10 Oleh-Oleh khas Madiun Yang Menjadi Incaran Wisatawan


Fida  June 14, 2021  0 Comment

Oleh-oleh khas Madiun tak hanya brem masih banyak yang lainnyaMengunjungi tempat wisata menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu saat berlibur. Indonesia memiliki cukup banyak daerah yang dikenal menawarkan banyak tempat wisata alam dengan pemandangan indah. Selain menikmati tempat wisata, Anda juga dapat mencoba berbagai kuliner lezat dari berbagai daerah.

Saat berkunjung ke suatu daerah, ada yang kurang rasanya jika tidak membawa oleh-oleh saat pulang. Madiun dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki cukup banyak oleh-oleh khas.Berikut rekomndasi oleh-oleh khas Madiun

1. Brem

brem oleh-oleh khas Madiun
masakandapurku.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan brem. Brem merupakan salah satu makanan yang cukup terkenal di Madiun. Tidak jarang wisatawan yang memilih brem sebagai oleh oleh khas Madiun untuk dibawa pulang. Satu ini umumnya memiliki bentuk persegi panjang dan dikemas dalam kemasan yang cukup praktis. Anda akan dengan mudah menjumpainya di berbagai toko oleh-oleh di Madiun.

Saat mencoba brem, Anda akan dimanjakan dengan perpaduan rasa manis dan asam yang sangat khas. Tekstur yang padat dan langsung melebur di mulut juga menjadi salah satu ciri khas makanan yang satu ini. Ada cukup banyak jenis brem di Madiun dan salah satu yang cukup populer adalah Brem Mirasa.

Review kuliner dan wisata

Malioboronya Madiun Di Jl. Pahlawan Madiun

Makan Bareng Keluarga Di Resto Itik Emas Madiun, Itiknya Beneran Juara!

2. Sambel Pecel

Sambel Pecel
shopee.co.id

Selain brem, sambal pecel juga menjadi salah satu oleh oleh khas Madiun yang banyak diburu oleh wisatawan. Konon katanya, sambel pecel khas Madiun memiliki cita rasa yang lebih lezat jika dibanding dengan kota-kota lainnya. Sambel pecel dikemas dengan kemasan praktis dan mudah di jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Madiun.

Bahan yang digunakan untuk membuat sambal pecel khas Madiun diantaranya kacang tanah, daun jeruk, cabai, dan berbagai rempah lainnya. Sambal pecel biasa dijual dalam bentuk padat dan untuk menikmatinya Anda hanya perlu menyeduh dengan air panas. Cukup praktis bukan?

3. Kue Manco

Kue Manco
tokopedia.com

Karena mendengar sebutan kue manco? Kue manco merupakan salah satu oleh oleh khas Madiun yang cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Kue yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung ketan. Anda dapat menikmatinya dengan berbagai varian rasa.

Kue yang satu ini biasa hidangkan pagi hari bersama dengan satu cangkir teh atau kopi. Selain itu, kue manco juga cocok disajikan sebagai teman bersantai. Anda dapat menjumpai kue yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Madiun.

4. Lempeng Puli

Lempeng Puli
komunitasbunda1011.wordpress.com

Saat bingung mencari oleh oleh khas Madiun dengan cita rasa lezat, Anda dapat memilih lempeng puli untuk dibawa pulang. Makanan yang satu ini merupakan kerupuk yang dibuat dengan bahan utama beras. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa yang gurih mengkonsumsi kerupuk lempeng puli.

Makanan yang satu ini biasa dijual dalam keadaan matang maupun mentah. Karena cita rasanya yang lezat, tidak jarang lempeng puli banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Madiun. Anda dapat membeli makanan yang satu ini di berbagai toko oleh oleh di Madiun. Dengan kemasan praktis serta harga yang cukup terjangkau, lempeng puli sayang untuk Anda lewatkan.

5. Kue Satu

Kue Satu
shopee.co.id

Salah satu oleh oleh khas Madiun yang sayang untuk dilewatkan adalah kue satu. Kue yang satu ini termasuk jajanan tradisional yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar kacang ijo serta gula pasir. Ini dijual dalam kemasan praktis dan mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh.

Desa Bantengan menjadi salah satu tempat di mana Anda dapat menjumpai beberapa rumah produksi kue satu. Kue yang satu ini semakin laris dan banyak diburu saat bulan Ramadan serta libur panjang tiba.

6. Pentol Corah

Pentol Corah
cookpad.com

Ada yang pernah mendengar sebutan kuliner pentol corah? Pentol Corah merupakan salah satu makanan khas Madiun yang cukup populer. Tidak jarang beberapa wisatawan membeli pentol corah sebagai oleh oleh khas Madiun.

Makanan yang satu ini dibuat dengan campuran berbagai bahan seperti kanji, tepung terigu, dan rempah-rempah. Tidak hanya rasanya yang lezat, adanya tambahan saus yang harus juga menjadikan makanan yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba. Pentol corah dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau serta sangat mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Madiun.

7. Bluder Cokro

toko oleh oleh terdekat
tokopedia.com

Bagi Anda yang bingung menentukan oleh oleh khas Madiun, Bluder Cokro menjadi salah satu makanan yang bisa Anda bawa pulang. Bluder Cokro didirikan sejak tahun 1889 oleh Nyonya Susana. Kini Anda dapat menikmati Bluder Cokro dengan berbagai varian rasa seperti coklat, kismis, strawberry, abon, nanas, original, dan masih banyak lagi.

Makanan yang satu ini juga dibuat dengan cara tradisional dan bebas pengawet. Anda juga dapat membelinya dengan harga yang cukup terjangkau. Tekstur roti yang lembut dan lumer di mulut menjadikan Bluder Cokro sayang untuk Anda lewatkan.

8. Madumongso

Madumongso
medium.com

Madumongso juga menjadi salah satu oleh oleh khas Madiun yang wajib Anda coba. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama ketan hitam yang diolah melalui proses fermentasi menjadi tape. Proses selanjutnya adalah dengan memasak adonan bersama dengan campuran santan dan gula sehingga memiliki tekstur seperti dodol.

Anda akan dimanjakan dengan rasa manis dan asam yang khas. Makanan yang satu ini biasa dibungkus dengan menggunakan kertas warna-warni atau plastik bening. Selain memiliki kemasan menarik dan rasa yang khas, Anda juga dapat membelinya dengan harga yang cukup terjangkau di berbagai toko oleh-oleh di Madiun.

9. Mimosa Lemon

Mimosa Lemon
bukalapak.com

Mimosa Lemon menjadi salah satu oleh oleh khas Madiun yang cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Minuman yang satu ini merupakan minuman tradisional yang memiliki cita rasa segar dan aroma yang khas. Meskipun termasuk minuman tradisional tetapi Mimosa Lemon tetap memiliki banyak peminat hingga saat ini.

Mimosa Lemon akan lebih lezat dinikmati saat diberi tambahan biji selasih serta es batu. Dengan begitu Anda akan merasakan kesegaran yang luar biasa. Saat berkunjung ke Madiun, Mimosa Lemon dapat menjadi rekomendasi oleh-oleh yang tepat untuk dibawa pulang.

10. Semprong

Semprong
idntimes.com

Saat ingin membeli salah satu oleh oleh khas Madiun, semprong dapat menjadi pilihan yang tepat. Makanan yang satu ini akan dengan mudah Anda jumpai di berbagai toko oleh oleh di Madiun. Semprong dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti tepung tapioka, gula merah, air, kelapa, dan lain-lain. Tekstur yang renyah juga menjadikan makanan yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan.

Semprong akan lebih banyak dijumpai saat lebaran tiba. Makanan yang satu ini dijual dengan kemasan yang praktis sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh.



Leave a Reply