serlievidia | Sightseeing
Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia | Hiking & Trekking
01 Jul 2018


Bukit Teletubbies Savana Bromo
Generasi 2000-an pasti sudah akrab dengan serial Teletubbies. Apa kalian ingat dengan bukit berwarna hijau di serial tersebut? Bukit ini terletak tepat di sisi Gunung Bromo. Meskipun begitu, wisata ini memiliki pesona yang juga tak kalah cantik dengan Gu

How to Get There

Ada beberapa alternatif untuk menuju Bukit Teletubbies Bromo. Akses jalur terdekat untuk mencapainya adalah dengan melewati belakang Gunung Bromo, yaitu lewat Kota Malang. Dari Kota Malang ke timur menuju Tumpang, yang sudah termasuk wilayah Kabupaten Malang. Selanjutnya memasuki Desa Gubug Klakah kemudian Ngadas dan Jemplang. Setibanya di Desa Gubug Klakah, kalian akan disambut dengan tempat penyewaan jeep. Alternatif lain adalah lewat jalur utara, yaitu lewat pintuk masuk Desa Cemoro Kandang, Probolinggo. Namun jika kalian melewati jalur ini, kalian pertama kali akan melewati Gunung Bromo, Pasir Berbisik, baru dapat mencapai Bukit Teletubbies. Jadi, untuk menuju ke Bukit Teletubbies, dapat ditempuh dengan motor, jeep atau kuda. Harga sewa jeepnya sekitar Rp. 250.000. Sedangkan harga sewa kudanya Rp. 100.000 jika kalian menungganginya sampai ke kawah Gunung Bromo, Rp. 150.000 jika sampai Pasir Berbisik, dan Rp. 250.000 jika sampai ke Bukit Teletubbies.

Saya ke sana dengan 3 orang teman dengan mengendarai motor. Kami berangkat dengan dua motor. Satu motor trail, satu motor gede. Oh iya, jika kalian memutuskan untuk berangkat dengan menggunakan motor, pastikan kendaraan kalian mumpuni. Meski jalur yang kami ambil lewat Tumpang, dan jalanan sudah beraspal mulus, ketika memasuki kawasan wisata jalanan cukup menantang. Apalagi saat itu cuaca sering hujan.

Untuk memasuki kawasan Taman Nasional Bromo, kami dikenakan tiket seharga Rp. 27.500 per orang karena kami kesana saat hari kerja. Saat weekend harga tiket Rp. 32.500. Tarif jasa Parkir Rp. 5000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat.

 

 

What to Do

Di tengah perjalanan, pemandangan menuju bukit ini juga sangat cantik. Kami beberapa kali berhenti untuk mengabadikan pemandangan Gunung Bromo dari Belakang. Berikut adalah foto foto yang sempat saya ambil saat berhenti sejenak sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

bukit teletubbies bromo

bukit teletubbies bromo

 

Sesampai di sana, rasanya ingin gelindingan karena yang bisa kami lihat seperti karpet hijau. Padahal kami ke sana saat Gunung Bromo erupsi. Jadi abu vulkanik pun ikut menyelimuti permukaan padang savana. Pertama kali yang kami lakukan adalah mencari tempat yang agak teduh. Karena tentu saja kami akan langsung berfoto ria. Akhirnya kami memutuskan untuk berteduh di dekat pohon besar di tepian. Karena kami ke sana saat hari kerja dan Gunung Bromo sedang erupsi, tidak terlalu banyak pengunjung. Awalnya kami berencana ke Gunung Bromo, namun karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk ke tanjakan, akhirnya kami berlama lama di bukit ini.

bukit teletubbies bromo

Bisa dilihat abu vulkanik yang menyelimuti sebagian bukit.

bukit teletubbies bromo

Meski banyak ilalang yang tertutupi oleh abu, menurut saya keindahannya tidak berkurang. Hanya saja kami harus rela melewatkan spot foto di tengah ilalang.

bukit teletubbies bromo

Gambar ini saya ambil dari tempat kami duduk-duduk sambil menikmati pemandangan.

bukit teletubbies bromo

Lucu banget. Cocok buat foto ala ala.

 

bukit teletubbies bromo

 

bukit teletubbies bromo

Betah banget berlama lama di tempat ini. Selain saling selfie, berfoto bergantian, foto bareng, kami bercanda sambil menikmati snack yang sengaja kami bawa dari rumah.Saya merekomendasikan kalian membawa permainan semacam kartu uno atau bridge ketika kalian sudah lelah berfoto tapi masih ingin berlama lama di sana.

Oiya bukit ini juga cocok banget bagi yang mau prewed atau postwed dengan konsep alam. Tak sedikit yang sudah menjadikannya tempat untuk mengabadikan foto dengan pasangan.

 

 

Apa kalian tertarik ke sini?  

Tips and Trick

1. Pertimbangan kendaraan yang kalian bawa. Motor jenis trail atau yang gede memungkinkan untuk medannya atau mobil jeep.

2. Bawa jaket tebal karena hawa di sana sangat dingin. Dilengkapi dengan kaus tangan, bersepatu sport, dan masker karena jalanan di kawasan Bromo tidak beraspal. Bahkan karena dekat dengan pasir berbisik, kalian juga harus siap sedia.

3. Bawa makanan atau permainan yang bisa kalian santap ketika lelah berfoto.

4. Bawa kamera dan alat pendukung yang cukup mumpuni. Karena spot fotonya sangat bagus. Jadi sayang jika kualitas fotonya tidak bagus.

5. Bawa jas hujan karena ketika hujan, jarak objek wisata dengan tempat yang bisa dijadikan tempat berteduh jauh.

6. Perhatikan kondisi Gunung Bromo. Sebisa mungkin kalian ke sana ketika tidak ada gangguan erupsi. Karena jika sudah sampai sana, sebaiknya sekalian ke Pasr Berbisik dan ke kawah gunung. Karena jaraknya tidak terlalu jauh satu sama lain.

7. Jika kalian naik motor kesana, pastikan teman yang membawa motor adalah yang memang ahli. Karena jik musim hujan, jalanan di sana cukup menantang.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY