10 Taman Nasional di Jawa, Pilihan Tepat Untuk Liburan Keluarga


Altesa  August 5, 2022  0 Comment

Berlibur bersama dengan keluarga merupakan satu kegiatan yang dapat mempererat kedekatan dan komunikasi antar anggota keluarga. Namun agar hal ini dapat diwujudkan, salah satu faktor yang harus diperhatikan ialah dimana tujuan atau tempat wisata yang paling tepat untuk dipilih. Beberapa tempat wisata memang dikenal tidak ramah keluarga atau anak kecil, sehingga ini penting untuk kamu pertimbangkan. Salah satu rekomendasi tujuan wisata yang dirasa cukup ramah keluarga dan aman untuk didatangi ialah Taman Nasional di Jawa.  Taman Nasional merupakan kawasan pelestarian alam dengan ekosistem asli yang dijadikan sebagai pusat penelitian, pendidikan, ilmu pengetahuan, pariwisata, budidaya dan rekreasi.

Taman Nasional tergolong sebagai tujuan wisata yang tepat untuk keluarga karena selain berwisata kamu juga dapat belajar banyak hal terkait alam dan kehidupan alami yang ada didalamnya, tentu ini menjadi point plus bagi kamu yang ingin mengajak anak atau adik berlibur ke Taman Nasional karena kamu dapat memperkenalkan alam kepada mereka yang notabene usia anak-anak sangat mudah memahami dan mencerna sesuatu. Nah, untuk kamu yang bingung kira-kira Taman Nasional mana saja sih yang bisa kamu kunjungi bersama dengan keluarga.  Yuk, mari kita ulik 10 Taman Nasional yang ada di Jawa.

1. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
wartagaluh.com

Hampir tidak ada yang tidak mengetahui tempat wisata yang satu ini, yap Gunung Bromo. Bromo merupakan salah satu tujuan wisata alam yang menjadi incaran masyarakat Indonesia khususnya yang berdomisili di Pulau Jawa. Lokasinya ada di perbatasan 4 Kabupaten yakni Lumajang, Malang, Probolinggo dan Pasuruan. Daya tarik yang dimiliki Bromo ialah pemandangan yang menakjubkan pegunungannya, bukan hanya satu gunung namun ada beberapa seperti gung bromo, batok, semeru dan linnya, serta ditambah dengan udara segar, dan keindahan tidak terbatas lautan pasirnya. Karena keindahan yang memanjakan mata ini, bahkan Bromo kerap kali menjadi lokasi dilakukannya Photoshoot baik untuk kebutuhan komersil maupun  pribadi seperti halnya pre atau postwedding. Namun tahukah kamu bahwa Bromo juga merupakan sebuah Taman Nasional?

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini menyimpan lebih dari 1.000 jenis flora salah satunya ialah 40 jenis bunga anggrek langka. Selain itu ada berbagai satwa yang mendiami Taman Nasional di Jawa yang satu ini, antara lain yakni ayam hutan merah, monyet kera, rusa, luwak dan masih banyak lainnya.

Gotravelly

Taman Nasional Baluran ‘Little Afrika In Java’

Pesona Keindahan Pantai Teluk Ijo Yang Masih Perawan

2. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran
kumparan.com

Masih terletak di Jawa Timur, Taman Nasional di Jawa yang kedua berada di Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Bernama Taman Nasional Baluran, merupakan Taman Nasional terkecil di Jawa Timur karena hanya memiliki luas 250 kilometer persegi saja. Jika datang ke Taman Nasional Baluran kamu akan merasa tengah berada di Afrika. Penampakan yang disajikan didominasi oleh Savana atau padang rumput dan dihiasi oleh beberapa pohon yang tumbuhnya tidak merata. Meski disebut sebagai Taman Nasional terkecil di Jawa Timur, namun Baluran memiliki padang Savana terluas di Pulau Jawa. Mungkin nampak gersang, namun sangat indah dilihat oleh mata.  Selain menyajikan indahnya padang rumput, Baluran juga memiliki 4 pantai yang menakjubkan, diantaranya ialah pantai Balanan, Bana, Bilik, dan  Sijile. Selain oleh penampakan alamnya yang mempesona, kamu juga akan di sapa oleh puluhan mamalia dan ratusan jenis burung di Taman Nasional Baluran ini.

3. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo
travel.kompas.com

Pecinta film horor dalam Negeri tentu tak asing dengan Taman Nasional di Jawa yang satu ini. Taman Nasional Alas Purwo, lokasinya ada di Kabupaten Banyuwangi. Vegetasi yang terdapat di Taman Nasional ini cukup lengkap yakni ada hutan, goa, pantai, dan padang rumput. Ada beberapa pantai cantik yang dapat kamu sambangi seperti pantai Plengkung, Pantai Parang Ireng, pantai Ngagelan, dan pantai Pancur.

Taman Nasional Alas Purwo dihuni oleh berbagai jenis binatang antara lain seperti Babi Hutan, Kijang, Macan tutul, dan masih banyak lainnya. Sedangkan tumbuhan yang ada disini lebih dari 500 varian. Namun yang paling mendominasi ialah hutan bambunya.

4. Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri
surabaya.liputan6.com

Taman Nasional di Jawa yang ke-4 yaitu Taman Nasional Meru Betiri, nama ini diambil dari nama gunung yang ada disini. Kembali berada di daerah Jawa Timur, Taman Nasional ini berlokasi di Kabupaten Banyuwangi dan Jember. Vegetasi yang menonjol dari Taman Nasional Meri Betiri ialah hutan dan tamannya.

Beragam satwa yang mendiami Taman Nasional ini antaranya ialah kucing hutan, luwak, merak, penyu, dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk tumbuhannya, ada berbagai tumbuhan bunga dan tanaman obat-obatan. Seperti Taman Nasional yang sebelumnya, Meru Betiri juga menawarkan beberapa pantai eksotik antaranya yaitu pantai Bandealit, Rajegwesi, dan pantai lainnya.

5. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
travel.tribunnews.com

Menuju ke Jawa Barat, Taman Nasional di Jawa selanjutnya ialah Taman Nasional Tertua di Indonesia yakni Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Sebagai Taman Nasional Tertua, Gunung Gede Pangrango menjadi Taman Nasional terfavorit untuk lokasi penelitian terkait ekosistem dan alam. Terlepas dari itu, Gunung Gede Pangrango juga favorit anak muda sebagai lokasi tujuan pendakian. Pendaki seringkali mendirikan tenda atau camp untuk menikmati keindahan hutan disekitar sembari beristirahat dalam perjalanan menuju puncak

6. Taman Nasional Kepulauan Seribu

Taman Nasional di Jawa
pulau-seribu.com

Dari Jawa Barat kita menuju ke kawasan Utara Jakarta. Selanjutnya ada Taman Nasional Kepulauan Seribu, Taman Nasional di Jawa berikut menawarkan berbagai ekosistem hutan seperti hutan mangrove, hutan pantai, padang lamun, serta terumbu karang. Disebut sebagai kepulauan Seribu, karena Taman Nasional yang satu ini mencakup puluhan pulau kecil. Karena berbentuk kepulauan yang tentu sarat akan laut, tentu fauna yang mendiami dan dilindungi di Taman Nasional ini kebanyakan ialah spesies ikan diantaranya lumba-lumba hidung botol dan hiu karang, namun ada juga keluarga unggas yakni beberapa jenis burung.

7. Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa
wisataoke.com

Taman Nasional Karimun Jawa merupakan salah satu Taman Nasional yang wajib menjadi tujuan wisata kamu bersama keluarga. Didominasi oleh kawasan perairan, letak Krimunjawa secara administratif ada di Kabupaten Jepara. Meski terkenal dengan wilayah baharinya, Taman Nasional di Jawa yang satu ini juga menjadi rumah untuk berbagai hewat darat seperti bangau abu-abu, rusa, dan landak.

Pergi ke Karimunjawa bersama keluarga, paling tepat bagi kamu untuk menghabiskan waktu di salah satu resort cantik disana, yakni Kura-kura Resort. Disini kamu dapat menikmati layanan penginapan kelas premium sembari menikmati indahnya pemandangan di Karimunjawa.

8. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon
travel.tempo.co

Lanjut ke Taman Nasional di Jawa berikutnya, ada Taman Nasional Ujung Kulon. Taman Nasional Ujung Kulon merupakan Taman Nasional terluas di Indonesia. Selain itu, Taman Nasional ini juga masuk kedalam daftar warisan alam dunia UNESCO. Di Taman Nasional ini terkenal akan adanya hewan langka yang mendiaminya, yakni Badak Jawa, namun selain Badak jawa, disini juga terdapat binatang-binatang endemik seperti Owa Jawa dan Surili.

9. Taman Nasional Gunung Ciremei

Taman Nasional Gunung Ciremei
ayocirebon.com

Taman Nasional Gunung Ciremei menjadi Taman Nasional di Jawa yang ke-9. Berlokasi di perbatasan Kabupaten Kuningan, Majalengka, dan Cirebon, Kawasan taman nasional ini menyimpan banyak tujuan wisata diantaranya ada Situ Cicerm, Sumur Tujuh Cikajayaan, Situ Sangiang, Telaga Remis, dan ada juga Bumi Perkemahan.  Melimpahnya wisata alam di Taman Nasional Gunung Ciremei ini layak kamu pilih sebagai destinasi wisata keluarga bukan?

10. Taman Nasional Halimun-Salak

Taman Nasional Halimun-Salak
bandung.kompas.com

Taman Nasional yang terakhir ialah Taman Nasional Halimun-Salak. Taman Nasional ini terletak di Kabupaten Sukabumi. Didalamnya terdapat bebragai fauna yang hidup dnegan habitat aslinya seperti halnya Macan Tutul jawa, Elang Jawa, Owa Jawa, dan masih banyak lainnya. Di Taman Nasional satu iki kamu juga dapat menikmati keindahan berbagai curug atau air terjun yaitu Citamanja, Cipamulan, Piit, Cihanjawar, dan masih banyak curug indah lainnya.

Nah guys itu dia tadi 10 Taman Nasional di Jawa yang setidaknya wajib kamu ketahui. Taman Nasional bertujuan melestarikan alam dan isinya, Kamu juga harus mendukung pelestarian alam dan habitat aslinya yah dengan meminimalisir penggunaan plastik. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya



Leave a Reply