Alfazza_19 | Sightseeing
Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia | Waterfall
29 May 2020


Tibrena Mekar & Air Terjun Satu Hati
Tibrena Mekar Sibolangit memiliki konsep unik. Berlatar alam pegunungan dengan kolam kecil yang mengitari. Bagi yang merindukan alam, ini adalah tempat camping yang menyenangkan selain bumi perkemahan

How to Get There

Untuk menuju ke Tibrena mekar dapat menempuh perjalanan selama  lebih kurang 2,5 jam berkendaraan dari kota Medan. Tibrena Mekar sebuah restoran terampung dengan pemandangan yang indah, yang beralokasikan di jalan beringin, kampung wisata, dusun 1, Bandar Baru, sibolangit, Sumatera Utara. Jika masuk dari jalan Bandar Baru, sekitar 100 meter sudah sampai. Tandanya ada plang bertuliskan "Tibrena Mekarsari" di sebelah kanan. 

Perihal biaya masuk, pengelola membebaskan tamu yang ingin makan di restoran dari retribusi. Namun jika tujuannya ingin memasuki Air Terjun Satu Hati maka harus mengeluarkan biaya 15 ribu per orang dan sudah mendapatkan dampingan guide lokal.

What to Do
Ini pertama kalinya saya ke tempat ini. Saya tidak datang sendiri, saya datang bersama dengan teman-teman organisasi kampus yang sebelumnya sudah direncanakan akan mengadakan acara tadabur alam di Tibrena. Suasana yang tenang dan cuaca bersahabat saat itu. Lokasinya bagus, tamannya luas dan ada arena outbond nya. Ada tempat makan dan istirahat juga yang bernama Lesehan Terapung Tibrena. Karna kami tiba disana dekat dengan jam makan siang kami langsung cus ke restonya. Kami pun memilih makan di restorannya langsung karena yang pondokan penuh semua. Padahal enak tuh selonjoran sambil rebahan, tapi kita cuma  dapat tempat di kursi saja. Tak apa lah yang penting makan siang. Haha
Karena sudah laper, kami pun memesan menu yang tersedia. Menu nya gak banyak dan masih termasuk sederhana. 
Tibrena Mekar Dan Air terjun Satu hati
 
Tibrena Mekar Dan Air terjun Satu hati   Tibrena Mekar Dan Air terjun Satu hati

Tibrena ini merupakan tempat yang ramah keluarga dan ramah anak. Buat yang bosen sama suasana playground atau theme park pas banget datang kesini. Cukup keluarkan kocek untuk makan ataupun kalo mau menginap bisa diatur sesuai selera tentunya. Restorannya sendiri mengapung di kolam ikan mas yang lumayan besar.Liat koleksi ikan mas nya  bikin tergiur. Untuk bawa anak anak bisa memberi makan ikan mas nya juga loh. Area kolamnya bersih dan terawat.

Tibrena Mekar Dan Air terjun Satu hati

Rekomendasi air terjun indah

Tibrena menyediakan  layanan untuk camping atau kamar untuk menginap. Ada 2 aula yang masing-masing aula berkapasitas kurang lebih 100 orang. Tibrena ini  udah cukup terkenal dengan tempat camping  dan penginapannya. Bisa jadi pilihan bersama teman sekolah ataupun keluarga.  Sayangnya aku kurang tau pasti berapa harga camping disini. Ada fasilitas tenda, tikar, api unggun,makanan. Di arena bermainnya ada ayunan cocok untuk anak-anak, lapangan hijau dan area keluarga. Ada flying fox juga. Fasilitas lain seperti Mushola dan kamar mandi nya buanyak :D.

Tibrena Mekar Dan Air terjun Satu hati

Kebanyakan pelanggan Tibrena ini adalah mahasiswa atau komunitas besar yang mengadakan event tertentu.Karena pernah pertama kali aku datang kesini bareng organisasi kampus yang lagi mengadakan tadabur alam. Kebetulan disaat itu juga salah satu komunitas yang lagi ngadain Makrab.

Tibrena Mekar Dan Air terjun Satu hati

rekomendasi wisata di medan wisata medan

Selain itu terdapat air terjun satu hati yang tak jauh dari sini. Air Terjun Satu Hati berada di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Persimpangan untuk menuju Air Terjun ini tidak jauh dari Bumi Perkemahan Sibolangit, maka setelah melewati Bumper perhatikan simpang kiri, disitu akan terlihat Papan petunjuk arah menuju Air Terjun Satu Hati. Langsung masuk kedalam, hanya sekitar 1 Km untuk sampai ke Posko Air Terjun Satu Hati.

air terjun satu hatiair terjun satu hati

Biaya masuk kawasan Air Terjun Satu Hati yaitu 15000/orang. Perjalanan menuju Air Terjun dari posko Tibrena menghabiskan waktu sekitar 20 menit dengan berjalan kaki dan sepanjang perjalanan akan melewati perkebunan dan hutan. Air Terjun Satu Hati memiliki ketinggian 20 meter. Udara hutan sibolangit memang
sejuk dan asri, menatap air tejun nya saja membuat hati terasa tenang. Para pengunjung yang datang bisa menikmati sambil mandi dibawahnya.

Tibrena Mekar Dan Air terjun Satu hati                     Air terjun tereknal di medan

air terjun indah di medan


Tips and Trick

Tips buat yang ingin berkemah ataupun menginap di lokasi Tibrena 

  1. Jangan lupa bawa pakaian ganti dan peralatan mandi 
  2. Sebaiknya tidak pergi kesana pada siang hari karena disana cukup panas

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY