernya Es Dawet Kudus Cak Minto, Bikin Rela Ngantri!

Menikmati Satu Mangkok Es Dawet Jabung Yang Mitosnya Bikin Geleng-Geleng

2. Es Dawet Blauran

es dawt paling enak di surabaya
eastjavatraveler.com

Selain Es Dawet Kudus Cak Minto, Es Dawet Blauran ini juga tak kalah legendaris. Es dawet Blauran ini dikenal sebagai salah satu es dawet enak di Surabaya sejak tahun 90an dan hingga saat ini masih eksis. Es dawet yang berasal dari Kota Pleret, Blitar ini juga seringkali disebut dengan nama Es Dawet Grandul Ketan karena es dawet ini disajikan dengan bubur sumsum yang dicampur dengan “grandul”. Grandul sering juga disebut sebagai biji salak yang merupakan bola yang terbuat dari tepung ketan dan gula aren yang memiliki tekstur kenyal dan rasa manis yang legit.

Seporsi es dawet ini tak hanya berisi dawet, tapi juga ada ketan hitam, mutiara, bubur sumsum halus, gula Jawa dan grandul pastinya. Untuk mencicipi seporsi Es Dawet Blauran ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 10.000 saja. Es Dawet Blauran ini bisa Anda temui di dalam Pasar Blauran Surabaya, tepatnya di Jalan Kranggan, Surabaya setiap hari mulai pagi hingga sore hari.

3. Es Dawet Durian Pak Dedi

es dawet terenak di surabaya

Anda penyuka durian? Mencicipi Es Dawet Pak Dedi ini merupakan hal wajib saat berkunjung ke Surabaya. Berlokasi di Jalan Kapas Krampung no 162 B, Es Dawet Durian Pak Dedi ini menjadi salah satu rekomendasi es dawet enak di Surabaya. Pasalnya, es dawet ini merupakan perpaduan dari es dawet khas Banjarnegara yang ditambah dengan durian khas Medan yang rasanya legit.

Campuran dawetnya yang kenyal dan gula merahnya yang manisnya pas dilidah pastinya mambuat Anda ketagihan. Apalagi jika dipadukan dengan durian Medan yang lezat. Untuk seporsi es dawet durian ini dibanderol Rp 15.000 dan bagi Anda yang ingin mencicipinya, Es Dawet Durian Pak Dedi ini buka mulai jam 12 siang hingga jam 5 sore.

4. Es Dawet Sejedewe

es dawet enak di surabaya

Rekomendasi es dawet enak di Surabaya selanjutnya adalah Es Dawet Sejedewe. Es Dawet Sejedewe ini berlokasi di Jalan Keputih Tegal no 23. Meskipun warungnya terbilang cukup sederhana, tetapi banyak sekali warga Surabaya yang menjadikan kuliner ini sebagai favorit mereka.

Menggunakan bahan-bahan alami dan tradisional, es dawet ini sama sekali tidak menggunakan pemanis buatan. Melainkan menggunakan gula merah khas Jawa Tengah asli yang membuat rasa dari es dawet ini semakin khas dan manisnya pas dilidah penggemarnya. Uniknya, Es Dawet Sejedewe ini hadir dalam tiga pilihan rasa yaitu original, nangka dan durian.

5. Es Dawet Caokio

es dawet enak di Surabaya
idntimes.com

Es dawet memanglah sebuah minuman tradisional yang tak lekang oleh waktu. Namun, di Surabaya ada sebuah es dawet yang dihadirkan dalam konsep kekinian yaitu Es Dawet Caokio. Es dawet kekinian ini dijual di area Surabaya hingga Sidoarjo dan banyak menerima pesanan untuk acara-acara tertentu.

Es Dawet Caokio ini juga masuk dalam rekomendasi es dawet enak di Surabaya. Minuman tradisional bernuansa kekinian ini dijual dalam berbagai varian rasa. Minuman ini dikenal memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan paduan dawetnya sangat lezat dengan tekstur yang cukup lembut.

6. Es Dawet Ayu Pak To

es dawet enak terdekat

Es Dawet Ayu Pak To ini juga menjadi salah satu rekomendasi es dawet enak di Surabaya yang tak boleh Anda lewatkan. Es dawet ayu Pak To ini merupakan es dawet khas Banjarnegara dengan rasa yang khas. Untuk soal rasa tak perlu diragukan lagi karena es dawet ini punya cita rasa manis yang pas dilidah dan mampu membuat siapapun yang mencicipinya ketagihan.

Es dawet ayu Pak To ini bisa Anda temukan di area Masjid Al Akbar Surabaya mulai jam 12 siang hingga jam 4 sore. Jika Anda berencana liburan ke Surabaya dan mengunjungi salah satu wisata religi yang ikonik ini, jangan lupa untuk mencicipi segarnya es dawet ayu Pak To ini. Untuk harga satu gelas es dawet ayu Banjarnegara ini dibanderol Rp 5.000.

7. Es Dawet Kudus Cak Ipul

Rekomendasi es dawet enak di Surabaya berikutnya adalah Es Dawet Kudus Cak Ipul. Warga Surabaya yang menyukai es dawet pasti sudah tidak asing lagi dengan es dawet yang satu ini. Satu porsi es dawet Kudus Cak Ipul ini terdiri dari dawet, tape, es serut dan siraman gula Jawa yang sudah dicairkan. Meskipun begitu, es dawet ini rasanya manisnya pas dan tidak terlalu berlebihan.

Berlokasi di Sentra PKL Villa Bukit Mas Surabaya, es dawet Kudus Cak Ipul ini buka mulai jam 9 pagi hingga jam 6 sore setiap harinya. Harga yang dibanderol untuk segelas es dawet Kudus Cak Ipul ini cukup terjangkau yaitu Rp 6.000 saja.

Itulah 7 rekomendasi es dawet enak di Surabaya yang pastinya mampu menyegarkan tenggorokan Anda ditengah panasnya cuaca kota Surabaya. Nah, sudah siap berlibur sambil mencicipi kuliner di Kota Pahlawan ini?

ReplyForward



Leave a Reply