7 Kebun Binatang Di Jogja, Populer dan Banyak Edukasi Menarik 


Fida  August 11, 2023  0 Comment

Liburan ke kebun Binatang menjadi salah satu hal yang cukup menarik dan seru. Ada banyak kebun Binatang seperti Kebun Binatang di Jogja yang menjadi tempat wisata sekaligus edukasi bagi anak-anak hingga dewasa. Tentunya cukup menarik Bersama keluarga. Nah, mau tahu apa saja kebun Binatang yang ada di Jogja? Yuk Simak yang berikut dengan seksama. 

7 Kebun Binatang di Jogja :

1. Kebun Binatang Interaktif Suraloka 

kebun binatang suraloka
yogyes.com

Bagi warga Jogja, mungkin tidak asing lagi dengan kebun Binatang satu ini yang ada di kaki gunung Merapi bermana Suraloka Interactive Zoo. Tempat wisata satu ini menyajikan beragam hewan unik dan langka dari berbagai daerah bahkan belahan dunia. 

Pengunjung kebun Binatang interaktif suraloka akan menjumpai banyak hewan yang terbagi dalam 6 kelas. Beberapa kelas tersebut yakni mamalia, reptile, amfibi, unggas, serangga dan ikan. Menariknya, pengunjung tidak hanya melihat-lihat saja melainkan juga bisa memberi makan dan berfoto dengan berbagai hewan jinak. 

Kebun Binatang Interaktif Suraloka memiliki fasilitas dan rekreasi yang cukup recommended. Pasalnya, tidak hanya hewan disana juga terdapat berbagai koleksi tanaman serta wahan permainan seperti flying fox, playground, tunggang kuda, dan masih banyak lagi. 

Alamat: Jalan Boyong No. 97, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta. 

Jam buka: 09.00 – 17.00 WIB. 

Tiket: Suraloka Interactive Zoo yakni Rp. 30.000. Tarif Wahan yakni Rp. 10.000-15.000.

2. Kebun Binatang di Jogja Gembira Loka 

gambira loka zoo
travel.tribunnews.com

Salah satu kebun Binatang yang juga cukup terkenal di daerah Jogja yakni ada Kebun Binatang gembira Loka. Hampir setiap akhir pekan dan libur Panjang selalu di datangi berbagai pengunjung. Gembira loka zoo juga merupakan kebun Binatang terbesar yang ada di Jogja dengan koleksi satwa yang sangat lengkap. 

Baca juga :  Kenali 9 Tipe Traveller Berikut, Kamu Termasuk yang Mana?

Tidak hanya berbagai hewan di Indonesia, disana juga terdapat banyak hewan dari seluruh penjuru dunia. Pengunjung juga dapat berinteraksi langsung sambil berfoto dengan berbagai koleksi hewan jinak seperti kura-kura, python, iguana, dan lainnua. Terdapat juga bird show yang dilengkapi berbagai jenis burung. 

Menariknya lagi, kebun Binatang gembira loka juga terdapat musem diaroma flora serta fauna KRKB gembira loka. Di dalamnya memiliki banyak koleksi awetan 1.323 binatang dan 34.747 jenis tumbuhan. Disana juga menyediakan banyak wahana yang seru, tentunya sangat mengasyikan dan edukatif. 

Alamat: Jalan Kebun Raya no.2, Kotagede, Yogyakarta. 

Jam buka 09.00- 15.00 WIB.

Tiket: 60 ribu (Weekdays), 75 ribu (weekend).

3. Obelix Village – Kebun Binatang Di Jogja

obelix village
yogyakarta.kompas.com

Wisata di Jogja yang menyediakan kebun Binatang dengan berbagai koleksi hewan yakni Obelix Village. Wisata Obleix Village ini merupakan tempat wisata yang menawarkan suasana alami khas persawahan dan pedesaan. Salah satu wahana di dalamnya ialah little zoo yang merupakan kebun Binatang dengan banyak hewan langka. 

Di dalam little zoo tersebut terdapat beberapa hewan unik dan langka seperti reptile, kuda, unggas, domba, kelinci, dan lainnya. Tidak hanya kebun Binatang saja, Obelix village juga terdapat banyak wahana lain seperti flower garden, mini farm, river deck dan lainnya. 

Sangat menarik bukan? Di tambah lagi Obelix village juga menyediakan resto-resto dengan menawarkan menu khas nusantara serta western. Sangat recommended untuk di kunjungi Bersama teman maupun keluarga. Fasilitasnya yang lengkap dan spot foto yang menarik membuatnya sering dikunjungi. 

Alamat: Jalan Kenanga, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. 

Jam buka: dari 10 pagi hingga 10 malam wib. 

Tiket: Rp. 15.000 – Rp. 20.000.

Baca juga :  Wisata Edukasi di 6 Observatorium dan Planetarium di Indonesia

4. Mini Zoo Jogja Exotarium 

jogja exotarium
jogja.tribunnews.com

Kebun Binatang di Jogja yang juga cukup banyak dikunjungi yakni ada Mini Zoo Jogja Exotarium. Bagi orang tua yang ingin mengedukasi kepada anak-anaknya, mini zoo jogja exotarium sangatlah recommended. Pasalnya, mini zoo jogja berfokus pada pengenalan satwa yang cukup menarik. 

Anak-anak akan dapat melihat, berinteraksi, serta belajar mengenai hewan langka. Di Mini Zoo Jogja juga terdapat berbagai wahana seru lainnya seperti outbound, kolam renang, bebek kayuh, flying fox, serta kolam tangkap ikan. 

Tidak sampai disitu saja, Mini Zoo Jogja Exotarium juga menyediakan wahan orang dewasa seperti River Tubing, jeep adventure, berkuda, dan masih banyak lagi. Untuk alamat, harga tiket, dan jam buka bisa Simak yang berikut. 

Alamat: Jalan Kabupaten No. 99, Sendangadi, Miati, Sleman. 

Jam buka: Mulai dari 08.30 hingga 16.00 WIB. 

Tiket Masuk: Rp. 20.000 sampai Rp. 25.000. 

5. Wildlife Rescue Centre Jogja 

wildlife rescue center jogja
eksotisjogja.blogspot.com

Salah satu kebun Binatang di Jogja yang merupakan tempat penyelamatan satwa dan dulunya dikenal dengan nama PPSJ yakni Wildlife Rescue Centre Jogja. Kebun Binatang ini memiliki banyak hewan langka hasil dari sitaan perdagangan atau kepemilikan illegal. Satwa atau hewan-heawan tersebut dirawat sebelum nantinya di lepas kembali ke habitatnya. 

Contoh beberapa hewan yang kerap dirawat di dalamnya yakni ada Owa, elang laut, elang jawa, orang utan, buaya, dan banyak lagi. Wildlife Rescue Centre Jogja tidak hanya sebagai tempat penangkaran saja, tetapi juga memiliki wisata satwa serta serangga, dan paket outbond. 

Tentunya, Wildlife Rescue Centre Jogja tersebut sangatlah menarik dan cocok untuk liburan Bersama keluarga. Mengenalkan anak-anak mengenai berbagai hewan satwa langka yang perlu dilindungi. Tertarik mengunjunginya? Simak info yang berikut: 

Alamat: Jalan Pengasih, Derwolo, Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta. 

Sistem berkunjung: Melakukan reservasi jauh-jauh hari. 

6. Agro Wisata Bhumi Merapi – Kebun Binatang di Jogja

agrowisata bhumi merapi
travelspromo.com

Di Yogyakarta memiliki banyak wisata kebun Binatang yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya ada Agro Wisata Bhumi Merapi. Kebun Binatang di Jogja yang satu ini menjadi tempat yang cukup hits dikalangan travelers dan juga cukup famous. Pasalnya, wisata ini menyediakan berbaai spot foto yang instagramable. 

Baca juga :  Pesona 7 Danau di Jogja dengan Keindahan Memikat

Agro wisata Bhumi Merapi ini memiliki banyak wahana wisata yang perlu dikunjungi seperti Mini Zoo yang di dalamnya terdapat banyak hewan unik serta langka. Setiap pengunjung dapat berinteraksi dengan hewan tersebut seperti memberi makan, dan berfoto. 

Menariknya lagi, di dalam Agro Wisata Bhumi Merapi memiliki banyak replica bangunan dari berbagai negara. Beberapa contoh replica tersebut seperti Alpen House Swiss, Santorini Yunani, Kastil Eropa, Baker Street London, dan Arab Strees Timur Tengah. Untuk info selangkapnya Simak berikut: 

Alamat: Jalan Kaliurang No.Km 20, Sawungan, Pakem, Sleman, Yogyakarta. 

Jam buka: Mulai buka dari jam 9 pagi sampai 5 sore WIB. 

Tiket Masuk: 30 ribu 

7. Kampung Satwa Kedung Banteng – Kebun Binatang di Jogja 

kampung satwa
kampungsatwa.com

Mengunjungi kebun Binatang tentunya cukup menarik, sebab kitab isa mengenal berbagai satwa unik dan langkap yang belum pernah di jumpai. Salah satu kebun Binatang di Jogja yang juga memiliki banyak koleksi yakni Kampung Satwa Kedung Banteng. Meskipun tidak sebesar Gembira Loka Zoo, tetapi kampung satwa ini tidak kalah menarik dan memiliki banyak koleksi satwa. 

Pengunjung dapat menemui berbagai hewan seperti kura-kura, musang, iguana, ular, burung hantu, dan masing banyak lagi. Menariknya, di kampung satwa kedung banteng tersedia pemandu atau bimbingan pawang, jadi tidak perlu takut untuk bisa berinteraksi langsung. 

Setiap pengunjung dapat menyentuh, memberi makan, hingga berfoto dengan berbagai satwa yang tersedia. Tentunya cukup menarik bukan? Jika tertarik mengunjungi kebun Binatang ini, maka bisa Simak yang berikut:

Alamat: Kedung Banteng, Sumberagug Moyudan, Sleman, Yogyakarta.

Jam buka: –

Tiket: –

source : https://www.youtube.com/@10bestid

Itulah tadi beberapa kebun Binatang di Jogja yang Recommended untuk dikunjungi. Mengunjungi kebun Binatang memiliki keseruan tersendiri dan bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih luas tentang hewan-hewan. Di beberapa tempat bahkan membuat kita bisa berinteraksi langsung dan lebih mengenal hewan langka dan unik. 



Leave a Reply