Rekomendasi 9 Pantai di Solo yang Cocok Untuk Tujuan Wisata!


Rio Handika  June 18, 2023  0 Comment

Indonesia menyimpan berbagai macam tempat wisata menarik yang sayang jika diabaikan begitu saja. Wisata alam menjadi salah satu jenis objek wisata yang banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat. Bagi Anda yang suka dengan pemandangan menawan dari pantai, bisa coba mengunjungi daerah Solo. Kebanyakan pantai di Solo menyimpan pemandangan menawan. Anda bisa melihat rekomendasi pantai-pantai yang ada di daerah Solo berikut. Agar Anda bisa menimbang-nimbang dengan pasti, mana yang sesuai dengan selera dan cocok untuk dimasukkan dalam list tujuan berlibur. Simaklah dengan seksama ulasannya berikut!

Pantai di Solo :

1. Wisata Liburan Pantai Nampu

pantai nampu
inews.id

Pantai pertama yang masuk dalam rekomendasi pantai di Solo adalah Pantai Nampu. Pantai ini sebenarnya berlokasi di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Sebuah pantai yang menyuguhkan keindahan eksotis dari alam. Anda hanya butuh waktu sekitar dua jam saja untuk mencapainya dari Kota Wonogiri.

Perjalanan panjang yang ditempuh tentu saja akan terbayar lunas dengan pemandangan yang disuguhkan. Hamparan pasir putih yang indah dan bersih, dipadukan dengan deburan ombak laut yang menawan membuat pemandangan tampak lebih menakjubkan. Anda sudah pasti akan terhipnotis dan merasa ingin bermain air di sisi pantai.

Pasirnya yang tampak begitu bersih pun membuat rasa senang memuncak hingga rasanya ingin bermain pasir sepanjang hari. Rasa lelah yang sudah menumpuk dan menggunung dalam diri pun akan lunas terhempas setelah datang ke pantai ini. Untuk menikmati keindahan yang disuguhkan, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp2.000 dan Rp2.000 pula untuk parkir kendaraan.

2. Pantai Menganti

pantai menganti
regional.kompas.com

Rekomendasi wisata pantai di Solo selanjutnya adalah Pantai Menganti. Pantai ini terletak di Kabupaten Kebumen. Pemandangan tebing hijau dengan lanskap samudera sejauh mata memandang akan Anda dapatkan sebagai daya tarik utama dari pantai ini. Anda bisa melihat keindahan ombak besar yang menggulung-gulung dari kejauhan.

Keindahan ombak tersebut akan tampak lebih menawan ketika terhempas menghantam karang yang ada di tepi-tepian pantai. Bukan hanya pemandangan alam yang menakjubkan saja, di sini Anda bisa menikmati kesejukan alam yang ditemani jajaran pohon kelapa nan rindang. Kenikmatan sempurna akan lebih terasa ketika Anda menyaksikan lautan biru sambil minum air kelapa yang begitu segar. Jika Anda ingin berlama-lama di pantai ini, tentu saja sangat bisa. Ada banyak sekali penginapan yang tersedia di sekitarnya. Suasana sunyi dengan nuansa eksotis dibangun sebagai konsep dari penginapan yang ada. Sehingga Anda bisa tetap merasakan kesunyian pantai dan keindahan alamnya meski dari area penginapan.

Baca juga :  Suka jalan Kaki? Kamu Wajib Ikutin 10 Walking Tour Terbaik di Dunia

3. Pantai Dadapan

pantai dadapan
pantainesia.com

Sama seperti pantai sebelumnya, masih berada di daerah Kabupaten Wonogiri. Pantai Dadapan adalah pantai yang menyuguhkan kecantikan alam khas dari lautan Wonogiri. Kebersihannya yang selalu terjaga dari waktu ke waktu menjadi ciri khas dari pantai di Solo yang satu ini.

Pasirnya yang menghampar dengan warna putih berpadu dengan birunya lautan yang begitu luas membuat pantai ini tampak begitu sempurna. Bak lukisan indah yang ada di dunia nyata. Pantai Dadapan ini bahkan memiliki nama sebutan yang begitu unik dan bermakna. Sekeping surga adalah nama yang digunakan untuk menyebutkan pantai ini.

Untuk memasuki pantai yang beralamat di Pendowo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini, Anda hanya perlu menggocek Rp5.000 untuk satu tiket masuk. Dengan harga tersebut, sudah pasti Anda tak akan merasa rugi dengan suguhan pemandangannya yang begitu menakjubkan.

Bebatuan yang berjajar rapi di sekeliling pantai sangat cocok untuk dijadikan tempat beristirahat setelah lelah bermain air dan pasir. Anda juga bisa memasang tikar piknik sederhana di bawah pohon kelapa rindang untuk beristirahat dengan tenang.

4. Pantai Pecaron

pantai pecaron
genjosholiday.com

Pantai Pecaron adalah satu dari banyaknya pantai di Solo yang juga sayang jika tidak Anda kunjungi. Pantai ini beralamat di Desa Srati, Kecamatan Ayah, yang berada di daerah Kabupaten Kebumen. Memang bukan tepat berada di wilayah Solo, tapi lokasinya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan cepat. Meski tidak mudah, karena Anda harus melalui jalanan terjal yang cukup panjang.

Kendaraan dengan stamina tinggi amat diperlukan untuk menjangkau Pantai Pecaron. Tapi tenang, pesona alam yang tersimpan tentu saja akan membayar lunas rasa lelah dan was-was Anda selama perjalanan. Anda akan menemukan pemandangan laut dan hamparan pasir di pantai yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi serta banyak sekali pohon kelapa.

Pohon tersebut akan membantu kesejukan alam pantai yang ada. Rasa sejuk dengan angin sepoi-sepoi yang segar mampu memberikan terapi otak. Sehingga pikiran menjadi lebih tenang, hati dan tubuh pun menjadi lebih rileks. Untuk memasukinya diperlukan uang sebesar Rp2.500 saja untuk tiket masuk. Dan sebesar Rp2.000 untuk biaya parkirnya. Terjangkau bukan?

5. Pantai Bandengan

pantai bandengan
piknikwisata.com

Di Desa Bandengan , Kecamatan Jepara terdapat sebuah pantai bernama Bandengan. Pantai ini merupakan salah satu wisata pantai di Solo yang menjadi daftar utama dalam tujuan wisata banyak orang. Rutenya mudah dan bisa dicapai menggunakan kendaraan umum, bukan kendaraan pribadi. Bus travel adalah salah satu dari kendaraan umum yang rutenya langsung menuju pantai ini.

Baca juga :  10 Pantai Di Rembang yang Recommended dan Hits 2023 

Sehingga Anda tidak butuh waktu panjang untuk mencapainya. Di Pantai Bandengan ini Anda bisa melakukan banyak sekali permainan air. Seperti jet sky, wave house, hingga banana boat, dan masih banyak jenis permainan air lainnya. Permainan pantai lain, seperti membuat istana pasir, hingga voli pantai dan masih banyak aktivitas lainnya pun akan sangat menarik jika dilakukan di pantai ini.

Anda pun bisa bersantai di pinggiran pantai dengan menikmati keindahan laut biru yang menawan dengan hamparan pasir yang menenangkan. Hati dan pikiran yang lelah setelah bekerja seharian pun akan terbayar dan terhempas sendirinya.

6. Pantai Sembukan

pantai sembukan
azwisata.com

Pantai di Solo Jawa Tengah dalam daftar selanjutnya adalah Pantai Sembukan. Ombak di pantai ini sangatlah kuat  dan ganas. Bagi Anda yang sangat menyukai hal-hal pemacu adrenalin bisa langsung menjadikan Pantai Sembukan sebagai tujuan utama berlibur. Ombak yang bergerak dan menggulung keras akan Anda temui dari saat kaki menginjak bibir pantai.

Tak hanya itu, di pantai ini juga terdapat rumor mengenai kisah mistis Nyi Roro Kidul. Umumnya Pantai Sembukan merupakan pintu masuk menuju Kerajaan dari Ratu Laut Kidul tersebut. Diluar kisah tersebut, ada yang tak kalah menarik dari pantai ini. Keindahan pemandangannya yang asri dan alami adalah hal menarik tersebut.

Dengan tiket masuk seharga Rp5.000 saja, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam pantai di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri ini dengan sempurna. Ganasnya ombak yang berpadu dengan batuan karang di sisinya yang lengkap dengan aksesoris alam pantai pada umumnya dijamin akan membuat Anda merasakan syukur yang berlimpah.

Bukan hanya pemandangan alamnya, di Pantai Sembukan ini juga sering diadakan atraksi wayang dari warga lokal. Keanekaragaman budaya setempat tentu tampak begitu sempurna saat bersatu dengan keindahan alam asli Indonesia. Jangan sampai kelewatan ya, untuk menjadikan pantai ini sebagai tujuan utama!

7. Pantai Bopong Puring

pantai bopong puring
indonesiatraveler.id

Rekomendasi pantai di Solo selanjutnya yang cocok untuk dijajal masuk daftar liburan adalah Pantai Bopong Puring. Beda dengan pantai-pantai sebelumnya, Pantai Bopong Puring menyuguhkan pemandangan indah dari dataran rendah yang berbentuk laguna. Jika Anda mengamati pantai ini dari kejauhan, sudah pasti terlihat jelas akan bentuk daratannya yang unik.

Anda akan menemukan air laut yang berjalan masuk ke sela-sela daratan di pantai ini. Air pun akan tergenang dan lambat waktu mulai menghilang. Laguna yang membentuk layaknya kelokan dari daratan yang bercelah ini tentu saja dengan mudah akan menggantikan keindahan hamparan pasir putih yang umumnya ada di banyak pantai lain.

Baca juga :  Indahnya 5 Wisata Pantai di Galesong, Makassar yang Wajib Dikunjungi

Anda bisa memanfaatkan laguna ini untuk berenang dengan suasana yang tenang. Rasa khawatir yang berlebih tidak perlu lagi disimpan. Anda hanya perlu menghempasnya jauh-jauh jika memutuskan berenang di laguna ini. Kurang tertarik jika tidak langsung terjun ke laut lepas untuk bermain air? Tenang saja, Anda bisa juga melakukan banyak permainan air di Pantai Bopong Puring. Pantai ini juga cocok sekali untuk berwisata sambil memacu adrenalin diri. Berbagai permainan air bisa Anda lakukan dengan sempurna saat menjadikan Pantai Bopong Puring sebagai tujuan wisata.

8. Pantai Banyutowo

pantai banyutowo
seringjalan.com

Pantai Banyutowo juga merupakan pantai di Solo yang menyuguhkan pemandangan unik. Anda akan bertemu dengan pantai yang tampak tandus, beda dengan pantai-pantai pada umumnya. Pemandangan ini bukan disebabkan perawatannya. Tapi dikarenakan adanya bukit karang yang mengelilingi pantai dengan eksistensi tumbuhan dalam jumlah minim.

Bebatuan karang tampak berwarna coklat kehitaman khas dengan kesan klasik tapi sangat menarik dan menawan untuk dipandang. Tebing karang yang disebut sebelumnya mengapit kedua sisi pantai, sehingga air di tengah-tengahnya tampak bak air dalam kolam renang. Hanya saja kolamnya jauh lebih alami dan tidak menyimpan sedikitpun nuansa modern.

Tapi ingat, sisi yang langsung terhubung dengan lautan lepas tentu saja memiliki ombak ganas yang menerjang dengan kencang. Oh ya, ada hal unik yang perlu Anda tahu, bahwa rasa lengket seperti setelah bermain di pantai pada umumnya tidak akan terasa di pantai ini. Makanya namanya disebut dengan Banyutowo, karena rasa air garamnya tidak melekat di permukaan kulit tubuh.

9. Pantai Sadranan

pantai sadranan
pantainesia.com

Di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul terdapat sebuah pantai dengan pemandangan romantis. Pantai Sadranan adalah pantai yang cocok dikunjungi bukan hanya di saat langit terang, tapi juga saat langit sudah tampak gelap. Pemandangan romantis tersebut tidak hanya bisa Anda nikmati dengan duduk bersantai.

Anda juga bisa merasakannya dengan snorkeling sambil menikmati pemandangan bawah laut yang begitu menawan. Salah satu pantai dalam daftar pantai di Solo ini memang menyuguhkan keindahan bawah laut yang sayang untuk ditinggalkan. Bahkan pantai ini sudah menjadi tujuan utama dari banyaknya orang yang ingin menikmati keindahan laut sambil snorkeling. Menarik bukan?

souce : https://www.youtube.com/@RepublikWisata

Nah, dari ulasan rekomendasi 9 daftar pantai di Solo ini, Anda mulai merasa ingin mengunjungi salah satu atau bahkan semuanya bukan? Wisata pantai memang pilihan tepat bagi setiap orang yang ingin menikmati liburan berharga dengan budget terjangkau. tunggu apa lagi, segera pastikan pilihanmu dan buatlah keputusan liburan yang tepat. Jangan lupa pilih salah satu pantai dalam rekomendasi.



Leave a Reply