10 Pantai di Pesawaran Suguhkan Panorama Menakjubkan


Fida  November 8, 2023  0 Comment

Pesawaran merupakan sebutan bagi salah satu kawasan yang terletak di Provinsi Lampung. Indahnya pemandangan alam yang disuguhkan menjadikan Pesawaran banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Eksotisnya pantai di Pesawaran juga berhasil menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Penasaran? Berikut daftarnya.

10 Pantai di Pesawaran :

1. Pantai Batu Mandi

pantai batu mandi
lampung.tribunnews.com

Pantai Batu Mandi, yang juga dikenal dengan nama Bensam atau Benteng Samudra, adalah salah satu tambahan terbaru dalam daftar pantai-pantai eksotis di Pesawaran. Pantai ini menyuguhkan pengalaman yang nyaman dan lengkap untuk para pengunjung. Pasir putih yang agak kecokelatan di sepanjang pantai ini memberikan tampilan yang menawan. Meskipun ombaknya cenderung tenang dengan beberapa gelegar, kadang-kadang ada pula ombak yang cukup besar. Namun, pantai ini umumnya aman untuk berenang, dan anak-anak dapat bermain air di tepian pantai dengan aman. Selain itu, fasilitas umum seperti kamar mandi dan toilet tersedia dengan kebersihan yang terjaga.

Salah satu hal yang menarik dari Pantai Batu Mandi adalah kehadiran pepohonan di sepanjang tepi pantai, menciptakan lingkungan yang teduh dan asri. Pohon-pohon ini memberikan rasa sejuk dan memberikan perlindungan dari sinar matahari. Pengunjung juga memiliki opsi untuk menyewa gubuk pondokan seharga Rp35.000 per unit, yang menyediakan tempat beristirahat yang nyaman.

Pantai ini juga menawarkan berbagai fasilitas lainnya, termasuk cottage untuk penginapan, kafe, warung makan, dan spot-spot fotogenik yang memanjakan pecinta fotografi. Meskipun Pantai Batu Mandi mungkin tidak memiliki pemandangan pantai yang paling estetik, namun suasana yang ramah bagi keluarga membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk liburan bersama seluruh keluarga.

Oleh karena itu, Pantai Batu Mandi adalah tempat yang ideal untuk rekreasi bersama keluarga atau mengadakan acara family gathering, baik dari kantor maupun dari komunitas. Pantai ini juga dapat disewakan untuk berbagai jenis acara, menambah fleksibilitas sebagai destinasi liburan yang menarik. Pantai Batu Mandi masih mempertahankan kealamian dan relatif kurang ramai dibandingkan dengan beberapa pantai populer lainnya. Namun, untuk pengalaman yang nyaman, lingkungan yang bersahabat, dan beragam fasilitas yang tersedia, Pantai Batu Mandi adalah destinasi yang patut dipertimbangkan.

2. Pulau Mahitam – Pantai di Pesawaran

pulau maitem
nativeindonesia.com

Pulau Maitem, yang juga sering disebut sebagai Pulau Mahitam, adalah destinasi eksotis yang harus dikunjungi di Pesawaran. Untuk mencapai indahnya pantai di Pesawaran berikut ini, kamu perlu menuju Pantai Ketapang terlebih dahulu. Dari Dermaga Ketapang, perjalanan menuju Pulau Mahitam dapat ditempuh dengan menaiki perahu bermotor dengan biaya sekitar Rp16.000 per orang, yang mencakup perjalanan pulang-pergi.

Salah satu hal unik tentang Pulau Mahitam adalah bahwa jika kamu beruntung dan berkunjung saat air laut sedang surut, kamu dapat berjalan kaki ke pulau tersebut. Jarak dari Ketapang ke Pulau Mahitam hanya sekitar lima menit berjalan kaki saat air laut surut.

Selain keindahan pantainya, Pulau Mahitam juga menawarkan pemandangan bawah laut yang memukau. Air laut di sini sangat jernih dengan nuansa warna biru kehijauan yang menakjubkan, dan terumbu karang serta berbagai biota laut yang indah dapat dilihat dengan jelas. Aktivitas berenang dan snorkeling sangat populer di sini, dan pengunjung juga memiliki kesempatan untuk menjelajahi keindahan bawah laut.

Pulau Mahitam juga memiliki mercusuar yang menjulang tinggi. Wisatawan sering mendaki ke puncak mercusuar untuk menikmati panorama alam dari ketinggian. Pantai pulau ini memiliki pasir putih yang lembut dan luas. Namun, disarankan untuk menghindari kunjungan saat pasang besar atau purnama karena air laut dapat mencapai taman pulau. Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah saat surut, biasanya di pagi hari sekitar pukul 6-7 pagi atau sore hari sekitar pukul 4-5 sore. Pulau Mahitam adalah salah satu destinasi terbaik di Pesawaran. Selain menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, pulau ini masih relatif sepi dari keramaian pengunjung, menjadikannya tempat yang sempurna untuk berlibur dengan keluarga atau teman-teman.

Baca juga :  13 Wisata di Pariaman dengan Pemandangan Indah bikin takjub!

3. Pulau Tangkil

pulau tangkil
idntimes.com

Pulau Tangkil merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Pesawaran, Lampung. Untuk mencapai pulau sekaligus indahnya pantai di Pesawaran ini, perjalanan dimulai dari Pelabuhan Mutun. Kamu akan naik kapal yang dapat mengangkut 10-12 orang dengan biaya sekitar Rp200.000 hingga Rp250.000 per kapal, termasuk perjalanan pulang-pergi.

Saat tiba di Pulau Tangkil, kamu akan dikenai biaya masuk sebesar Rp10.000. Di pulau ini, terdapat fasilitas rumah makan dan warung yang menyajikan berbagai makanan seperti pop mie, rujak, dan camilan. Selain itu, tersedia fasilitas toilet dan musala bagi pengunjung yang membutuhkannya.

Pulau Tangkil menawarkan pantai dengan pasir putih yang sedikit berwarna kecokelatan, air laut yang jernih dengan ombak yang tenang. Pantai ini sangat cocok untuk berenang, terutama untuk anak-anak dan keluarga. Saat cuaca cerah, langit biru dengan awan putih yang indah menjadi latar belakang yang memukau. Pulau ini memiliki garis pantai yang cukup panjang, dan secara keseluruhan, pantai di sini cukup bersih dan terawat. Meskipun demikian, beberapa area mungkin memerlukan perawatan lebih lanjut untuk menjaga kebersihannya.

Pulau Tangkil juga menawarkan berbagai aktivitas seru, seperti naik banana boat di area sekitar dermaga yang memiliki ombak kecil dan pantainya yang lebih bersih. Biaya sewa banana boat adalah sekitar Rp150.000 untuk 6 orang. Selain itu, kamu juga bisa menyewa tikar seharga Rp20.000 hingga Rp30.000 atau saung seharga Rp75.000. Fasilitas mandi juga tersedia dengan biaya sekitar Rp2.000.

Pulau Tangkil bisa cukup ramai saat liburan, terutama pada akhir pekan. Jika kamu ingin menikmati suasana yang lebih tenang, sebaiknya kunjungi pulau ini saat hari kerja. Pulau Tangkil adalah destinasi yang sempurna untuk berlibur bersama keluarga, teman-teman, atau pasangan.

4. Pulau Kelagian Lunik – Pantai di Pesawaran

pulau kelagian lunik
regional.kompas.com

Pulau Kelagian Lunik adalah sebuah surga tersembunyi yang sangat menakjubkan di Pesawaran. Keindahan alamnya mampu memukau setiap pengunjung dan mengingatkan mereka pada pesona Bali dan Lombok. Namun, perjalanan ke pulau ini memerlukan sedikit perencanaan ekstra dibandingkan dengan kunjungan ke pantai-pantai lainnya.

Untuk mencapai Pulau Kelagian Lunik, kamu harus menyeberang dari Pelabuhan Ketapang. Untuk menaiki kapal menuju pulau ini, kamu perlu membayar biaya masuk sebesar Rp30.000 per orang. Selain itu, terdapat biaya sewa perahu sekali jalan yang mencapai Rp350.000 untuk kelompok hingga 6 orang. Perjalanan menuju pulau ini dimulai dengan berangkat dari Bandar Lampung menuju Pelabuhan Ketapang, yang memakan waktu sekitar 50 menit. Setelah tiba di Pelabuhan Ketapang, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kapal menuju Pulau Kelagian Lunik, yang berlangsung sekitar 20 menit. 

Setibanya di pulau ini,tentu saja pengunjung akan langsung disuguhkan dengan panorama pulau yang memukau. Pasir pantai yang berwarna putih lembut berpadu harmonis dengan air laut biru kehijauan yang sejernih kristal. Ombak yang tenang mengelilingi pulau, menciptakan suasana yang damai dan nyaman. Di bawah permukaan air, terlihat berbagai biota laut yang menambah pesona pantai ini, menjadikannya destinasi yang sempurna untuk snorkeling.

Pulau Kelagian Lunik juga memiliki hutan mangrove yang tumbuh di sepanjang pantainya, yang memberikan sentuhan alam yang eksotis dan sekaligus menjadi daya tariknya. Selain itu, pantai ini juga memiliki sisi yang ditutupi oleh batu karang, menambah keragaman pemandangan.

Fasilitas yang tersedia di pulau ini cukup memadai, termasuk warung tempat kamu dapat bersantai sambil menikmati makanan lezat dan secangkir kopi yang menyegarkan. Pulau Kelagian Lunik juga menjadi pilihan yang populer untuk liburan bersama teman-teman. Namun, tidak ada alasan untuk tidak membawa keluarga dan orang yang kamu cintai untuk menikmati pesona pulau ini bersama-sama. Pulau Kelagian Lunik adalah surga yang tak terlupakan di Pesawaran yang layak dikunjungi.

5. Pantai Dewi Mandapa Pesawaran

pantai dewi mandapa
an-nur.ac.id

Pantai Dewi Mandapa Pesawaran adalah destinasi alam yang masih alami dan menawarkan pemandangan yang memukau. Saat kamu mengunjungi pantai ini, kamu akan merasakan kesejukan alam yang masih asri dan alami. Namun, perlu diingat bahwa selain tiket masuk, ada juga biaya parkir yang perlu diperhatikan.

Baca juga :  9 Wisata Pantai di Lampung Favorit Para Wisatawan

Untuk tiket masuk, pada hari biasa, kamu akan dikenakan biaya parkir sekitar Rp10.000 per motor dan Rp30.000 per mobil. Sementara pada akhir pekan, tarifnya sedikit lebih tinggi, yaitu sekitar Rp15.000 per motor dan Rp50.000 per mobil.

Setelah memarkir kendaraan, kamu akan dapat menikmati pesona Pantai Dewi Mandapa. Pantai ini memiliki keunikan dengan adanya hutan mangrove yang tumbuh di sekitarnya, menciptakan lanskap yang menarik dan menambah kesan alami. Pasir pantainya memiliki warna putih yang sedikit bercampur dengan nuansa hitam kecokelatan, menciptakan tampilan yang kontras dan menarik. Air laut di Pantai Dewi Mandapa cenderung tenang, dengan ombak yang hampir tidak ada. Pantai ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit di seberangnya, menambah keragaman pemandangan alam. Untuk lebih menikmati pantai ini, kamu bisa menyewa pendopo dengan tarif sekitar Rp50.000. Fasilitas umum seperti toilet dan area parkir juga tersedia di pantai ini.

Salah satu kegiatan favorit yang bisa kamu nikmati di Pantai Dewi Mandapa adalah mencari kerang saat air surut. Selain itu, pantai ini juga menyediakan beragam pemandangan menarik yang sempurna untuk diabadikan dalam foto-foto kenangan. Pantai Dewi Mandapa juga cocok untuk mereka yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang masih alami. Meskipun fasilitas umum mungkin belum sepenuhnya memadai, pantai ini tetap menawarkan pengalaman liburan yang menarik. Jadi, jika kamu berencana mengunjungi pantai ini, kamu dapat mengajak pasangan atau teman-teman untuk menjadikan perjalanan lebih seru dan berkesan. 

6. Pantai Sari Ringgung

pantai sari ringgung
travel.detik.com

Pantai Sari Ringgung merupakan salah satu pantai di Pesawaran dengan pemandangan eksotis dan menawan. Keindahan pantai ini tergambar melalui pasir putih yang lembut serta sebagian tepian pantainya yang tersusun dari batuan alami. Keunikan lainnya adalah warna air laut yang sangat jernih dengan nuansa hijau kebiruan yang memikat, di mana terumbu karang dapat terlihat jelas di dasar laut. Namun, keindahan alamnya bukan satu-satunya daya tarik.

Pantai ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk pondok gazebo yang dapat disewa sepanjang garis pantai. Di sini, kamu bisa menikmati beragam aktivitas olahraga air yang menarik, mulai dari naik kano, banana boat, hingga speed boat. Bahkan, terdapat waterboom tengah laut yang menambah keseruan liburanmu.

Daya tarik unik lainnya adalah masjid terapung Al Aminah, yang dapat menjadi destinasi wisata religi. Meskipun mungkin terdengar tidak biasa, masjid ini dirancang untuk dapat bergerak mengikuti arah gelombang laut, yang merupakan hal biasa di pantai ini.

Tidak hanya itu, pantai ini juga memiliki bukit Puncak Indah yang menghadirkan pemandangan Pantai Sari Ringgung dari ketinggian. Walau bukit ini cukup tinggi, namun tersedia tangga untuk memudahkan pengunjung yang ingin menikmati pemandangan dari ketinggian. Dengan demikian, Pantai Sari Ringgung memungkinkan kamu untuk menikmati keindahan pesisir dan pemandangan perbukitan sekaligus.

Keindahan Pantai Sari Ringgung membuatnya menjadi destinasi yang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Namun, tidak ada alasan untuk tidak membawa pasangan, teman-teman, atau rombongan wisata lainnya untuk menjelajahi pesona pantai ini.

7. Pantai Mutun – Pantai di Pesawaran

pantai mutun
investor.id

Pantai Mutun adalah pantai di Pesawaran yang menawarkan fasilitas lengkap dan nyaman bagi pengunjung. Bahkan, dekat pintu masuk pantai ini, terdapat tempat vaksinasi yang menunjukkan perhatian serius terhadap kesejahteraan pengunjung. Pantai ini menampilkan pasir putih yang lembut dan air laut yang begitu jernih.

Air laut di Pantai Mutun memiliki warna biru kehijauan yang memukau dan memungkinkanmu melihat dasar laut yang indah. Ombak di pantai ini juga sangat tenang, menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi pengunjung. Terdapat banyak fasilitas yang tersedia di pantai ini.

Pengunjung dapat menyewa berbagai jenis pondok atau gazebo, mulai dari yang biasa hingga yang lebih besar dan bertingkat. Dengan latar belakang pemandangan yang indah, pantai ini seringkali ramai oleh wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam.

Garis pantai Pantai Mutun dipenuhi dengan berbagai gazebo yang tersusun rapi. Ada juga tikar yang dapat disewa, cocok untuk pengunjung yang ingin duduk-duduk santai di pasir pantai. Selain itu, terdapat penyewaan ban untuk pengunjung dewasa dan anak-anak, serta ban bebek berwarna kuning yang sangat disukai oleh anak-anak.

Baca juga :  Siap Siap Tersesat di 7 Taman Labirin Terbesar di Dunia

Semua fasilitas ini tersedia di sepanjang pantai, menawarkan kenyamanan bagi pengunjung. Pengunjung yang merasa bosan di daratan dapat menyewa perahu atau kapal untuk menjelajahi pulau-pulau terdekat seperti Pulau Tangkil, Pulau Tegal Mas, Pulau Mahitam, dan Pulau Pahawang. Keempat pulau ini memiliki pesona eksotis yang tidak boleh dilewatkan.

Tidak perlu khawatir tentang fasilitas umum di Pantai Mutun, karena tersedia lahan parkir, toilet, musala, banyak warung yang menyajikan makanan lezat, serta toko oleh-oleh dan suvenir. Pantai Mutun adalah destinasi liburan yang ideal untuk keluarga, rombongan wisata, teman-teman, atau pasangan yang mencari pengalaman pantai yang lengkap dan nyaman.

8. Pantai Klara Lampung

pantai klara
radarmukomuko.disway.id

Pantai Klara Lampung memiliki pesona yang sangat khusus dan menjadi salah satu tujuan favorit di Lampung. Pantai ini menghadirkan pasir putih lembut yang dipadukan dengan air laut yang sangat jernih dan tenang. Warna air laut yang cenderung tosca membuat suasana pantai terasa damai, dengan ombak yang hampir tidak terasa.

Di kejauhan, kamu dapat melihat perbukitan yang kadang-kadang tertutup awan dan kabut, menambah nuansa alam yang menawan. Di sepanjang pinggir pantai, terdapat pasir putih yang nyaman dihiasi oleh pepohonan kelapa yang hijau dan rindang. Pantai ini juga memiliki dermaga kayu yang memberikan warna-warni eksotis dan menjorok sedikit ke tengah laut.

Pantai Klara Lampung menawarkan air laut yang begitu tenang sehingga sangat cocok untuk berenang, terutama bagi mereka yang tidak terlalu nyaman dengan ombak yang besar. Kamu juga dapat mencoba aktivitas seperti naik kano atau perahu yang sering menjadi favorit para wisatawan. Pantai ini juga dikenal karena dermaga yang menawarkan spot-spot foto yang menarik.

Pantai Klara Lampung menyediakan gazebo di sepanjang garis pantai, dan beberapa di antaranya dicat dengan warna-warni yang menarik, menciptakan tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati pemandangan. Saat matahari mulai meredup dan langit berubah warna, awan putih sering terlihat dengan jelas di langit.

9. Pantai Ketapang Bahari

pantai ketapang bahari
tribunnewswiki.com

Pantai Ketapang Bahari adalah sebuah destinasi pantai yang menonjol dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang sangat jernih. Karakteristik ombak yang tenang di pantai ini menjadikannya tempat yang aman untuk berenang, terutama bagi anak-anak.

Selain tiket masuk, terdapat juga biaya parkir yang cukup terjangkau, dengan tarif sekitar Rp5.000 untuk motor dan Rp50.000 untuk mobil. Di pantai ini, kamu dapat menyewa pondok dengan harga sekitar Rp35.000. Pantai Ketapang Bahari juga menyediakan fasilitas bilasan untuk kenyamanan pengunjung. Untuk penggemar makanan laut, pantai ini juga dekat dengan tempat pelelangan ikan.

Meskipun ombak di pantai ini sangat tenang, tidak semua pengunjung merasa nyaman untuk berenang. Beberapa pengunjung lebih suka menceburkan kaki ke dalam air atau menikmati aktivitas lain seperti bersantai di tepi pantai atau berfoto-foto. Perlu diperhatikan bahwa air laut di pantai ini dapat terkadang tidak begitu jernih, terutama saat berdekatan dengan tempat pelelangan ikan.

Pantai Ketapang Bahari memiliki pemandangan yang menarik, termasuk bukit karang yang memperkaya karakteristik pantai dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Lampung. Berbagai gazebo juga tersedia di sepanjang garis pantai, menciptakan tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati pemandangan alam.

Pantai Ketapang Bahari juga menyediakan fasilitas lainnya seperti lahan parkir, toilet, musala, warung makanan yang menjual makanan lezat, serta toko oleh-oleh dan suvenir. Pantai ini cocok untuk perjalanan liburan bersama keluarga, teman-teman, atau pasangan, dan menyajikan pengalaman yang memadai untuk bersantai dan menikmati keindahan pantai yang khas.

10. Pantai Queen Artha

pantai queen artha
m.tribunnews.com

Pantai Queen Artha menawarkan suasana yang menyenangkan dan cocok untuk liburan yang ekonomis. Pantai ini memiliki pasir berwarna cokelat yang lembut. Meskipun airnya tidak sebersih beberapa pantai lain, namun ombaknya tenang dan hampir tidak terlihat. Di sebagian tepi pantai terdapat batuan-batuan.Pemandangan di Pantai Queen Artha tetap menarik, terutama karena adanya bukit karang di sekitarnya, yang membuatnya berbeda dari pantai-pantai lain di Lampung.

Di pantai ini, terdapat pondokan dengan desain etnik yang menarik. Biaya sewa pondokan dimulai dari Rp30.000, sehingga cocok untuk tempat menginap yang terjangkau.

source : https://www.youtube.com/@jani.master

Nah, itulah daftar pantai di Pesawaran yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Dari daftar di atas, pantai manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply