10 Wisata Gratis di Italia Bikin Liburanmu Makin Hemat


prita  September 27, 2022  0 Comment

Wisata gratis di Italia tentunya bisa jadi salah satu tujuan wisata untuk kamu yang sedang liburan hemat alias backpacker. Ternyata di Italia banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi Cuma-Cuma, mulai dari tempat bersejarah yang ikonik dan instagramable, atraksi hingga pusat perbelanjaan. Dengan mengunjungi destinasi wisata yang gratis, pastinya kamu bisa menghemat budget liburan. Nah, buat kamu yang lagi merencakan liburan ke Italia, berikut ini adalah daftar wisata yang bisa kamu kunjungi secara gratis.

1. Trevi Fountain

Trevi Fountain
travelandleisure.com

Wisata gratis di Italia pertama yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Trevi Fountain atau Air Mancur Trevi. Air mancur ini menjadi salah satu ikon di kota Roma yang cukup populer dan selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Trevi Fountain ini menjadi salah satu air mancur terbesar di Roma dengan sentuhan arsitektur Eropa yang otentik di abad ke-18 dengan menampilkan patung Dewa Neptunus. Ada sebuah tradisi yang biasa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Trevi Fountain ini, yaitu melempar koin ke kolam. Wisatawan yang bisa melempar koin ke kolam ini dipercaya bisa kembali lagi ke tempat ini.

Gotravelly

Pengen Makan Pizza Enak & Murah? Ke Pizza Time Aja

Panties Pizza: Tempat Makan Pizza Murah & Enak Di Surabaya

2. Pantheon

Pantheon
rome.info

Masih di Kota Roma, wisata gratis di Italia yang wajib untuk kamu singgahi selanjutnya adalah Pantheon. Pantheon berarti rumah para dewa, yang mana bangunan ini adalah sebuah kuil terbesar di pusat kota Roma yang sudah berusia 1800 tahun.

Pantheon memiliki gaya bangunan yang megah dan ikonik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sekarang, bangunan ini berfungsi sebagai gereja Katolik yang sampai saat ini masih digunakan sebagai tempat ibadah.

3. St Peter’s Basilica

St Peter’s Basilica
st-peters-basilica-tickets.com

Wisata gratis di Italia yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah St Peter’s Basilica yang berada di Kota Vatikan. Tempat ini merupakan gereja terbesar di dunia dan selalu menarik wisatawan untuk datang dan melihatnya langsung.

Gereja ini mulai dibangun pada tahun 1506 dan selesai di tahun 1626. Bagian dalam gereja ini sangat indah dengan karya seni dari Michaelangelo. Jika kamu berkunjung di hari Minggu, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk melihat Paus yang sedang memberikan misa.

4. Piazza Navona

 Wisata Gratis di Italia
wantedinrome.com

Piazza Navona juga layak untuk masuk dalam daftar tempat wisata gratis di Italia yang wajib untuk dikunjungi. Piazza Navona merupakan sebuah alun-alun yang cukup terkenal di Kota Roma dan sudah ada sejak abad ke-15.

Saat kamu berkunjung di akhir pekan, kamu bisa menikmati berbagai pertunjukan jalanan yang ada di seluruh alun-alun ini. Kamu juga bisa mengunjungi tiga air mancur yang sangat cantik, seperti Fontana del Moro, Fontana de Calderari dan Fontana dei Quattro Rivers. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa bersantai di café atau restoran yang tersebar di seluruh kawasan alun-alun ini.

5. Villa Borghese

Villa Borghese
id.hotels.com

Wisata gratis di Italia yang satu ini juga tak kalah populer di kalangan wisatawan, yaitu Villa Borghese. Villa borghese ini merupakan sebuah taman dimana kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dan terawat dengan gaya Inggris.

Taman ini memiliki luas hampir 200 hektar dan sangat cocok untuk kamu yang ingin sejenak pergi dari kepadatan kota dan sejenak melepas penat. Villa Borghese ini didirikan oleh Kardinal Scipione Borghese di tahun 1600an dan berisikan sejumlah museum, monumen penting serta kebun binatang kecil. Selain itu, ada juga Borghese Gallery yang terkenal dan berisikan karya Titian, Caravaggio, Rubens dan Raphael.

6. Piazza Della Signoria

Piazza Della Signoria
planetware.com

Beralih ke kota Florence, ada sebuah tempat wisata gratis di Italia yang wajib untuk kamu kunjungi, yaitu Piazza Della Signoria. Piazza Della Signoria merupakan sebuah alun-alun di Kota Florence yang menjadi bagian dari halaman depan pada zaman kuno.

Dulunya, alun-alun ini menjadi bagian dari rumah keluarga Medici, yang saat itu merupakan penguasa kota. Wilayah ini sekarang dipenuhi oleh karya seni yang memanjakan mata. Disini juga terdapat beberapa galeri patung dan tempat makan yang biasa dikunjungi wisatawan untuk nongkrong sambil menikmati keindahan kota.

7. Castel dell’Ovo

Castel dell’Ovo
napolike.com

Wisata gratis di Italia yang sayang sekali untuk dilewatkan selanjutnya adalah Castel dell’Ovo yang berada di kota Naples. Castel dell’Ovo merupakan sebuah kastil tertua di Kota Naples yang berdiri sejak abad ke-12.

Di kastil ini kamu juga bisa menemukan museum etno-prasejarah yang menampilkan keramik, gerabah dan atefak logam di masa awal sejarah Naples. Tak hanya itu, kastil ini juga sering digunakan sebagai tempat pameran seni, acara khusus dan tempat untuk prewedding karena memang bangunannya yang indah dan megah.

8. Piazza delle Erbe

Piazza delle Erbe
itinari.com

Tertarik untuk mengunjungi kota Verona? Kota yang terkenal sebagai destinasi wisata romantis ini juga menawarkan salah satu tempat wisata gratis di Italia, yaitu Piazza delle Erbe. Piazza delle Erba ini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner paling favorit di Verona dan sering dikunjungi oleh wisatawan. Tak hanya bisa berwisata kuliner, disini kamu juga bisa membeli souvenir khas yang lucu dan unik.

Alun-alun ini di zaman Romawi merupakan pasar. Piazza delle Erbe dikelilingi oleh bangunan bersejarah seperti Palazzo Maffei, Casa dei Mercanti dan Case dei Mazzanti. Alun-alun ini memiliki ciri khas berupa patung air mancur Madonna Verona di tengahnya.

9. Piazza San Marco

Piazza San Marco
bigseventravel.com

Destinasi wisata gratis di Italia yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Piazza San Marco. Piazza San Marco merupakan pusat Kota Venesia yang selain dijadikan sebagai lokasi gedung pemerintahan, tempat ini juga menjadi pusat kegiatan yang biasa dilakukan di Venesia.

Di alun-alun terbesar di kota Venesia ini kamu bisa mengunjungi ragam objek wisata yang menarik, seperti Museum Correr dan Doge’s Palace. Menariknya lagi, kamu bisa mengunjungi wisata tersebut menggunakan gondola karena tepat di depan alun-alun ada halte bus air dan dermaga taxi air.

10. Doge’s Palace

Doge’s Palace
planetware.com

Masih di kawasan Piazza San Marco, kamu bisa menemukan salah satu wisata gratis di Italia yang cukup terkenal, yaitu Doge’s Palace. Wisata yang satu ini merupakan istnama megah bergaya Gotik Venesia dan merupakan kediaman Doge’s Venesia yang menjadi otoritas tertinggi Tepublik Venesia.

Bangunan ini mulai dibuka sebagai museum sejak tahun 1923 dan menyajikan bangunan mewah berlapis emas yang dibangun oleh seniman-seniman Renaissance dengan karya agung Titian, Tiepolo, Tintoretto dan arsitek terkenal Andrea Palladio. Disini kamu tak hanya dibuat takjub dengan pesona bangunannya yang indah juga mewah, tapi juga dibuat kagum dengan karya-karya seniman terkenal yang dipamerkan di museum ini.

Itulah tadi daftar tempat wisata gratis di Italia yang bisa kamu kunjungi. Dengan mengunjungi wisata gratis, tentunya bisa menghemat budget liburan kamu selama berada di Italia. Selamat berlibur.



Leave a Reply