Tertarik Nonton MotoGP 2022? Tengok Pesona 10 Wisata di Mandalika


prita  November 15, 2021  0 Comment

Mandalika Lombok belakangan ini memang cukup banyak diperbincangkan karena adanya sirkuit MotoGP. Event MotoGP Mandalika 2022 memang cukup menyedot perhatian banyak orang, khususnya bagi mereka yang suka menonton balapan MotoGp. Mandalika ternyata tak hanya menjadi sirkuit Mandalika MotoGP saja, melainkan juga menawarkan banyak sekali destinasi wisata yang cantik dan tak boleh untuk kamu lewatkan begitu saja. Nah, jika kamu berencana untuk menonton MotoGP 2022 di Mandalika Circuit, pastikan kamu juga mengunjungi destinasi wisata Mandalika berikut ini.

1. Desa Adat Sade

Desa Adat Sade
tempatwisata.pro

Wisata Mandalika yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Desa Adat Sade. Desa Adat Sade ini menjadi salah satu wisata budaya yang cukup menarik untuk dikunjungi di Mandalika.

Berkunjung ke Desa Adat Sade ini memungkinkan kamu untuk berinteaksi secara langsung dengan penduduk asli Lombok, yaitu Suku Sasak. Disini kamu juga bisa melihat langsung proses menenun kain di depan rumah mereka. Menariknya, semua bangunan rumah ini masih tradisional dengan atap terbuat dari ijuk, lantai beralaskan tanah dan tembok anyaman bambu.

Gotravelly

Kuta Mandalika, Wisata Yang Harus Ada Di List Kamu Saat Di Lombok

Kemegahan Karang Di Pantai Semeti Yang Masih Perawan

2. Desa Adat Ende

Desa Adat Ende
mongabay.co.id

Selain Desa Adat Sade, ada lagi desa adat yang menjadi salah satu wisata menarik di Mandalika, yaitu Desa Adat Ende. Desa Adat Ende juga menjadi rumah bagi Suku Sasak dengan segala kegiatan mereka yang masih tradisional.

Disini kamu bisa berkeliling desa yang dipenuhi dengan rumah penduduk Suku Sasak yang masih tradisional. Berkunjung ke Desa Adat Ende ini juga memungkinkan kamu untuk berinteraksi langsung dan melihat aktivitas warganya. Bahkan, jika beruntung kamu bisa menyaksikan proses pernikahan warganya yang menarik.

3. Pantai Seger

Pantai Seger
tempatwisata.pro

Tak hanya wisata desa adat saja yang bisa kamu temukan di Mandalika, tapi juga wisata pantai. Pantai Seger menjadi salah satu destinasi wisata Mandalika yang cukup menarik untuk dikunjungi karena menawarkan pemandangan yang menawan.

Pantai Seger ini memiliki pasir putih dengan ombak yang pas untuk berselancar. Menariknya lagi, pantai ini memiliki pemandangan gugusan bukit yang indah jika dilihat dari kejauhan. Ditambah lagi dengan susunan karang yang cantik untuk dijelajahi sambil snorkeling atau kano. Istimewanya lagi, Pantai Seger ini menjadi tempat diselenggarakannya Festival Bau Nyale setiap tahunnya.

4. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung
thelangkahtravel.com

Wisata Mandalika yang tak boleh untuk kamu lewatkan selanjutnya adalah Pantai Batu Payung. Pantai Batu Payung ini disebut sebagai salah satu pantai yang unik di Lombok karena memiliki sebuah karang besar yang mirip payung di bagian pesisirnya. Tak heran jika pantai ini disebut sebagai Pantai Batu Payung.

Menariknya, Pantai Batu Payung ini tidak memiliki hamparan pasir selayaknya pantai pada umumnya, melainkan hanya ada bebatuan dan karang besar. Sesekali ombak akan menerjang batu karang besar tersebut hingga menciptakan efek yang indah untuk diabadikan.

5. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan
inews.id

Jika berbicara soal destinasi wisata di Mandalika, rasanya belum lengkap jika belum berkunjung ke Pantai Tanjung Aan. Pantai Tanjung Aan ini menjadi destinasi wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan karena pemandangan pantai-nya yang indah.

Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki keunikan pasirnya yang ukurannya besar-besar layaknya merica. Selain menikmati pemandangan pantai yang indah, kamu juga bisa berselancar karena Pantai Tanjung Aan ini juga memiliki ombak yang cocok untuk berselancar. Pantai ini juga memiliki beberapa spot yang instagramable dan bisa menjadi tempat berfoto yang indah, apalagi pantai ini dikelilingi perbukitan cantik yang bisa menjadi latar berfoto yang indah.

6. Pantai Serenting

Pantai Serenting
minews.id

Wisata Mandalika selanjutnya juga masih berupa pantai dan pantai yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Pantai Serenting. Pantai Serenting ini juga memiliki keunikannya tersendiri sehingga cukup populer di kalangan wisatawan.

Selayaknya pantai di Mandalika lainnya, Pantai Serenting ini juga memiliki pasir putih yang lembut dengan ombah yang cocok untuk berselancar. Namun, salah satu daya tarik di Pantai Serenting ini adalah tengkong alias jamur dalam Bahasa Sasak, yang berada di tengah laut. Pantai Serenting ini lebih sepi dibandingkan dengan pantai lainnya sehingga sangat cocok untuk kamu yang menyukai ketenangan.

7. Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika
travel.okezone.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan pantai yang satu ini? Pantai Kuta Mandalika ini berada di Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Mandalika sehingga cukup populer dan menjadi tujuan banyak wisatawan.

Pantai Kuta Mandalika ini memiliki daya tarik berupa lautan biru yang bersih dan perbukitan hijau dayng terlihat di kejauhan. Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki pasir putih yang lembut. Karena Pantai Kuta Mandalika ini telah digarap secara khusus, tak heran jika menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup populer dengan ragam fasilitas, seperti area makan dan area bermain.

8. Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk
kompasiana.com

Jika kamu suka berselancar, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Pantai Gerupuk. Pantai Gerupuk ini memiliki deretan spot asyik untuk berselancar seperti Batu Teong, Batu Lawang, Prigi, Giligoleng dan Terasaq.

Pantai ini tak hanya cocok untuk kamu yang suka berselancar, namun juga cocok bagi kamu yang ingin bersantai di tepi pantai karena Pantai Gerupuk ini memiliki pasir pantai putih yang lembut dengan pemandangan perbukitan hijau disekelilingnya yang menyegarkan mata.

9. Bukit Merese

Bukit Merese
brobali.com

Bukit Merese tentu menjadi salah satu wisata Mandalika yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja. Bukit cantik ini memang cukup populer dan kerap menjadi salah satu destinasi wisata di Lombok yang cukup populer.

Dibutuhkan sekitar 15 menit untuk mendaki ke puncak Bukit Merese ini. Namun, semua lelah akan langsung terbayar saat tiba di puncak dan melihat indahnya pemandangan dari bukit ini. Kamu bisa melihat garis Pantai Tanjung Aan dan Pantai Kuta dengan gradasi warna biru laut yang memanjakan mata. Apalagi ditambah dengan hijaunya rerumputan dan semilir angin laut yang sejuk. Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Merese ini adalah saat matahari terbenam atau sunset.

10. Goa Kotak

Wisata di Mandalika
facebook.com

Wisata di Mandalika yang terakhir adalah Goa Kotak. Sesuai dengan namanya, goa ini memiliki bentuk kotak yang mana berbeda dengan kebanyakan goa pada umumnya.

Goa Kotak ini menampilkan goa dengan lorong berbentuk kubus tanpa adanya stalagmit atau stalagtit yang mana pada bagian ujungnya menawarkan pemandangan laut lepas yang indah. Istimewanya lagi, goa ini berada di atas bukit sehingga siapapun bisa menikmati keindahan alam Mandalika.

Itulah tadi daftar wisata Mandalika yang wajib untuk kamu kunjungi saat berkunjung kesana. Setelah menonton balapan MotoGP di Sikuit Mandalika, jangan lupa untuk berkunjung ke salah satu destinasi wisata yang ada disana juga ya. Selamat berlibur.



Leave a Reply