10 Tempat Wisata di Samarinda Rekomended Wajib Kesini Sekali Saja


Reni  August 30, 2018  0 Comment

Menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan juga teman-teman tentu akan menambah hari Anda menjadi senang dan semangat. Namun, untuk memilih tempat liburan yang seru tentu akan membuat Anda sedikit bingung. Oleh karena itu, untuk saat ini dalam memilih tempat liburan yang asik dan menarik Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Samarinda yang pastinya tidak akan membuat Anda kecewa. Berikut referensi Tempat Wisata di Samarinda

1. Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang

windriani.web.id

Tempat wisata di Samarinda yang pertama yaitu Desa Budaya Pampang. Dimana tempat yang satu ini Anda bisa mempelajari berbagai macam budaya setempat ketika Anda berkunjung kesini. Tak hanya itu saja, Desa Budaya Pampang ini dihuni oleh suku dayak kenyah dan membuat desa ini menjadi sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun wisatawan luar.

Selain itu, pada hari minggu biasanya tempat tersebut mengadakan sebuah pertunjukan seni yang diadakan langsung di gedung pertemuan desa dan Anda bisa melihatnya pada saat berada disini. Pertunjukan tersebut di adakan pada pukul 13.00 hingga 15.00, oleh karena itu, bagi Anda yang ingin melihat pertunjukan tersebut cobalah untuk datang pada setiap hari minggu.

Ada hal yang menarik ketika berada disini, dimana Anda akan melihat para warga desa tersebut menggunakan pakaian adatnya pada saat pertunjukan itu berlangsung. Disini Anda juga bisa menyewa beberapa pakaian adat untuk Anda gunakan serta Anda bisa mengabadikan sebuah moment tersebut dengan berfoto dengan latar belakang rumah adat dayak.

review kuliner

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Nongkrong Di Ruangtuju Coffee: Tempat Nongkrong Yang Bikin Betah

2. Telaga Permai Batu Besaung

Telaga Permai Batu Besaung

anekatempatwisata.com

Tempat selanjutnya yaitu Telaga Permai Batu Besaung. Dimana tempat wisata ini merupakan kawasan hijau yang dapat Anda kunjungi bersama teman-teman dan melalukan kegiatan seperti berkemah. Selain itu, tempat ini memiliki ketinggian tanah yang sangat bervariasi sehingga air yang mengalir dari sungai tersebut dapat berupa air terjun yang pendek.

Baca juga :  15 Air Terjun di Australia Dengan Keindahan Luar Biasa

Bagi Anda yang tertarik dengan Telaga Permai Batu Besaung tersebut Anda bisa menuju kawasan ini yang hanya berjarak sekitar 15 km dari arah pusat Kota Samarinda dan Anda juga bisa melakukan beberapa aktifitas disini yaitu seperti bermain air, berendam kaki dan juga berenang.

3. Pulau Kumala

Pulau Kumala

beritagar.id

Pulau kumala ini merupakan tempat wisata di Samarinda paling recommended yang dapat Anda pilih dan kunjungi ketika berada disini. Pulau tersebut terlihat seperti perahu yang terbalik dan berasal dari pengendapan lumpur sungai.

Selain itu, jika Anda berkunjung kesini Anda akan dapat menikamti beberapa wahana permainan yang ditawarkan oleh tempat tersebut seperti kereta gantung, kereta mini, komedi putar hingga sky tower yang tingginya sekitar 75 meter.

Nah, apabila Anda ingin menghabiskan malam di Pulau Kumala ini Anda juga bisa menyewa beberapa tempat penginapan seperti di DJS Resort dimana tempat tersebut juga menyediakan cottage dan juga kolam renang yang dapat Anda nikmati.

4. Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun Tanah Merah

chronokingdom.blogspot.com

Air Terjun Tanah Merah ini merupakan tempat wisata yang paling mudah diakses dengan menggunakan kendaraan umum dan pribadi. Air terjun tersebut memiliki tinggi sekitar 15 meter dan tempat ini tergolong sangat unik serta menarik sekali untuk dikunjungi. Mengapa demikian? Karena tempat wisata ini memiliki aliran air yang sangat jernih dan bersih.

Tak hanya itu saja, saat di bawah air Anda akan dapat melihat bahwa air tersebut akan berubah menjadi keruh seperti kemerahan. Hal seperti ini di sebabkan karena tanah yang ada di Air Terjun Tanah Merah tersebut memiliki jenis tanah yang gambut sehingga air di sini dapat menjadi keruh hingga kemerahan.

Bagi Anda yang tidak ingin mandi, Anda juga bisa sekedar untuk bersantai disini, karena di tempat ini juga disediakan gazebo sehingga Anda bisa bersantai dengan nyaman sambil menikmati keidahan alam di tempat wisata tersebut.

Baca juga :  9 Wisata Pantai di Pacitan Pemandangan Paling Indah

5. Kebun Raya Unmul Samarinda

Kebun Raya Unmul Samarinda

flickr.com

Tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 10 km saja dari arah pusat kota Samarinda. Untuk bisa masuk ke tempat ini Anda hanya perlu membayar sekitar Rp. 5.000 saja untuk per orangnya. Selain itu, jika Anda datang kesini Anda juga akan melihat sebuah danau yang sangat besar dan Anda bisa menelusuri danau tersebut dengan menggunakan sepeda air. Tak hanya itu saja, apabila Anda ingin melihat semua kawasan Kebun Raya Unmul Samarinda ini Anda juga bisa menaiki Andong.

Nah, Kebun Raya Unmul Samarinda ini juga memiliki sebuah kebun binatang yang mini serta museum kayu yang dapat Anda lihat dan nikmati ketika berada disini. Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan tempat wisata yang satu ini? jika iya, Anda bisa mengunjungi Kebun Raya Unmul Samarinda tersebut yang dibuka setiap hari pada pukul 09.00 hingga 16.00.

6. Kampung Tenun Samarinda

Kampung Tenun Samarinda

fauziah-fauziah.blogspot.com

Kampung Tenun Samarinda ini merupakan kampung yang dapat Anda kunjungi langsung jika Anda ingin melihat dan mengetahui bagaimana cara proses pembuatan kain tenun. Tak hanya itu saja, bagi Anda yang ingin membawa pulang oleh-oleh kain tenun khas Samarinda Anda bisa membelinya ketika berada di sini.

Proses untuk pembuatan kain tenun ini dapat dikatakan memerlukan waktu sekitar 3 hingga 7 hari sesuai dengan tingkat kesulitan motif yang dikerjakan, semakin sulit motif tersebut maka semakin lama waktu pengerjaan yan dibutuhkan.

7. Air Terjun Pinang Seribu

Air Terjun Pinang Seribu

wonderfulborneoku.blogspot.com

Air terjun selanjutnya yang berada di Samarinda yaitu Air Terjun Pinang Seribu. Dimana tempat wisata yang satu ini memiliki ciri khas yang unik dan manarik untuk dikunjungi serta dilihat. Namun, apa keunikan tersebut? Nah, Air terjun ini memiliki bentuk yang berupa seperti undakan anak tangga yang bisa Anda naiki ketika berada disini. Selain itu, Air yang mengalir di tempat tersebut juga tidak telalu deras sehingga sangat aman jika Anda bermain air disana.

Tempat wisata di Samarinda ini juga menyediakan beberapa fasilitas yang dapat Anda sewa dan naiki yaitu seperti sepeda air yang dapat Anda sewa seharga Rp. 15.000 saja serta berkeliling di danau buatan yang ada di kawasan tersebut. Selain itu Anda juga bisa memancing di kolam dengan sepuasnya dan hanya membayar sekitar Rp. 10.000 saja. Untuk tiket masuk ke Air Terjun Pinang Seribu ini Anda dapat membayar sekitar Rp. 5.000 untuk per orangnya.

Baca juga :  Pemandangan Air Terjun Gitgit + Rute Lokasi

8. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda

youtube.com/watch?v=i7hMJ0i6554

Nah, yang terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan juga yaitu Masjid Islamic Center Samarinda. Dimana masjid ini dibangun pada tahun 2001 dan telah diresmikan tahun 2008 lalu. Masjid ini memiliki menara dengan tinggi 99 meter dan disesuaikan dengan asmaul husna.

Tak hanya itu saja, masjid ini juga memilii 6 menara lainnya dimana 6 menara tersebut ukuran lebih pendek dibandingkan dengan menara utama sebelumnya dan menara ini juga melambangkan rukun iman.

Selain itu, anak tangga yang terdapat di Masjid Islamic Center Samarinda ini memiliki jumlah 33 buah yang jumlahnya sama dengan butiran yang ada di Tasbih. Oleh karena bagi Anda yang sedang berada di Kota Samarinda jangan lupa untuk mampir ke Masjid Islamic Center Samarinda tersebut untuk melaksanakan ibadah shalat.

9. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah

langkawi-info.com

Pulau tersebut terletak di Bontang dan memakan waktu perjalanan sekitar 3 jam apabila dari arah Samarinda. Namun, dengan jarak tempuh selama itu Anda tidak akan menyesal dan kecewa karena memang Pulau Beras Basah ini memiliki panorama keindagan yang sangat keren dan menarik sehingga Anda akan di buat takjub olehnya.

Selain itu, Anda juga akan melihat pemandangan yang eksotis dan pasir yang dimiliki pulau tersebut yaitu berwarna putih serta memiliki air yang sangat jernih sehingga menambah keindahan dari Pulau Beras Basah tersebut.

10. Taman Rekreasi Lembah Hijau

wisata terdekat

ruangbaca.online

Taman Rekreasi Lembah Hijau ini menjadi salah satu tempat wisata di Samarinda yang tidak boleh Anda lewatkan. Dimana tempat yang satu ini menawarkan berbagai macam permainan seperti arena bermain anak, flying fox, kolam memancing, kolam renang, camping ground, gazebo hingga replika hutan.

Untuk memasuki tempat wisata ini Anda harus membayar tiket masuk sekitar Rp. 5.000 untuk per orangnya sedangkan bagi Anda yang ingin mencoba permainan seperti Outbound Anda bisa membayar tiket dengan harga Rp. 180.000 per orangnya.

Nah, diatas ada beberapa informasi mengenai tempat wisata di Samarinda yang paling recommended yang dapat Anda kunjungi selama berada di Kota Samarinda. Semoga menyenangkan!



Leave a Reply