Museum Rambut Hingga Vodoo, Berikut 10 Museum Paling Aneh Di Dunia


Reni  December 20, 2019  0 Comment



Museum menjadi salah satu destinasi tempat wisata yang menyajikan beraneka ragam koleksi langka seperti benda-benda, flora dan fauna langka, hingga bermacam-macam koleksi yang dirasa sakral atau memiliki makna sejarah. Oleh sebab itu tak heran bila banyak museum paling aneh di dunia yang patut dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki nilai sejarah dan menambah wawasan.


Namun, tahukah Anda apa itu museum ? Museum adalah suatu bangunan yang menjadi tempat wisata dengan menyajikan beberapa koleksi-koleksi benda mati ataupun flora dan fauna yang hidup di jaman prasejarah atau yang dikatakan langka dengan tujuan untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan seorang pengunjung sehingga museum selalu menjadi tempat wisata bersifat edukasi.


Di dunia sendiri terdapat beberapa museum yang memiliki beberapa koleksi barang ataupun flora dan fauna yang cukup aneh sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjungi museum tersebut. Inilah beberapa museum yang memiliki koleksi paling aneh di dunia diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Royal Mummy Room

Royal Mummy  Room
egypttoursportal.com


Untuk Anda yang tertarik dengan zaman prasejarah khususnya zaman Raja Firaun, maka Anda dapat mengunjungi museum Royal Mummy Room yang berlokasi di Kota Kairo, Mesir. Di Royal Mummy Room ini Anda akan melihat secara langsung koleksi mummy Raja Firaun seperti mummy Firaun Thutmois III, mummy Firaun Thutmois IV, hingga Firaun Amenophis II.

Konon katanya koleksi mummy Firaun di museum Royal Mummy Room ini berusia diantara tahun 1069 hingga 1550 sebelum masehi sehingga museum ini menjadi museum dengan koleksi mummy paling tua di dunia.

Selain memiliki koleksi mummy dari zaman Raja Firaun, museum Royal Mummy Room ini juga memiliki koleksi lainnya dari zaman tersebut seperti artefak patung, meja, kursi hingga sakrofagus di zaman Raja Firaun.

Gotravelly

Nasi Goreng Pak Tofa (Warung Doa Ibu)

Seblak Jeletet Murni

2. Museum Rambut

 Museum Rambut
medium.com


Seperti namanya yakni Museum Rambut, museum ini memang menjadi salah satu museum yang mengoleksi benda aneh di dunia yakni berisikan jenis rambut manusia. Museum yang berlokasi di Avanos, Cappadocia Turki ini menjadi salah satu museum yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun domestik.

Sebab, di museum rambut ini terdapat 16.000 koleksi rambut para wanita yang di dapat dari potongan rambut pengunjung yang dengan sengaja memotong rambutnya untuk disumbangkan pada museum rambut di Turki ini.

Maka tak heran apabila museum rambut ini dianugerahi rekor dari Guinness Book Of Wolrd Records sebagai museum dengan koleksi rambut terbanyak di dunia. Museum yang di dirikan sejak tahun 1979 ini hingga kini menjadi destinasi tempat wisata terfavorit di Negara Turki.

3. Museum Kunstkamera

Museum Kunstkamera
sketchesandscratches.wordpress.com


Museum Kunstkamera ini menjadi museum pertama yang dibangun di Negara adidaya yakni Rusia. Museum ini dikatakan sebagai salah satu museum yang memiliki koleksi paling aneh di dunia karena museum ini memajang berbagai koleksi yang tidak masuk akal dan tampak “ngeri” untuk dilihat para wisatawan yang mengunjungi museum Kunstkamera.

Di museum ini Anda dapat melihat beberapa koleksi seperti hewan yang lahir dengan kecacatan, manusia yang lahir dengan kecacatan hingga manusia berkepala dua yang diawetkan di dalam toples.

4. Museum Medieval Instrument

 Museum Medieval Instrument
flickr.com


Musem teraneh di dunia selanjutnya adalah museum Medieval Instrumen yang berlokasi di Praha, Republik Ceko. Museum ini mengoleksi beberapa peralatan yang terbilang cukup seram yakni mengoleksi peralatan untuk menyiksa para tahanan guna memperoleh informasi musuh di era perang dunia II.

Di museum ini Anda akan melihat berbagai alat untuk menyiksa seseorang mulai dari kursi listrik, kursi berpaku, hingga alat untuk memenggal kepala seorang tahanan yang tidak mau berbagi informasi pada pihak Republik Ceko. Untuk Anda yang ingin tahu tentang sejarah perang dunia II maka Anda dapat mengunjungi museum Medieval Instrument di kota Praha.

5. Museum Voodoo

Museum Voodoo
wikimedia.org


Bila di Indonesia terdapat museum santet yang berisikan koleksi alat-alat santet dari Indonesia. Namun, di Amerika Serikat juga terdapat museum yang berisikan koleksi ilmu hitam yakni museum Voodoo yang berlokasi di New Orelands, Amerika Serikat.

Voodoo atau ilmu hitam berupa “santet” dari Negeri Paman Sam ini memang dikenal ampuh untuk membunuh seseorang dengan bantuan hal-hal ghaib. Di museum ini terdapat berbagai media voodoo seperti boneka, jarum, hingga peralatan lainnya untuk melakukan ritual voodoo.

6. Seodaemun Prison History Museum

Seodaemun Prison History Museum
 bloodriceandnoodles.blogspot.com


Selain Medieval Instrument yang memiliki beberapa koleksi peralatan untuk menyiksa seorang tahanan perang dunia II. Di museum Seodaemun Prison History Museum yang berlokasi di Korea Selatan ini pun juga memiliki beraneka ragam peralatan untuk menyiksa dan mengintrogasi tawanan perang di era penjajahan Jepang.

Museum yang masih satu lokasi dengan Seodaemun Independence Park ini memang banyak dikunjungi para wisatawan karena memiliki koleksi barang cukup aneh di dunia.

7. Museum Dessert

Museum Dessert
willflyforfood.net


Untuk Anda penggemar makanan penutup atau dessert maka Anda dapat mengunjungi salah satu museum paling aneh di dunia yang berlokasi di Manila, Filipina ini. Sebab, di museum tersebut terdapat beraneka ragam makanan penutup atau dessert seperti kue donat, permen, bola kapas, dan berbagai macam kue makanan penutup lainnya.

Di museum tersebut Anda dapat berswafoto ria dengan pasangan Anda hingga mencicipi langsung bermacam-macam dessert yang disediakan oleh pengelola museum tersebut.

8. Museum Sisa Hartaku

Museum Sisa Hartaku
kompasiana.com


Museum yang memiliki koleksi paling aneh di dunia selanjutnya ini ada di Indonesia. Museum tersebut adalah museum Sisa Hartaku yang berlokasi di lereng Gunung Merapi, Jogjakarta. Museum ini memang tidak terlihat seperti museum pada umumnya.

Sebab, museum Sisa Hartaku ini adalah bekas rumah penduduk yang terkena musibah meletusnya Gunung Merapi. Di sini Anda dapat melihat beberapa benda yang menjadi “saksi bisu” keganasan letusan Gunung Merapi yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa termasuk Mbah Maridjan selaku juru kunci Gunung Merapi.

9. Museum Santet

 Museum Santet
haibunda.com


Di Indonesia ini juga terdapat salah satu museum yang mengoleksi beraneka ragam media untuk menyantet seseorang dengan bantuan ilmu hitam atau ilmu ghaib. Museum ini terletak di Kota Surabaya dan menjadi satu dengan museum kesehatan.

Disini Anda akan melihat beberapa koleksi alat yang sering digunakan sebagai media santet hingga melihat beberapa koleksi foto seseorang yang menjadi korban dari ilmu santet ini.

10. Museum Phallalogical

Museum Phallalogical
theladytravels.com


Museum selanjutnya yang memiliki koleksi paling aneh di dunia adalah museum Phallalogical yang berlokasi di Islandia. Di museum ini terdapat berbagai koleksi penis hewan yang hidup di darat hingga laut. Total sekitar 215 jenis penis hewan yang menjadi koleksi museum Phallalogical ini.
Museum menjadi salah satu alternatif tempat wisata yang menawarkan beragam macam koleksi benda hingga jenis flora dan fauna yang dikategorikan langka. Akan tetapi, 10 museum tersebut menjadi sebuah museum dengan koleksi benda-benda yang dikategorikan aneh sehingga dapat menarik wisatawan untuk mengunjunginya.



Leave a Reply