20 Kebun Binatang Terbaik di Eropa Destinasi Wisata Untuk Keluarga


prita  January 4, 2022  0 Comment

Kebun binatang tentu menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup ramah bagi keluarga, terutama anak-anak. Dengan berkunjung ke kebun binatang, mereka bisa mengenal lebih dekat dengan ragam satwa dan berinteraksi langsung dengan mereka. Jika kamu akan berlibur ke Eropa, disana kamu bisa juga menemukan banyak kebun binatang terbaik di Eropa yang mungkin masih jarang diketahui padahal bisa menjadi salah satu temoat wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi. Nah, jika kamu tertarik menjelajahi kebun binatang di Eropa, berikut ini adalah daftarnya.

1. Kebun Binatang Praha, Republik Ceko

Kebun Binatang Praha
prague.eu

Kebun binatang terbaik di Eropa yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Kebun Binatang Praha yang berada di ibukota Republik Ceko. Kebun binatang ini juga menjadi salah satu kebun binatang terbesar di Eropa karena luasnya mencapai 0,5 kilometer persegi.

Kebun Binatang Praha ini menjadi rumah bagi sekitar 4000 jenis hewan yang telah dibagi dalam beberapa kawasan. Disini kamu bisa melihat secara langsung gorila, bikira, gajah Asia dan masih banyak lagi lainnya.

Gotravelly

Keliling Di Luasnya Singha Park Chiang Rai

Kebun Binatang Surabaya Tempat Wisata yang Hype

2. Kebun Binatang Chester, Inggris

Kebun Binatang Chester
bbc.com

Jika kamu berlibur ke Inggris, kamu bisa menemukan salah satu kebun binatang terbaik di Eropa yang ada di Negeri Ratu Elizabeth tersebut, yaitu Kebun Binatang Chester. Kebun binatang yang berada di kota Chesire ini juga dikenal sebagai kebun binatang terbesar di Inggris karena menjadi rumah bagi lebih dari 35.000 satwa.

Kebun Binatang Chester ini juga layak untuk kamu kunjungi bersama keluarga juga anak-anak karena banyak memiliki satwa serta taman yang indah untuk dijelajahi. Disini kamu akan menemukan banyak sekali hewan dari seluruh dunia, seperti burung enggang dan lemur. Selain melihat satwa, kamu juga bisa berkunjung ke taman bunganya yang cukup populer untuk melihat koleksi anggrek-nya yang luar biasa.

3. Port Lympne Wild Animal Park, Inggris

Port Lympne Wild Animal Park
palife.co.uk

Kebun binatang terbaik di Eropa selanjutnya adalah Port Lympne Wild Animal Park. Kebun binatang yang berlokasi di kota Hyte, Inggris ini memiliki luas sekitar 240 hektar sehingga menjadikannya sebagai salah satu kebun binatang terbesar di Eropa.

Kebun binatang ini memang cukup luas namun tak banyak satwa yang hidup disana karena kebun binatang ini menawarkan pengalaman safari untuk melihat langsung satwa-satwa tersebut hidup bebas di habitat mereka. Pengalaman ini tentunya sangat seru karena kamu berkesempatan untuk melihat lebih dekat dengan satwa yang ada disana tanpa terhalang kandang. Selain bisa melihat ragam satwa, disini kamu juga bisa berkunjung ke Hutan Dinosaurus yang mana kamu akan berjalan kaki untuk menemukan dinosaurus dan mengetahui lebih dalam tentang dunia prasejarah.

4. Kebun Binatang ZSL Whipsnade, Inggris

Kebun Binatang ZSL Whipsnade
enjoydacorum.co.uk

Masih di Inggris, kebun binatang terbaik di Eropa yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Kebun Binatang ZSL yang berada di kota Whipsnade. Kebun binatang ini dimiliki oleh ZSL Society, yaitu sebuah asosiasi yang berfokus pada perlindungan hewan di seluruh dunia di habitat asli mereka. Untuk itu, disini kamu bisa melihat langsung ragam satwa yang berkeliaran bebas di habitat mereka tanpa sekat. Disini kamu bisa melihat singa putih besar, cheetah dan yang paling istimewa adalah adanya Butterfly House.

5. Kebun Binatang Paignton, Inggris

Kebun Binatang Paignton
paigntonzoo.co.uk

Kebun binatang terbaik di Eropa yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Kebun Binatang Paignton. Kebun binatang yang berada di kota Paignton, Devon ini juga menjadi salah satu kebun binatang terluas di Eropa dan menjadi tempat sempurna untuk menemukan berbagai spesies hewan.

Menariknya, ragam spesies hewan disini telah dibagi sesuai dengan habitat alami mereka, yaitu hutan, rawa, padang rumput, sabana dan masih banyak lagi lainnya. Jika berkunjung kesini, kamu bisa mengikuti tur dengan pemandu yang sekaligus bisa mengedukasi kamu tentang ragam satwa yang menghuni kebun binatang ini.

6. Kebun Binatang Edinburgh, Skotlandia

Kebun Binatang Edinburgh
heraldscotland.com

Dari Inggris bergeser ke Skotlandia. Disini kamu juga akan menemukan salah satu kebun binatang terbaik di Eropa yang layak untuk kamu kunjungi, yaitu Kebun Binatang Edinburgh. Kebun binatang yang berada di kota Edinburgh ini juga menjadi salah satu kebun binatang tertua di dunia karena dibuka pertama kali pada tahun 1913. Di dalam kebun binatang ini hidup sekitar 1000 spesies satwa yang banyak diantaranya adalah langka atau terancam punah. Disini kamu juga bisa bertemu dengan panda raksasa yang cantik dan melihat mereka menghabiskan waktu sambil berguling-guling dan makan bambu.

7. Kebun Binatang Schonbrunn, Austria

Kebun Binatang Schonbrunn
zoovienna.at

Kebun binatang terbaik di Eropa berikutnya adalah Kebun Binatang Schonbrunn yang berada di kota Wina, Austria. Kebun Binatang Schonbrunn ini juga menjadi salah satu kebun binatang tertua di Eropa karena telah ada sejak tahun 1752.

Kebun binatang seluas 42 hektar ini menjadi rumah bagi sekitar 500 spesies hewan. Disini kamu bisa bertemu dengan gajah Afrika, panda raksasa, berang-berang cakar kecil Asia, beruang kutub, hingga cheetah. Tak hanya bisa bertemu dengan ragam satwa liar, disini kamu juga bisa berkunjung ke rumah hutan hujan yang nampak nyata karena dilengkapi dengan badai petir buatan manusia.

8. Kebun Binatang Alpine, Austria

Kebun Binatang Alpine
innsbruck.info

Masih di Austria, selain Kebun Binatang Schonbrunn kamu juga bisa menemukan kebun binatang terbaik di Eropa lainnya bernama Kebun Binatang Alpine. Kebun binatang ini berlokasi di Innsbruck, Tyrol.

Kebun binatang ini menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan karena lokasinya berada di kaki pegunungan Nordkette di Pegunungan Alpen Austria. Kebun Binatang Alpine ini menjadi rumah bagi lebih dari 150 spesies binatang yang menakjubkan, seperti Lynx, elang emas, beruang cokelat, berang-berang hingga api salamander.

9. Kebun Binatang Berlin, Jerman

Kebun Binatang Berlin
buchen.visitberlin.de

Kebun binatang terbaik di Eropa yang tak boleh untuk kamu lewatkan selanjutnya adalah Kebun Binatang Berlin. Kebun binatang yang berada di ibukota Jerman ini menjadi kebun binatang tertua di Jerman dan menjadi rumah bagi beberapa hewan dari berbagai negara.

Beberapa satwa menarik yang bisa kamu temukan di kebun binatang ini adalah flamingo Chili dan Penguin Afrika. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menemukan deretan hewan langka dan eksotis yang tak kalah menarik.

10. Hagenbeck Tierpark, Jerman

Hagenbeck Tierpark
hamburg.de

Masih di Jerman, kebun binatang terbaik di Eropa berikutnya bernama Hagenbeck Tierpark atau yang juga dikenal dengan Kebun Binatang Hagenbeck. Kebun binatang ini memang menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Jerman yang bisa kamu kunjungi bersama anak-anak.

Hagenbeck Tierpark ini juga menjadi salah satu kebun binatang paling keren di Eropa karena menjadi rumah bagi sekitar 1.800 satwa yang berasal dari Samudera Arktik. Kamu dan keluarga pun bisa melihat satwa khas Samudera Arctic seperti penguin, beruang laut hingga beruang kutub.

11. Kebun Binatang Antwerpen, Belgia

Kebun Binatang Antwerpen
pinterest.com

Kebun binatang terbaik di Eropa yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi adalah Kebun Binatang Antwerpen yang berada di kota Antwerpen, Belgia. Sama halnya dengan kebun binatang lainnya di Eropa, kebun binatang ini juga menampilkan ragam satwa dari berbagai negara.

Namun, ada hal yang membedakan Kebun Binatang Antwerpen ini dengan kebun binatang lainnya di Eropa, yaitu adanya tempat khusus hewan langka, seperti okapi dam bonobo. Kebun binatang ini memang semakin berkembang pesat setiap tahunnya dan diberi ragam fasilitas penunjuang bagi pengunjung, salah satunya adalah skywalk yang menawarkan pemandangan indah dari kebun binatang ini.

12. Kebun Binatang Pairi Daiza, Belgia

Kebun Binatang Pairi Daiza
pairidaiza.eu

Belgia ternyata juga memiliki salah satu kebun binatang terbaik di Eropa yang layak untuk kamu kunjungi, yaitu Kebun Binatang Pairi Daiza. Kebun binatang yang juga dikenal dengan nama Zoo Paradiso ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi seluruh keluarga.

Kebun binatang ini menjadi rumah bagi sekitar 5.000 spesies satwa, seperti macan kumbang, harimau Siberia, jerapah hingga panda raksasa. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa melihat langsung kandang burung, rumah kaca tropis hingga area edukasi pertanian untuk anak kecil bermain sekaligus belajar. Kebun Binatang Pairi Daiza ini juga terkenal memiliki kebun binatang dengan Taman Tiongkok terbesar, Taman Indonesia terbesar dan kandang burung terbesar.

13. Kebun Binatang La Palmyre, Prancis

Kebun Binatang La Palmyre
zoo-palmyre.fr

Siapa bilang Prancis hanya tentang Menara Eiffel saja? Disini kamu juga bisa menemukan salah satu kebun binatang terbaik di Eropa bernama Kebun Binatang La Palmyre. Kebun binatang yang berlokasi di kota Les Mathes ini berada di hutan hijau dan bukit pasir yang indah.

Disini terdapat jalan setapak yang ditandai dan bisa membawamu untuk berjalan-jalan keliling dunia binatang dan menikmati indahnya keajaiban disana. Ragam satwa bisa kamu temukan di Kebun Binatang La Palmyre ini, seperti kura-kura raksasa, kucing liar hingga Flamingo Carreabean.

14. Kebun Binatang Parc de Beauval, Prancis

Kebun Binatang La Palmyre
zoobeauval.com

Selain Kebun Binatang La Palmyre, kamu juga bisa menemukan kebun binatang terbaik di Eropa lainnya di Prancis, bernama Kebun Binatang Parc de Beauval. Kebun binatang ini juga terkenal dengan Panda Raksasa yang cantik juga lucu.

Tak hanya melihat Panda saja, disini kamu juga bisa menemukan satwa lainnya seperti Badak India, Buaya, Harimau Putih hingga Anjing Laut California. Selain bisa melihat secara langsung ragam satwa menarik, disini kamu juga bisa berkunjung ke Silent Forest, yaitu sebuah proyek yang membahas seputar tanaman dan hewan yang akan memberikan kesadaran bagi pengunjung akan alam dan satwa.

15. Kebun Binatang Artis, Belanda

Kebun Binatang Artis
thebettervacation.com

Kebun binatang terbaik di Eropa berikutnya adalah Kebun Binatang Artis yang berada di kota Amsterdam, Belanda. Kebun binatang ini hanya berjarak sekitar 15 menit dari pusat kota Amsterdam dan menawarkan pengalaman berwisata yang seru bersama keluarga.

Kebun Binatang Artis ini menjadi kebun binatang pertama di Amsterdam yang juga menjadi rumah bagi ragam satwa, seperti kupu-kupu, zebra, ikan tropis hingga ragam organisme terkecil yang cukup menarik perhatian anak-anak. Kebun binatang ini juga memiliki paviliun, akuarium dan banyak pohon ek tua yang membuatnya sangat indah.

16. Taman Safari Beekse Bergen, Belanda

Taman Safari Beekse Bergen
beeksebergen.nl

Masih di Belanda, ada sebuah kebun binatang terbaik di Eropa yang tak boleh untuk kamu lewatkan begitu saja, yaitu Beekse Bergen. Beekse Bergen ini berada di dekat Tilburg dan menjadi kebun binatang margasatwa terbesar di Benelux karena menjadi rumah bagi 1.250 satwa yang berasal dari 150 spesies yang berbeda.

Kebun binatang ini memiliki perbedaan dengan kebanyakan kebun binatang di Belanda karena mengusung konsep safari sehingga kamu bisa melihat binatang-binatang tersebut berlarian dengan bebas. Untuk menikmatinya, kamu bisa membawa mobil pribadi atau menunggangi bus safari. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengikuti tur perahu dan tur jalan kaki yang tak kalah seru.

17. Kebun Binatang Basel, Swiss

Kebun Binatang Basel
visit.alsace

Kebun binatang terbaik di Eropa yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Kebun Binatang Basel yang berada di jantung kota Basel, Swiss. Kebun binatang ini juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk memperkenalkan ragam satwa dari seluruh dunia kepada anak-anak.

Tak hanya bisa memperkenalkan anak-anak dengan ragam satwa, disini mereka juga akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan untuk bertemu dengan ragam hewan peliharaan dari seluruh dunia, bermain bersama hingga memberinya makan.

18. Valencia Bioparc, Spanyol

Valencia Bioparc
youtube.com

Valencia Bioparc merupakan salah satu kebun binatang terbaik di Eropa yang berlokasi di Spanyol. Kebun binatang yang pertama kali buka pada tahun 2008 ini sangat menarik untuk dikunjungi karena disini kamu tidak akan melihat kandang apapun.

Valencia Bioparc ini mengusung konsep kebun binatang yang inovatif dimana hewan-hewan dibiarkan bebas bekeliaran di habitat alami mereka yang luasnya hingga 100.000 meter persegi di dalam Taman Cabcera, yang berada di dasar Sungai Turia. Kebun binatang ini dibagi menjadi 4 area, mulai dari Sabana hingga hutan Khatulistiwa dengan melewati Madagaskar dan daerah lembab yang setidaknya dihuni oleh sekitar 1.399 satwa.

Disini kamu bisa melihat secara langsung gorila, macan tutul, lemur, kuda nil, landak, gajah, singa hingga unta. Meskipun sedang berada di Eropa, kebun binatang ini akan menawarkan sensasi seolah kamu berada di Afrika, lho.

19. Kebun Binatang & Kebun Botani Budapest, Hongaria

Kebun Binatang & Kebun Botani Budapest
govisity.com

Kebun Binatang & Kebun Botani Budapest ini tak hanya dikenal sebagai salah satu kebun binatang terbaik di Eropa, namun juga menjadi salah satu kebun binatang tertua di dunia karena telah didirikan sejak tahun 1866.

Disini kamu bisa melihat sekitar 1000 spesies hewan yang berasal dari berbagai negara, seperti kuda nil, beruang, primata dan ragam satwa lainnya yang telah menghuni kebun binatang ini sejak Perang Dunia II berakhir.

20. Kebun Binatang Dublin, Irlandia

Kebun Binatang Dublin
dublinzoo.ie

Kebun binatang terbaik di Eropa yang terakhir adalah Kebun Binatang Dublin. Kebun binatang yang berada di jantung kota Dublin, Irlandia ini pertama kali dibuka tahun 1831 dan memiliki luas hingga 28 hektar di dalam Phoenix Park.

Kebun Binatang Dublin ini menjadi salah satu kebun binatang terbesar di dunia dan menjadi salah satu yang tertua di Eropa. Tak heran jika disini kamu bisa menemukan 600 spesies satwa yang dibagi menjadi sembilan area. Salah satu area yang cukup menarik adalah Savana Afrika yang menawarkan kesempatan untuk merasakan pengalaman bersafari di lingkungan khas Afrika dengan replika savana yang indah. Selain itu, area lain yang menarik adalah Hutan Asia yang terinspirasi oleh hutan Gir India dan hutan Sumatera Indonesia dengan sungai dan danau dimana kamu bisa melihat harimau berlarian dengan bebas disana.



Leave a Reply