8 Air Terjun Di Bali Tawarkan Keindahan Tersendiri


Reni  December 13, 2017  0 Comment

Air terjun di Bali cukup terkenal sebagai tempat wisata alam di Bali. Bali sebagai daerah pariwisata nomor satu di Indonesia memiliki faktor alam yang kuat untuk menjadi destinasi liburan yang setiap tahunnya tidak pernah sepi turis. Banyak yang menjadikan Bali sebagai tempat liburan wajib untuk menikmati suasana liburan yang lebih terasa dan memberikan pengalaman pelepas stress yang tidak pernah mengecewakan. Berwisata ke Bali tidak hanya ke pantai  atau pura lho, ada banyak air terjun di Bali yang juga bisa jadi tujuan wisata Anda ketika datang ke Pulau Dewata ini. Air terjun yang memberikan pemandangan menyejukkan mata, deburan air yang menghantam daratan seakan bisa membawa kita terbawa dengan suasana, bisa menjadi tujuan alternatif di mana Anda bisa main air tanpa harus berhadapan dengan ombak laut. Berikut ini adalah beberapa air terjun di Bali yang bisa Anda kunjungi sebagai tempat wisata untuk agenda liburan selanjutnya. Jangan lupa bawa perlengkapan kamera Anda!

 

Air Terjun Banyumala

Air Terjun Banyumala

Lokasi air terjun di Bali ini ada di Desa Pakraman Wanagiri, Sukasada, Kabupaten Buleleng. Letaknya tidak jauh dari Danau Buyan. Untuk mencapai lokasi air terjun kembar ini memang agak sulit, akses menuju kolam air terjun cukup curam sehingga disarankan untuk menggunakan jasa pemandu untuk membawa turis ke lokasi air terjun ini tanpa nyasar-nyasar. Namun perjalanan yang cukup beresiko terasa tidak lagi menyusahkan karena begitu sampai ke air terjunnya, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun kembar yang tinggi dan suara curahan air yang menyejukkan. Di sekitar air terjun ditumbuhi tumbuhan hijau yang membuatnya tampak indah menjadi objek foto kenang-kenangan. Kolamnya pun jernih dan tidak dalam sehingga pengunjung bisa menikmati sambil santai dan main air.

review kuliner dan tempat wisata

Air Terjun Sumber Pitu Tumpang Yang Sejernih Kaca

Menjelajahi Keindahan Air Terjun Madakaripura Bersama GoTravelly

Air Terjun Juwuk Manis

Air Terjun Juwuk Manis

Letaknya ada di Desa Manggisari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana. Apabila berangkat dari Denpasar memang agak jauh, jaraknya sekitar 75 km dari ibukota provinsi tersebut. Sama seperti air terjun di Bali pada umumnya, untuk bisa sampai ke air terjun ini memang membutuhkan perjuangan karena letaknya yang di tengah hutan dan cukup tersembunyi. Anda harus melewati jalan seapak yang cukup curam dan kadang disembunyikan oleh semak-semak. Juwuk Manis juga merupakan air terjun kembar dengan ketinggian hanya sekitar 4m. Berenang di kolam air yang sejuk dan jernih ini akan membuat Anda merasa seperti punya kolam alam pribadi karena tidak banyak orang yang datang ke sini.

 

Air Terjun Peguyangan

Air Terjun Peguyangan

Nusa Penida kini sedang naik daun sebagai tempat wisata di Bali yang punya banyak berbagai macam objek tersembunyi yang meski agak sulit dijangkau namun memberikan pemandangan yang luar biasa bak di surga. Salah satunya adalah Air Terjun Peguyangan yang merupakan turunan air yang menuruni lereng bukit sebelum akhirnya air mengalir jatuh ke laut. Di bagian lereng yang landai terdapat kolam-kolam kecil yang bisa digunakan untuk berendam sambil dipijat turunan air seperti di spa mahal. Untuk bisa ke lereng ini ada tangga curam yang harus Anda turuni. Turunan tangganya cukup menguras adrenaline karena di sisi Anda akan langsung terbuka pemandangan laut biru yang tidak kelihatan batasnya. Air terjun di Bali satu ini cukup diketahui oleh sebagian turis terutama turis mancanegara karena lokasinya yang eksotis. Letaknya ada di Desa Batu Kandik, Kecamatan Klungkung.

Air Terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling

Berjarak hanya 11 km dari Singaraja dengan akses yang tidak begitu sulit. Untuk mencapai air terjun Anda akan melewati pematang sawah yang juga bisa jadi latar belakang menarik untuk foto liburan Anda. Kemudian akan ada tangga menurun kurang lebih 400 meter untuk sampai ke air terjun yang tidak begitu besar ini. Air terjun di Bali ini punya ketinggian sekitar 35 meter yang di kanan dan kirinya adalah dinding tebing dan dedaunan hijau yang membuat suasana jadi terasa sejuk dan menghilangkan semua rasa lelah Anda. Hati-hati apabila ingin berenang di kolamnya karena cukup dalam dan batu-batu di skeitarnya lumayan licin. Namun Anda bisa berenang dan berendam sepuasnya di kolam air terjun yang cukup luas ini.

Air Terjun Tibumana

Air Terjun Tibumana

Lokasi air terjun di Bali ini ada di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Susut, Kabupaten Bangli. Lokasi yang dulunya sulit diakses ini kini makin dibuka perlahan-lahan untuk memudahkan para wisatawan yang datang berkunjung. Pemandangan air terjun yang cukup indah karena di sini Anda bisa melihat air terjun kembar dengan ketinggian sekitar 2 meter yang dikelilingi tanaman hijau yang sejuk. Di bagian bawah tebingnya terdapat goa yang tertutup oleh air terjun bak tirai alami sehingga memberikan kesan yang lebih misterius namun eksotis dan suara gemuruh air yang lebih menggema.

Air Terjun Carat

air terjun di Bali

Dinamakan Carat karena konon katanya bentuknya seperti carat atau kendi air. Lokasinya ada di Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan, 25 km dari Singaraja. Sebenarnya ada dua air terjun yang ada di objek wisata Carat ini namun yang bisa didekati oleh pengunjung hanya yang kecil saja, sementara air terjun yang besar hanya bisa dilihat dari jarak yang agak jauh. Air terjun di Bali ini menurut masyarakat lokal cukup angker. Sehingga bagi para wisatawan yang ingin datang ke sana agar tidak berperilaku seenaknya atau mengeluarkan kata-kata yang kasar. Anda termasuk orang yang suka dengan misteri? Bisa lho datang ke Air Terjun Carat dan rasakan sendiri suasananya.

Air Terjun Pantai Melasti

Air Terjun  di Bali

Bali memang bisa memberikan segala yang dibutuhkan oleh wisatawan,  termasuk pemandangan pantai, tebing, dan juga air terjun dalam satu tempat dengan suasana yang romantis. Di Pantai Melasti yang bisa Anda capai sekitar 15 menit dari Tanah Lot Anda bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan laut yang di pinggirnya terdapa tebing dengan air terjun yang kecil. Air terjun di Bali satu ini banyak menjadi objek foto favorit para wisatawan terutama saat matahari terbenam dengan warna langit yang indah. Cocok untuk Anda yang ingin waktu berduaan romantis bersama dengan pasangan. Untuk bisa bertemu dengan air terjun di Pantai Melasti ini sebaiknya datang di saat musim hujan misalnya pada awal atau pada akhir tahun. Di kala musim kemarau, debit air terlalu kecil untuk menjadi air terjun sehingga tebingnya hanya terlihat seperti tebing biasa.

Air Terjun Nungnung

Air Terjun Nungnung

Jika Anda mencari air terjun di Bali dengan ukuran yang besar, dengan suara gemuruh yang menggetarkan jiwa, Anda bisa datang ke Air Terjun Nungnung. Lokasinya ada di Desa Pelaga, Petang, Kabupaten Badung sekitar 45 menit dari Denpasar. Air terjun ini cukup dikenal sebagai objek wisata jadi untuk mencari lokasinya tidak terlalu sulit karena sudah ada rambu dan plang yang jelas. Debit air yang besar dengan ketinggian sekitar 50 meter plus tentu saja kolam air jernih yang menyejukkan. Letaknya ada di bagian dasar jurang namun sudah ada tangga batu sebagai jalannya. Mungkin memang akan agak melelahkan untuk menuruni dan menaiki tangga ini namun pemandangan air terjun besar ini tidak akan mengecewakan.



Leave a Reply