Inilah Panorama Menakjubkan dari 7 Air Terjun di Jambi


Fida  November 20, 2022  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya, kuliner, hingga destinasi wisata. Jambi merupakan salah satu daerah di mana kamu dapat menjumpai banyaknya pilihan wisata, salah satunya adalah wisata air terjun. Terdapat beberapa pilihan wisata air terjun di Jambi dengan ketinggian yang berbeda beda. Panorama alamnya yang menakjubkan juga menjadikan air terjun di Jambi berikut ini sangat menarik untuk kamu kunjungi. 

1. Air Terjun Sigerincing

air terjun sigerincing
tampatwisata.pro

Air Terjun Sigerincing menjadi salah satu tujuan wisata berupa air terjun di Jambi yang menarik untuk kamu datangi. Air terjun yang satu ini berlokasi di kawasan Desa Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi. Tidak hanya populer di kalangan masyarakat lokal, Air Terjun Sigerincing juga banyak didatangi wisatawan dari berbagai daerah. 

Perjalanan menuju ke lokasi air terjun yang cukup melelahkan akan terbayar lunas saat tiba di lokasi air terjun. Pengunjung akan disambut dengan suara aliran air terjun yang menenangkan. Selain itu, adanya tebing dan pepohonan yang rindang juga membuat suasana tampak semakin asri dan alami. 

Aliran air yang mengalir di Air Terjun Sigerincing berasal dari Sungai Siau yang berhulu di Gunung Masurai. Karena memiliki aliran air yang jernih, maka pengunjung dapat langsung mencoba untuk meminum air tanpa harus dimasak. Tidak hanya itu, kamu juga akan menjumpai banyaknya ikan kecil yang dapat dilihat jelas dari permukaan. Menarik sekali bukan? 

2. Air Terjun Renah Sungai Besar

air terjun renah sungai besar
jambi.tribunnews.com

Rekomendasi wisata air terjun di Jambi berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Renah Sungai Besar. Air terjun yang satu ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Kamu dapat mengunjungi Air Terjun Renah Sungai Besar di kawasan Renah Sungai Besar, Limbur Lubuk Mengkuang, Bungo, Jambi. 

Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Selama perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan banyaknya pepohonan di kanan kiri jalan serta suasana yang sejuk dan asri. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar saat tiba di lokasi air terjun. Aliran air yang deras dan jernih akan membuatmu betah selama berada di Air Terjun Renah Sungai Besar. 

Air Terjun Renah Sungai Besar memiliki ketinggian mencapai 30 meter. Bagi kamu yang ingin melepas penat sekaligus menenangkan diri, tidak ada salahnya jika kamu mengagendakan untuk datang ke Air Terjun Renah Sungai Besar. 

3. Air Terjun Pancaro Rayo

air terjun pancaro rayo
tempatwisata.pro

Ingin menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi tempat yang asri dan alami? Tidak ada salahnya jika kamu datang ke Air Terjun Pancaro Rayo. Air Terjun Pancaro Rayo merupakan salah satu destinasi wisata air terjun di Jambi yang berlokasi tidak jauh dari Gunung Kerinci, tepatnya berada di Desa Koto Tuo, Kecamatan Keliling Danau, Jambi. Lokasinya yang cukup tersembunyi menjadikan Air Terjun Pancaro Rayo belum banyak didatangi wisatawan sehingga pengunjung dapat merasakan suasana yang tenang dan damai. 

Akses jalan menuju ke lokasi air terjun terbilang cukup menantang untuk dilalui. Pastikan kamu memiliki kondisi tubuh yang fit sebelum memutuskan untuk datang ke Air Terjun Pancaro Rayo. Setelah lelah berjalan kaki, pengunjung akan disuguhkan dengan indahnya air yang mengalir dari ketinggian sekitar 150 meter. Aliran air yang mengalir dari celah tebing menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. 

Bagi kamu yang hobi berfoto, Air Terjun Pancaro Rayo menawarkan spot menarik dan instagramable. Destinasi wisata yang satu ini juga sangat cocok untuk dikunjungi bagi kamu yang ingin mencari ketenangan.

4. Air Terjun Talang Kemulun

air terjun talang kemulun
pesonaindonesia.kompas.com

Mengunjungi tempat wisata dengan suguhan panorama menakjubkan tentu menjadi salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu berlibur. Air Terjun Talang Kemulun menjadi salah satu destinasi wisata berupa air terjun di Jambi yang dikenal indah dan menakjubkan. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan adanya tebing berundak 12 yang dialiri dengan air yang jernih. 

Air Terjun Talang Kemulun dapat kamu kunjungi di kawasan Desa Talang Kemulun, Kecamatan Danau Kerinci, Jambi. Lokasinya yang cukup tersembunyi menjadikan kealamian dan keasrian wisata ini masih sangat terjaga. Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapak. Suasana yang sejuk dan segar menjadikan perjalanan menuju air terjun tidak terasa berat. 

Jernihnya air menjadikan pengunjung dapat bebas bermain hingga berenang di bawah air terjun. Indahnya destinasi wisata air terjun di Jambi ini tentu sayang untuk kamu lewatkan. 

5. Air Terjun Pendung Semurup

air terjun pendung semurup
jambiupdate.com

Air Terjun Pendung Semurup menawarkan indahnya aliran air yang mengalir dari ketinggian mencapai 16 meter. Salah satu destinasi wisata air terjun di Jambi ini menyuguhkan pemandangan yang sangat eksiotis dan dapat kamu datangi di Desa Pendung Mudik, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Jambi. 

Pengunjung dapat melihat langsung indahnya air yang mengalir di antara dua dinding batu besar. Pemandangan juga tampak semakin indah karena banyaknya tanaman dan pepohonan di sekitar air terjun. Wisatawan yang datang dapat merasakan suasana layaknya air terjun pribadi saat datang ke Air Terjun Pendung Semurup. 

Salah satu kegiatan menarik yang dapat kamu lakukan selama berada di Air Terjun Pendung Semurup adalah berenang. Air yang jernih dan segar tentu akan membuatmu betah selama berada di kawasan wisata ini. 

6. Air Terjun Renah Pametik

air terjun renah pametik
tempatwisata.pro

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin mengunjungi air terjun di Jambi, kamu dapat datang ke Air Terjun Renah Pametik. Sesuai dengan sebutannya, wisata air terjun ini dapat kamu datangi di kawasan Renah Pametik Lubuk Tabun, Kabupaten Kerinci, Jambi. Selain indahnya pemandangan air terjun, pengunjung juga dapat menikmati panorama serta suasana khas Gunung Kerinci. 

Dengan ketinggian mencapai 65 meter, indahnya aliran Air Terjun Renah Pametik mampu menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya. Pengunjung akan dibuat betah dengan pemandangan serta suasana sejuk dan asri yang ditawarkan. 

7. Air Terjun Parentak

air terjun parentak
tempatwisata.pro

Satu lagi rekomendasi air terjun di Jambi yang tidka boleh kamu lewatkan yakni Air Terjun Parentak. Air terjun yang satu ini berlokasi di kawasan Desa Bukit Parentak, Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin, Jambi. 

Tidak kalah indah dengan air terjun lainnya, Air Terjun Parentak juga menawarkan suasana yang asri dan alami. Pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan air terjun yang mengalir dari ketinggian sekitar 70 meter. Berfoto di antara bebatuan besar dan air yang mengalir menjadi salah satu pilihan tepat yang bisa kamu coba saat datang ke Air Terjun Parentak. 

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi wisata air terjun di Jambi yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Dari rekomendasi di atas, air terjun manakah yang tampak paling indah dan ingin kamu datangi? 



Leave a Reply