10 Sungai di Sumatera dengan Pemandangan Indah


Reni  October 15, 2022  0 Comment

Menikmati pemandangan alam yang indah seringkali dijadikan sebagai solusi untuk meredam kejenuhan yang dirasakan seseorang. Entah kesibukan yang disebabkan dari bekerja, belajar, dan lainnya. Banyak yang menuangkannya dengan berlibur ke tempat-tempat menyenangkan seperti berkunjung ke beberapa sungai di Sumatera.

Berbicara mengenai beberapa sungai yang ada di Sumatera, terdapat 10 daftar nama sungai yang bisa Anda kunjungi. Penasaran apa saja nama-nama sungai tersebut, langsung saja simak pembahasannya sebagai berikut.

Mungkin saat ini Anda sedang merasa bingung terkait tujuan berlibur yang paling cocok untuk dituju. Nah, beberapa nama sungai di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai opsi atau pilihan tujuan berlibur sebab di sekitar sungainya dikenal memiliki pemandangan yang indah.

1.     Sungai Kampar

sungai kampar
triptrus.com

Nama sungai pertama yang perlu Anda ketahui adalah sungai Kampar. Bagi Anda yang belum tahu, sungai satu ini berada di wilayah Sumatera Barat hingga berakhir di kota Riau. Di samping terkenal dengan pemandangan sekitar yang luar biasa, sungai kampar juga dikenal sebagai salah satu sungai terpanjang di Sumatera. Yakni mencapai  414 km.

Dengan berkunjung ke sungai kampar, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah seperti gunung yang terbentang hijau dengan perairan sungai yang memukau.

Gotravelly

Bakso So’un & Mie Ayam Mojopahit, Hadirkan Warung Bakso Dengan Vibes Jogja

One Day Trip Silalahi Sumatera Utara

2.     Sungai Asahan

sungai asahan
liputan6.com

Sungai dengan pemandangan indah berikutnya adalah sungai asahan. Sungai satu ini juga menjadi salah satu sungai terpanjang di Sumatera khususnya di Sumatera Utara. Bagi Anda yang belum tahu, sungai asahan sendiri adalah aliran dari mulut danau toba menuju Porsea di Kabupaten Asahan.

Memiliki kualitas air yang cukup bersih dengan pemandangan sekitar sungai yang memukau, membuat sungai asahan juga dimanfaatkan sebagai objek wisata arum jeram.

3.     Sungai Batang Hari

sungai batang hari
liputan6.com

Sudahkah Anda mengenal sungai batang hari? Sungai batang hari sendiri hadir sebagai sungai yang cukup terkenal di Sumatera. Luas dari sungai batang hari ini mencapai 4,9 juga Ha sehingga sangat menakjubkan. Hadir sebagai sungai terpanjang yakni mencapai 800 km, membuat Anda akan sangat takjub ketika berkunjung ke sungai tersebut.

Apalagi, banyak pemandangan indah yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke sungai batang hari yang ada di Sumatera.

4.     Sungai Belawan

sungai belawan
sumut.antaranews.com

Selain beberapa nama sungai yang sudah disebutkan di atas. Terdapat sungai lainnya yang juga dikenal memiliki pemandangan yang indah. Yakni sungai belawan. Tidak kalah menariknya dengan sungai-sungai sebelumnya, sungai belawan juga cukup populer dengan keindahan pemandangan yang ada di sekitarnya.

Sungai yang berada di wilayah Sumatera Utara ini juga memiliki anak sungai lanjutan seperti sungai baharu, sungai badak, dan juga sungai paluh manan. Anda juga bisa menikmati beberapa keindahan anak sungai tersebut ketika mendatangi sungai belawan yang ada di Sumatera.

5.     Sungai Gulamo

sungai gulamo
phinemo.com

Anda juga bisa berkunjung ke sungai gulamo jika pergi ke pulau Sumatera. Sungai satu ini terletak di Provinsi Riau dan cocok untuk Anda manfaatkan sebagai tujuan destinasi wisata ketika liburan sudah tiba. Bagaimana tidak, ketika Anda berlibur ke sungai gulamo, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan seperti akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan juga sejuk.

Selain itu, di sepanjang sungai gulamo juga dikelilingi pohon besar dan rindang sehingga cocok untuk dijadikan sebagai spot foto saat berkunjung kesana. Memiliki air jernih berwarna hijau terang yang dilengkapi tebing-tebing batu yang tinggi di sekeliling sungai juga menambah keindahan sungai gulamo. Tidak heran jika setiap orang yang berkunjung akan terpikat dan terkagum-kagum.

6.     Sungai Batang Kapas

sungai batang kapas
langgam.id

Ketika berlibur ke Sumatera khususnya Sumatera bagian tengah, jangan lupa mampir ke sungai batang kapas sebagai sungai yang luar biasa untuk menikmati pemandangan yang indah. Di sana, Anda akan menikmati pemandangan alam yang luar biasa dilengkapi dengan air terjun dengan ketinggian kurang lebih 150 meter. Air terjun yang disebut juga sebagai air terjun batang kapas ini tampak megah sebab dikelilingi dengan bebatuan berwarna putih sehingga cocok untuk digunakan sebagai spot foto saat berlibur.

Suasana sekitar yang sejuk cocok juga untuk Anda manfaatkan sebagai momen recover diri setelah beberapa pekan bekerja atau beraktivitas yang cukup padat. Selain itu, adanya hutan perawan dengan berbagai macam flora dan fauna di sekitar sungai juga membuat sungai batang kapas bisa dijadikan sebagai opsi liburan keluarga yang menyenangkan.

7.     Sungai Batang Gadis

sungai batang gadis
foursquare.com

Tidak kalah unik dan menariknya dengan beberapa nama sungai di atas. Anda juga bisa berkunjung ke opsi sungai selanjutnya di Sumatera bernama sungai batang gadis. Sungai satu ini dikenal sebagai sungai terpanjang yang ada di Kabupaten Mandaling dengan hulu pakantan hingga bermuara di batang gadis.

Sungai satu ini tergolong sebagai bagian dari taman nasional batang gadis, Sumatera dengan pemandangan yang tidak kalah menariknya dengan beberapa sungai sebelumnya. Jadi, Anda juga bisa berlibur ke sungai tersebut untuk menikmati keindahan alam sekitar yang menakjubkan.

8.     Sungai Krueng Kamboaye

sungai krueng
serambiwiki.tribunnews,.com

Bagi Anda yang sedang berlibur di Aceh, Anda juga bisa mengunjungi sungai Krueng Kamboaye sebagai salah satu tujuan wisata alam yang juga menakjubkan. Sungai di Sumatera bagian utara khususnya di Provinsi Aceh satu ini memiliki beberapa spot menarik yang bisa Anda abadikan. Letaknya yang berada sekitar 1600 km di bagian barat laut ibu kota Jakarta ini juga dikenal cukup strategis sehingga bisa Anda kunjungi kapan pun Anda mau.

9.     Sungai Indragiri

sungai indragiri
arasynews.com

Siapa yang tidak mengenal nama sungai satu ini. Salah satu sungai yang cukup populer di Sumatera khususnya di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau ini juga memiliki pemandangan yang tidak kalah menakjubkan dengan sungai-sungai sebelumnya. Sungai Indragiri terletak kurang lebih 800 km di bagian barat laut ibu kota Jakarta.

Jika Anda berkunjung ke Riau, Anda bisa menikmati keindahan alam yang ada di sekitar sungai Indragiri dan jangan lupa untuk diabadikan momennya. Anda juga bisa mengajak keluarga, teman, kerabat, dan orang spesial lainnya untuk berlibur ke tempat tersebut atau sekitarnya untuk sama-sama menikmati pemandangan yang ada.

10.  Sungai Lematang

sungai lematang
liputan6.com

Pembahasan terakhir ada pada sungai lematang yang berada di Provinsi Sumatera Selatan. Ketika berkunjung atau berlibur ke lematang, Anda juga akan takjub dengan pemandangan alam yang ada di sana. Apalagi sungai satu ini dikenal sebagai sungai besar yang mengalir di wilayah Sumatera Selatan. Tidak heran jika sungai Lematang juga seringkali dijuluki sebagai salah satu Batanghari Sembilan atau Sembilan sungai yang besar di Sumatera Selatan. Bagaimana, Anda tertarik untuk mengunjunginya?

Itulah beberapa daftar nama sungai di Sumatera yang memiliki pemandangan indah sehingga bisa dijadikan sebagai tujuan berlibur untuk Anda dan juga keluarga.



Leave a Reply