Terpesona 10 Tempat Wisata Negara Cyprus


sisil angelin  August 22, 2019  0 Comment

Terletak di laut Tengah, yang berlokasi sekitar 120 km  dari barat Suriah dan 113 km dari selatan Turki. Dengan luas hanya 9251 km2, negara yang beribukota  di Nikosia ini menawarkan wisata kepulauan khas laut Tengah yang unik dan berlaut biru. Di samping itu, Cyprus juga menawarkan keindahan  arsitektur yang bergaya klasik dan unik. Berikut ini Obyek Wisata di Cyprus yang tidak boleh anda lewatkan.

Tempat Wisata di Cyprus

1. Pegunungan Troodos

Pegunungan Troodos
image credit : https://pixabay.com

Kawasan pegunungan Troodos merupakan kawasan pegunungan terbesar di Cyprus. Pegunungan yang membentang di tengah negara ini memiliki puncak tertinggi yakni Gunung Olimpus yang menjulang setinggi 1952m. Obyek wisata di Cyprus yang satu ini banyak dikunjungi pertama pada liburan musim dingin. Banyak wisatawan menghabiskan waktu untuk melakukan aktivitas ski menuruni lereng pegunungan yang cukup menantang ini. Di musim panas atau gugur, anda bisa melakukan perjalanan hiking melintasi Artemis Trail yang menawarkan keindahan alam serta kesejukan khas daerah pegunungan.  Dalam perjalanan anda juga bisa menemukan Wisata Alam Air terjun Caledonia. Keindahan alam yang satu ini bisa anda temukan setelah berjalan 1,25 km dari jalur selatan atau 2,75 km dari jalur utara. Air terjun setinggi 12 meter ini menawarkan air yang jernih, segar, dan keindahan alam yang luar biasa.  

Gotravelly

Ranu Gumbolo, Gabungan Ciptaan Yang Indah Dari Tulungagung

Replika Danau Kalimutu Bekas Galian Tambang Di Kota Marmer

2. Neo Chorio

Neo Chorio
image credit : @latchibeachwatersports

Taman Nasional Akamas Peninsula merupakan salah satu obyek wisata di Cyprus terbaik yang berada di Neo Chorio yang merupakan sebuah tanjung di ujung barat laut dengan luas 230 kilometer persegi.  Kawasan taman nasional ini terletak diantara dua puncak bukit di bagian utaranya. Banyak wisatawan dapat berkemah ataupun sekadar melakukan tour mengelilingi kawasan yang sangat menakjubkan ini. 

Baca juga :  Berlibur Ke Thailand? Kunjungi 10 Candi Terkenal di Chiang Mai

Pantai Fontana Amorosa  yang terletak sekitar 48 kilometer di utara kota Paphos dapat menjadi rujukan bersantai dengan area air tawar di dekat tepi pantai. Kolam air tawar yang dikenal sebagai  Bath of Aphrodite ini memiliki kisah tersendiri tentang mitologi Dewi Aphrodite.  Jika anda ingin mencari kawasan pantai yang nyaman untuk berenang dan bermain air,  Pantai Latsi bisa menjadi pilihan anda. 

3. Vouni

Vouni
image credit : http://www.northcyprusuk.com/

Vouni merupakan pusat dari berbagai jenis anggur yang diproduksi di negara ini. Di kota ini terdapat berbagai pabrik anggur antara lain Vlassides Winery, Lambouri Winery,  Zambartas Wineries, dan Ktima Gerolemo. Masing-masing pabrik memiliki kekhasan masing-masing yang layak anda cicipi serta jangan lewatkan berjalan-jalan di kawasan pabrik anggur ini. 

4. Mazotos

Mazotos
image credit : @flora_paschali

Pedesaan Mazotos menawarkan banyak selaki obyek wisata di Cyprus yang tidak boleh anda lewatkan.  Cyprus juga terpengaruh budaya padang pasir, salah satu hewan  yang bisa anda temukan di negara ini adalah unta. Di Camel Park yang berada di Mazotos anda bisa membawa anak-anak untuk berinteraksi dengan unta, memberi makan, menunggangi unta, hingga berjalan-jalan di kawasan Camel park. Di kawasan pedesaan Mazotos anda juga bisa mengunjungi Patreon Sculpture Park. Tempat ini menawarkan berbagai karya patung yang indah dan menarik untuk dijadikan objek ber swafoto. Di daerah ini anda juga bisa menemukan area pantai seperti  Pantai Mazotos dan  Pelabuhan Alaminos. Di daerah pedesaan ini anda juga bisa menemukan sebuah bekas benteng,  Koulas Fort yang ukurannya kecil namun tampak sangat unik.

5. Oroklini

Oroklini
image credit : @el_konstantinou

Voroklini atau yang lebih banyak dikenal dengan sebutan Oroklini adalah sebuah desa di daerah Larnaca, Cyprus, yakni di bagian utara hingga timurnya. Awal mulanya, nama Oroklini menunjuk pada sebuah daerah yang berada di belakang Danau Oriklini. Beberapa obyek  wisata di Cyprus  yang bisa Anda kunjungi di daerah ini adalah Pantai CTO, Danau Oroklini, Pantai Fini Koudes, Diving di MS Zenobia, hingga pantai Yanathes. Di Pantai CTO Anda bisa menikmati kehangatan sinar matahari dan pantai dengan ombak yang tenang saat musim panas.

Baca juga :  8 Wisata di Pangkep dan Sekitarnya, Menakjubkan!

Selain Pantai CTO, ada pantai lain yang juga tidak boleh dilewatkan yaitu Pantai Yanathes dan juga Pantai Fini. Tak hanya nyaman untuk berenang, Anda juga bisa sekadar membaca buku atau bermain voli pantai di beberapa pantai tersebut. Selanjutnya Anda bisa mengunjungi salah satu wisata alam yang paling ikonik di sana yaitu Danau Oroklini yang tak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi Anda juga bisa melihat beberapa jenis burung cantik khas dari daerah tersebut. Belum cukup dengan wisata air? Anda bisa melakukan aktivitas menyelam dan bertemu dengan berbagai hewan laut di MS Zenobia.  

6. Kiti

Kiti
image credit : https://en.wikipedia.org

Kiti adalah sebuah desa yang letaknya ada di sebelah barat daya kota Larnaca. Terdapat banyak sejarah religius yang terjadi di daerah ini, sehingga salah satu bangunnan bersejarah yang tak boleh dilewatkan untuk dikunjungi adalah Gereja Panagia Angeloktisti, yang didirikan oleh para penduduk setempat untuk menghormati bimbingan Bunda Maria saat orang-orang dari Kition mengungsi karena adanya perpindahan kekuasaan dan dinyatakan sempat berpindah lokasi dalam waktu semalam karena sebuah keajaiban. Tak hanya unik karena kesan kunonya, Gereja ini juga memiliki desain dan interior yang menakjubkan dengan mozaik yang indah. Tak hanya Gereja tersebut, di daerah Kiti ini Anda bisa mengunjungi Danau Hala Sultan Tekke dan juga Pantai Mackenzie.

7. Yeroskipou

Yeroskipou
image credit : @about.cyprus

Yeroskipou merupakan daerah yang berada tidak jauh dari kota Paphos. Di sini anda bisa menemukan Kato Paphos Archaeological Park. Tempat ini menawarkan keindahan bangunan-bangunan peninggalan masa lalu yang masih terawat dari perpaduan budaya Yunani dan  Romawi dari abad pertengahan.  Selain itu di daerah ini juga terdapat objek wisata lain seperti Paphos Waterpark, Gereja Agia Kyriaki Crysopolitissa, serta  Pelabuhan Paphos yang menawan.

8. Larnaca

Larnaca
image credit : https://www.enjoycarhire.com

Kota  Larnaca yang terletak di bagian selatan negara ini menawarkan keromantisan di balik arsitektur kota yang berkesan klasik dan menawan. DI kota ini banyak sekali obyek wisata di cyprus yang menarik.  Gereja Saint Lazarus menjadi salah satu ikon dari kota ini sebab di gereja tersebut dimakamkan St. Lazarus. Di Larnaca anda juga dapat menemukan berbagai lokasi karya seni yang menawan pada berbagai museum seperti Museum Seni Loukia, Taman Patung Ayia Napa, museum Seni Rakyat Cyprus, dan masih banyak lagi. 

Baca juga :  Ngeri! 10 Danau Horor di Indonesia Dengan Keindahan Luar biasa

Bagi anda yang mencari keindahan alam,  Danau Garam Larnaca yang dikelilingi oleh pepohonan rindang dapat menjadi pilihan tepat untuk anda bersantai bersama keluarga.  Area di sekitar Kamares Aqueduct,  yang merupakan saluran air di dekat kota Larnaca juga menawarkan keindahan alam berpadu dengan arsitektur saluran air yang menawan. Tentu saja, tempat ini bisa jadi lokasi berburu foto yang menawan. 

9. San Pedro Street Food

San Pedro Street Food
image credit : @mikepirelli

Berkunjung ke Cyprus tentunya anda juga ingin merasakan citarasa masakan lokal yang menawan. Jika anda malas untuk mengunjungi restoran-restoran mewah, maka San Pedro Street Food bisa menjadi jujugan anda ketika berada di sekitar Larnaca. Tempat makan ini terkenal dengan rasa Burgernya yang luar biasa. Selain itu, anda juga bisa menikmati beberapa camilan lokal sambil meminum kopi atau anggur di daerah yang tidak terlalu ramai. 

10. Kathikas

Kathikas
image credit : https://www.cyprusisland.net

Daerah Kathikas berada di dekat kota Paphos ini menawarkan berbagai panorama alam Cyprus yang luar biasa. Banyak obyek wisata di Cyprus yang bisa anda temukan di sini. Pantai Coral Bay menjadi rujukan bagi anda yang menyukai suasana pantai. Hamparan laut biru yang jernih menampakan keindahan dasar pantainya yang dihiasi berbagai terumbu karang. Jika anda menyukai tantangan, Ngarai Avakas Gorge adalah tujuan anda. Anda bisa melakukan perjalanan alam 3-3,5 jam melintasi rute yang ada. Selama perjalanan, perpaduan hewan liar dan berbagai tumbuhan serta panorama tebing batu menjadi pemandangan yang sangat eksotis. 

Kebun Binatang Pafos bisa jadi rujukan anda untuk menyaksikan koleksi hewan yang anda di sini. Pertunjukan burung Beo dan Burung hantu menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan bila anda berkunjung ke tempat ini. Di sini juga terdapat pabrik anggur yakni  Sterna Winery and Museum yang tidak hanya menawarkan produksi anggur yang nikmat, anda juga bisa melihat-lihat sejarah dari pabrik anggur yang sangat klasik ini. 



Leave a Reply