8 Transportasi di Thailand Siap Mengantarmu!


Jehan  December 9, 2022  0 Comment

Thailand merupakan negara yang sering dijadikan destinasi wisata oleh para wisatawan mancanegara. Negara yang juga dikenal sebagai lumbung padi Asia Tenggara ini memiliki kaya akan integritas budayanya sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Ketika kamu berencana datang ke Thailand, pastikan kamu menggunakan transportasi publik yang tersedia di sana ya, agar petualanganmu semakin menyenangkan dan berkesan.

Berikut 8 transportasi di Thailand yang siap mengantarmu setiap saat:

1. Taxi

taxi
lalalocker.com

Taxi merupakan moda transportasi di Thailand yang paling umum dan mudah untuk didapatkan. Kendaraan yang satu ini memiliki keunggulan dapat mengantarkanmu ke lokasi tujuan dengan titik yang pas.

Taxi akan mudah kamu dapatkan saat kamu berada di kota-kota besar Thailand. Beberapa Taxi di Thailand menggunakan tarif argo, namun ada juga yang tidak menggunakannya. Apabila kamu ingin menaiki Taxi dan melihat di sana tidak terlihat argo, pastikan untuk bertanya terlebih dahulu mengenai tarif yang akan kamu dapatkans saat itu.

Bernegosiasilah mengenai tarif harga yang cocok untukmu. Hati-hati dengan modus beberapa driver yang suka memberi tarif tinggi untuk para penumpangnya ya.

2. Tuk Tuk

tuk tuk
forevervacation.com

Tuk Tuk merupakan moda transportasi di Thailand yang dapat diakses oleh siapa saja. Kendaraan yang satu ini cukup banyak menarik perhatian para wisatawan. Selain bentuknya yang cukup unik, kendaraan beroda tiga ini juga dapat mengangkut dua hingga 3 penumpang sekaligus.

Kamu dapat berkeliling ke kota-kota yang membutuhkan jarak perjalan pendek dengan menggunakan Tuk Tuk. Jika kamu ingin menaiki kendaraan ini, siapkan uang sekitar 80-150 Baht. Tarif biaya berbeda-beda, bergantung sejauh mana jarak tempuh lokasi yang kamu tuju.

Tuk Tuk sangat mudah ditemui di Thailand terutama di Bangkok. Saat kamu menaiki kendaraaan ini, pastikan kamu menjaga barang-barang berharga pribadimu dengan aman. Selain itu kamu juga harus memastikan tarif dengan bertanya pada pengemudi Tuk Tuk terlebih dahulu. Negosiasikan tarif sebelum memulai perjalananmu, karena terkadang biaya Tuk Tuk bisa mencapai tarif yang lebih tinggi dibandingkan dengan Taxi. Persiapkan dirimu ya!

3. Songtaew

songtaew
gotmybackpack.com

Songtaew merupakan alternatif transportasi di Thailand yang bisa kamu gunakan. Songtaew memiliki tarif perjalanan yang relatif murah dibandingkan dengan taksi. Kendaraan dengan model seperti truk kecil atau pick up ini memiliki warna merah yang akan menarik perhatian wisatawan.

Kendaraan Songtaew umumnya dapat ditemukan di tempat-tempat yang sering dikunjung para turis wisatawan. Kamu bisa mencoba mengendarai kendaraan ini bersama-sama dengan banyak wisatawan lainnya.

Sebelum kamu memutuskan untuk naik transportasi yang satu ini, ada baiknya kamu bertanya terlebih dahulu mengenai arah Songtaew kepada orang lokal atau staf penginapan tempatmu bermalam terlebih dahulu. Jangan sampai kamu menaiki Songtaew dengan arah yang tidak sesuai dengan tujuan perjalanan yang kamu inginkan.

Selain itu apabila kamu berencana menaiki Songtaew, pastikan kamu sedang tidak terburu-buru menuju ke suatu lokasi. Songtaew tidak akan mulai berjalan apabila kursi penumpang belum terisi penuh, oleh karena itu kamu tidak bisa menaiki transportasi ini jika ingin perjalanan yang cepat.

4. Bus

bus
theculturetrip.com

Apabila kamu berada di kota-kota besar, maka kamu dapat dengan mudah mengakses transportasi di Thailand yang satu ini. Moda transportasi ini memiliki tarif yang jauh lebih murah dari pada kereta api.

Apabila kamu ingin mengendari Bus maka pastikan kamu memiliki waktu yang cukup banyak dalam melakukan sebuah perjalanan. Perjalanan dengan Bus akan membutuhkan waktu yang cukup banyak.

Kamu tidak perlu khawatir akan kebingungan arah ketika menaiki Bus. Di kota-kota besar seperti Bangkok atau Nakhon Ratchasima yang sering dikunjungi para wisatawan menyediakan jaringan Bus untuk dalam kota atau luar kota.

Perjalanan dengan Bus paling nyaman adalah di malam hari, kamu dapat beristirahat dengan lebih tenang sembari menikmati perjalananmu menuju kota tujuan. Siapkan uang sebesar 500-1.500 Baht untuk satu kali perjalanan. Tarif bergantung dengan jarak tujuan yang kamu tuju.

5. Bangkok BTS Skytrain

bangkok bts skytrain
redplanethotels.com

Bangkok Mass Transit System (BTS) Skytrain merupakan moda transportasi di Thailand yang sangat cocok untukmu jika merasa lelah dengan lalu lintas kota yang padat. BTS Skytrain akan menjadi kendaraan yang akan melaju dengan kecepatan konstan untuk mengantarmu.

Apabila kamu ingin menaiki BTS Skytrain kamu dapat mengaksesnya mulai pukul 05.00 pagi hari hingga lewat tengah malam di hari Senin hingga Jumat.

BTS Skytrain telah memiliki system jalur perjalanan dengan stasiun destinasi wisata yang ada di Thailand, sehingga sangat pas untuk kamu coba. Perlu kamu ketahui BTS Skrytrain memiliki dua jalur perjalanan yang dilewati.

Pertama, jalur Sukhumvit yang membentang dari sisi Utara ke Selatan berawal dari Mo Chit dan berhenti di Samrong. Kedua, jalur Silom pada Stadion Nasional dan Bang Wa yang ada di Thonburi.

6. MRT Subway

mrt subway
toshiba-clip.com

MRT Subway merupakan moda transportasi di Thailand yang juga dikenal dengan sebutan Blueline. Kereta bawah tanah ini memiliki jalur yang melewati kota Bangkok yang tidak dilewati oleh BTS Skytrain.

MRT Subway dapat kamu akses sejak pukul 06.00 pagi hingga tengah malam. MRT Subway memiliki 18  stasiun pemberhentian. Kamu bisa memilih untuk menggunakan transportasi yang satu ini apabila kamu menghindari laju kendaraan di jalanan yang cukup padat.

MRT Subway melewati beberapa pemberhentian tempat penting, seperti bandara, pasar Chatuchak dan Sukhumvit.

Perlu kamu ketahui MRT Subway memiliki dua jalur, yakni blue line dari Hua Lamphong dan purple line yang menghubungkan bagian luar Bangkok dengan pusat kota. Pastikan terlebih dahulu lokasi yang akan kamu tuju. Apabila kamu bingung, kamu dapat bertanya di pusat informasi yang ada di stasiun.

7. Train

train
nomadicnotes.com

Train menjadi salah satu moda transportasi yang cukup banyak diminati di Thailand. Moda transportasi ini memiliki cakupan yang tidak luas namun tetap menjadi rekomendasi transportasi nyaman untuk siapa saja.

Kamu bisa memulai perjalananmu menggunakan Train melalui stasiun pusat Thailand, yakni stasiun Hua Lamphong di Bangkok. Di stasiun itu menjadi jalur utama keberangkatan kereta api ke berbagai arah tujuan.

Train di Thailand memiliki beberapa kelas fasilitas, yakni kelas pertama hingga kelas ketiga. Kelas pertama akan memberimu fasilitas yang lebih nyaman dan menawarkan pengalaman berkendara dengan lebih baik. Harga kelas pertama tentu akan sebanding dengan fasilitas yang kamu dapatkan nantinya.

Selanjutnya ada kelas kedua, apabila menaiki Train dengan memilih kelas kedua kamu akan mendapatkan fasilitas yang umum dengan harga terjangkau dari kelas pertama. Namun apabila kamu ingin lebih berhemat, kamu bisa memilih kelas ketiga saat menaiki Train.

8. Motorcycle Taxi

motorcycle taxi
axleaddict.com

Motorcycle Taxi atau kita kenal juga sebagai ojek dapat menjadi transportasi di Thailand yang siap mengantar siapa saja dengan cepat. Bahkan saat kamu menaiki transportasi umum ini jangan kaget saat kamu akan diajak memotong jalur.

Baca Juga :

7 Tips Hemat Backpackeran di Thailand

Pengemudi ojek dengan rompi oranye ini dapat kamu temukan hampir di sudut-sudut jalan di seluruh Bangkok. Tarif yang akan kamu keluarkan untuk sekali perjalanan relatif murah sekitar 20 hingga 100 Baht.

Baca Juga :

Keliling di Luasnya Singha Park Chiang Rai

Motorcycle Taxi akan menjadi penyelamatmu yang butuh menuju lokasi tujuan dengan cepat. Berhati-hatilah dengan barang yang kamu bawa karena berkendara dengan motor tidak memiliki bagasi penyimpanan. Jadi pastikan barang bawaanmu cukup ringkas dan tidak terlalu banyak.

Baca juga :

10 Tempat Kuliner Legendaris di Thailand

Saat berkunjung di Thailand, kamu dapat memilih transportasi publik apa yang ingin kamu gunakan setelah menentukan tujuanmu terlebih dahulu. Pastikan mencari tahu informasi lebih mengenai transportasi di Thailand yang akan kamu naikin ya! Agar perjalananmu berjalan dengan lancer tanpa kendala yang menghambat.



Leave a Reply