16 Tempat Snorkling di Sumatera Bikin Kinclong Mata


Reni  August 4, 2022  0 Comment

Gugusan pulau menyimpan banyak tempat Snorkling di Sumatera.  sajikan keindahan panorama bawah laut yang masih terjaga kelestariannya. Pantainya yang bening dengan air laut yang tenang menjadikannya surga bagi para wisatawan pecinta snorkling juga diving. Tak hanya itu  pantainya yang bersih dan berpasir putih juga menjadi destinasi wisata unggulan di Sumatera.

1. Pulau Iboih, Aceh

Pulau Iboih
safariwisata.co.id

Pulau Iboih dikenal sebagai salah satu tempat snorkling terbaik di Sumatera. Hal ini Dikarenakan  karena pulau yang berada di ujung barat pulau Aceh ini memiliki berbagai macam spesies Ikan. Selain itu gumpalan terumbu karang yang masih alami menjadi surga tempat tinggal biodata laut

Laut dengan warna tosca bening memudahkan para wisatawan melihat panorama bawah laut dengan jarak yang sangat dekat. Berada di atas kapal saja sudah bisa menyaksikan tarian ikan di laut apalagi kalau kita snorkeling lebih dalam lagi pasti lebih cakep.

Pulau Iboih yang berdekatan dengan pantai Rubiah menjadi salah satu destinasi andalan di Aceh. Di pulau Iboih banyak dijumpai operator tour baik untuk snorkling maupun scuba dan diving. Untuk memanjakan wisatawan, di sini terdapat deretan Bungalow dengan panorama keren di sekitar pantai.

Gotravelly

Pantai Iboih ~ Keindahan Alam Di Pulau Terbarat INDONESIA

Snorkeling Di Gili Ketapang

2. Pulau Tikus, Bengkulu

Pulau Tikus
sumsel.inews.id

Mungkin pulau dengan nama tak biasa ini terdengar asing bagi kamu, namun pulau tak berpenghuni ini menyimpan banyak daya tarik tersendiri baik keindahan pantai juga panorama bawah lautnya.

Pulau Tikus memiliki gugusan terumbu karang warna warni yang masih alami. Berbagai biota laut yang siap menemani kamu berenang di bawah laut. Setelah snorkling, nikmati bersantai di pasir putih lembut yang menghampar di sepanjang pulau.

3. Pulau Lengkuas, Belitung

Pulau Lengkuas
ksmtour.com

Pulau Lengkuas masuk dalam kepulauan Bangka Belitung. Tepatnya berada di sebelah Utara pulau Tanjung Kelayang. Pulau yang menjadi salah satu rekomendasi tempat snorkling di Sumatera ini masuk dalam wisata unggulan pulau Sumatera. Keberaan Mercusuar bersejarah setinggi 60 meter menjadi ikon Pulau Lengkuas. Tempat snorkling di Pulau Lengkuas tak hanya satu, banyak spot snorkling  yang kece dengan gerombolan ikan warna warni.

4. Pulau Pahawang, Lampung

Pulau Pahawang
travel.kompas.com

Pulau Pahawang terletak di kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pulau Pahawang dikenal sebagai wisata tak hanya oleh warga lokal tapi juga wisatawan mancanegara. Tak hanya biota laut, deretan terumbu karang dan ikan warna warni. Di pulau ini juga terkenal sebagai sebagai habitat lumba lumba dan juga hiu.

5. Pulau Pagang, Sumatera Barat

Pulau Pagang
ksmtour.com

Pulau Pagang terletak di  Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Utara. Pulau Pagang memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan bersih. Keindahan panorama bawah lautnya  terkenal dihiasi dengan keaneragaman hayati yang memanjakan mata. Ditambah dengan ombaknya yang tak terlalu tinggi, membuat Pulau Pagang sangat aman untuk berwisata snorkling.

6. Pulau Air, Padang

Pulau Air
liputan6.com

Pulau Air yang berada di kota padang ini memiliki keunggulan tersendiri, di sini terdapat bangkai kapal yang sudah ada sejak zaman penjajahan. Bangkai Kapal menjadi surga kehidupan biota laut. Mulai dari terumbu karang hingga berbagai macam ikan yang lucu lucu. Selain itu juga, di Pulau air yang bening ini jika kamu menyelam lebih dalam akan melihat hiu tutul berukuran jumbo. Berani menyelam?

7. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan
jejak-kenzie.blogspot.com

Masih berada di Kota padang, Pulau Pasumpahan juga menjadi salah satu tempat snorkling pilihan di Sumatera. Pulau ini terletak di perairan Bungkus Teluk Kabung dengan luas sekitar 5 hektar. Setelah Snorkling, kamu bisa menyewa cottage atau bisa juga kemping bersama teman teman di pulau Pasumpahan.

8. Pantai Carocok

Pantai Carocok
republika.co.id

Pantai Caorocok berada di sebelah barat Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera barat, Indonesia. Selain wisata pantai dan wahana air, wisatawan bisa menyewa perahu untuk melakukan kegiatan snorkling dengan suguhan panorama alam bahwa laut yang cakep.

9. Pulau Gosong Laut

Pulau Gosong Laut
travel.okezone.com

Salah satu tempat snorkling di Sumetara selanjutnya adalah Pulau gosong laut yang masih berada di Kota padang. Kota padang sendiri memiliki 13 gugusan pulau dengan keindahan tersendiri. Tak heran jika kota padang selain terkenal sebagai kota wisata, juga dikenal sebagai pusatnya wisata snorkling.

10. Pulau Pieh, Padang pariaman

Pulau Pieh
traveling.bisnis.com

Pulau Pieh memiliki luas Sekitar 39.000 hektar yang terletak di Kabupaten padang Pariaman, Sumatera barat. Pada awalnya pulau ini dikelola oleh Keluarga “Basyirudin” secara turun temurun. Kemudian dengan surat Gubernur kepala daerah Pulau Peh ditetapkan sebagai wisata taman laut.

Pulau Pieh dan juga pulau pulau di sekitarnya memiliki potensi wisata alam Bahari. Disini terdapat biodata laut yang dilindungi. Potensi wisata bawah laut berupa terumbu karang, topografi bawah laut yang unik, penyu, ikan karang dan biota laut lainnya. Juga potensi wisata berupa hutan mangrove juga biota laut yang tinggal di pasir putihnya.

Keunikan lain dari pulau Pieh adalah  keberadaan daratan di tengah pulau berupa lahan rawa yang berhubungan dengan laut. Tinggi rendahnya air dalam rawa dipengaruhi oleh pasang surutnya air laut. Semua keunikan yang dimiliki membuat Pulai Pieh dikembangkan menjadi aquarium alam yang tentunya akan menarik wisatawan lokal juga mancanegara.

11. Perairan Laut Mandeh

Perairan Laut Mandeh
hot.liputan6.com

Berada di Pesisir Selatan dikenal memiliki dinding laut yang terjal dengan hamparan terumbu laut warna warni dalam lautnya yang bening. Panorama alam ini menjadikannya surga bagi para penyelam.

12. Pulau Pandan, Padang

Pulau Pandan
id.wikipedia.org

Pulau Pandan berada sekitar 22,5 KM dari daerah Muaro Padang. Pulau tak berpenghuni ini memiliki vegetasi hutan yang sangat lebat. Jadi tempatnya benar benar alami yang menjadikannya surga kehidupan biota laut yang masih terjaga kelestariannya.

13. Pulau Badalu, Tapanuli Tengah

Pulau Badalu
batam.tribunnews.com

Pulau Badalu yang berada di Tapanuli tengah menjadi salah satu rekomendasi tempat snorkling terbaik si Sumatera. Tapanuli tengah sendiri terkenal memiliki Pantai terpanjang di  Sumatera Utara. Selain wisata pantai dengan panorama cakep, kegiatan lain adalah snorkling mengintip aktivitas Ikan badut yang banyak dijumpai di sini.

14. Pulau Mursala

Snorkling di Sumatera
inews.id

Pulau mursala berada di Samudera Hindia di sisi barat Pulau Sumatera. Pulau Mursala sendiri merupakan pulau terbesar yang berada di tapanuli tengah, Sumatera barat. Topografi pulau ini berbukit bukit. Pantainya berpasir putih diayomi  tanaman kelapa, bakau rumput dan berbagai tumbuhan tingkat tinggi.

15. Pantai Silabu-labu

Pantai Silabu Labu
m.tribunnews.com

Pantai Silabu labu berada di propinsi Sumatera Utara.  Pulau yang terkenal dengan terumbu karang yang cantik ini memiliki air laut biru yang bersih. Air lautnya begitu bening. Setiap sudutnya cakep untuk di domumentasikan dalam lensa kamera.

16. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak
indonesiatraveler.id

Di Sumatera Barat banyak terdapat pulau pulau kecil dengan pesona tersendiri, salah satunya adalah pulau cubadak. Keindahannya sangat luar biasa yang terkenal hingga mancanegara. Apalagi setelah Wisatawan berasal dari Jerman membuat sebuah film dokumenter yang menyajikan keelokan Pulau Cubadak.

Perairan air laut pulau Cubadak sangat bening dan tenang. Sehingga wisatawan sangat leluasa menikmati pemandangan alam bawah laut dan juga pantainya.

Bagaimana sajian Deretan tempat snorkling Terbaik di Sumatera? Cakep semua kan. Masih banyak spot snorkling dan juga diving yang cakep di Sumatera yang bisa kamu kunjungi karena pulau Sumatera dianurgerahi gugusan pulau kecil dengan keelokan panorama bawah laut yang masih terjaga kelestariannya.



Leave a Reply