6 Taman di Medan, Tawarkan Suasana Asri dan Sejuk!


Fida  November 14, 2023  0 Comment

Medan, dengan segala kekhasan dan keragaman budayanya, adalah salah satu kota terbesar di Pulau Sumatera. Seperti kota-kota besar lainnya, Medan dipenuhi oleh gedung-gedung tinggi dan pusat aktivitas perkotaan. Namun, taman-taman yang ada di Medan memberikan warna kesejukan di tengah hiruk-pikuk aktivitas kota. Warga Medan memiliki kebiasaan yang baik, yaitu memanfaatkan taman-taman yang tersebar di beberapa lokasi perkotaan untuk melepas penat dan bersantai. Setiap sore, taman-taman di Medan selalu dipenuhi dengan aktivitas yang menghibur, seperti berolahraga, menjajal kuliner, duduk santai, dan tentu saja, berswafoto.

Keindahan taman-taman di Medan juga memberikan alternatif bagi warga kota ini untuk berlibur tanpa harus meninggalkan kota. Dengan begitu, kamu bisa merasakan sensasi piknik dan bersantai tanpa harus berpergian jauh. Dalam artikel ini, GoTravelly akan menawarkan beberapa pilihan taman di Medan yang sayang untuk kamu lewatkan.

6 Taman di Medan, Tawarkan Suasana Sejuk dan Asri :

1. Taman Ahmad Yani

taman ahmad yani
sahabatnews.com

Taman Ahmad Yani merupakan salah satu taman di Medan, Sumatera Utara. Taman yang satu ini merupakan destinasi rekreasi yang sangat populer di kalangan masyarakat setempat. Bukan hanya sekadar taman biasa, Taman Ahmad Yani menawarkan berbagai fasilitas yang lengkap dan kenyamanan yang sulit untuk diabaikan. Itulah sebabnya, taman ini sering dianggap sebagai tempat piknik yang paling asyik di Medan.

Salah satu keunggulan utama Taman Ahmad Yani adalah fasilitas jaringan Wi-Fi yang tersedia di dalamnya. Hal ini membuat para pengunjung dapat menikmati koneksi internet tanpa gangguan selama berada di taman ini. Bahkan, taman ini sering dijuluki sebagai “taman digital,” karena pengunjung dapat dengan bebas berfoto selfie di berbagai sudut taman dan langsung mengunggahnya ke media sosial mereka dengan mudah berkat ketersediaan Wi-Fi.

Meskipun berlokasi di jantung kota Medan, Taman Ahmad Yani tetap mampu menjaga suasana sejuk dan asri. Keadaan ini disebabkan oleh pohon-pohon rimbun yang tumbuh di taman seluas dua hektar ini. Taman ini memiliki koleksi tanaman yang bervariasi dan unik, menciptakan suasana yang menyegarkan bagi pengunjung yang ingin beristirahat sejenak dari kesibukan kota.

Baca juga :  9 Tempat Romantis di Medan Paling Rekomended Bikin Tambah Mesra

Taman ini menawarkan beragam aktivitas yang dapat dinikmati oleh pengunjungnya. Kamu dapat berolahraga, bermain bersama anak-anak, atau hanya duduk santai di bangku-bangku taman sambil menikmati makanan dari penjual kaki lima yang berjejer di sekitar taman. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati waktu bersama keluarga atau teman-teman.

Salah satu daya tarik yang paling mencolok di Taman Ahmad Yani adalah patung Jenderal Ahmad Yani yang tingginya mencapai 11 meter. Patung ini mulai dibangun pada tahun 1965 dan memiliki makna sejarah yang mendalam bagi bangsa Indonesia. Patung ini sering menjadi latar belakang yang sangat populer untuk sesi foto para pengunjung yang ingin mengabadikan momen mereka di taman ini.

2. Taman Gajah Mada

taman gajah mada
waspada.co.id

Piknik atau tamasya bersama keluarga adalah kegiatan yang penuh keceriaan dan keseruan, dan seringkali, kamu tidak perlu pergi jauh atau mengeluarkan biaya besar untuk menikmatinya. Kadang-kadang, tempat yang sempurna untuk berkumpul bersama keluarga terletak dekat dengan rumah, dan bahkan tersedia dengan harga yang terjangkau. Bagi warga Medan, Taman Gajah Mada adalah salah satu contoh taman yang memenuhi kriteria ini. Taman ini menyajikan pengalaman liburan yang seru dan nyaman bagi semua anggota keluarga. Fasilitas lengkap dan suasana yang ramah menjadikan taman ini sebagai tempat yang ideal untuk bersantai dan bersenang-senang.

Ketika kita melihat ke masa lalu, Taman Gajah Mada memiliki sejarah yang tidak selalu cerah. Dahulu, taman ini sering dihubungkan dengan berbagai praktik negatif. Namun, seiring berjalannya waktu, taman yang berdiri sejak tahun 1993 ini telah mengalami transformasi positif yang mengubahnya menjadi tempat yang menyenangkan dan ramah bagi setiap pengunjungnya.

Taman ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang memberikan kesan asri dan pemandangan yang menawan. Suasana ini menjadikan Taman Gajah Mada sebagai tempat yang sangat nyaman dan cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Fasilitas yang disediakan di Taman Gajah Mada juga sangat memadai. Ada lapangan basket, berbagai alat olahraga, serta wahana permainan yang dapat dinikmati baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Selain itu, tersedia juga toilet dan tempat ibadah bagi para pengunjung. Arena bermain di taman ini adalah daya tarik tersendiri, dengan perosotan, jungkat-jungkit, ayunan, dan berbagai wahana lain yang akan membuat anak-anak merasa sangat bahagia. Sementara itu, orang dewasa dapat menikmati waktu mereka dengan berolahraga seperti senam atau jogging.

Baca juga :  7 Spot Wisata di Taman Nasional Geopark Ciletuh, Kece Abis!

Taman Gajah Mada buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB, sehingga kamu memiliki banyak waktu untuk mengeksplorasi dan menikmati segala yang ditawarkan oleh taman ini. Tiket masuk ke taman ini adalah gratis dan kamu dapat mengunjunginya di Jl. Gajah Mada No.35, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

3. Taman Sri Deli – Taman di Medan

taman sri deli
rri.co.id

Taman Sri Deli adalah taman tertua di Medan, dibangun pada tahun 1924 atas perintah Sultan Amaludin Sani Perkasa Alamsyah, Sultan Deli saat itu. Taman ini adalah tempat bersantai bagi keluarga sultan pada masa lalu dan selalu disinggahi oleh masyarakat yang ingin merasakan sensasi kerajaan.

Didesain oleh seorang arsitek Italia, Taman Sri Deli memadukan seni arsitektur dari berbagai negara seperti Turki, India, dan Mesir. Taman seluas 14.884 m2 ini memiliki koleksi pepohonan rindang, bangunan modern, dan taman bermain anak lengkap. Di tengah taman terdapat kolam buatan yang menambah kesegaran.

Saat bulan Ramadan, taman ini menjadi semakin hidup dengan festival kuliner yang menyajikan sajian khas. Taman Sri Deli berada di Jl. Sisingamangaraja, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara, dan buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Tiket masuknya gratis.

4. Taman Kebun Bunga

taman sri deli
medan.tribunnews.com

Taman Kebun Bunga adalah salah satu taman di Medan yang kaya akan sejarah. Menurut sejarah, taman ini adalah hasil dari warisan Tjong Yong Hian, seorang saudagar kaya berdarah Tiongkok yang menetap di Kota Medan sejak 1870. Taman ini juga menjadi pengingat atas kontribusi dari Tjong Yong Hian, yang juga dikenal sebagai kakak dari pengusaha terkenal, Tjong A Fie.

Taman Kebun Bunga Tjong Yong Hian diresmikan pada tahun 2011 dan dibuka untuk umum. Begitu memasuki taman ini, kamu akan merasakan nuansa Tiongkok yang kuat, dengan berbagai ornamen khas Tiongkok yang menghiasi bangunan di sekeliling taman.

Kamu juga dapat menjelajahi galeri yang memamerkan peninggalan Tjong Yong Hian, termasuk makamnya dan makam istri. Batu prasasti yang bertuliskan Bahasa Arab, Belanda, dan Tionghoa menceritakan sejarah Tjong Yong Hian.

Baca juga :  9 Destinasi Wisata di Asia yang Asyik Dijelajahi Dengan Kereta Api

Taman ini dipenuhi dengan hiasan bunga, rerumputan hijau, dan kolam, menciptakan pesona keindahan alam. Bagi yang mencari tempat piknik di akhir pekan, taman ini adalah pilihan yang tepat. Taman Kebun Bunga terletak di Jl. Kejaksaan, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara, dan buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Tiket masuknya gratis.

5. Taman Cadika Pramuka – Taman di Medan

taman cadika pramuka
waspada.co.id

Taman Cadika Pramuka, disingkat dari cabang pendidikan kader, adalah taman yang sejatinya adalah tempat perkemahan untuk anak pramuka. Namun, taman ini juga terbuka untuk umum, menjadi tempat yang cocok untuk bersantai bersama keluarga. Taman ini dibuka pada tahun 2012 dan menawarkan berbagai fasilitas umum seperti bangku taman, arena bermain anak, aula, musola, dan toilet yang nyaman. Taman ini juga memiliki danau buatan yang selalu ramai dikunjungi. Suasana di sini sejuk dan asri, dan banyak orang menjelajahi danau sambil bersantai di tepiannya.

Taman ini juga memiliki jembatan gantung yang menambah daya tariknya. Di jembatan ini, kamu dapat berswafoto dengan latar belakang yang indah. Taman Cadika Pramuka terletak di Jl. Karya Wisata, Pangkalan Masyhur, Kec. Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara. Taman ini buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga 19.00 WIB, dan tiket masuknya gratis.

6. Taman Edukasi Avros

taman edukasi avros
timenews.co.id

Taman Edukasi Avros adalah taman yang baru direvitalisasi dan menawarkan pengalaman unik. Taman ini terletak di tepi Sungai Deli Medan dan merupakan destinasi lengkap untuk hiburan.Meskipun taman ini memiliki wahana berbayar, kamu masih dapat menikmati taman ini tanpa membayar tiket masuk. Kamu hanya akan dikenakan biaya jika kamu ingin mencoba wahana berbayar atau menikmati kuliner di restoran atau kafe di taman ini. Taman Edukasi Avros adalah contoh bagus revitalisasi yang berhasil. Sebelumnya, area ini tampak kurang terawat. Namun, setelah direvitalisasi dengan tema modern, taman ini menjadi tempat yang penuh dengan spot Instagramable.

Kamu dapat berswafoto di berbagai sudut taman, seperti rumah pohon, dermaga sungai, atau di antara pepohonan yang rimbun. Juga tersedia lintasan lari dan berbagai permainan menarik seperti flying fox, paint ball, atau camping.Taman Edukasi Avros terletak di Jl. Avros No.60B, Kp. Baru, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara. Taman ini buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 18.00 WIB, dan tiket masuknya gratis.

source : https://www.youtube.com/@RepublikWisata

Medan memiliki taman-taman yang menawarkan keindahan alam dan kenangan bersejarah yang sayang untuk dilewatkan. Kunjungi taman-taman ini dan nikmati pengalaman yang beragam bersama keluarga.



Leave a Reply