Menengok Keindahan Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Siklimis.com | Sightseeing
Lumajang, Jawa Timur, Indonesia | Waterfall
02 Jun 2020


Menengok Keindahan Air Terjun Kapas Biru Lumajang
Kabupaten Lumajang Jawa Timur ternyata menyimpan sejuta keindahan wisata alam yang sangat luar biasa, dan ini untuk ketiga kalinya gue berkunjung ke Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Buat kalian yang b

How to Get There

Nah jika Sobat Go Travelly mau berkunjung ke Air Terjun Kapas Biru, Sobat Go Travelly bisa lewat dua jalur. Yang pertama yaitu lewat Kabupaten Lumajang yang mana Kabupaten Lumajang ini hanya terdapat satu stasiun kecil yaitu Stasiun Klakah dan juga ada terminal bus, namun jarak dari pusat Kota Lumajang ke Air Terjun Kapas Biru ini cukup jauh dan hanya ada angkutan umum berupa mini bus untuk bisa sampai ke Air Terjun Kapas Biru. Dari Kota Lumajang sampai ke Air Terjun Kapas Biru ini jaraknya kurang lebih 50 km atau 1 jam 20 menit perjalanan. 

Dan jalur yang kedua yaitu lewat Malang, karena letak Air Terjun Kapas Biru ini berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, dari Malang Sobat Go Travelly bisa naik angkutan umum bus mini ataupun bisa menyewa kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil, tetapi sangat direkomendasikan untuk menyewa kendaraan pribadi karena lebih cepat dan hemat. Dari Malang sampai Air Terjun Kapas Biru ini kurang lebih jaraknya 68 km atau 2 jam perjalanan.

Dari Malang ke Lumajang ini rutenya sangat mudah karena jalur ini merupakan jalur nasional lintas selatan, jadi sudah banyak papan penunjuk jalan, namun setelah sampai di daerah Dampit jalanan mulai agak berkelok-kelok dan sempit sehingga Sobat Go Travelly harus berhati-hati, apalagi di jalan ini banyak mobil truk pengangkut pasir. Sepanjang perjalanan kalian juga akan disuguhi pemandangan sawah, hingga hutan-hutan yang sangat indah.

Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Air Terjun Kapas Biru ini telaknya di Desa Mulyoharjo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Setelah memasuki kawasan Kecamatan Pronojiwo, Sobat Go Travelly nanti akan melihat banyak papan petunjuk air terjun, karena kawasan ini memang pusatnya air terjun yang sangat indah. Jadi kalau datang kesini Sobat Go Travelly bisa banyak menjelajahi air terjun, diantaranya Air Terjun Kapas Biru, Air Terjun Tumpak Sewu, Goa Tetes, Air Terjun Coban Sriti dan masih banyak lagi.

Dari jalan raya menuju tempat parkir Air Terjun Kapas Biru ini cukup dekat kurang lebih 500 meter. Dan sesampainya di tempat parkir Sobat Go Travelly hanya akan menemukan beberapa warung, tak sebanyak di tempat wisata yang lain, karena Air Terjun Kapas Biru ini juga masih tergolong baru dibuka untuk umum sekitar tahun 2015. Area parkir juga hanya bisa untuk parkir sepeda motor dan mobil kecil.

Tiket masuk ke Air Terjun Kapas Biru ini sangat murah yaitu Rp.5000. dan parkir hanya Rp. 2000. Setelah membayar tiket masuk yang dikelola warga setempat Sobat Go Travelly bisa langsung menuju ke lokasi Air Terjun Kapas Biru. Dari tempat parkir Sobat Go Travelly langsung menuju ke selatan dan akan disambut oleh kebun buah salak yang cukup luas.

 

What to Do


wisata Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Jarak dari tempat parkir menuju ke Air Terjun Kapas Biru ini lumayan jauh, kurang lebih 1,5 km dengan medan yang cukup sulit. Apalagi setelah melewati kebun buah salak kalian harus menuruni tangga yang terbuat dari besi yang tingginya kurang lebih 5 meter dengan kecuraman 90 derajat dan tanpa pengaman sama sekali, jadi pas turun dari tangga harus berhati-hati.

wisata lumajang
Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Setelah melewati tangga, terdapat jalan setapak yang masih berupa tanah, jalan ini biasanya digunakan warga untuk berkebun, seringkali aku juga menjumpai beberapa warga yang habis memetik kopi dan mencari rumput. Jalan setapak ini lumayan sempit dan licin jika setelah hujan jadi Sobat Go Travelly juga harus berhati-hati karena pinggirnya langsung jurang. Ada beberapa jalan yang landai dan ada juga yang menanjak tapi tidak tinggi.

wisata Air Terjun Kapas Biru Lumajang
destinasi wisata di Lumajang

Selama perjalanan menuju Air Terjun Kapas Biru ini pemandangannya sangat alami dan tentunya juga sangat indah sekali. Kalian akan menjumpai tebing-tebing tinggi, pohon-pohon yang rindang, dan suara aneka satwa yang merdu. Jadi selama perjalanan tentunya tak akan membuat bosan meskipun sangat melelahkan. Sobat Go Travelly juga akan melewati kebun kopi, sungai dengan jembatan bamboo dan sawah-sawah. Dan ketika sudah melewati sawah itu tandanya Air Terjun Kapas Biru sudah sangat dekat.

Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Setelah melewati perjalanan panjang yang sangat menguji adrenalin dan sangat melelahkan, akhirnya impian untuk melihat keelokan Air Terjun Kapas Biru bisa terwujud. Dan ternyata lebih indah aslinya daripada yang ada di foto-foto media social. Air yang sangat jernih dan mengalir deras, serta tebing dengan warna coklat agak keemasan yang begitu tinggi, membuat air terjun yang satu ini sangat istimewa.

Air Terjun Kapas Biru Lumajang
Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Udara yang sangat sejuk dan air yang sangat segar membuat suasana di Air Terjun Kapas Biru ini sangat nyaman seperti di dunia impian, dan rasa lelah akan seketika hilang setelah mengirup udara segar dan melihat indahnya pemandangan Air Terjun Kapas Biru. Suasana yang masih sangat alami inilah yang menjadi daya tarik Air Terjun Kapas Biru, di sana juga ada gubuk yang terbuat dari bambu yang bisa digunakan untuk beristirahat.

 

 

Tips and Trick

obyek wisata Air Terjun Kapas Biru Lumajang

1.Persiapkan fisik yang prima karena untuk menuju ke air terjun harus jalan kaki yang lumayan jauh dan membutuhkan tenaga yang extra.

2.Gunakan sepatu atau sandal gunung karena medan yang sulit, terjal dan licin.

3.Tidak dianjurkan membawa anak kecil atau lansia karena ini wisata adventure.

4.Bawa tumbler atau air minum karena di dekat air terjun tidak ada warung. 

5.Jangan bawa barang terlalu banyak dan berat.

6.Gunakan baju dengan warna cerah agar terlihat indah saat difoto. 

7.Jika bawa makanan atau minuman, sampahnya jangan lupa dibuang pada tempat sampah yang sudah disediakan atau bisa dibawa pulang agar tetap bersih dan lestari.

Where to Stay
Untuk penginapan di kawasan Air Terjun Kapas Biru ini belum ada, namun penginapan paling terdekat yaitu di kawasan Air Terjun Tumpak Sewu yang jaraknya kurang lebih 1 km.
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY