10 Air Terjun Terindah dan Tertinggi di Indonesia, Keren Banget!


sisil angelin  December 4, 2018  0 Comment

Air terjun memang menjadi salah satu wisata alam andalan Indonesia. Indonesia dikelilingi oleh pegunungan yang indah jadi tak heran jika di Indonesia ada banyak wisata alam berupa air terjun. Beberapa diantaranya yang memiliki pemandangan terindah dan Berikut Air terjun Terindah di Indonesia

1. Air Terjun Sigura-gura

Air Terjun Sigura-gura

Beepdo.com

Yang termasuk ke dalam air terjun tertinggi pertama sekaligus yang paling tinggi di Indonesia adalah air terjun Sigura-gura. Air terjun Sigura-gura ini memiliki ketinggian yang sangat tinggi yaitu mencapai 2250 meter dan lokasi air terjun ini berada di kawasan Medan, Sumatera Utara tepatnya 250 km dari kota Medan. Air terjun bersumber dari sungai Asahan yang mengalir dari Danau Toba. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Pesona alam di kawasan ini belum banyak tersentuh wisatawan jadi masih sangat asri. Dilihat dari kejauhan, air terjun ini terlihat seperti air terjun raksasa bahkan suara dentuman air terjunnya terdengar jelas dari kejauhan. Air terjun ini termasuk ke dalam wilyah bukit barisan jadi tak heran jika pemandangan sekelilingnya berupa perbukitan yang hijau dan menyejukkan mata.

Menengok Keindahan Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Tibrena Mekar & Air Terjun Satu Hati

2. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

GoTravelly.com

Air terjun Madakaripura ini memiliki ketinggian hingga 200 meter termasuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Lokasinya berada di wilayah Jawa Timur tepatnya di kawasan Kabupaten Probolinggo, Kecamatan Lumbang. Berkunjung ke kawasan ini anda akan mendapati pemandangan yang tak biasa yang akan memukau anda, dimana air terjun ini membentuk sebuah ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang indah. Dari sisi bukit-bukit tersebut anda akan mendapati tetesan air di seluruh bidang tebingnya sehingga akan terlihat seperti hujan. Bahkan terdapat 3 tetesan yang mengucurkan air dengan deras hingga membentuk air terjun baru lainnya. Selain tempatnya yang indah, dan menyejukkan, ternyata air terjun Madakaripura ini dulunya dipercaya sebagai tempat pertapaan Patih Gajah Mada.

3. Air Terjun Nokan Nayan

Air Terjun Nokan Nayan

manjemen7pwisatabaharikalimantan.blogspot.com

Air terjun Nokan Nayan juga menjadi salah satu daftar air terjun terindah dan tertinggi yang ada di Indonesia. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 180 meter dan juga dikenal dengan nama Nokan Lonayan. Lokasinya berada di kawasan pedalaman pulau Kalimantan. Sayangnya di kawasan air terjun ini anda dilarang untuk mandi, hal ini dikarenakan debit airnya yang cukup deras bahkan menjadi sangat deras pada waktu musim penghujan. Sangking derasnya tak jarang anda akan mendapati kabut yang tebal di sekitar air terjun dan terkadang menghadirkan pelangi alami yang sangat indah.

4. Air Terjun Ponot

Air Terjun Ponot

sipohonlontar.blogspot.com

Air terjun Ponot memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan berada di kawasan Sumatera Utara, tepatnya di dusun Sampuransiarimo, Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Tiba Samosir.  Air terjun ini berasal dari aliran sungau ponot yaitu anak sungai Asahan, karena itulah nama air terjun ini Ponot. Pemandangan air terjun ini sangatlah indah, dengan tiga undakan yang terletak di dataran setinggi 500 meter di atas permukaan air laut yang menghasilkan debit air yang cukup deras. Pemandangan di bawah air terjun juga tak kalah indah, yaitu dipenuhi dengan ebbatuan alam yang berukuran besar.

5. Air Terjun Penimbungan

Air Terjun Penimbungan

id.wikipedia.org

Daftar air terjun tertinggi lainnya yanga da di Indonesia adalah air terjun Penimbungan. Air terjun ini dapat dikatakan masih perawan arena lokasinya terbilang cukup terpencil dan berbahaya sehingga sangat jarang manusia menjamahnya. Air terjun ini berlokasi di lereng gunung Rinjani bagian sebelah utara. Danau Segara Anakan menjadi sumber air dari air terjun Penimbungan, jadi tak heran mengapa debit airnya sangat deras, saking derasnya di bagian bawah air terjun senantiasa terbentuk kabut. Air terjun ini snagatlah indah, dengan warna airnya yang biru tosca, ditambah letaknya yang diapit dinding tebing yang dipenuhi pepohonan yang rindang cukuplah membuat siapa saja terpesona.

6. Air Terjun Kabut Pelangi

Air Terjun Kabut Pelangi

superadventure.co.id

Dinamakan Air terjun Kabut Pelangi karena di bawah air terjun ini sering kali didapati pelangi. Pelangi ini muncul akibat pembiasan oleh cahaya matahari pada air yang berdebit deras. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 merer dan berlokasi di kawasan provinsi Lumajang, JawaTimur. Air terjun ini berdekatan dengan air terjun Tumpang Sewu yang juga memiliki debit air yang sama derasnya. Keindahan di sekitar air terjun Kabut pelangi ini tak perlu diragukan lagi, tentunya akan membuat siapa saja yang berkunjung terpukau akan keindahannya.

7. Air Terjun Payakumbuh

Air Terjun Payakumbuh

berita.upi.edu

Tak dipungkiri memang jika pulau Sumatera kaya akan air terjun, dan sebagian besarnya termasuk ke dalam daftar air terjun terindah dan tertinggi di Indonesia, salah satunya adalah air terjun Payakumbuh. Air terjun dengan ketinggian 150 meter ini termasuk air terjun tertinggi ketiga di Indonesia dan berada di kawasan Ngarai Harau, yaitu 35 km dari Koat Bukittinggi. Terletak di jurang yang sangat dalam air terjun ini menawarkan keindahan yang tidak biasa, yaitu dipenuhi dengan aneka ragam kupu-kupu yang sangat indah.

8. Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo

backpackerjakarta.com

Air terjun Moramo merupakan air terjun yang berada di kawasan Kendari, tepatnya berjarak sekitar 65 km di sebelah timur kota Kendari. Air terjun ini termasuk air terjun tertinggi kedelapan di Indonesia  yaitu sekitar 100 m. Air terjun ini memiliki pemandangan cukup menarik, yaitu terdiri atas 27 tingkatan dengan panjang yang mencapai 2 km. Ditambah dengan pemandangan alam sekitarnya berupa pepohonan yang rindang menjadikan tempat ini sebagai tempat yang paling sempurna untuk melepas penat.

9. Air Terjun Cikaso

Air Terjun Cikaso

JejakPiknik.com

Air terjun Cikaso ini berlokasi di Desa Sibitung, Kecamatan Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat, tepatnya di akwasan wisata Ujung Genteng. Air terjun ini memiliki ketinggian 80 meter dan berasal dari 3 air terjun yang berdampingan dari anak sungai Cikaso. Dari hulu hingga muaranya air sungai Cikaso memang mengaliri beberapa curaman tebing yang membentuk curahan air terjun yang sangat menakjubkan. Panorama yang ditawarkan air terjun ini menjadi favorit bidikan bagi para fotografer karena memang limpahan air terjunnya terlihat sangat megah dan menawan.

10. Air Terjun Grojogan Sewu

air terjun dekat sini

blog.reservasi.com

Air terjun terindah dan termasuk yang tertinggi di Indonesia lainnya adalah air terjun Grojongan Sewu yang ada di Jawa Tengah, tepatnya di kawasan Tawangmangu. Dengan ketinggian airnya yang mencapai 81 meter menjadikan air terjun ini memiliki keindahan yang terbilang cukup sempurna. Letaknya yang di kaki Gunung Lawu semakin menambah pesona dari air terjun ini.

Itu dia, beberapa daftar air terjun tertinggi yang ada di Indonesia. Selain tertinggi, air terjun tersebut juga menyimpan keindahan menakjubkan yang akan membuat siapa saja terpukau saat mengunjunginya. Wisata alam berupa air terjun memang menjadi favorit kebanyakan orang, hal ini dikarenakan di kawasan tersebut kita akan mendapatkan ketenangan dan menyatu kembali dengan alam sehingga semua beban pikiran dapat dimusnahkan.



Leave a Reply