10 Tempat Wisata di Klaten Wajib Kesini Sekali Rekomended


Reni  August 22, 2018  0 Comment

Tempat wisata di Klaten – lokasinya yang ada di tengah – tengah antara Jogja dan Solo. Untuk destinasinya sendiri sama sekali tak kalah jika dibandingkan dengan kota lainnya. Walaupun berada di perbatasan, kota ini memiliki segudang destinasi wisata yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Tak heran jika ada banyak orang yang memilih kota ini juga sebagai salah satu kota untuk menghabiskan liburan. Apalagi kota ini dikenal dengan 1001 umbul. Dan lebih jelasnya berikut adalah Tempat wisata di Klaten

1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

jatengsatu.com

Saat ini Klaten memang dikenal sebagai kota yang memang memiliki banyak sekali mata air yang dimilikinya. Sehingga inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari kawasan ini. Dan pengelolaan dari sumber mata air juga sangat baik sehingga membuat jumlah wisatawan yang berdatangan juga meningkat sangat drastis

Umbul Ponggok adalah salah destinasi wisata yang cukup hits saat ini dan menjadi salah satu ikon untuk kabupaten dari Klaten. Dan umbul ponggok juga merupakan salah satu kolam air tawar yang memiliki air sangat jernih. Air dari air mata asli ini dipenuhi dengan banyak ikan cantik.

Selain itu, hal lain yang membuat umbul ponggok ini sangat menarik minat dari banyak wisatawan adalah karena memiliki banyak sekali properti yang bisa dijadikan sebagai spot unik dan menarik untuk berfoto. Misalnya ada meja, kursi, sepeda motor hingga laptop.

Salah satu spot yang menjadi tempat wisata ini adalah adanya pasir dan bebatuan sehingga air yang mengalir selalu bening. Dan karena ketinggian umbul tidak terlalu dalam ada banyak sekali wisatawan yang memanfaatkan umbul ponggok sebagai salah satu tempat untuk diving.

Baca juga :  10 Kuliner Klaten Wajib Coba Dijamin Nggak bikin Kecewa

review kuliner

2. Mata air cokro tulung

Mata air cokro tulung

kaskus.co.id

Mata air cokro tulung selain dijadikan sebagai destinasi wisata untuk kolam pemandian juga digunakan untuk sumber air yang digunakan untuk pertanian. Selain itu, mata air ini juga anda bisa gunakan sebagai air minum kraton. Selain hanya kolam renang disini juga disediakan banyak sekali fasilitas lain yang bisa anda sediakan misalnya adalah flying fox dan sliding water.

3. Umbul Manten

Umbul Manten

pengendolan.com

Ada banyak sekali orang yang menggunakan tempat ini untuk berfoto ria karena memiliki tempat yang sangat menawan. Walaupun tempatnya sangat berdekatan, umbul manten ini memang untuk potensinya belum dikembangkan sepenuhnya.

Airnya jernih namun tidak banyak ikan yang ada disini. Inilah yang membuat umbul manten tidak terlalu banyak memiliki pohon besar di sekitarnya. Yang menariknya kawasan umbul manten ini memiliki legenda dibalik dari namanya yang cukup unik. Inilah yang menjadi salah satu keunikan dari umbul manten.

4. Deles indah

Deles indah

rentalmobiljogja.id

Deles indah memiliki suasana pegunungan yang sangat sejuk dan memberikan pemandangan dari gunung merapi inilah yang membuatnya menjadi salah satu dari 10 tempat wisata di Klaten wajib kesini sekali rekomended. Disini ada banyak sekali spot yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk hunting foto. Sehingga tak ada salahnya untuk anda mengunjungi tempat yang satu ini anda sedang liburan ke Klaten.

5. Umbul Jolotundo

Umbul Jolotundo

tokoilmukita.blogspot.com

Masih sangat berhubungan dengan rekreasi air, karena Klaten memiliki sebutan 1001 umbul. Nah untuk umbul Jolo Tundo ini bisa menjadi salah satu destinasi yang anda kunjungi bersama keluarga untuk mendapatkan ketenangan.

Baca juga :  11 Tempat Wisata Di Malang Paling Keren

Disini anda bisa berenang dengan sangat nyaman dengan ditemani dengan ikan kecil. Selain itu, sama dengan beberapa umbul lainnya, di mata air ini memiliki aliran air yang sangat bersih sehingga akan menyenangkan jika anda bisa berenang di sumber mata air ini bersama dengan keluarga anda.

6. Wisata Candi Plaosan

Wisata Candi Plaosan

danisetiawanku.com

Lokasinya tidak terlalu jauh dari Candi Prambanan, menurut cerita Candi Plaosan ini dibangun saat masa mataram kuno. Ini adalah Candi buddha, hal ini dibuktikan dengan adanya archa buddha yang berupa stupa yang ada di sekitaran dari wisata Candi Plaosan ini. Selain itu untuk kompleks Candi Plaosan ini sendiri dibagi menjadi dua diantaranya Candi Plaosan 7 dan lor.

7. Sendang Tirto Sinongko

Sendang Tirto Sinongko

dimaselvi.blogspot.com

Sendang Tirto Sinongko menjadi salah satu tempat wisata yang ada di Ceper Klaten. Ini sebenarnya adalah danu kecil yang terbuat secara alami. Di sini ada dua danau kecil, satu danau berukuran lebih besar dan dua kolam renang kecil yang ada di bagian selatannya.

Lokasinya memang sangat rindang karena danau ini dikelilingi oleh banyak pohoh. Hanya saja untuk perawatan air danau ini memang sangat kurang karena tidak ada perawatan khusus. Namun ada hal yang menarik untuk anda ketahui dan membuatnya menjadi salah satu destinasi yang sangat direkomendasikan karena adanya acara kampung.

Dimana setiap panen yang ketiga, masyarakat kawasan ini akan mengadakan acara adat bersih desa untuk kawasan ini. Dan kegiatan ini juga diikuti dengan proses sembelih ratusan ekor kambing sebagai tanda rasa syukur.Dan jika anda ingin ikut dalam acara ini. Maka anda bisa datang di minggu terakhir setiap bulan agustus.

Baca juga :  Pesona 7 Destinasi Musim Dingin di Tiongkok Mendebarkan Hati

8. Rowo Jombor

Rowo Jombor

nlusub.blogspot.com

Selain memiliki banyak kolam atau umbul Klaten juga memiliki banyak rawa dengan ukuran yang sangat luas dengan airnya yang sangat bersih. Rowo ini menjadi salah satu tempat untuk hiburan di malam hari.

Karena selain digunakan sebagai tempat saluran irigasi dan untuk tempat memelihara ikan, tempat ini juga memiliki banyak restoran. Ada banyak sekali restoran dan juga warung yang ada sepanjang pinggiran dari rawa. Dan rata – rata untuk menu yang disajikan di warung apung ini adalah hasil ikan peliharaan dari warga setempat.

Pada masing – masing dari warung apung juga terdapat banyak fasilitas yang berbeda. Jadi anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda. Dan jika kebetulan anda datangnya menjelang magrib maka anda akan melihat pemandangan yang sangat indah dengan pantulan jingga matahari yang ada di atas rawa.

9. Luweng Sampang

Luweng Sampang

jejakpiknik.co

Ini adalah salah satu tempat wisata air terjun yang memiliki tinggi tidak seberapa namun memiliki kontur yang bebatuan dan memiliki gradasi warna yang akhirnya membuat luweng sampang menjadi air terjun yang sangat berbeda.

Lokasinya memang jauh dari pusat kota dengan jalan untuk menuju ke kawasan ini memang sangat kecil dan sepi. Namun untuk sampai di tempat ini anda tidak akan menyesal karena memiliki tempat yang bagus dan menjadi spot foto yang unik dan juga sangat menarik.

10. Museum Gula Gondang Winangoen

tempat wisata terdekat

travel.detik.com

Museum ini dibangun diatas tanah dengan luas 100m2. Sehingga tak heran jika ini menjadi salah satu tempat wisata di Klaten untuk wisata anak dan sebenarnya museum ini menjadi salah satu wisata terbesar yang ada di Asia Tenggara.

Di museum ini, terdapat banyak sekali koleksi foto sejarah, alat komunikasi, lokomotif dan juga terdapat replika pabrik gula dan tebu. Dan yang terpenting di lokasi ini terdapat juga perpustakaan yang terbuka untuk umum.



Leave a Reply