10 Masjid Bersejarah Dan Terkenal di India


prita  April 4, 2022  0 Comment

Masjid di India bisa menjadi salah satu tujuan wisata religi yang bisa dikunjungi oleh umat Muslim yang ingin berwisata ke India. Meskipun negara ini terkenal dengan umat Hidunya, namun di negara ini juga terdapat banyak sekali umat Muslim yang jumlahnya mencapai ratusan juta orang. Tak heran jika disini kamu akan menemukan banyak sekali masjid.

Beberapa masjid dibangun baru-baru ini. Namun, ada juga masjid-masjid yang telah ada sejak jaman dahulu dan memiliki sejarah yang cukup panjang. Tak hanya itu, banyak sekali masjid bersejarah di India yang memiliki gaya bangunan menawan. Nah, jika kamu berencana untuk berwisata religi di India, jangan lewatkan untuk mengunjungi masjid-masjid berikut ini.

1. Masjid Jama, Delhi

Masjid Jama
britannica.com

Masjid di India yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Masjid Jama yang berada di kota Delhi. Masjid ini merupakan masjid terbesar di India yang mampu menampung hingga 25.000 jamaah saat sholat.

Masjid Jama ini lokasinya berada di dekat Taj Mahal yang dibangun oleh kaisar Mughal Shah pada tahun 1644. Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat indah dengan detail yang mengesankan di atas menara, kubah, lengkungan dan pintu. Menariknya lagi, menara setinggi 40 meter ini terbuat dari batu pasir merah dan marmer putih.

GoTravelly

Explore Humayun’s Tomb: Monumen Cantik Bentuk Cinta Seorang Permaisuri

Glamping Seru Plus Camel Safari Di Perbatasan India Pakistan. Wajib Cobain!

2. Masjid Nizamuddin Dargah, Delhi

Masjid Nizamuddin Dargah
delhitourism.travel

Masih di kota Delhi, ada sebuah masjid di India yang tak kalah indah bernama Masjid Nizamuddin. Nama dari masjid ini diambil dari salah satu ulama sufi paling terkenal di dunia, yaitu Nizamuddin Auliya yang pernah beristirahat disini bersama dengan muridnya, Amir Khusro.

Masjid ini pernah direnovasi beberapa kali selama berabad-abad yang dilihat saat ini adalah ruangan berbentuk persegi dengan atap berbentuk kubah yang bergaris-garis vertikal dari marmer hitam dan penutup berhiaskan teratai. Masjid ini cukup populer karena pernah beberapa kali muncul dalam film Bollywood.

3. Masjid Haji Ali, Mumbai

Masjid Haji Ali
travelogyindia.com

Beralih ke kota Mumbai, ada salah satu masjid di India yang tak kalah populer, yaitu Masjid Haji Ali. Masjid ini menjadi salah satu wisata utama kota Mumbai karena memiliki arsitektur yang sangat mengesankan.

Masjid ini juga menjadi tempat pemakaman seorang sufi terkenal, yaitu Pir Haji Ali Shah Bukhari. Menariknya, masjid ini berada di sebuah pulau kecil di Laut Arab dan dibangun dari marmer putih. Masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur Islam, kubah dan menara putih yang merupakan contoh arsitektur gaya Mughal yang indah. Gerbang masuk dan menara masjid ini juga terbuat dari marmer putih bersih.

4. Masjid Cheraman Juma, Kerala

Masjid Cherman Juma
republika.co.id

Masjid di India yang tak kalah indah nan bersejarah berikutnya adalah Masjid Cheraman Juma yang berada di Kerala. Masjid ini berasal dari tahun 629 Masehi dan dianggap sebagai masjid pertama di India.

Masjid yang dibangun oleh Malik Deenar Arab ini dianggap satu zaman dengan Nabi Muhammad sehingga bangunan masjid ini mengalami renovasi berkali-kali. Masjid ini memiliki arsitektur Kerala yang khas dan masjid ini memiliki landmark berisi lampu minyak kuno yang dianggap sudah menyala secara terus menerus selama ribuan tahun.

5. Masjid Hazratbal, Jammu dan Kashmir

Masjid Hazratbal
en.wikipedia.org

Berada di tepi Danau Dal di Srinaga, kamu akan menjumpai salah satu masjid di India yang memiliki arsitektur indah, yaitu Masjid Hazratbal. Masjid peninggalan Moi-e-Muqaddas ini memang memiliki bangunan yang menawan ditambah lagi lokasinya yang ada di tepi danau.

Nama masjid ini diambil dari bahasa Ursu, Hazrat yang berarti dihormati dan kata Kashmiri bal berarti tempat. Masjid ini dianggap sebagai tempat paling suci di negara bagian Jammu dan Kashmir.

6. Masjid Adhai Din Ka- Jhonpra Ajmer, Rajashtan

Masjid Adhai Din Ka Jhonora Ajmer
trawell.in

Masjid di India berikutnya adalah Masjid Adhai Din Ka- Jhonpra Ajmer yang berada di Rajashtan. Masjid ini memang cukup populer karena berawal dari sebuah reruntuhan yang diyakini memberikan bentuk pada masjid yang tampak saat ini.

Bangunan ini awalnya dibangun sebagai perguruan tinggi Sansekerta untuk kemajuan bangsa. Kemudian bangunan ini menjadi masjid dengan perpanjangan dinding tujuh lengkung dan bagian yang diperpanjang dihiasi dengan kaligrafi Islam di depan aula berpilar.

7. Bara Imambara, Uttar Pradesh

Bara Imambara
id.wikishia.net

Dibangun dengan tujuan mulia oleh Nawab ke-4 dari Awadh Asaf-ud-Daula, masjid di India yang satu ini dianggap sebagai bangunan tanpa penahan terbesar di India. Masjid dengan arsitektur indah ini bisa kamu temukan di kota Lucknow, Uttar Pradesh.

Pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 1784 dan membutuhkan waktu hingga 14 tahun untuk menyelesaikannya. Seluruh bangunan masjid ini terbuat dari batu bata Lakhnawi dan plesteran kapur. Menariknya, tak ada kayu atau logam yang digunakan untuk membangun bangunan masjid ini.

8. Masjid Makkah, Hyederabad

Masjid Makkah
siasat.com

Masjid di India yang tak kalah menarik berikutnya adalah Masjid Makkah yang berada di Hyderabad. Masjid ini berada di dekat landmark bersejarah, yaitu Istana Chowmahalla, Laad Bazaar.

Masjid Makkah ini menjadi salah satu masjid tertua di India yang dibangun oleh Muhammad Quli Quth Shah, penguasa kelima dinasti Qutb Shahi. Menariknya, batu bata yang digunakan untuk membangun lengkungan masjid ini terbuat dari tanah dan dibawa dari kota suci Mekkah. Masjid ini memiliki ruang salat utama yang berdiri sekitar 23 meter di atas tanah dan dapat menampung sekitar 10.000 orang sekaligus.

9. Taj-ul Masajid, Madhya Pradesh

Taj-ul Masajid
lemonicks.com

Jika kamu berkunjung ke daerah Madhya Pradesh, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Taj-ul Masajid. Masjid di India yang satu ini juga tak kalah populer karena cukup bersejarah dan memiliki gaya bangunan yang indah.

Masjid yang dibangun atas perintah Shah Jahan Begum ini memang memiliki bangunan yang unik dan indah. Hal ini karena Shah Jahan Begum memiliki tujuan untuk membangun masjid terbesar di dunia. Sayangnya, masjid ini dibangun setelah kematiannya, namun sampai saat ini masjid ini masih tegak berdiri dengan 27 kubah langit-langit bergigi di ruang sholat utamanya. Tak hanya itu, masjid ini dikelilingi oleh dinding seperti benteng berwarna merah muda dan di bagian atas masjid terdapat kubah berbentuk telur yang menjadi ciri khas dari masjid Islam.

10. Masjid Nagina, Gujarat

Masjid Nagina
en.wikipedia.org

Masjid di India yang tak kalah menarik berikutnya adalah Masjid Nagina. Masjid yang satu ini berada di Gujarat dan lokasinya berada di dalam Benteng Agra.

Bisa dibilang kalau Masjid Nagina ini merupakan permata tersembunyi yang memiliki gaya bangunan khas Mughal dengan marmer putih, lengkungan dan tiga kubah. Hal yang menonjol dari masjid ini adalah adanya balkon mewah yang diukir dengan panel kisi-kisi dan teras yang ditinggikan di ujung utara masjid. Dari balkon masjid ini kamu bisa melihat Taj Mahal dari kejauhan.



Leave a Reply