10 Wisata di Padang Lawas, Candi Tua Hingga Wisata Alam Keren


Fida  February 27, 2022  0 Comment

Padang Lawas dikenal sebagai salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Daerah yang satu ini kerap didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah karena menawarkan banyaknya tempat wisata. Kamu dapat mengunjungi beberapa pilihan tempat wisata mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata bersejarah. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 10 rekomendasi tempat wisata di Padang Lawas yang menarik untuk kamu kunjungi.

1. Candi Sipamutung

candi sipamutung
tribunmedanwiki.tribunnews.com

Candi Sipamutung menjadi salah satu rekomendasi wisata di Padang Lawas yang sangat menarik untuk kamu kunjungi. Tempat wisata bersejarah yang satu ini berlokasi di daerah Siparau, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas. Saat mengunjunginya, kamu akan dimanjakan dengan adanya bangunan candi serta pemandangan di sekelilingnya.

Candi ini memiliki bangunan utama yang berukuran 74 x 74 meter. Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa candi yang terletak di sekitar bangunan utama dengan ukuran yang bervariasi. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta tempat wisata bersejarah. Selain itu, candi ini juga menawarkan banyak tempat menarik yang biasa dimanfaatkan untuk berfoto.

Gotravelly

Samosir, Pulau Negeri Dongeng Sumatera Utara

Pesona Pulau Pandang Batubara Sumatera Utara

2. Danau Gayambang

danau gayambang
andalastourism.com

Tidak hanya tempat wisata bersejarah, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata alam saat ingin datang ke salah satu tempat wisata di Padang Lawas. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di daerah Ujung Batu, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas.

Danau ini dikenal menawarkan keindahan yang sangat luar biasa. Tidak hanya hamparan perairan yang luas dan bersih, kamu juga akan dimanjakan dengan indahnya pepohonan yang ada di sekeliling danau. Karena keindahannya, tidak heran jika danau ini digunakan sebagai lokasi foto prewedding atau sesi foto lainnya. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk dan asri. Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati langsung oleh pengunjung diantaranya adanya tempat parkir, toilet, hingga tempat bersantai.

3. Air Terjun Katobung

air terjun katobung
pariwisatasumut.net

Air Terjun Katobung juga menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Padang Lawas yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan air terjun dengan aliran air yang deras dan jernih. Tidak hanya menikmati pemandangan indah yang ditawarkan, pengunjung juga dapat mencoba langsung bermain air. Meskipun hanya memiliki ketinggian 3 meter, tetapi air terjun ini tetap indah dan memukau.

Air Terjun Katobung bisa kamu kunjungi di daerah Papaso, Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Padang Lawas. Pengunjung juga dapat mencoba sensasi menaiki perahu di sekitar aliran air terjun. Seru sekali bukan?

4. Candi Sangkilon

candi sangkilon
belantarakhatulistiwa.blogspot.com

Saat ini datangnya salah satu tempat wisata di Padang Lawas, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang ke tempat wisata bersejarah. Terdapat beberapa candi yang sangat direkomendasikan untuk kamu datangi salah satunya adalah Candi Sangkilon. Tempat wisata yang satu ini sudah cukup populer di kalangan wisatawan. Jika penasaran, kamu dapat mengunjunginya di daerah Sangkilon, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas.

Candi ini disebut dengan Candi Sangkilon karena memiliki lokasi yang tidak jauh dengan Sungai Sangkilon. Bangunan utama candi ini memiliki ukuran sekitar 11 x 11 meter. Di sekitar bangunan utama terdapat candi-candi kecil dengan ukuran sekitar 3 x 3 meter. Candi ini juga memiliki prasasti yang dibuat dari lempengan emas dan kini disimpan di Museum Nasional.

5. Candi Tandihat

candi tandihat
sentralberita.com

Selain Candi Sangkilon, Candi Tandihat juga menjadi rekomendasi tempat wisata di Padang Lawas yang sayang untuk kamu lewatkan. Karena sudah ada sejak abad ke-16, maka tidak heran jika bangunan candi sudah tidak sempurna lagi. Candi ini memiliki 1 bangunan induk dan 2 bangunan yang dibutuhkan untuk para perwira.

Di dalam situs ini juga tempat ditemukan arca perunggu yang kini sudah diamankan di Museum Nasional. Hal itu bertujuan agar arca perunggu tidak disalahgunakan oleh orang. Jika penasaran dengan bangunan serta sejarahnya, kamu dapat mengunjungi candi ini di daerah Tandihat, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas.

6. Aek Siraisan

aek siraisan
beritasumut.com

Salah satu tempat wisata di Padang Lawas yang cukup populer adalah Aek Siraisan. Bahasa Padang Lawas, aek memiliki arti air. Tempat wisata Aek Siraisan sungai yang membelah wilayah Siraisan.

Karena menawarkan suasana yang sangat santai dengan pemandangan indah, tidak heran jika kawasan ini banyak didatangi oleh wisatawan untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Pengunjung dapat bersantai dan menikmati suasana yang ditawarkan atau mencoba untuk bermain air. Waktu terbaik untuk datang ke tempat wisata ini adalah saat pagi atau sore hari. Saat sore hari tiba, pengunjung dapat menikmati langsung indahnya pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

7. Batu Kapur Paranginan

batu kapur paranginan
gantari.id

Rekomendasi tempat wisata di Padang Lawas berikutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Batu Kapur Paranginan. Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang satu ini merupakan batu kapur dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan pahatan-pahatan alami yang terbentuk dari panas serta air hujan.

Karena keindahannya, tidak heran jika banyak wisatawan yang datang dan menyempatkan untuk berfoto.
Tempat wisata yang satu ini berlokasi di daerah Paranginan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas.

8. Air Terjun Siranap

air terjun siranap
andalastourism.com

Tempat wisata di Padang Lawas yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Siranap. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di daerah Janji Matogu, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas.

Air terjun yang satu ini dikenal memiliki aliran air yang deras dan jernih. Meskipun musim kemarau tiba, aliran air disini dikenal tidak pernah susut. Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjung harus menyiapkan tubuh yang fit karena jalanan yang dilalui cukup sulit dan terjal. Tertarik untuk mengunjungi keindahan Air Terjun Siranap?

9. Danau Tao

danau tao
kompasiana.com

Danau Tao juga dikenal sebagai rekomendasi yang tepat untuk dikunjungi bagi kamu yang ingin datang ke salah satu tempat wisata di Padang Lawas. Danau ini memiliki ukuran sekitar 2 hektar dan pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan perairan serta pepohonan yang indah di sekelilingnya. Pengunjung juga dapat menikmati adanya bukit hijau yang menjadikan pemandangan tampak semakin menakjubkan.

Jika ingin datang ke Danau Tao, kamu dapat menuju ke daerah Batang Onang Baru, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara.

10. Aek Hapung

Wisata di Padang Lawas
pariwisatasumut.net

Tidak perlu bingung menentukan tujuan tempat wisata, kamu dapat mengunjungi Aek Hapung. Tempat wisata yang satu ini merupakan sungai dengan banyaknya bebatuan yang dikenal menyerupai kereta laju. Bebatuan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Meskipun tampak sederhana, tetapi tempat wisata alam yang satu ini menawarkan keindahan serta suasana yang dan membuat wisatawan enggan pulang. Kamu dapat mengunjungi wisata ini di daerah Hapung, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas.



Leave a Reply