aldilasalma | Traveler
Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Indonesia | Beach Exploring
23 Aug 2018


Kuta Mandalika, Wisata yang Harus Ada di List Kamu Saat di Lombok
Destinasi wisata selanutnya adalah Kuta Mandalika!

How to Get There


Nah buat yang nggak mau ketinggalan perjalanan saya di Lombok bisa lihat review saya yang sebelum ini ya. Oke lanjut. Setelah puas mengelilingi Desa Sade dan merasakan suasana disana, saatnya kita ke tujuan selanjutnya yaitu pantai! Emang kalau di Lombok kita bisa dibilang sebagai penjajah pantai, ya gimana lagi disini hampir semua pantainya bagus dan sayang banget buat dilewatkan. Pantai yang jadi tujuan pertama hari ini berada di kawasan Kuta Mandalika. Pastinya sudah tidak asing mendengar kata Mandalika ya, karena ini salah satu tempat yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Oktober 2017 silam. Seperti yang diberitakan kawasan ini sudah melalui waktu selama 29 tahun untuk proses pembebasan lahannya sendiri. Wah butuh waktu yang sangat lama juga ya.

 

Waktu yang ditempuh dari Desa Sade ke Kuta Mandalika ini juga tidak terlalu lama. Perjalanan yang ditempuh kurang lebih 30 menit saja. Sama seperti sebelumnya kami selalu disuguhi pemandangan pantai dan bukit yang selalu terkesan indah untuk dipandang.

What to Do

Jadi di kawasan ini wisatanya tidak hanya Pantai Kuta yang memang sudah terkenal itu, melainkan masih banyak gugusan pantai yang bagus dan rekomended untuk dikunjungi. Mulai dari Pantai Tanjung Aan, Pantai Serenting, Batu Puyung, Pantai Gerupuk, Pantai Serenting, Pantai Seger, dan ada lokasi yang harus sekali anda kunjungi jika ingin melihat keindahan pantai dari atas bukit, namanya Bukit Merese. Nah kalau menurut aku sih Kuta Mandalika harus banget dimasukin ke list liburan kamu saat ke Lombok, karena dalam satu kawasan sudah terdapat banyak pantai yang menawan. Sedikit info nih buat kalian yang belum tau jadi di kawasan Kuta Mandalika ini sedang berlangsung proyek sirkuit moto gp yang hanya
ada satu di Indonesia. Rumornya sirkuit moto gp ini akan rampung pada tahun 2019 nanti. Keren ya!

Setelah sampai pada kawasan Kuta Mandalika hal pertama yang kita lihat adalah tulisan besar bertuliskan "Kuta Mandalika" dan seperti biasa kami
foto dulu disana. Disini kalian bakal melihat pantai yang indah dengan pasir putih seperti butiran merica, iya pasirnya bulet-bulet. Nah sepanjang
anda jalan di tepi pantai pasti kalian akan menemui banyak penjual kerajinan tangan mulai dari dompet, tas, topi, Kaos Lombok, dan masih banyak lagi. Yang berjualan disini mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Suka gemes lihat anak kecil yang menjajakan dagangannya dengan sedikit memelas  "ayolah kak beli satu saja, kan bagi-bagi rezeki" katanya. Wah kalau udah dirayu gini nggak tega deh dengernya, akhirnya beli deh beberapa gelang seharga 10 ribu dapat 3 gelang, cukup murah dan bagus karena hasil kerajinan tangan asli.


Foto dulu guyss..




Cukup puas di kawasan Pantai Kuta, kami lanjut ke Pantai Tanjung Aan untuk menikmati makan siang disana. Sebenarnya bisa saja sih kami makan di Pantai Kuta ini, tapi pengen sekalian explore pantai yang lain kan yaa. Dari Pantai Kuta ke Tanjung Aan cuma butuh waktu 15 menit saja. Begitu sampai langsunglah kami menyantab bekal yang sebelumnya udah dibeli tadi dijalan, nama bekalnya adalah Nasi Puyung. Nasi Puyung ini adalah nasi khas Lombok yang penyajiannya menggunakan daun pisang berbentuk kerucut, didalamnya ada nasi, ayam suwir, kacang, serundeng, dan telur. Sekilas memang mirip nasi campur dan tentu rasanya juaraaa, buat saya kangen makan Nasi Puyung!


Tekstur pasirnya bulat seperti merica.

 

Selesai makan di tepi Pantai Tanjung Aan, kami lanjut ke Bukit Merese. Bukit Merese ini berada satu kawasan dengan Tanjung Aan, jadi hanya perlu satu kali parkir bisa dapat dua destinasi wisata. Bukit Merese ini yang bener-bener pengen saya kunjungi saat ke Lombok sih, karena sebelumnya udah nyari foto explore Lombok yang banyak muncul dan dapat hasil foto yang bagus adalah di Bukit Merese ini. Jadi tidak sabar dan kami segera mendaki bukit ini. Tenang aja untuk sampai ke ujung bukit hanya butuh waktu 5 menit saja kok, jadi tidak begitu lelah.



Sampai diatas bukit saya dibuat takjub dengan pemandangan disana. Karena dilihat dari atas bukit kita jadi bisa melihat hamparan bukit-bukit yang menjulang tinggi dan dibawahnya langsung hamparan pantai yang luas. GILAAA BAGUSS BANGEETT!!
Langsung deh tanpa pikir panjang segera ambil kamera dan berfoto dengan berbagai pose yang kece tidak lupa foto pakai kain songket khas Lombok juga dong. Sebenarnya agak takut juga sih kalau diatas bukit gini tapi rasa takut itu hilang karena pemandangannya bener-bener juara dehh rugi kalau nggak jalan nyari spot foto gitu.





Karena terlalu bagus jadilah saya berfikir untuk mengabadikan pemandangan ini dengan bentuk video, buat kalian yang kepo sama videonya bisa deh langsung dicek di Instagram saya @aldilasalma (promossiiii haha).




Puas berfoto akhirnya kami turun lagi untuk pulang dan tujuan selanjutnya adalah wisata kuliner. Hmmm  pasti pada kepo makanan apa yang saya pilih kali ini. Tunggu di review saya selanjutnya besok ya!

 

Nih yang mau lihat cuplikan video keindahan Kuta Mandalika!

 

Tips and Trick

- Bawa kamera

- Cari bukit yang agak sepi biar hasil foto memuaskan

- Lebih baik datang menjelang sunset, karena baguss

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY