10 Air Terjun di Lombok Wajib Kesini Rekomended + Rute Lokasi


sisil angelin  April 18, 2018  0 Comments

Pariwisata alam di daerah Lombok memang tidak kalah dengan wisata alam di tempat lain. Bahkan ada yang bilang bahwa wisata alam Lombok lebih menarik dibandingkan dengan Bali. Jika bicara tentang wisata alam, air terjun Lombok merupakan lokasi wisata yang menarik dikunjungi. Selain bisa menikmati pemandangan yang sejuk, para wisatawan juga dapat main air.

Air terjun Lombok banyak terbentuk di sana karena kondisi geografi pulau Lombok yang terdiri dari banyak bukit dan dan dataran tinggi. Jika penasaran,Berikut adalah Air Terjun di Lombok

1. Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja

wisatadilombok.com

Air terjun yang pertama adalah Air Terjun Tiu Teja. Air terjun Lombok yang satu ini terletak di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Objek wisata alam Air Terjun Tiu Teja tergolong baru dan karena itu pula suasana alam di sana masih asri. Para wisatawan dapat menikmati situasi keindahan air terjun yang belum banyak dipengaruhi oleh banyak tangan manusia.
Selain keindahan alam asli, daya tarik dari air terjun setinggi 40 meter ini terletak pada pelangi yang terkadang muncul. Pelangi ini biasanya terjadi saat sudut cahaya matahari mengenai sisi depan air terjun. Butiran – butiran air akan memantulkan cahaya dan membentuk pelangi.

review kuliner

Kuta Mandalika, Wisata Yang Harus Ada Di List Kamu Saat Di Lombok

Sensasi Makan Tepi Pantai Di Cafe Alberto

2. Air Terjun Kerta Gangga

Air Terjun Kerta Gangga

guidelombok.com

Air terjun yang kedua ini terletak di Dusun Kerta, Desa Ganggelang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi lokasi Air Terjun Kerta Gangga diharap berhati – hati dalam melewati medan perjalanan. Lokasi dengan tanjakan tinggi, turunan tajam dan rute yang berkelok – kelok mengharuskan kendaraan untuk berjalan pelan – pelan.
Walaupun rute dan perjalanan agak sulit semuanya akan setimpal setelah melihat Air Terjun Kerta Gangga ini. Air terjun ini terdiri dari dua tingkatan. Pada tingkatan pertama air terjun membentuk dua pilar air kembar setinggi 40 meter. Bagi para wisatawan yang suka mengambil foto, posisi foto diapit oleh air terjun kembar di kanan – kiri tentu akan menampilkan foto yang unik dan tidak biasa.

Baca juga :  10 Desa Terindah di Eropa, Keasriannya Bikin Betah

3. Air Terjun Benang Setokel

Air Terjun Benang Setokel

YouTube.com

Air terjun Lombok yang ketiga adalah Air Terjun Benang Setokel. Air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter ini memiliki kolam kecil di bawahnya. Kolam ini terbentuk dari benturan air ke tanah yang mengakibatkan kikisan berbentuk cekungan. Kolam kecil ini dapat digunakan untuk berendam, bermain air dan berenang.
Air terjun ini terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Kelingan Utara, Lombok Tengah. Para wisatawan yang ingin berkunjung bisa berangkat dari kota Mataram dan menempuh perjalanan sekitar 45 menit menggunakan kendaraan bermotor.
Daya tarik dari Air Terjun Benang Setokel adalah bentuk air yang terjun ke bawah mirip dengan benang – benang halus yang terkadang menyebar dan menyatu menjadi satu. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah cerita mistis dari air terjun ini. Kolam pada Air Terjun Benang Setokel dianggap sebagai tempat mandi Dewi Anjani yang merupakan penunggu Gunung Rinjani.

4. Air Terjun Benang Kelabu

Air Terjun Benang Kelabu

paketliburanlombok.com

Air Terjun Benang Kelabu sebagai air terjun keempat memiliki lokasi yang berdekat dengan Air Terjun Benang Setokel. Walau berada di satu desa dan satu kecamatan, pemandangan Air Terjun Benang Kelabu sangat berbeda dengan Air Terjun Benang Setokel. Lokasi yang lebih tinggi mengharuskan para wisatawan yang ingin kerkunjung siap secara fisik. Walaupun telah disediakan tangga untuk membantu proses hiking, Air Terjun Benang Kelabu ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk didaki.
Walaupun perlu usaha lebih untuk menuju lokasi, tampilan Air Terjun Benang Kelabu sangat setimpal. Keunikan dari air terjun ini terletak pada curahan air yang seolah – olah muncul dari dinding tebing yang tertutup oleh pepohonan hijau. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan karena air terjun terhalang oleh tumbuhan, hasil air yang jatuh ke bawah membentuk tirai air yang indah.

Baca juga :  Sobat Insomnia, Nih 9 Wisata Malam di Malang

5. Air Terjun Somporonan

Air Terjun Somporonan

desatimbanuhkerendahri.blogspot.co.i

Air terjun kelima ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini mengalir diantara akar – akar tanaman yang menjalar sampai ke kolam di bawahnya. Pemandangan yang masih hijau dan kolam yang cukup luas untuk bermain air dan berenang merupakan daya tarik utama dari air terjun ini.
Hal lain yang dapat dinikmati adalah pemandangan sekitar lokasi Air Terjun Benang Somporonan. Karena berlokasi di dalam hutan lindung Senggigi, Desa Timbanuh, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur perjalanan menuju lokasi akan disuguhi dengan keindahan hutan lindung. Selain itu saat melewati lokasi Desa Timbanuh, para wisatawan dapat melihat hamparan sawah luas dan menikmati sejuknya udara desa.

6. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep

Pegipegi.com

Air terjun keenam ini terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara tepatnya 60 km dari Kota Mataram. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 42 meter dan debit air-nya cukup deras. Konon bagi orang jika berani mandi di air terjun ini akan menjadi awet muda.
Selain dari segi pemandangan, Air Terjun Tiu Kelep memiliki keunikan lokasi yang harus ditempuh melewati terowongan air. Terowongan air ini berupa gua gelap yang harus dilewati secara perlahan. Selain karena licin, bentuk jalannya juga tidak rata. Bagi para wisatawan yang ingin menikmati terowongan air ini harap membawa senter.

7. Air Terjun Batu Butir

Air Terjun Batu Butir

imgrum.org

Berikutnya adalah air terjun Lombok ketujuh yaitu Air Terjun Batu Butir. Air terjun ini berlokasi di Dusun Batu Butir, Desa Medas, Kecamatan Gunung Sari. Lokasi wisata air terjun ini cukup unik karena para wisatawan dapat menikmati pemandangan dari 5 air terjun sekaligus.
Kelima air terjun ini merupakan bagian dari Air Terjun Batu Butir, dua berdampingan satu sama lain, satu berada di sisi kiri jauh, satu berada di sungai yang terpisah dan satu yang terakhir berada di arah yang berlawanan. Bentuk air terjun ini bisa jadi seperti ini karena lokasi yang berada di potongan beberapa tebing. Bagi yang ingin mengunjungi tempat ini wajib menggunakan alat rock climbing.

Baca juga :  10 Air Terjun di Amerika Serikat Indah Tiada Tara

8. Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti

warnalomboktour.com

Lokasi air terjun kedelapan ini terletak di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter dan tidak memiliki kolam yang besar, aliran air langsung mengalir deras ke sungai.
Lokasi air terjun ini berada di tebing batu yang berwarna keputih – putihan. Keunikan lain selain bebatuan putih di sekitar air terjun adalah kandungan belerang pada air terjun ini. Air yang mengalir terkadang berwarna putih hijau karena pengaruh belerang. Air yang mengandung belerang ini dipercaya dapat mengobati penyakit – penyakit kulit hanya dengan berendam di air-nya. Sayangnya aliran air yang deras membuat berendam menjadi agak berbahaya, namun jika hanya mencelupkan kaki sambil duduk di atas batu putih dapat dipastikan aman.

9. Air Terjun Umar Maya

Air Terjun Umar Maya

YouTube.com

Jika ingin air terjun yang mengandung belerang namun aman untuk berendam? Air terjun Lombok yang kesembilan ini bisa jadi pilihan. Air Terjun Umar Maya terletak di Bilok Petung, Lombok Timur.
Airmemiliki ketinggian pendek, hanya 6 meter saja. Namun memiliki kolam air belerang yang luas. Jika para wisatawan tertarik untuk berendam dan terapi kulit hal ini bisa dilakukan. Air di kolam tidak mengalir terlalu deras dan warna hijau dari air memberikan keindahan tersendiri saat bermain di kolam air terjun ini.

10. Air Terjun Sendang Gila

Air Terjun Sendang Gila

lombokbulanmadu.com

Air terjun Lombok yang terakhir ini terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara sekitar 60 km dari Kota Mataram. Lokasi air terjun ini berada di dataran tinggi pulau Lombok. Air terjun ini tepat berada di ketinggian 600 meter dari permukaan laut. Selain itu tinggi dari air terjun ini mencapai 32 meter.
Lokasi yang tinggi memberikan sensasi kesejukan tersendiri saat menikmati pemandangan air terjun ini. Dalam perjalanan menuju lokasi air terjun, para wisatawan juga diwajibkan mendaki 315 tangga dari gerbang bawah lokasi pariwisata. Walaupun harus naik tangga terjal ini, dalam perjalanan para wisatawan dapat menikmati pemandangan melewati Taman Nasional Gunung Rinjani.



Leave a Reply

One Response
  1. Andi Fitriani says:

    Wah ini keren. Bisa banget buat liburan

    Thankyou infonya