7 Rekomendasi Serabi Paling Enak di Solo, Gurihnya Bikin Melongo


sisil angelin  February 7, 2020  0 Comment



Solo merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Terkenal dengan wisata kuliner dan alamnya yang sangat indah. Selama musim liburan, banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang berlibur di kota Solo. Tidak ketinggalan mereka juga mengincar serabi solo yang dinilai sangat nikmat.
Kota yang tergolong tua ini juga menyediakan kuliner khas lainnya. Misalnya nasi liwet dan ketoprak. Namun, lagi-lagi pesona serabi khas solo yang paling dicari-cari. Apabila berkunjung ke solo, jangan lupa mampir ke warung atau resto serabi seperti rekomendasi berikut.


Rekomendasi Serabi Solo Paling Enak

1. Serabi H. Oemar

 Serabi H. Oemar
republika.co.id

Serabi H.Oemar merupakan salah satu penjual serabi paling legendaris di Solo. Awalnya berjualan di Kota Surakarta, dengan alamat di Jalan Gatot Subroto, Serengan, Surakarta, Jawa Tengah. Pembuat serabi H.Oemar ini sudah turun temurun, mulai dari tahun 1900-an.
Untuk jam buka restoran cukup pagi yakni 6.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB. Tidak ada hari libur kecuali hari libur nasional. Serabi H.Oemar buka setiap hari, mengejutkannya selalu ramai pengunjung. Apalagi dengan beragam menu serabi lezat nan terjangkau.
Menikmati satu serabi saja hanya menghabiskan uang 1.500 rupiah. Biar semakin komplit Anda dapat membeli serabi per box yakni dibandrol harga 15 ribu rupiah. Citarasa serabi H.Oemar tidak diragukan lagi, meskipun murah tetap menggoda lidah.
Anda dapat memilih berbagai topping serabi. Seperti topping keju, coklat, pandan, nangka, pisang, dan lainnya. Apabila suka rasa yang klasik maka dapat menikmati serabi original yang berwarna putih. Serabi H.Oemar sangat cocok dijadikan santapan sore dengan segelas kopi hangat.
Keunggulan serabi ini sehingga banyak pembeli adalah program promo sewaktu-waktu. Kalau sudah promo, harga satu serabi hanya 1 ribu rupiah. Selain itu, tersedia promo jumatan, gratis 1 box surabi untuk pembelian dengan jumlah tertentu. Anda juga bisa membeli kuliner lainnya, seperti pukis, donat mini, dan apem khas solo.

Warung Pecel Solo “Warung Ndeso”

Tongseng Kambing Pak Agus, Makanan Enak Di Area Masjid!

Uniccrab: Good Food Meets Good Friends

2. Srabi Solo Bu Widodo

 Srabi Solo Bu Widodo
travelingyuk.com

Selanjutnya serabi solo yang banyak penggemarnya adalah Srabi Solo Bu Widodo. Citarasa serabinya sangat maknyus untuk disantap. Apalagi tekstur serabi yang terbilang sangat gurih. Alhasil, banyak orang berbondong-bondong mengantri untuk membeli serabi.
Soal harga masih tergolong murah. Anda bisa menikmati satu potong serabi dengan harga 2 ribu rupiah. Sangat nikmat apabila ditambahkan dengan topping keju, coklat, pandan, ataupun greentea. Sebaiknya srabi solo Bu Widodo disantap dengan satu gelas wedang jahe saat musim hujan.
Alasan citarasa serabi ini berbeda daripada yang lain terlihat dari cara pengolahannya. Masih sangat tradisional, yakni memakai wajan yang berasal dari tanah lihat. Jadi, aroma serabi saat matang benar-benar sangat gurih. Anda bisa mengunjungi serabi satu ini di Jalan Slamet Riyadi, tepat depan Sampurna Foto. Waktu operasionalnya mulai dari 16.00 WIB hingga 21.00 WIB.

3. Serabi Notosuman

serabi notosuman
travelingyuk.com

Masih seputar serabi legendaris ada Srabi Notosuman. Sejak dulu memang populer karena rasa legit dan kuah santan khasnya. Nama serabi ini diambil dari salah satu kawasan yang berada di Kota Solo. Di Jalan Mohammad Yamin Anda dapat menemukan penjual Serabi Notosuman.
Ciri khas dari serabi ini dilihat dari bungkusnya yang berwarna hijau dan orange. Penjual serabi ini sudah berjualan sejak tahun 1923, pertama adalah Hoo Gek Hok. Kini, serabi Notosuman masih dibuat langsung oleh anak cucu dari Hoo Gek Hok.
Kelezatan utama serabi ini berasal dari citarasa santan peras yang kental dan asli. Tidak pernah menggunakan santan instan. Sampai kini terjaga originalitasnya dengan dua pilihan serabi. Pertama, serabi original berwarna putih polos yang sangat gurih. Kedua, serabi rasa coklat dengan topping mesis yang legit.
Menyantap serabi original yang polos pun sudah enak tanpa siraman santan. Jam buka serabi ini sangat pagi, pukul 4.30 subuh hingga 18.00 magrib. Untuk hari Minggu hanya buka sebatas jam 15.00 WIB saja.
Anda dapat menyantap serabi ini perdus dengan budget 25 ribu rupiah. Dalam satu dus berisi 10 buah serabi, ada yang campur maupun original semua. Sangat cocok disantap saat sedang hangat.

4. Serabi Sorogenen

 Serabi Sorogenen
gotravelly.com

Ada Serabi Sorogenen yang banyak pengunjung, beralamat di Jalan Ir. Juanda No. 105. Anda bisa mendatangi serabi ini setiap hari kecuali hari libur nasional. Untuk jam operasionalnya cukup singkat, yakni mulai dari pukul 13.00 WIB sampai 18.00 WIB saja.
Menyajikan menu serabi yang sangat gurih, dengan tekstur yang pas digigit lidah. Selain itum tersedia pula berbagai pilihan toping. Namun, banyak pembeli yang menikmati serabi original dari Sorogenen. Kalau Anda ingin membeli serabi ini harus bersiap mengantri. Sebab, sudah ramai pembeli sejak awal jam buka.

5. Serabi Noto Dewe

Serabi Noto Dewe
gubugkecilsangentung.net

Rekomendasi serabi enak yang ada di Solo selanjutnya adalah Serai Noto Dewe. Beralamat di Jalan Slamet Riyadi, masih kawasan penjual serabi di Solo. Anda bisa menyantap serabi nikmat dan gurih dengan siraman santan segar.
Serabi Noto Dewe terbilang unik, pertama terlihat dari namanya. Secara bahasa Jawa, noto dewe artinya menata sendiri. Tetapi jangan salah karena pembeli tidak dipersilahkan menata dan membuat sendiri.
Anda dapat menikmati serabi noto dewe original ataupun varian rasa lainnya. Misalnya rasa coklat, pandan, vanila, dan banyak lagi. Menyoal harga masih tergolong terjangkau, cukup siapkan 15 ribu rupiah untuk membawa pulang 10 buah serabi original. Untuk harga satu dus serabi coklat cukup menyediakan anggaran 17.500 rupiah.
Sebaiknya pergi membeli serabi di Noto Dewe sebelum jam buka, karena Anda akan mengantri. Setiap hari akan buka, kecuali hari libur nasional. Mulai pukul 07.00 WIB hingga 15.00 sore. sedangkan yang varian coklat harganya 17.500 rupiah. Jangan lupa menyantap serabi Noto Dewe dengan minuman hangat, akan menambah kenikmatan.

6. Serabi Solo Mas Fahri Sumber

 Serabi Solo Mas Fahri Sumber
gotravelly.com

Selanjutnya ada serabi Mas Fahri Sumber khas solo yang jadi rekomendasi terbaik. Penjual serabi ini berjualan di Jalan Letjen Suprapto, Sumber, Surakarta, Jawa Tengah. Tekstur serabi yang dibuat sangat gurih, dengan bentuk tipis dan lembut.
Sehingga ketika digigit dalam mulut terasa citarasanya. Apalagi ditambah dengan sensasi kuah santan alami, membuat setiap gigitan nikmat. Penyajian serabi ini cukup unik, karena ditata seperti wafel. Harga satu porsi serabi solo tersebut juga terbilang murah, mulai dari 15 ribuan rupiah. Jangan lupa membawanya sebagai oleh-oleh.

7. Linco’s Serabi

Linco’s Serabi
twitter.com

Terakhir adalah serabi yang namanya kondang di Kota Solo. Linco’s Serabi yang memiliki banyak pembeli. Baik dari luar kota maupun warga kota Solo sendiri. Citarasa serabi yang disajikan benar-benar lezat. Anda dapat memilih berbagai varian rasa.
Santan murni yang disiram pada serabi juga sangat manis. Membuat setiap gigitannya terasa spesial. Selain membeli serabi, kuliner lainnya yang dijual adalah leker. Anda bisa mengunjungi Linco’s Serabi di Jalan Hasanudin No. 99F, Srambatan. Untuk harga satu box berisi lima adalah Rp13.000.



Leave a Reply