10 Tempat Wisata Sejarah di Roma Italia


prita  September 21, 2022  0 Comment

Tempat wisata di Roma Italia memang selalu menarik untuk dikunjungi. Roma dikenal sebagai salah satu peradaban terbesar di dunia yang telah memberikan banyak sekali pengaruh pada dunia sampai saat ini. Kota ini dipenuhi dengan bangunan istana-istana yang indah, gereja gothic, basilika kuno hingga monumen Romawi Kuno yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Roma.

Roma juga dikenal sebagai salah satu kota abadi di Italia sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat berlibur karena sangat kaya akan warisan sejarah dengan atmosfer kosmopolitan. Nah, untuk kamu yang ingin liburan ke Roma, berikut ini destinasi wisata yang wajib untuk kamu kunjungi.

Wisata Sejarah di Roma Italia:

1. Colosseum

Colosseum
livescience.com

Colosseum tentu menjadi tempat wisata di Roma Italia pertama yang pertama wajib kamu kunjungi. Bangunan ini juga menjadi ikon kota Roma karena sangat bersejarah dan bentuknya unik.

Pembangunan Colosseum ini dimulai oleh Kaisar Vespasian daro Dinasti Flavianus di tahun 72 Masehi. Tempat ini mampu menampung sekitar 50.000 penonton dan memiliki 80 buah pintu sehingga pengunjung bisa masuk dengan mudah. Menurut ahli sejarah, sekitar 9000 hewan telah terbunuh selama 100 hari pembukaan dan peresmian Colosseum ini.

Gotravelly

Pizza Bagus, Porsi Besar Dan Murah Di Ubud

Bvgil Gelato And Friends, Cafe Gelato Nikmat Dengan Ragam Pilihan Rasa

2. St Peter’s Basilica

St Peter’s Basilica
youtube.com

Tempat wisata di Roma Italia yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah St Peter’s Basilica. St Peter’s Basilica ini merupakan sebuah gereja besar yang populer di kalangan wisatawan.

Baca juga :  6 Wisata Malam di Mojokerto, Tempat Bersantai Melihat Bintang

Gereja ini memiliki ketinggian hingga 120 meter dan ketinggian ini cukup membuat pesawat ruang angkasa beserta roket pendorongnya berdiri di dalamnya. Gereja yang mulai dibuat pada 18 April 1506 ini mampu menampung jemaat sebanyak 60.000. disini kamu juga bisa melihat ruangan dengan hiasan yang terbuat dari emas, patung-patung hingga lukisan terkenal.

3. Pantheon

Pantheon
rome.info

Pantheon merupakan sebuah kuil dan dikontruksi di tahun 27 SM. Pantheon juga menjadi salah satu tempat wisata di Roma Italia yang cukup populer di kalangan wisatawan.

Kuil ini diselesaikan pada masa pemerintahan Kaisar Hadrian di tahun 126 Masehi. Menariknya, di tahun 609 hingga 1885 kuil ini dijadikan sebagai gereja. Struktur bangunan Pantheon terdiri dari beberapa bangunan utama, yaitu Portico, Rotunda dan kubah. Tak hanya itu, Pantheon juga dilengkapi dengan taman air dan tempat pemandian yang sangat indah.

4. Vatican Museum

Vatican Museum
cntraveler.com

Tempat wisata di Roma Italia yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Vatican Museum. Museum Vatikan ini sangat cocok untuk kamu yang suka berwisata ke museum karena museum ini cukup terkenal di Italia.

Museum Vatikan ini dibangun oleh Pope Julius II selama abad ke-6 sebagai rumah bagi ribuan karya seni yang indah. Karya-karya yang ditampilkan di Museum Vatikan ini sangat banyak dan terbagi menjadi beberapa bagian interior, seperti Pio-Clementino Museum, Apartment of Pius V, Gallery of Maps, Pinacoteca dan masih banyak lagi lainnya.

5. Trevi Fountain

Trevi Fountain
theculturetrip.com

Trevi Fountain atau Air Mancur Trevi ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Roma Italia yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Selesai dibangun pada tahun 1762 oleh Nicola Salvi, Trevi Fountain ini terkenal sebagai air mancur Baroque dengan komposisi mitologis patung Neptunus, Dewa Laut yang diapit oleh dua Triton.

Baca juga :  Menyesap Kearifan Lokal 10 Pasar Terapung Terbaik di Dunia

Air mancur yang memiliki tinggi 26,3 meter dan lebar 49,15 meter ini terbilang cukup unik. Apalagi dengan adanya mitos, siapapun yang melempar koin ke air mancur ini dengan tangan kanan di atas bahu kiri bisa kembali lagi ke Roma suatu hari nanti. Uang koin yang dilemparkan ke air mancur tersebut digunakan untuk mensubsidi supermarket di Roma.

6. Spanish Steps

Spanish Steps
cntraveler.com

Tempat wisata di Roma Italia yang satu ini juga tak kalah bersejarah, yaitu Spanish Steps. Spanish Steps merupakan tangga yang monumental dan terdiri dari 135 anak tangga.

Anak tangga ini dibangun dengan dana dari Perancis di tahun 1721 hingga 1725 untuk menghubungkan antara Kedutaan Bourbon Spanyol dan Gereja Trinita dei Monti yang berada di bawah naungan raja-raja Bourbon dari Perancis. Anak tangga ini dirancang oleh arsitek Francesco de Sanctis dan Alessandro Specchi. Spanish Steps ini juga sering muncul dalam berbagai film Hollywood, lho. Salah satunya adalah The Man From U.N.C.L.E.

7. Roman Forum

Roman Forum
itinari.com

Roman Forum merupakan sebuah forum persegi yang dikelilingi oleh rerunuhan bangunan kuno di pusat kota Roma. Tempat wisata di Roma Italia yang satu ini berada di antara Colosseum dan Piazza del Campidoglio.

Selama berabad-abad, forum ini digunakan untuk berbagai macam aktivitas seperti perdagangan, pengadilan kriminal, tempat pidato umum dan masih banyak lagi lainnya. Setiap tahunnya, tempat wisata ini menjadi tempat pertemuan paling terkenal di dunia sepanjang sejarah dan mampu menarik jutaan pengunjung dari berbagai negara.

8. Piazza Navona

Piazza Navona
wantedinrome.com

Tempat wisata di Roma Italia yang cukup menarik untuk kamu singgahi berikutnya adalah Piazza Navona. Piazza Navona ini merupakan salah stau bangunan paling terkenal di Roma yang didirikan menjelang abad ke-15 dengan tetap mempertahankan bentuk dari Stasium of Domitian yang dulunya pernah berdiri disini.

Baca juga :  7 Tempat Wisata di Luang Prabang 2023

Dibangun oleh Kaisar Domitianus pada tahun 86 Masehi, stadion ini memiliki arena yang lebih besar dari Colosseum dan sering digunakan sebagai lokasi berbagai macam festival. Atraksi utama dari Piazza Navona ini merupakan adalahnya trio air mancur yang menghiasi alun-alun dan yang terbesar adalah Fontana dei Quattro Fiumi.

9. Campo de’Fiori

Campo de’Fiori
trip.com

Berada di selatan Piazza Navona, Campo de’Fiori merupakan sebuah area berbentuk persegi panjang yang digunakan sebagai pasar saat siang hari dan digunakan untuk tempat berpesta bagi mahasiswa dan wisatawan di malam hari. Campo de’Fiori ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Roma Italia yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Arti nama dari Campo de’Fiori ini adalah Field od Flowers yang pertama kali diberikan pada abad pertengahan ketika kondisi daerah ini masih berupa padang rumput. Saat siang hari, kecuali hari Minggu, tempat ini adalah pasar dimana kamu bisa berbelanja beragam produk segar, seperti buah, sayur, ikan, daging dan aneka rempah.

10. Villa Borghese Gardens

Wisata di Roma Italia
worldatlas.com

Tempat wisata di Roma Italia yang terakhir adalah Villa Borghese Gardens. Roma memang tak hanya memiliki bangunan bersejarah yang eksotis, namun juga memiliki tempat bersantai dengan pemandangan indah seperti taman ini.

Villa Borghese merupakan sebuah taman bergaya Inggris yang berisi sejumlah bangunan, museum serta pertunjukan keren. Tempat wisata ini berisikan Borghese Gallery, Kebun Binatang Roma, Pincio’s Water Clock dan Silvano Toti Globe Theatre.

Taman ini sangat menarik untuk liburan bersama dengan anak-anak dan keluarga untuk sekedar bersantai. Menariknya lagi, disini kamu bisa menyewa sepatu roda dan sepeda untuk berkeliling di taman ini.



Leave a Reply