10 Pantai di Pontianak dan Sekitarnya yang Eksotis, Bikin Betah!


Fida  November 9, 2023  0 Comment

Pontianak merupakan kota yang terletak di pesisir barat Kalimantan, Indonesia. Kawasan yang satu ini dikenal sebagai tempat yang mempesona bagi para pencinta alam dan keindahan pantai. Dengan julukan sebagai kota Khatulistiwa, Pontianak memiliki banyak destinasi pantai yang menghadirkan pesona alam yang memukau dan ketenangan yang sangat diidamkan oleh wisatawan. Pesisir Pontianak dan sekitarnya menawarkan beragam pantai yang menakjubkan, masing-masing dengan ciri khasnya sendiri. Berikut rekomendasi pantai di Pontianak dan sekitarnya yang tidak boleh kamu lewatkan.

Pantai di Pontianak dan Sekitarnya :

1. Pantai Kijing – Pantai di Pontianak

pantai kijing
amazingborneo.id

Pantai Kijing adalah salah satu destinasi wisata bahari yang menawarkan pengalaman tak terlupakan di Pontianak. Meskipun pantai ini terletak agak tersembunyi, pesonanya tak terbantahkan, sehingga para pelancong dari berbagai daerah sering datang untuk menikmati keindahannya.

Kehidupan sehari-hari yang serba sibuk seringkali membuat kita merindukan ketenangan dan keindahan alam. Pantai Kijing adalah tempat yang menyediakan kedua hal itu. Keberadaannya yang tersembunyi menciptakan suasana yang tenang dan damai. Kebersihan pantai ini juga merupakan salah satu daya tarik utamanya, sehingga siapa pun yang mengunjungi pantai ini akan merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama. Udara pantai yang masih terasa alami dan sejuk memberikan pengalaman yang menyegarkan. Ketika berkunjung ke Pantai Kijing, disarankan untuk menggunakan transportasi pribadi. Jarak dari pusat kota ke Pantai Kijing memang cukup jauh, dan tidak terdapat angkutan umum yang menuju ke sana. Namun, perjalanan yang ditempuh akan sebanding dengan keindahan yang akan kamu temui.

Baca juga :  10 Pantai Indah di Trenggalek Bikin Males Pulang

Saat tiba di pantai ini, pengunjung akan disambut dengan pemandangan yang khas. Pantai ini menawarkan hamparan pasir putih yang lembut dengan deburan ombak yang mengalun. Keindahan alam ini adalah hadiah yang tak ternilai bagi pengunjung Pantai Kijing. Harga tiket masuk ke Pantai Kijing sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 10.000. Kamu dapat dengan mudah menemukan lokasi pantai ini dengan menggunakan google maps. Pantai Kijing berlokasi di Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Pontianak, Kalimantan Barat.

Jadi, jika mencari ketenangan dan keindahan pantai yang masih alami di Pontianak, Pantai Kijing adalah destinasi yang sempurna untuk melarikan diri sejenak dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari. Dengan suasana yang tenang, udara segar, dan pemandangan alam yang menawan, pantai ini akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

2. Pantai Lemukutan – Pantai di Pontianak

pantai lemukutan
djkn.kemenkeu.go.id

Pantai Lemukutan adalah salah satu pilihan pantai di Pontianak yang sempurna untuk bersantai.Salah satu hal yang membuat Pantai Lemukutan begitu istimewa adalah keramahan masyarakat sekitar. Mereka mampu menciptakan suasana pantai yang tenang dan nyaman, membuat para pelancong merasa betah dan ingin berlama-lama di sini. Selain keramahan penduduk setempat, udara sejuk yang bertiup dari angin laut dan hutan yang melingkupi pantai membuat pengalaman di Pantai Lemukutan semakin memikat. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan diri dari kebisingan perkotaan dan merasakan ketenangan yang kamu cari selama liburan.

Salah satu hal yang membedakan Pantai Lemukutan adalah warna air lautnya yang sering berubah. Mulai dari warna coklat, hijau, biru, hijau tua, hingga biru bening, perubahan warna air laut ini adalah fenomena alam yang mempesona. Keunikan ini telah memikat para pelancong dari luar daerah, bahkan mereka rela melakukan perjalanan jauh hanya untuk menyaksikannya secara langsung. Selain menikmati keindahan permukaan laut, kamu juga dapat menjelajahi keindahan bawah laut Pantai Lemukutan. Aktivitas snorkeling dan menyelam di sini akan memungkinkan kamu untuk melihat kehidupan bawah laut yang kaya dan berwarna.

Baca juga :  Jelajahi Pesona 10 Taman Nasional Terindah di Eropa, Keren Banget!

Pantai Lemukutan berlokasi di Pulau Lemukutan, Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Jadi, jika kamu mencari tempat yang indah, tenang, dan penuh pesona alam untuk berlibur di Pontianak, Pantai Lemukutan adalah pilihan yang sangat menarik. Suasana alami, warna air laut yang menakjubkan, dan keramahan penduduk setempat akan membuat liburanmu menjadi tak terlupakan.

3. Pantai Air Mata Permai

pantai air mata permai
monga.id

Tidak kalah indah dengan pilihan pantai lainnya, Pantai Air Mata Permai juga menjadi salah satu pilihan pantai di Pontianak dan sekitarnya yang menarik kamu datangi. Pantai Air Mata Permai menawarkan pasir putih yang bersih dan flora serta fauna yang menarik. Kamu dapat menikmati aktivitas menarik di pantai ini dan bahkan melihat berbagai jenis burung yang terbang di sekitarnya.

4. Pantai Pasir Mayang

pantai pasir mayang
pancurajipost.com

Pantai Pasir Mayang adalah tempat yang ideal untuk melepaskan penat dari kehidupan perkotaan. Pasir putih yang lembut dan batuan besar yang indah menciptakan pemandangan yang sempurna. Pemandangan matahari terbenam di sini juga memikat hati. Saat bingung menentukan tujuan berlibur, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi salah satu pantai di Pontianak dan sekitarnya berikut ini.

5. Pantai Pasir Panjang

pantai pasir panjang
timenews.co.id

Pantai Pasir Panjang adalah destinasi tersembunyi yang terletak di balik hutan, tetapi usaha untuk mencapainya akan terbayar dengan pemandangan yang indah. Pasirnya memiliki tekstur yang unik, dan pantai ini dikelilingi oleh perbukitan yang menenangkan mata.

6. Pantai Sawi – Pantai di Pontianak

pantai sawi
kompasiana.com

Pantai Sawi adalah destinasi yang lebih tenang, cocok untuk mereka yang ingin menjauh dari keramaian. Pantai ini masih sangat alami dan tenang, dengan pemandangan yang eksotis. Kamu dapat menikmati suasana damai dan bermain air di pantai yang indah ini.

Baca juga :  10 Museum Terkenal di Bandung yang Sayang Untuk Dilewatkan

7. Pantai Sungai Kinjil

pantai sungai kinjil
jadesta.kemenparekraf.go.id

Pantai Sungai Kinjil adalah tempat yang tepat untuk menikmati liburan akhir pekan dengan keluarga atau teman-teman. Ombak yang tenang dan pemandangan matahari terbenam yang memukau menjadikan pantai ini tempat yang populer untuk bersantai. Pantai di sekitar Pontianak yang satu ini wajib kamu datangi.

8. Pantai Pulau Datok

pantai pulau datok
pontianak.tribunnews.com

Pantai Pulau Datok dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, menciptakan suasana yang sejuk dan asri. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih, yang sangat cocok untuk piknik dan bermain air bersama keluarga dan teman-teman.

9. Pantai Kura-Kura

pantai kura kura
kalbar.harianhaluan.com

Pantai Kura-Kura terkenal karena pasir putihnya yang bersih dan ombak yang tenang. Pantai ini memiliki pemandangan yang memukau dan sering dibandingkan dengan keindahan Pulau Belitung. Selain itu, pantai ini juga menawarkan kesempatan untuk snorkeling dan mengeksplorasi keindahan bawah laut.

10. Pantai Batu Nenek

pantai batu nenek
idntimes.com

Pantai Batu Nenek adalah pantai yang unik dengan gugusan bebatuan raksasa. Meskipun demikian, pantai ini masih memiliki pasir putih dan air biru yang mengundang untuk berenang dan bersantai. Pemandangan matahari terbenam di sini juga sangat menakjubkan.

source : https://www.youtube.com/@TRANSTVofficial

Pilihlah salah satu atau beberapa dari destinasi pantai ini untuk merasakan keindahan alam dan ketenangan selama liburan di Pontianak dan sekitarnya. Jangan lupa untuk membawa keluarga atau teman-teman agar pengalaman liburanmu menjadi lebih berkesan.



Leave a Reply