8 Museum di Madiun yang Kaya Akan Sumber Pengetahuan


Rio Handika  October 31, 2023  0 Comment

Madiun merupakan salah satu kota dengan banyak sejarah. Terutama sejarah tentang negeri Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Tek heran jika banyak museum di Madiun sebagai bukti mengenai kehidupan sejarah beberapa waktu silam. 

Tak hanya berfungsi sebagai penyimpanan dalam bentuk fisik akan benda-benda yang bersejarah, namun museum juga dapat dijadikan sarana rekreasi edukatif bagi pengunjungnya. Nah, mau tau museum – museum yang ada di kota Madiun Jawa Timur? Yuk simak ulasannya di bawah ini dengan seksama. 

Apa Itu Museum ? 

Sebelum memasuki pembahasan mengenai museum apa saja yang terdapat di Madiun, alangkah baiknya kita ketahui dahulu apa yang dimaksud dengan museum itu sendiri.

Menurut UU peraturan pemerintah Nomor 66 tahun 2015 tentang museum, Museum merupakan lembaga yang memiliki fungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi, serta mengkomunikasikan terhadap masyarakat. Jadi, pada intinya museum dapat diartikan sebagai tempat yang melindungi benda – benda yang berhubungan dengan sejarah dan sebagai tempat mempublikasikannya kepada masyarakat. 

Museum memiliki beberapa jenis, dan yang membedakan jenis museum tentunya berdasarkan barang atau benda yang terdapat didalamnya serta asal usulnya. Adapun beberapa jenis museum yakni :

  • Museum Arkeologi (Museum ini menyimpan benda bersejarah seperti fosil dan lainya). 
  • Museum seni (museum yang memamerkan karya seni seperti lukisan, karya ukir atau pahat dan lainya) 
  • Museum Biografi (menyimpan benda-benda yang berhubungan dengan data diri seseorang yang berpengaruh) 
  • Museum anak (berisi benda yang berkaitan dengan anak, biasanya dapat disentuh langsung oleh pengunjung) 
  • Museum Sejarah (menyimpan benda-benda peninggalan sejarah) 
  • Museum militer (menyimpan benda-benda yang berhubungan dengan militer atau peperangan.) 
  • Museum etnografi (museum yang memamerkan benda atau hal yang berkaitan dengan kematian) 

Keberadaan museum di Indonesia tentunya sangat penting. Hal itu dikarenakan museum tidak hanya memiliki fungsi sebagai pelindung benda-benda cagar budaya. Melainkan juga sebagai tempat pengembangan serta pengetahuan bagi publik.

Baca juga :  10 Museum Iptek (Ilmu Pengetahun dan Teknologi) di Indonesia

Nah, setelah mengetahui apa itu museum dan jenisnya, mari simak ulasan berikut mengenai museum di Madiun Jawa Timur yang kaya akan pengetahuan sejarah. 

8 Museum di Madiun Jawa Timur

Jika dibanding kota – kota lainya, Madiun tentu tidak begitu terkenal dengan aneka wisatanya. Madiun justru lebih terkenal dengan kulinernya. Namun siapa sangka jika madiun menyimpan banyak sekali ilmu pengetahuan sejarah Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa museum di Madiun. Berikut beberapa museum yang terdapat di kota Madiun :

1. Museum Sasana Wiratama

museum sasara wiratama
google.com

Selanjutnya ada museum di Madiun yang bernama Museum Sasana Wiratama. Museum ini termasuk jenis museum sejarah. Museum ini telah berumur 31 tahun dan menyimpan berbagai benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan kemerdekaan negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Koleksi – koleksi di museum ini dibagi menjadi beberapa ruangan. Diantaranya ada Ruang Panglima Besar jenderal Sudirman, Ruang Perang Kemerdekaan Indonesia, Ruang Perjuangan di wilayah Jawa Timur, serta Ruang Kemerdekaan Indonesia.

Adanya macam-macam koleksi mulai dari senjata, pakaian, foto dokumen-dokumen sejarah, hingga replika gerakan pasukan dan pesawat tempur yang digunakan pada masa perang, membuat Anda seoalah sedang menyaksikan langsung proses perjuangan orang-orang terdahulu dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia. 

Alamat : Jalan Raya Madiun Ngawi, Desa Watu Gunung, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Jam buka : setiap hari ( 09.00 – 15.00) 

2. Museum Kresek – Museum di Madiun

museum kresek
google.com

Museum Kresek merupakan salah satu museum yang paling terkenal di Madiun. Museum ini juga  dijadikan sebagai peringatan kejadian sejarah berdarah di Indonesia. Hal itu dikarenakan museum Kresek sengaja didirikan sebagai pengingat pada pemberontakan PKI yang terjadi pada tahun 1948 yang lalu.

Awal pembangunan Museum ini sekitar tahun 1987 dan selesai di tahun 1991 yang kemudian langsung diresmikan oleh Gubenur Jawa Timur pada saat itu. Yakni oleh bapak Soelarso pada tanggal 10 Juni 1991. Hingga kini museum di Madiun yang satu ini selalu ramai pengunjung baik wisatawan lokal maupun luar daerah. 

Museum Kresek memiliki luas lahan sekitar 2 hektare. Di sekitar bangunannya terdapat taman sejuk dan asri yang bisanya dijadikan tempat nongkrong atau rekreasi para pengunjungnya.

Baca juga :  9 Museum Militer di Dunia, Koleksinya Bikin Terpana

Alamat : sewu, Kresek, Kecamatan Wungu, kabupaten Madiun, Jawa Timur. 

3. Museum Kereta Api Madiun

museum kereta api
antaranews.com

Selanjutnya ada museum Kereta Api Madiun yang beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial. Hal tersebut tentu dikarenakan keunikan perpaduan cafe dan Museum dalam satu gedung. Disini, pengunjung dapat memesan makananan di prototip kereta, dan memakannya di dalam kereta kuno ” Si Belo Kuda Troya ” Yang sudah di desain senyaman mungkin. 

Si Belo Kuda Troya adalah cikal bakal kereta penumpang asli buatan dalam negeri. Itulah yang membuat kereta ini dimuseumkan sebagai bukti fisik kemajuan teknologi pada masa itu. Untuk museum kereta apinya sendiri berada di dalam gedung PT. INKA. Pengunjung dapat mempelajari sejarah perkeretaapian melalui metode kekinian yakni touch screen atau layar sentuh. 

Dalam museum ada juga miniatur kereta yang bergerak serta mini bioskop yang berkapasitas hingga 16 orang. Bioskop dalam museum tersebut menampilkan film-film seputar sejarah  perkeretaapian Indonesia. 

Alamat : Madiun Lor, kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur. 

Jam buka : setiap hari (09.00 – 22.00) 

4. Museum KRT Dr. Radjiman Wedyodiningrat

museum dr krt radjiman
google.com

Seperti namanya, museum K. R. T Dr. Radjiman Wedyodiningrat merupakan museum yang asalnya merupakan kediaman dr. Radjiman Wedyodiningrat. Museum ini di renovasi seperti sediakala saat Dr. Radjiman pertama kali memempati bangunan ini sebagai seorang dokter hingga tutup usia. 

Mengenai asal usul didirikannya rumah ini hingga saat ini masih Simpang siur, ada yang mengatakan rumah ini asalnya adalah bangunan peninggalan Belanda. Adapula yang mengatakan bahwa rumah tersebut merupakan hadiah dari keraton Solo kepada Dr. Radjiman Wedyodiningrat. 

Hingga kini museum tersebut masih terjaga dan terpelihara seperti sediakala. Pihak pengelola selalu melakukan perbaikan jika ada kerusakan demi menjaga warisan budaya. 

Alamat : Dusun Paldaplang, Kauman,Widodareb,Jalan dr. Radjiman, Madiun, Jawa Timur. 

Jam buka : setiap hari (08.00 – 16.00) 

5. Monumen TGP Madiun

Monumen TGP merupakan salah satu museum di Madiun yang bertempat di halaman SMPN 2 Saradan. Dahulunya tempat ini adalah markas TGP (Tentara Genie Pelajara). Monumen ini dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan sekaligus untuk memperingati hari ulang tahun TGP yang ke 75 tahun. 

Baca juga :  10 Museum Antropologi Terkenal di Dunia

Monumen ini memiliki tinggi sekitar 6 meter, memiliki ornamen yang menyerupai senjata dan sehelai bulu. Di lokasi inilah saksi TGP bertempur hebat melawan penjajahan Belanda yang mengakibatkan gugurnya pemuda bernama Subagijo dan Suparno. 

Walaupun kebanyakan pasukan dari pelajar, namjn pada Pertempuran tersebutlah  warga Indonesia mampu menghancurkan beberapa alat tempur milik Belanda. 

Alamat : oro oro ombo, kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jatim

Jam buka : setiap hari 24 jam. 

6. Purabaya Museum – Museum di Madiun

purabaya museum
google.com

Selanjutnya yang merupakan museum di Madiun yakni ada Purabaya Museum. Museum yang didirikan sejak tahun 2018 ini menyimpan berbagai macam fosil dan benda-benda bersejarah peninggalan zaman purba. Asal nama Purabaya juga berasal dari nama kota Madiun sebelum ditaklukkan oleh Kerajaan Mataram baru. 

Museum ini mengusung konsep tematik periodik yang artinya bahwa Koleksi yang ada di dalam museum akan diubah 6 bulan sekali mengikuti tema kesejarahan kota Madiun. Atau mengikuti pembabakan sejarah kota Madiun. Jadi, isi museum tidak tetap dan dapat berubah sewaktu-waktu. 

Alamat : Jalan Palempayung, Gunungsari, Madiun, Jawa Timur. 

7. Monumen MASTRIP – Museum di Madiun

monumen mastrip
google.com

Monumen MASTRIP merupakan sebuah Monumen yang dibangun untuk mengenang jasa perjuangan para pelajar yang rela berjuang melawan penjajahan demi kemerdekaan Indonesia. Kata MAS merupakan sapaan untuk pemuda Jawa, yang mana para pelajar tersebut adalah pemuda – pemudi yang tergabung dalam “TRIP” singkatan dari Tentara Republik Indonesia Pelajar. 

Nah, untuk mengenang jasa MASTRIP, maka dibangunlah Monumen patung yang bernama Moeljadi yang berdiri tegak mengangkat senjata. Anda dapat berkunjung bersama keluarga ke Monumen ini sambil meneladani perjuangan para pelajar dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Alamat : Jalan MASTRIP, Klegen, Kecamatan Taman, Madiun, Jawa Timur. 

Jam buka : setiap hari 24 jam. 

8. Museum Brotosowirjo – Museum di Madiun

museum brotosowirdjo
google.com

Museum Brotosowirjo merupakan museum di Madiun yang menyimpan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan kota Madiun. Jika dilihat dari segi bangunan, museum ini adalah sebuah bangunan peninggalan jaman Belanda. Adapun benda-benda yang terdapat di dalamnya tentu berkaitan dengan jaman penjajahan Belanda. 

Museum ini biasanya banyak dikunjungi para pelajar yang ingin mengulik lebih dalam informasi sejarah Madiun pada masa penjajahan. 

Alamat : Biarin, Jiwan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. 

Jam buka : setiap hari 24 jam. 

source : https://www.youtube.com/@daftarwisata

Demikian ulasan singkat mengenai pengertian serta 8 nama museum di Madiun yang sangat bersejarah. Informasi tersebut dapat menambah wawasan bagi anda yang tengah mencari informasi seputar Museum – museum yang ada di Indonesia khususnya yang berada di kota Madiun. 



Leave a Reply