11 Air Terjun Indah di Bogor Untuk Para Adventurer Sejati

sisil angelin  July 16, 2018  0 Comment

Dikenal sebagai kota hujan, bukan berarti kota Bogor akan mengalami musim penghujan di sepanjang tahun. Pasalnya, di kota yang sangat indah dengan udaranya yang segar ini ternyata memiliki ragam keindahan alam yang sayang untuk diabaikan begitu saja. Keindahan air terjun curug yang tersebar di berbagai wilayah sangat cocok untuk Kamu jadikan sebagai referensi ketika Kamu sedang libur panjang bersama keluarga. Berikut ini beberapa air terjun curug indah di Bogor yang lokasinya diurutkan dari yang terdekat dengan Jakarta hingga yang terjauh.

1. Curug Bojong Koneng

Curug Bojong Koneng

jalan2011kulinerkhas.wordpress.com

Berlokasi di Desa Bojong Koneng, air terjun curug ini lokasinya bisa dibilang cukup dekat dengan ibu kota atau sekitar 1 jam saja, sebab desa tersebut berada di belakang sebuah perumahan mewah Sentul City. Dengan membayar Rp 5,000, Kamu akan bisa menikmati pemandangan indah air terjun dengan segarnya air dan udara di sekitar.
Untuk tiba di sini, Kamu bisa memulai perjalanan dengan naik bus ¾ yang berasal dari terminal blok M dengan mengambil bus jurusan Blok M – Sentul City. Berhentilah di pemberhentian akhir sentul city lalu Kamu bisa naik ojek untuk tiba di lokasi wisata dengan membayar Rp 25,000.

Review wisata

Menengok Keindahan Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Tibrena Mekar & Air Terjun Satu Hati

2. Curug Bidadari

Curug Bidadari

JejakPiknik.com

Dengan jarak tempuh selama 1 jam 30 menit dari Jakarta, air terjun curug yang dikenal dengan sebutan curug Bidadari ini berlokasi di kawasan Sentul. Dengan fasilitas yang cukup bagus seperti halnya kamar mandi dan juga kolam renang yang cukup luas, Kamu bisa mengajak keluarga untuk berlibur di sini.
sedangkan untuk mencapai obyek wisata yang memiliki air deras turun dari tebing ini, Kamu dapat memulai perjalanan dari tol Jagorawi dan Kamu bisa keluar melalui tol sentul city. Beloklah ke kiri pada pertigaan pertama dan belok ke kanan pada pertigaan kedua lalu jalan lurus sampai menemukan pertigaan dengan papan petunjuk telaga Cikeas. Ikuti jalur tersebut sampai menemukan pertigaan dan beloklah ke kanan hingga Kamu menemukan gerbang masuk Sentul Paradise Park. lokasi curug bidadari ada di dalam wisata tersebut.

3. Curug Cigamea

Curug Cigamea

JejakPiknik.com

Lokasinya yang ada di seputaran Gunung Salak Endah dengan waktu tempuh selama 2 jam, air terjun curug Cigamea ini memiliki keunikan tersendiri dengan adanya 2 air terjun yang memiliki pemandangan berbeda. berbagai aktivitaspun bisa dilakukan di sini, termasuk salah satunya adalah terjun dari tebing. Untuk menikmati keindahan curug Cigamea ini, perjalanan bisa dimulai dari terminal Baranangsiang dengan memilih angkot 03 yang mengarah ke Bubulak.
Selain menggunakan angkot, Kamu bisa menggunakan kereta commuter line selepas dari stasiun Bogor dengan menaiki angkot 03 jurusan Bubulak. Selanjutnya, Kamu bisa menaiki angkot dengan jurusan Leuwiliang. Turunlah di pertigaan Cibatok dan perjalananmu bisa dilanjutkan naik angkot jurusan Gunung Picung dan mintalah untuk turun di pemberhentian terakhir. Dari sini, Kamu bisa naik ojek untuk sampai di obyek wisata tersebut.

Baca juga :  20 Spot Wisata Terindah di Indonesia yang Mirip di Luar Negeri

4. Curug Ngumpet

Curug Ngumpet

KSMTour.com

Jaraknya yang bisa ditempuh selama 2 jam dari Jakarta menjadikan air terjun curug Ngumpet ini dikatakan sebagai air terjun yang sangat indah dengan aliran airnya dari tebing yang tinggi. Berada di sekitar Gunung Salak, Pamijahan, Bogor, air terjun dengan ragam aktivitas menarik di dalamnya ini memiliki akses yang cukup mudah.
Untuk mencapai curug Ngumpet ini, perjalananmu bisa dimulai dari terminal Baranangsiang, Bogor. Dari sini, Kamu naik angkot jurusan Bubulak – Cibungbulang – Gunung Picung. Dari gunung picung ini, perjalananmu bisa dilanjutkan dengan menggunakan ojek hingga pada akhirnya tiba di lokasi wisata gunung Salak Endah. Air terjun ngumbet berlokasi di dalam obyek wisata tersebut.

5. Curug Pangeran

Curug Pangeran

nizarnizar.com

air terjun curug Pangeran merupakan destinasi wisata yang bisa Kamu tempuh dari Jakarta selama 2 jam perjalanan. Obyek wisata yang ada di kecamatan Pamajihan ini memiliki berbagai fasilitas seperti halnya toilet dan juga parkir kendaraan yang memadai. Keindahan air terjun dengan airnya yang sangat bersih dan segar ini bisa Kamu nikmati dengan menempuh rute perjalanan dari Jakarta, Kamu bisa ambil tol Jagorawi dan keluar gerbang tol lingkar luar Bogor.
Dengan melewati fly over, sampailah Kamu di lampu merah pertama dan beloklah ke kiri mengarah ke Taman Yasmin. Teruslah sampai Kamu menemukan Terminal Bubulak. Dari terminal ini, Kamu bisa belok kanan pada jalur yang mengarah ke kampus IPB Dramaga. Setelah melintasi kampus ini, Kamu akan menemukan pertigaan Cibatok, lalu belok ke kiri sekitar 15 km hingga menemukan wisata curug Pangeran.

6. Curug Cihurang

Curug Cihurang

JejakPiknik.com

Jika Kamu berwisata di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kamu bisa singgah ke air terjun curug Cihurang yang lokasinya bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan dari Jakarta. pesona alam curug Cihurang yang disajikan dalam bentuk keindahan kolam renang alami dengan taman yang cocok untuk anak-anak menjadikan tempat wisata ini banyak dikunjungi pengunjung.
Untuk tiba di lokasi ini, berangkat dari Bogor, Kamu bisa menggunakan angkot 03 jalur Bubulak. Selanjutnya, Kamu disarankan untuk naik lagi angkot Leuwilang dan turun di Cibatok. Perjalanan dilanjutkan dengan naik angkot menuju Gunung Picung dan berhentilah di pemberhentian terakhir. Dari sini Kamu bisa berjalan kaki ataupun naik ojek untuk menuju wisata air terjun curug Cihurang.

Baca juga :  Pesona 7 Air Terjun Terindah di Papua Menggetarkan Jiwa

7. Curug seribu

Curug seribu

alamterdiam.blogspot.com

Daya tarik tersendiri air terjun curug Seribu bisa Kamu rasakan dengan menempuh perjalanan selama 2 jam dari Jakarta. Meskipun perjalanan untuk menjangkau obyek wisata ini sangatlah menantang, curug yang memiliki debit air yang tinggi dengan ketinggian air terjun mencapai 100 meter ini menjadikan setiap wisatawan tertarik untuk menaklukkan medan yang menantang ini. Jika Kamu ingin menikmati keindahan alam yang juga dibarengi dengan tingkah laku konyol para monyet di Curug Seribu, Kamu bisa memulai perjalanan dari terminal Barangsiang.
Dengan naik angkot 03 jalur Bubulak dan naiklah kembali angkot dengan jalur Leuwiliang dan Kamu bisa turun pada pertigaan Cibatok ataupun juga Cibungbulang. Perjalanan disambung dengan naik angkot menuju ke pemberhentian terakhir jalur gunung picung. Dari sini, Kamu bisa naik ojek hingga sampai di pos jaga wana wisata gunung Salak Endah. Air terjun seribu ada di dalam lokasi ini.

8. Curug Panjang

Curug Panjang

denubay.blogspot.com

Dengan membayar Rp 6000 yang juga telah mencangkup asuransi, Kamu akan disuguhkan dengan keindahan air terjun curug panjang yang memiliki kolam dengan air yang sangat jernih. Keindahan tempat wisata yang ada di Mega Mendung dan bisa ditempuh dengan waktu 1 jam 15 menit dari Jakarta ini akan memanjakanmu dengan ragam aktivitas seperti berkemah dan memancing.
Untuk tiba di lokasi, dari arah Ciawi, Kamu bisa belok ke kiri pada pertigaan kawasan Megamendung ataupun di Masjid Jami Nurul Huda. Dari pertigaan ini, dibutuhkan jarak tempuh sekitar 8km dengan medan yang cukup menantang. Melalui jalur tersebut, Kamu akan menemukan Unilever Learning Center dan beloklah ke kanan. Perjalanan akan melewati hutan pinus dan Kamu akan menemukan rumah yang sangat besar di sebelah kanan jalan. Dari sini, perjalanan bisa diteruskan hingga Kamu tiba di lokasi wisata.

9. Curug Naga

Curug Naga

Kesiniaja.com

Bisa dibilang air terjun curug Naga ini tidak sepopuler curug-curug lainnya yang ada di Bogor, namun destinasi wisata ini sangat cocok untuk Kamu kunjungi mengingat lokasinya yang dekat dengan curug Panjang. Jernihnya aliran sungai dan segarnya udara di sekitar menjadikan curug naga sebagai destinasi wisata keluarga yang sangat direkomendasikan.
Untuk dapat sampai di lokasi, berangkat dari arah Ciawi perjalanan bisa dilanjutkan kearah puncak. Sesampai di Cipayung, Kamu akan menemukan Masjid Nurul Huda yang dikenal dengan sebutan Masjid Megamendung. Dari sini, Kamu belok ke kiri dan jalan lurus sampai menemukan papan Unilever. Terus ikuti jalan sepanjang 2km sampai Kamu menemukan pertigaan dan Kamu bisa belok ke kiri yang akan mengarah ke air terjun curug Naga.

Baca juga :  10 Rekomendasi Kuliner Malam di Bogor Enak Dinikmati Hangat

10. Curug Cilember

Curug Cilember

idtempatwisata.com

Curug Cilember berada di Kecamatan Cisarua dan bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 1 jam 30 menit dari Jakarta. Air terjun curug yang satu ini memiliki tujuh tingkatan dengan dan untuk menikmati pesona indah air terjun ini, Kamu akan melewati jalan setapak dengan pepohonan di sepanjang jalan tersebut. Selama perjalanan, Kamu akan menikmati keindahan taman kupu-kupu dan bisa berbelanja di kios yang pastinya akan sangat menyenangkan.
Bagi Kamu yang tertarik untuk menikmati keindahan alamnya, dari arah Depok, Kamu bisa mengambil jalur Jalan Raya Jakarta – Bogor. Setibanya di Ciawi, Kamu bisa menggunakan jalur yang mengarah ke Puncak. Sesampainya di depan hotel USSU Cisarua ataupun Kedai Sate H. Kadir, Kamu bisa mengikuti papan petunjuk jalan yang mengarah ke Curug Cilember. Ikuti jalur tersebut hingga bertemu dengan pertigaan dan beloklah ke kanan sejauh 1,5km hingga Kamu menemukan pintu masuk curug Cilember.

11. Curug Nangka

Curug Nangka

tempatwisatadibogor.net

Bukan berarti namanya curug Nangka, Kamu akan menemukan banyak nangka di sini. air terjun curug nangka ini pada hakikatnya adalah obyek wisata yang ada di Ciapus, Bogor, Jawa Barat. air terjun yang memiliki 3 tahapan ini jatuh dari tebing setinggi 10 – 20 meter. Berada di ketinggian 750 mdpl, air terjun ini ada di Desa Warung Loa, Tamansari, Bogor.
Untuk mengunjungi lokasi wisata ini, Kamu bisa menggunakan angkutan umum dari Bogor Trade Center dengan naik angkot jurusan Ramayana – Ciapus dengan jarak 25km. Mintalah sopir untuk turun di pertigaan yang dekat dengan curug Nangka. Ambil jalan ke kiri yang menuju ke pintu masuk air terjun curug Nangka.
Keindahan air terjun curug yang ada di Bogor memang sangat memukau sehingga banyak wisatawan yang berkunjung demi menikmati eksotisme pemandangan alam di sana. Berbagai altivitaspun juga bisa dilakukan selama berada di lokasi tersebut. dengan banyaknya pilihan air terjun di Bogor dengan keunikan masing-masing, hal ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk Kamu yang sedang libur panjang dan ada di Bogor untuk liburan.