11 Makanan Khas Brazil Rasanya Bikin Lidah Bergoyang Samba!


Reni  April 5, 2019  0 Comment



Makanan Khas Brazil sama dengan membahas negara Brazil itu sendiri, rasanya tidak akan ada orang yang tidak mengenal negara satu ini. Hampir sebagian besar orang mengetahuinya bahkan banyak yang sudah mengunjunginya. Selain terkenal, negara ini juga terkenal dengan beberapa hal misalnya saja sepak bola dan berbagai macam destinasi wisata yang menarik. Selain itu juga dikenal dengan sajian kulinernya.
Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan mengajak para pembaca semua membahas mengenai berbagai macam sajian makanan khas Brazil. Jika anda ke Brazil wajib hukumnya untuk mencobanya ya.


1. Barbeque

Barbeque


Pada dasarnya, negara Brazil dikenal dengan sajian menu barbeque yang mempunyai bermacam – macam jenis. Biasanya semua daging sapi yang dibakar mempunyai tingkat kematangan yang medium rate sehingga akan lebih berasa juicy
Salah satu jenisnya adalah yang mana terbuat dari potongan daging premium dan dibakar sampai tingkat medium rate sehingga dagingnya masih berwarna merah muda. Apabila kebetulan anda mempunyai teman di Brazil atau juga berkunjung ke restoran yang bergaya rumahan, maka akan menjumpai berbagai menu barbeque misalnya saja sosis bakar, steak keju, hati ayam, daging domba, dan sebagainya.

Review kuliner

Banyu Mili Rseto & Cafe ; Tempat Nongkrong Hits Di Tawangmangu Tawarkan View Pegunungan

Mengeksplor Wonderfood Museum Penang, Awas Tambah Laper


2. Moqueca

Moqueca


Jika anda tidak suka barbeque, anda bisa mencoba menu Moqueca. Moqueca adalah salah satu menu makanan yang mempunyai variasi. Hal ini karena ada dua wilayah di Brazil yang mengklaim Moqueca sebagai makanan khas wilayahnya yaitu Bagus dan Espirito Santo. Orang Bahia biasanya membuat Moqueca dengan minyak sayur, lada dan juga santan. Sementara itu, orang Espirito Santo membuat Moqueca dengan sajian nasi, Farofa (tepung ubi kayu goreng) dan Pirao. Di samping perdebatan diantara keduanya, Moqueca adalah makanan yang enak dan rekomended untuk dicoba ya.


3. Cachaca

Cachaca


Selanjutnya adalah mengenai cocktail. Bagi para penyuka coctail sangat wajib hukumnya untuk mencoba Cachaca. Cachaca salah satu makanan khas Brazil yang sudah ada sejak tahun 1500an yang mana terbuat dari air tenun yang sudah difermentasi dan juga campuran caipiranhas. Namun bagi para pencinta minuman ini tidak menyarankan meminumnya dengan caipiranhas karena akan membuat rasanya kurang nampol.
Anda bisa memperoleh Cachaca yang lebih enak dari pada yang di jual di bar dengan berbagai ragam dan sudah difermentasi dengan sempurna di dalam drum kayu. Minuman satu ini biasanya disajikan dan diminum pada saat pesta di malam hari.
Pada pagi hari setelah meminumnya, anda bisa meminum guarantee yaitu minuman berenergi dari bahan jambu biji yang mana berfungsi untuk menjernihkan kepala. Anda juga bisa mengonsumsi Agus dengan Coco ( air kelapa) dan caldo dengan Cana ( air tebu)


4. Brigasieros da Escocia

 Brigasieros da  Escocia
greatbritishchefs.com


Brigaseieros adalah jenis makanan camilan berupa kue khas Brazil uang terbuat dari berbagai macam bahan – bahan yang simpel. Makanan ini terbuat dari susu kental dan bubuk coklat. Meskipun sangat simpel, faktanya makanan ini banyak digemari hampir sebagian besar orang. Selain itu makanan ini mempunyai rasa yang manis dan menggoda.
Banyak orang yang bijak bahwa makanan ini merupakan versi murah dari coklat truffle tanpa mengurangi pesona dan rasanya. Makanan ini dibuat dengan cara mencampur susu kental dan bubuk coklat setelah dibentuk menyerupai bilah dan kemudian dibalurkan dengan meses. Makanan ini sangat terkenal di kalangan anak – anakdi Brazil. Selain itu, apabila anda pergi ke pesta atau karnaval biasnya akan disajikan makanan ini.


5. Pao de quiejo

Pao de quiejo
cookingwithdog.com


Pao dengan quiejo adalah nama lain roti keju di Brazil. Namun jangan anda kira ini adalah jenis makanan yang tidak spesial ya. Pao dengan quiejo adalah jenis makanan yang selalu bisa ditemukan di Brazil mulai dari pagi sampai dengan malam. Makanan ini akan tambah sedap jika dijadikan pendamping sarapan dan juga tidak jarang orang senang menikmatinya sebagai makanan ringan pada saat piknik.
Pao dengan quiejo dibuat dari tepung tapioka, telur dan keju Munas yang dibentuk dalam keadaan bulat dan juga berukuran kecil. Akan tetapi tidak jarang juga anda bisa menemukan roti sebesar kepalan tangan. Atau sebesar kie ulang tahun dan juga diisi dengan. Krim dan berbagai isian lainnya.


6. Acaraje

Acaraje
guiadacozinha.com.br


Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hampir seluruh orang Indonesia menyukai makanan uang asalnya dari negara Brazil dimana salah satunya adalah bernama Acaraje. Acaraje adalah jenis gorengan yang mempunyai bentuk mini yang bentuknya hampir sama dengan Kanepe yang mana dibuat dari i kacang Tolo yang dilumatkan dan dicampur dengan minyak sayur dan juga pasta bawang Bombay. Setelah itu makanan ini di bentuk tipis dan digoreng. Di atas makanannya ini diletakan udang kering dan vatapa yaitu campuran lumayan udang, roti, mereka dan bahan lainnya yang mana akan membuat rasanya menjadi pedas.
Anda bisa menemukan makanan ini di di pinggir jalan. Acaraje dengan vatapa buah paling enak apabila dimakan pada saat panas dan disajikan dengan siraman saus cabe khas Brazil. Anda juga bisa menambahkan perasan jenurk nipis supaya Adam pedasnya berpadu menjadi satu. Makanan yang berasal dari Bahia ini memiliki pengaruh kuat dari masakan – masakan asal Afrika yang mempunyai bumbu yang kuat.


7. Quindim

Quindim
receitas-sem-fronteiras.com


Quidim adalah makanan khas Brazil yang wajib dicicipi semua wisatawan apabila berkunjung ke Brazil. Makanan ini terbuat dari telur , gula, kelapa dan mentega. Makanan ini bersalah dari kawasan Bahia dan juga merupakan makanan penutup manis uang dibuat seukuran mangkir kecil. Pada bagian bawahnya berwarna keemasan dan dilapisi parutan kelapa dan bagian atasnya sangat lembut seperti pudding.
Quindim adalah satu makanan yang ada di Brazil yang merupakan makanan asimilasi Afrika dan Eropa di Amerika Serikat. Nama dari makanan ini diambil dari kata kintiyi yang mempunyai arti sebagai makanan enak.


8. Vatapa

Vatapa


Hidangan makanan khas Brazil selanjutnya adalah bernama Vatapa. Vatapa adalah makanan yang terbuat dari roti, udang dan santan yang digiling halus dengan kacang tanah dan kepala sawit ya g sudah dihaluskan menjadi sebuah pasta yang kental. Makanan ini sangat populer sekali di kawasan. Utara dan timur laut. Vatapa sering dimakan dengan menggunakan nasi putih di negara Brazil. Selain itu, udang di sini juga bisa diganti dengan tuna, ayam, atau kalkun juga lainnya.


9. Casquinha de siri

Casquinha de siri
.receitasnestle.com.br


Casquinha de siri adalah sebuah masakan khas Brazil.yang dibuat dari daging kepitin. Ada beberapa variasi resep dalam pembuatan masakan ini. Ada yang membuatnya dengan menggunakan santan, minyaksawit, tomat keju parmesan dan remah roti.


10. Caipirinh

Caipirinh

C


Caipirinh adalah jenis minuman beralkohol dari jenis koktail yang berasal dari Brazil. Minuman ini dia buat dari Cachaxa, jeruk limau, es batu dan gula. Jeruk limau dibelah dan kemudian ditambahkan dengan 1-2 sendok teh gula pasir putih yang ditumbuk dengan tumbukan kayu yang mengeluarkan sari buah. Setelah itu ditambahkan 20-50 ml cachaca dan es batu yang dihancurkan. Aduk sampai rata dan kemudian dinikmati dengan sedotan. Minuman ini biasanya disajikan di rumah makan dan pinggir pantai.
Caiprinha saat ini terkenal di seluruh dunia dan juga banyak variasi muncul dengan gula hitam atau pemanis buatan. Selain itu bisa ditambahkan dengan buah-buahan. Cachaca juga bisa diganti dengan Vodka


11. Coxinha

Coxinha
hojetemfrango.com.b


Makanan khas Brazil terakhir adalah bernama coxinha. Sekilas bentuknya mirip dengan risoles tapi masyarakat Brazil menyebutnya sebagai paha ayam karena bentuknya mirip dengan paha ayam.
Makanan khas Brazil ini terbuat dari adonan coxinha yang diisi ayam suwir kemudian diberikan lapisan tepung roti. Setelah itu, coxinha digoreng dalam minyak panas. Tidak hanya itu, ada juga coxinha yang berisi keju. Cara menyantapnya bisa dicocol dengan saus tomat dan sambal sesuai dengan selera.



Leave a Reply