Kenali 10 Minuman Terenak di Dunia, yuk!


Jehan  February 4, 2023  0 Comment

Banyak hal yang bisa kita coba selama hidup di bumi ini. Salah satunya adalah kulineran! Ya, kuliner merupakan salah satu kegiatan yang sangat menarik untuk dilakukan. Selain rekomendasi makanan enak di dunia GoTravelly kali ini juga punya ulasan mengenai minuman terenak di dunia loh.

Mau tahu apa saja minuman enak tersebut? Yuk, simak terus sampai selesai di bawah ini!

10 Minuman Terenak di Dunia:

1. Cola de Mono

cola de mono
cascada.travel

Minuman yang satu ini merupakan salah satu menu racikan milik Chili yang popular disajikan saat Natal. Bagi masyarakat lokal Chili, Natal akan terasa kurang jika tak ada minuman khas yang satu ini.

Minuman yang juga dikenal dengan nama lain Monkey’s Tail ini memiliki banyak versi. Bahan umum yang biasa digunakan untuk membuat segelas Cola de Mono adalah susu, gula, kopi, cengkeh, kayu manis, dan aguardiente yang beralkohol.

Tak jarang untuk membuat minuman ternak enak di dunia ini juga biasa menggunakan brandy atau rum. Cara membuat cukup sederhana, di mana semua bahan yang telah disiapkan dimasak lalu didinginkan. Setelahnya baru ditambahkan aguardiente.

Cola de Mono biasa dinikmati dalam sajian hangat atau dingin juga sangat enak. Cola de Mono akan semakin lengkap dan nikmat jika disajikan bersamaan dengan sepotong pan de pascua yang menjadi roti Natal khas Chili.

2. Ceylon Tea

ceylon tea
unsplash.com

Teh yang satu ini dikenal sebagai salah satu minuman terenak di dunia. Teh Ceylon merupakan nama teh yang diproduksi dari Sri Lanka. Salah satu varian teh dari Ceylon yang banyak diminati adalah teh hitamnya.

Baca juga :  Penggemar Keluarga Kerajaan Inggris, Nih 10 Kastil Di Wales

Teh yang satu ini dibilang sebagai salah satu minuman yang dapat menjadi teman penikmat teh dalam segala situasi. Teh dari Sri Lanka ini menjadi salah satu minuman popular yang sering dinikmati dengan berbagai macam hidangan daging.

Hampir sama dengan penyajian teh pada umumnya di dunia, Ceylon Tea adalah minuman yang juga sering dipilih saat sarapan. Ini biasa disandingkan dengan telor, kue kering atau sajian buah segar.

3. Chocolate Caliente 

chocolate caliente
flickr.com

Siapa yang tak tertarik dengan segelas cokelat yang siap diseduh ini? Chocolate Caliente merupakan minuman terenak di dunia yang berasal dari Spanyol. Kelezatan dari sajian minuman ini cukup diakui secara internasional.

Chocolate Caliente dikenal sebagai minuman cokelat berkualitas yang memiliki tekstur kental dan lembut sempurna. Minuman yang satu ini terbuat dari bubuk cokelat, susu, gula, serta tepung maizena.

Saat disajikan, Chocolate Caliente biasa ditaburi dengan bubuk kayu manis atau pala parut untuk penambah rasa nikmat serta mempercantik tampilan sajian. Masyarakat lokal biasa menikmati secangkir minuman ini dengan churros hangat sebagai pelengkap.

4. Cappucino

cappucino
unsplash.com

Minuman Terenak di Dunia dari Italia ini adalah varian kopi yang sangat terkenal di dunia. Cappucino perpaduan dari espresso dan foam susu yang sangat nikmat. Secara tradisional, jenis minuman kopi yang satu ini biasa disajikan dengan cangkir berukuran kecil.

Saat ini minuman mendunia ini banyak divariasikan oleh para penikmatnya. Namun rasio perbandingan untuk bahan pembuatannya selalu lebih dominan foam dibandingkan dengan cairan yang digunakan. Cappucino adalah jenis minuman kopi yang cukup ringan untuk dinikmati setiap saat dan akan semakin nikmat disajikan saat sedang bersantai.

5. Chicha de jora

chicha de jora
flickr.com

Minuman terenak di dunia selanjutnya adalah minuman beralkohol yang berasal dari Peru. Minuman yang satu ini terbuat dari jagung kuning yang difermentasikan. Chica de jora adalah jenis minuman yang masih dibuat secara tradisional.

Baca juga :  Ngeri! 10 Danau Horor di Indonesia Dengan Keindahan Luar biasa

Hasil fermentasi yang dilalui oleh minuman ini menghasilkan kandungan alkohol yang sangat rendah sekitar 1-3% ABV. Jika ingin mencoba minuman ini, siapa saja dapat dengan mudah menemukan Chicha de jora di bagian selatan Peru. Biasanya mereka yang menjual minuman lokal ini akan memasang bendera kecil di pintu sebagai petanda.

6. Colada Morada

colada morada
laylita.com

Minuman dengan warna cantik ini adalah sajian khas dari Ekuador. Jika melihat tampilannya, Colada Morada memiliki tekstur kental. Minuman yang telah ada sejak zaman pra-Hispanik ini adalah minuman yang disajikan saat perayaan hari duka.

Colada Morada terbuat dari campuran, tepung jagung hitam yang dicampur dengan berbagai jenis rempah seperti kayu manis, allspice, dan cengkeh. Selain itu ada juga campuran buah-buahan seperti stroberi, nanas, blackberry dan ditambahkan dengan gula tebu.

Colada Morada merupakan minuman dengan rasa manis yang menenangkan. Biasanya minuman yang satu ini disandingkan dengan guaguas de pan, yakni roti manis khas Peru. Saat meminum Colada Morada di hari kematian, biasanya masyarakat lokal akan menikmatinya dengan perlahan sambil berkumpul di sekitar pemakaman. Itu menjadi momen untuk mengenang orang terkasih yang telah pergi meninggalka dunia.

7. Thai Iced Tea

thai iced tea
thespruceeats.com

Siapa yang tak pernah tahu minuman dari Thailand yang mendunia ini? Minuman yang satu ini merupakan sajian es teh khas negeri gajah putih. Minuman manis yang menyegarkan ini memadukan teh hitam pekat dengan susu kental atau susu evaporasi.

Secara tradisional, minuman lokal khas Thailand ini biasa menggunakan jenis daun teh hitam varian teh Assam, Ceylon atau Keemun. Biasanya es teh Thailand juga sering dicampur dengan beberapa jenis rempah. Beberapa menambahkan asam jawa, adas manis atau kapulaga.

Baca juga :  11 Spot Foto di Bogor Bikin Instagrammu Banyak Like

Namun saat ini minuman terenak di dunia dari negeri Thailand ini telah banyak divariasikan. Beberapa orang membuatnya dengan bahan instan yang menghasilkan warna oranye yang khas dalam tampilannya.

8. Salep

salep
flickr.com

Minuman yang berasal dari Turki ini dikenal sebagai salah satu jenis minuman terenak di dunia. Salep biasa disajikan saat musim dingin mulai datang. Minuman dengan rasa manis ini terbuat dari batang atau umbi anggrek liar yang direbus lalu dikeringkan dan dijadikan serbuk tepung.

Dari serbuk yang telah diolah tersebut, dicampur dengan susu panas. Sebagai perasa tambahan, biasanya Salep dicampur dengan jahe atau kayu manis. Bukankah minuman Selap dari Turki ini menjadi minuman enak sekaligus menenangkan yang nikmat?

9. Ristretto

ristretto
flickr.com

Ristretto merupakan minuman kopi lokal milik Italia yang diakui kelezatannya. Minuman yang satu ini memiliki tampilan yang terlihat seperti espresso. Namun, Ristretto adalah kopi. yang disajikan dengan cara berbeda, yakni setengah dari satu gelas espresso.

Baca Juga :

Explore Agra: Menikmati Masala Dosa Paling Nikmat di India

Takaran tersebut, membuat Ristretto memiliki rasa yang lebih ringan jika dibandingkan dengan segelas espresso. Rasa dalam setiap sesap Ristretto tidak memiliki rasa pahit pekat. Varian kopi yang satu ini biasa disajikan secara langsung dengan menggunakan cangkir demitasse atau half-cup.

10. Chai Masala

chai masala
flickr.com

Chai Masala merupakan nama minuman teh khas India yang banyak direkomendasikan. Minuman ini dikenal sebagai varian sajian menyehatkan karena memiliki kandungan antioksidan.

Baca Juga :

10 Minuman Favorit di Starbucks, Kamu Suka Yang Mana?

Minuman ini terbuat dari kombinasi teh hitam dengan susu yang telah dicampur dengan bubuk rempah khas milik India yang dikenal dengan nama Masala. Teh yang satu ini memiliki aromatik khas yang mampu membuat perut tenang.

Baca Juga :

India Gate, Landmark Kota New Delhi yang Penuh Sejarah

Nah, dari 10 jenis minuman terenak di dunia ini mana yang menurutmu menjadi sajian paling menggoda? Yuk, temukan ulasan menarik lainnya di GoTravelly!



Leave a Reply