Pemandangan di Kebun Binatang Ragunan+ Spot Foto Menarik


Reni  December 13, 2017  0 Comment

Kemanakah Anda akan mengajak si kecil jalan-jalan akhir pekan? Jawabannnya tentu bervariasi. Ada yang ke mall, ada yang pergi silaturahim,  berenang, dan ada yang memilih bertamasya ke kebun binatang ragunan.  Ya, kebun binatang ragunan adalah kebun binatang favorit yang berdiri sejak tahun 1864 silam.

 

Sekilas tentang Kebun Binatang Ragunan

Dahulu, kebun binatang ragunan terbentang di lahan seluas 10 hektar. Kebun binatang ini tepatnya berlokasi di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat yang seringkali menjadi tujuan wisata warga Jakarta dan sekitarnya. Sebelumnya, kebun binatang ragunan diberi nama Planten E n Dierentuin yang berarti tanaman dan kebun binatang. Selanjutnya, pada tahun 1964, kebun binatang dipindahkan ke Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan dengan luas mencapai 140 hektar.

 

Pemandangan dan Spot Foto Menarik di Kebun Binatang Ragunan

Saat ini, kebun binatang ragunan menempati urutan kedua terluas di dunia setelah yang ada di Kanada. Spesies hewan yang ada di dalamnya mencapai 295 spesies dengan 4040 spesimen. Oleh pengelola setempat, spesies kebun binatang ragunan terus ditingkatkan dengan perawatan yang ketat. Pemandangan apa saja yang bisa Anda saksikan secara menakjubkan di kebun binatang ragunan ini?

 

Hewan-hewan di Kebun Binatang Ragunan

Tidak jauh dari nama tempatnya, sudah pasti disini kita akan menyaksikan berbagai macam hewan dengan jumlah spesies yang mencapai ratusan ekor hewan. Disini, terdapat lebih kurang 295 spesies dengan total 4040 specimen. Hewan-hewan tersebut berasal dari beragam primate mulai dari orang utan, kera putih, siamang, simpanse, gorilla, dan  masih banyak lagi. Tidak hanya  kelas primata saja yang eksis, namun Anda bisa mengajak si kecil berkenalan dengan beragam species hewan yang dikoleksi di tempat ini. Sembari berkeliling kebun binatang, si kecil yang sebelumnya hanya menyaksikan beragam animal dari televisi atau menontonnya dari buku-buku bergambar saja, di kebun binatang ragunan mereka bisa asyik mengamati gerak-gerik binatang yang unik, aneh, dan menggemaskan. Ini berarti secara tidak langsung Anda sebagai orang tua telah memberikan fasilitas edukatif yang menyenangkan bagi si kecil. Tentu saja mereka tidak hanya senang menyaksikan secara langsung melainkan akan memiliki memori yang lebih kuat mengenai hewan dengan nama-nama tertentu yang sebelumnya mungkin cukup sulit untuk dihafalkan. Selepas asyik belajar mengenai hewan-hewan yang ada di Ragunan, wisatawan bisa berpose selfie indah dengan background hewan koleksi kebun binatang ragunan. Apakah Anda bisa berpose dengan latar belakang tempat yang menarik seperti ini setiap harinya? Tentu tidak. Kesempatan langka ini abadikan selagi Anda bisa berkesempatan mengunjungi kebun binatang ragunan.

 

Atraksi menarik

Lihat hewan-hewan yang imut dan lucu saat berkunjung ke tempat ini saja sudah asyik bukan main. Apalagi jika sekumpulan hewan tersebut beraksi dengan atraksi seru yang dipertontonkan saat pengunjung bertandang kesini. Hmm, pasti ini akan menjadi momen seru-seruan yang paling menggemaskan. Ya, di kebun binatang ragunan, tidak hanya sekian banyak koleksi hewan yang bisa Anda dan si kecil saksikan. Perjalanan menyusuri kebun binatang ini semakin menarik dan seru sebab di spot spot tertentu Anda bisa menyaksikan atraksi yang dipandu oleh ahlinya. Sebut saja tarian ular, pemutaran film naik gajah dan masih banyak lagi.

Jika biasanya Anda menyaksikan tarian ular di televisi dengan pawang yang mahir meniupkan seruling, kali ini anda bisa menyaksikannya secara langsung di kebun binatang ragunan. Tiupan seruling yang mendayu membuat tarian ular semakin tampak menggemaskan. Anda bisa mengabadikan momen seru ini yang akan menjadi pemantik kerinduan untuk bertandang kembali ke kebun binatang ragunan. Tidak hanya itu saja, atraksi naik gajah yang dipandu pawang yang handal tidak hanya bisa Anda saksikan semata, namun  bisa langsung Anda nikmati bersama keluarga. Wow, sensasi naik gajah yang menjadi momen langka sekaligus memicu adrenalin ini dijamin jauh dari bahaya. Saat itulah, foto selfie yang langka dan luar biasa bisa Anda dapatkan. Gajah dengan belalainya yang panjang dibawa panduan pawang gajah yang handal akan menjamin keselamatan Anda. Atraksi lain yang tidak kalah serunya saat berada di kebun binatang ragunan adalah pemutaran film animal. Jika Anda biasanya menonton film-film di bioskop, kali ini Anda bisa puas menyaksikannya di kebun binatang ragunan dengan jenis film yang lebih spesifik tentunya. Hmm, di tempat ini, atraksi tersebut akan memanjakan mata Anda sekeluarga.  Cari waktu yang tepat dan enjoy berwisata di kebun binatang dengan koleksi hewan yang komplit ini.

 

Dunia Orang Utan

Ya, salah satu hewan andalan yang menjadi koleksi kebun binatang ragunan adalah dari kelas primata. Bahkan, di kebun binatang ini dibuat tempat khusus primata. Pintu masuknya cukup menarik,  bertuliskan pusat primata schmutzer yang menempel di mulut lorong berbentuk setengah lingkaran. Sudah pasti spot foto di depan pintu masuk ini akan menjadi spot yang menarik dengan sentuhan alaminya yang kental. Saat menyusuri kedalamannya, Anda bisa saksikan lorong yang mirip goa dengan ragam primate yang banyak di dalamnya. Nuansa yang berbeda akan Anda rasakan saat sedang berada di pusat primata ini. Pertama-tama, Anda harus menapaki beberapa anak tangga. Anda akan disambut oleh gorilla dengan ukuran sebesar manusia. Tempat ini bisa menjadi wahana edukatif bagi para wisatawan terutama si kecil. Primata tersebut tentunya aman dan jinak. Selfie dengan backround primata yang langka dan tidak setiap hari dilakukan akan menjadi momen selfie yang selalu dirindukan. Para primata tersebut terlindung dalam kaca yang tebal sehingga aman bagi Anda untuk melihatnya dari luar.

 

Rumah Pohon dan Taman Bali

Keseruan lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah spot rumah pohon dan taman bali yang ada di kebun binatang ragunan. Keluar dari lorong rumah primata, Anda akan menemui jembatan gantung yang saat menyeberanginya Anda akan merasa bergoyang di atas awan, seru sekali. Di mulut jembatan, terdapat rumah pohon berukuran cukup besar yang bisa Anda gunakan untuk menikmati spot-spot menarik yang ada di bawahnya. Kesan natural dan asri itulah yang Anda rasakan sebab material rumah yang digunakan. Lepas dari rumah pohon, tempat menarik lain adalah taman bali yang cocok sebagai tempat bermain si kecil. Disini, terdapat tempat bermaian pasir, ayunan yang seru, batang pohon untuk bergelayutan, dan juga tempat gelantungan dari tali-tali pohon. Baik di rumah pohon ataupun di taman bali, Anda bisa berfoto ria dengan efek natural yang kental dan langka.

Fakta menarik tentang kebun binatang ragunan yang perlu wisatawan tahu adalah, kebun binatang ini sempat di tutup selama 3 minggu lamanya sebab ada banyak hewan koleksi yang terinfeksi flu burung dan harus segera dievakuasi. Ini terjadi pada tahun 2005 silam, namun saat ini sudah terjamin safety-nya. Enjoy your travelling and weekend.



Leave a Reply