7 Taman Nasional di Brazil Dengan Pemandangan Alam Menakjubkan


prita  December 22, 2021  0 Comment

Berada di benua Amerika bagian selatan, Brazil memang menjadi salah satu Negara yang dianugerahi dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Negeri Samba ini dikenal memiliki banyak sekali taman nasional yang menjadi daya Tarik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Pemandangan yang ditawarkan oleh taman nasional di Negara ini pun cukup beragam, mulai dari pegunungan, pantai, danau hutan lebat, ngarai hingga danau. Berencana untuk wisata kesana? Berikut ini adalah Taman nasional di Brazil yang wajib untuk kamu kunjungi

1. Iguacu National Park

Iguacu National Park
whc.unesco.org

Taman nasional di Brazil yang pertama wajib kamu kunjungi adalah Iguacu National Park atau Taman Nasional Iguazu. Taman nasional ini merupakan salah satu taman nasional terluas yang lokasinya berada di perbatasan Brazil dan Argentina.

Pada perbatasan kedua Negara tersebut, kamu bisa menemukan sebuah air terjun yang indah dan sangat besar bernama Air Terjun Iguazu. Jika kamu ingin menikmati keseluruhan pemandangannya yang menawan, kamu bisa naik helikopter untuk menyusuri taman nasional ini. Keindahan Air Terjun Iguazu ini bahkan disebut-sebut mirip seperti air terjun yang ada di Film Black Panther, yaitu Wakanda.

Selain bisa menikmati indahnya air terjun, disini kamu juga bisa berkunjung ke sebuah kebun binatang bernama Parque das Aves, yang mana memiliki populasi burung terbesar dan ragam jenis binatang lainnya. Ditambah lagi, Taman Nasional Iguazu ini juga memiliki sebuah bendungan air bernama Itaipu Dam yang menyediakan tenaga untuk dua Negara sekaligus, yaitu Brazil dan Paraguay. Ragam keindahan yang ditawarkan oleh Taman Nasional Iguazu inilah yang membuatnya menjadi salah satu taman nasional di Brazil yang menarik untuk dikunjungi.

Bukit Teletubbies Savana Bromo

Jalan-Jalan Ke Taman Nasional Baluran, Afrika-Nya Indonesia

2. Aparados da Serra National Park

Aparados da Serra National Park
pinterest.dk

Taman nasional di Brazil yang wajib untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Asparados da Serra National Park. Taman nasional ini merupakan taman nasional tertua di Brazil karena resmi dibuka pada tahun 1959. Sejak saat itu, Taman Nasional Aparados da Serra National Park ini menjadi destinasi populer diantara pecinta trekking karena memiliki hutan hujan yang luas dan lebat.

Tak hanya itu, pemandangan alam yang luar biasa juga bisa kamu temukan di taman nasional ini, salah satunya adalah Itaimbezinho Canyon yang menjadi spot paling populer dan paling favorit.  Taman nasional ini berlokasi cukup dekat dengan Samudera Atlantik sehingga membuat wilayahnya memiliki udara yang lembab dan sering berkabut. Meskipun begitu, tentu tak mengurangi keindahan taman nasional di Brazil yang satu ini.

3. Lencois Maranhenses National Park

Lencois Maranhenses National Park
g-switch.org

Lencois Maranhenses National Park juga menjadi salah satu taman nasional di Brazil yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Taman ini berada di bagian timur laut Brazil, tepatnya di Negara bagian Maranhao.

Taman Nasional Lencois Maranhenses ini terdiri dari sedikit begetasi dan hampir seluruhnya terdiri dari bukit pasir yang indah. Untuk menjelajahi taman nasional ini, kamu bisa menggunakan kendaraan 4×4 agar lebih mudah melalui medan yang berpasir. Selama perjalanan pun kamu akan disuguhi dengan pemandangan layaknya gurun pasir.

Meskipun kawasan ini terbilang cukup panas, namun disini kamu bisa menemukan deretan tempat yang menyegarkan, seperti danau, sungai atau laguna yang bisa kamu kunjungi. Selain mengendarai kendaraan 4×4, kamu juga bisa menjelajahi kawasan ini dengan menunggangi kuda atau jika ingin menikmati keindahan dari atas, kamu bisa menaiki pesawat kecil atau helikopter. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah saat musim hujan, Antara bulan Juli hingga September, karena saat itu laguna disini akan dipenuhi dengan air.

4. Chapada dos Veadeiros National Park

Chapada dos Veadeiros National Park
theculturetrip.com

Taman nasional di Brazil yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Chapada dos Veadeiros National Park. Taman nasional ini juga tak kalah indah dibandingkan dengan taman nasional di Brazil lainnya karena pengunjung akan disuguhi dengan beragam pemandangan alam menawan, seperti lembah, air terjun hingga padang rumput yang luas.

Selain dimanjakan dengan beragam pemandangan yang indah, disini kamu juga bisa menemukan berbagai satwa liar yang hidup bebas di Taman Nasional Chapada dos Veadeiros National Park, salah satunya adalah kawanan serigala yang sering terlihat berkeliaran. Tapi kamu tak perlu khawatir karena serigala yang hidup di Taman Nasional Chapada dos Veadeiros ini tidak puas dan lebih memilih menjauh bila bertemu dengan manusia.

Salah satu tempat wisata di kawasan taman nasional ini yang paling menarik dan cukup populer di kalangan wisatawan adalah Air Terjun Veadeiros yang sangat tinggi dan indah. Untuk menuju ke Taman Nasional Chapada dos Veadeiros ini dibutuhkan waktu sampai 3 jam perjalanan dari ibukota, Brasilia.

5. Jericoacoara National Park

Jericoacoara National Park
heroesofadventure.com

Jika kamu menyukai berlibur di kawasan pantai, maka Jericoacoara National Park ini wajib untuk kamu kunjungi. Taman nasional yang berada di kawasan Ceara ini memiliki sebuah pantai yang sangat terkenal bernama Pantai Jericoacoara.

Pantai ini sering dikunjungi oleh wisatawan untuk melakukan berbagai kegiatan seru, seperti sandboarding, windsurfing hingga sailing. Tak hanya pantai, kawasan ini juga menawarkan banyak pesona alam seperti hutan, rawa dan bukit pasir yang indah. Kamu pun bisa menjelajahi bukit pasir dengan mengendarai dune buggies.

6. Pantanal Matogrossense National Park

Pantanal Matogrossense National Park
brazil.com

Pantanal Matogrossense National Park juga menjadi salah satu taman nasional di Brazil yang wajib untuk dikunjungi. Taman nasional ini menjadi salah satu destinasi menarik khususnya bagi kamu yang gemar hiking atau trekking.

Sebagian besar kawasan Taman Nasional Pantanal Matogrossense ini adalah lahan basah termasuk aliran Sungai Cuiaba. Selain itu, kawasan taman nasional ini juga menjadi habitat bagi berbagai satwa liar seperti jaguar, burung macaw, tapir dan masih banyak lagi lainnya.

Taman Nasional Pantanal Matogrossense memiliki area yang sangat luas sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menjelajahinya. Jadi, bila kamu ingin menikmati keindahan alam taman nasional ini secara keseluruhan, kamu harus menyisihkan waktu minimal satu minggu.

7. Itatiaia National Park

Itatiaia National Park
gpm.org.br

Taman nasional di Brazil yang terakhir adalah Itatiaia National Park. Taman Nasional ini menjadi destinasi favorit di kalangan pendaki gunung karena kawasan taman nasional ini terdapat beberapa pegunungan yang bisa dijadikan sebagai jalur hiking yang menyenangkan sekaligus menantang.

Taman Nasional Itatiaia ini memiliki banyak sekali pegunungan dengan pemandangan yang indah. Salah satu pegunungan yang tertinggi di taman nasional ini memiliki ketinggian 2.791 meter di atas permukaan laut dan menjadi jalur hiking paling sulit. Meskipun begitu, jalur pendakian ini cukup menarik perhatian banyak pendaki.

Untuk menuju ke Taman Nasional Itatiaia ini butuh waktu perjalanan selama tiga jam dari kota Rio de Janeiro. Tak hanya bisa hiking, di taman nasional ini kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan hutan hujan yang lebat dengan ragam tanaman eksotis serta udara yang sejuk.



Leave a Reply